BLOGGING

INILAH ALASAN SEPELE KENAPA BLOG SELALU SEPI PENGUNJUNG

blog selalu sepi.jpg

Inilah Alasan Sepele Kenapa Blog Selalu Sepi Pengunjung – Meningkatkatkan totalitas dalam berkarya adalah kewajiban bagi setiap blogger tanpa kecuali. Siapapun itu, ia harus mampu membangun kepercayaan ditengah kerumunan banyak orang yang sedang menikmati syahdunya dunia maya. Tidak sedikit yang dibuatnya bingung karena blognya selalu sepi dan akhirnya pailit, ini bukan sebuah mitos namun fakta yang kerap terjadi setiap saat.

Untuk dapat keluar dari permasalahan di atas, sebaiknya segera melakukan pembenahan dari sisi kualitas konten yang dimiliki untuk memastikan kelayakannya berkompetisi di arena pergulatan SEO. Jika sobat memiliki blog yang baru kemarin sore dan ingin memenangkan kompetisi maka lihatlah dulu siapa pesaingnya, kalau ia adalah blog yang sudah berumur dan memiliki reputasi bagus maka kemungkinan besar blog sobat akan terlempar ke jurang yang sangat dalam.

Baca : Kupas Tuntas Cara Terbaru Membuat Konten Berkualitas [Update 2017]

Slowly but sure… yess, mungkin ungkapan ini lebih tepat buat seorang pemula, biarpun pelan tetapi pasti dan tidak usah patah semangat dengan alasan blog selalu sepi. Jangan terburu-buru nafsu ingin mendapatkan hasil karena justru hal inilah yang bisa mengubur prestasi sehingga hampir selalu saja berujung kegagalan setiap kali melakukan usaha, penyebabnya adalah konsentrasi yang tidak terjaga dengan baik karena terburu-buru tadi. Tetap bersemangat !!

Jika tidak ingin menjadi blogger gagal yang selalu dikacangin pengguna sehingga blognya selalu sepi, maka jalan satu-satunya harus kaya improvisasi supaya tidak mematikan kualitas. Ikuti trending topik supaya kebagian trafik, hal ini bukan sebatas ungkapan semata namun sesuatu yang wajib dianut oleh penulis blog tanpa menghilangkan ciri khas yang dimiliki.

Baca : Kesalahan Ngeblog Yang Sering Dikacangin

Kaitkan trending topik dengan hal yang sobat sukai supaya bisa menulis dengan passion, percayalah kalau kualitas itu akan ada jika dilakukan dengan sepenuh hati. Jadi, apabila blog selalu sepi pengunjung maka salah satu jalan terbaiknya adalah introspeksi diri untuk dapat mengetahui sudah sejauh mana kualitas konten yang dimiliki.

Poin Penting

Mengapa Blog Selalu Sepi Walaupun Konten Saya sudah Berkualitas ?

Yupps…langkah selanjutnya jika sobat sudah mempersiapkan konten dengan kualitas yang sangat bagus namun masih sepi juga maka inilah alasan lainnya yang cukup rasional :

Menggunakan Template Gratisan

Template merupakan salah satu magnet yang dapat menarik visitor karena dapat menciptakan tampilan dengan nuansa yang indah, sehingga dipastikan blognya tidak akan kesepian karena setidaknya ada orang yang tertarik untuk berkunjung sekedar melihat tampilannya saja atau bahkan menikmati kontennya.

Namun ada yang tidak kalah pentingnya dalam memilih template selain memperhatikan desainnya yang unik juga harus memperhatikan keamanan dari template tersebut jangan sampai terdapat script yang berbahaya atau malware di dalamnya sehingga bisa terasingkan dari indeks hasil pencarian mesin telusur. Sebagian besar malware terdapat pada template gratisan yang disediakan secara ilegal, jadi jangan mudah tergiur karena gratisnya.

Jika sobat seorang yang ahli script maka poin ini bisa diabaikan karena pasti akan paham elemen mana yang perlu dibuang dari template gratisan agar tidak merusak reputasi blog, tetapi jika sobat seorang pemula dan tidak mengerti script maka sebaiknya menggunakan template premium yang sudah dijamin keamanannya oleh sang pembuat tempalate tersebut.

Adapun pengecualian untuk poin ini adalah template bawaan yang disediakan oleh developernya seperti template pada platform blogspot dan wordpress yang ada versi gratisannya namun template ini sudah teruji bersih dari script yang berbahaya.

Menggunakan Iklan Berkualitas Rendah

Tidak sedikit pengunjung yang seringkali dibuatnya jengkel karena surfing mereka terganggu dengan iklan yang menyebalkan sehingga mereka segera keluar dan mencari referensi di situs lain. Hal ini sangat disayangkan jika terjadi karena dapat merusak reputasi situs.

Menyikapi hal ini, Google pun sepertinya tidak tinggal diam, pada pertengahan juni 2017 ia meluncurkan fitur “Laporan Pengalaman Iklan” pada Google webmaster tools. Fitur ini berfungsi untuk mengidentifikasi iklan berkualitas rendah yang tidak sesuai dengan standar iklan Google sehingga dapat menganggu pengguna, jika ada iklan jenis ini teridentifikasi pada halaman situs sobat maka Google akan segera memberitahu melalui fitur tersebut.

Menggunakan Iklan Pop-Up

Iklan pop-up adalah iklan menjengkelkan yang paling umum ditemukan di situs penayang. Walaupun tidak begitu sulit untuk mendapatkan otorisasi dari penyedianya tetapi menurut para pakar pemerhati iklan di Eropa ternyata iklan ini cukup beresiko tinggi sehingga bisa menjadi salah satu penyebab blog selalu sepi.

Baca : Tim Adsense Pastikan Jenis Iklan Yang Beresiko Banned Akun Permanen

Hasil survei Google menyebutkan pada versi desktop iklan pop-up bisa menyumbang sekitar 97 persen pelanggaran, tentunya pengalaman ini bisa buruk untuk bisnis, ada sekitar 50 persen pengguna yang disurvei mengatakan bahwa mereka tidak akan mengunjungi kembali atau merekomendasikan halaman yang memiliki iklan pop-up.

Hasil survei Google.jpg

Resouce : coalition for Better AdS: Hasil survei berdasarkan pengalaman pengguna pada tahun 2017

Hingga 2018 nanti, dipastikan iklan ini sudah tidak lagi digunakan pada situs penayang karena tidak sesuai dengan standard Google. Saat ini pun fitur adblock pop-up pada Google chrome semakin dioptimalkan untuk mencegah ikan ini muncul.

Blognya Lemot

Blog yang lemot bisa selalu kalah dalam pergulatan SEO di indeks hasil pencarian, sehingga kontennya sulit ditemukan oleh pengguna. Sejak pertengahan 2015, Google telah mengumumkan bahwa situs yang tidak fast time loading dan memiliki angka Pagespeed dibawah 70 tidak akan menjadi prioritas di mesin telusurnya.

Dari 97 persen masalah yang telah teridentifikasi, pada situs versi mobile para pakar menemukan 54 persen masalah pop-up dan 21 persen maslah yang disebabkan kepadatan iklan yang tinggi sehingga halaman mobile yang dibanjiri iklan membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat dan inilah yang menyulitkan pengguna untuk bisa menemukan apa yang mereka cari.

masalah dalam situs versi mobile.jpg

Resource: Better AdS coalition (USA): Identifikasi masalah pada situs versi mobile

Selain karena masalah kepadatan iklan, blog lemot juga bisa disebabkan karena terlalu banyak pernak-pernik yang digunakan sehingga menyebabkan respon server menjadi lambat.

Kesimpulan

Jika blog selalu sepi maka tinjau ulang konten sebelum menyimpulkan opsi lain, karena jika kontennya tidak berkualitas maka sehebat apapun optimasinya tetap tidak akan membuahkan hasil yang baik.

Pada template gratisan seringkali terinfeksi malware sehingga sangat kurang bagus untuk digunakan karena bisa menenggelamkan situs di mesin pencari.

Pengguna tidak menyukai blog yang terlalu lama memuat (lemot), sehingga mereka seringkali merasa jengkel karena terlalu lama menunggu.

Iklan pop-up bisa menyebabkan situs terdepak dari mesin pencari Google karena jenis iklan ini bisa dianggap sebagai malware.

Apabila Google sudah memvonis iklan pop-up tidak efektif maka sebaiknya tidak digunakan lagi supaya reputasi situs di mesin telusur sekelas Google dapat erjaga dengan baik.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



8 Comments

8 Comments

  1. Wahab Saputra

    Agustus 15, 2017 at 1:26 am

    Blog gue termasuk dalam kategori itu gak ya…

  2. Usman West Java

    Agustus 15, 2017 at 2:25 am

    cross check terus mas wahab,biar makin unggul optimasinya…

  3. Kang Wira

    Agustus 15, 2017 at 4:10 am

    Wah.. jujur mas.. kalau pendapat saya, empat point diatas memang benar mas.. dan yang paling berbahaya itu adalah Konten yang harus lebih di optimasi. Karena sudah banyak pepatah berkata, Content Is King.
    Mungkin Content Strategi bisa dijadikan point pembahasan diartikel selanjutnya mas ?

  4. Darsitek

    Agustus 15, 2017 at 4:13 pm

    Mas, ane mau nanya… kalau menurut mas ni template yang paling bagus buat sebsite itu pake wordpress atau blogspot? Ane bingung mau pake template apa untuk web ane nanti…

  5. Usman West Java

    Agustus 15, 2017 at 10:54 pm

    terimakasih masukannya kang, intinya balik lagi ke kualitas konten dan optimasi blog. siap semoga diulasan berikutnya bisa dibahas.

  6. Usman West Java

    Agustus 15, 2017 at 11:01 pm

    mungkin maksud mas Darsitek itu platform. Matt Cuts pernah bilang kalau wordpress itu sangat bagus dalam hal optimasi sedangkan Blogspot bagus dalam hal tampilan. sebagai pengguna wordpress saya merasakan banyak manfaatnya terutama optimasi di mesin telusur lebih unggul. Plugin SEO sangat mumpuni. Hanya saja di wordpress perlu modal yang besar, jadi kalau ngeblog di wordpress itu jangan setengah setengah. (statment saya berlaku buat wordpress.org). Jadi kalau mas punya modal yang cukup saya sarankan di wordpress, kalau modalnya kecil silahkan di blogspot.

  7. ijo gading

    September 27, 2017 at 10:27 am

    Pada point menggunakan template gratisan…mungkin ini jd salah satu penyebab blog sepi kuburan…
    Recom bgt hrs pake template premium bagi yg serius ngblog…biar ga sia sia

  8. Usman West Java

    September 27, 2017 at 11:10 pm

    betul mas, gunakan template pemium yang ada life time service-nya sehingga kita bisa minta bantuan kepada sang pembuat template tersebut

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 53 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top