ADSENSE

KLARIFIKASI GOOGLE TENTANG HARGA BPK [CPC] YANG TURUN DRASTIS

Klarifikasi Google Tentang Harga BPK [CPC] Yang Turun Drastis – Pada pekan ini banyak publisher Google AdSense di tanah air kembali dibuatnya resah dengan harga BPK (Biaya Per Klik) yang turun drastis hingga mencapai 60 persen. Jelas hal ini cukup mengejutkan, termasuk penulis sendiri yang mengandalkan hasil dari Google AdSense untuk membayar biaya operasional situs.

Pada mulanya penulis berasumsi ada kesalahan dalam halaman situs sehingga iklan tidak optimal karena melanggar kebijakan program Google AdSense, namun prediksi ini salah karena tidak ada notifikasi apapun di halaman Policy Center, artinya situs dalam keadaan steril dari pelanggaran.

Baca : Kebijakan Google Adsense Diperketat, Penayang Bisa Makin Cerdas [Pengumuman 2017]

Banyak cara yang telah dilakukan termasuk kustomisasi iklan supaya harga BPK bisa naik lagi, namun hasilnya nihil dan harga BPK tetap saja kecil tidak seperti biasanya. Untuk memperjelas masalah ini, berikut adalah screenshot-nya :

Harga BPK.jpg

Gambar 1. Bukti Harga BPK Turun

Terlihat harga BPK yang sangat rendah bukan ? jelas ini ada yang tidak beres karena angkanya sangat tidak wajar apalagi dengan tampilan halaman dan jumlah klik yang lumayan banyak tetapi harganya sangat murah dan itu tidak biasa terjadi karena selama ini harga BPK yang didapat minimal Rp.1000 hingga 10.000 bahkan lebih dan pastinya publisher lain yang sudah lama beriklan AdSense akan kaget jika terjadi seperti ini.

Poin Penting

Kenanpa Harga BPK [CPC] Adsense Bisa Turun Drastis ?

Setelah kasak-kusuk mencari informasi dari kebun duren hingga kebun rambutan, akhirnya penulis menemukan informasi yang cukup relevan dengan masalah ini. Informasi ini penulis dapatkan dari forum Webmaster World yang merupakan salah satu forum webmaster terbesar di dunia.

Menurut keterangan dari beberapa sumber yang ada disana termasuk teman-teman publisher di USA yang notabene dekat dengan kantor Google ternyata hampir di semua negara tengah merasakan dampak dari masalah harga BPK ini. Jadi jika mendapati harga BPK turun drastis setelah tanggal 5 Agustus 2017, maka jangan khawatir karena memang ini adalah permasalahan global.

Hal tersebut di atas diperkuat oleh Barry Schwatz yang merupakan salah satu karyawan Google, berikut adalah penuturannya :

Over the past 48 hours, a number of AdSense publishers alerted us to an issue with declining cost-per-click for ads on their sites. We were able to identify the cause of the issue quickly and resolve it quickly: Several ad buyers were using irresponsible campaign parameters, lowering query coverage for specific creative types in some countries. The ad buyers responsible have been blacklisted and impacted publishers should see that their coverage is back to normal in their AdSense account”.

Ia menuturkan adanya laporan dari sejumlah penayang AdSense selama 48 jam terakhir, mereka memberitahu Google bahwa ada masalah penurunan biaya per klik (BPK) yang tidak wajar pada iklan di situs mereka. Kemudian setelah Google mengidentifikasi masalah tersebut dengan cepat, mereka menemukan adanya kecurangan dari pembeli iklan yang tidak bertanggung jawab sehingga menurunkan cakupan kueri untuk jenis iklan tertentu di beberapa negara.

Google telah memasukan oknum tersebut ke daftar hitam setelah mereka mengeksploitasi sistem iklan mereka, yang mengakibatkan penayang AdSense mengetahui penurunan harga BPK mereka selama beberapa hari terakhir. Jadi jangan khawatir karena Google akan kembali membenahi system tersebut sehingga akun AdSense penayang akan kembali normal.

Dari penuturan Google di atas, sepertinya pembeli iklan ini dapat memanipulasi platform lelang iklan Google yang berdampak kepada penurunan harga BPK bagi penayang sehingga menyebabkan penurunan cakupan iklan sehingga harganya menjadi merosot dan otomatis pendapatan bulanan pun berkurang.

Baca : Tips Mendapatkan Gaji Dari Google Adsense Setiap Bulan

Analisa Teknik

Perlu sobat ketahui bahwa ini bukan bug antarmuka pengguna atau kesalahan pelaporan. Di atas tadi terlihat jelas bahwa Google telah mengkonfirmasi harga bBPK yang relatif rendah untuk penayang selama beberapa hari terakhir tidak akan diperbarui, namun ke depannya Google menjamin akan kembali stabil.
Selain mendapati pernyataan dari Barry Schwatz, penulis juga mendapatkan informasi dari Shahid yang masih merupakan salah satu anggota forum webmaster world dengan keterangan serupa. Ia menanyakan masalah ini kepada tim support Google AdSense dan ini jawabannya :

Email balasan AdSense.jpg

Gambar 2. Email balasan dari AdSense

Dari keterangan tim support AdSense di atas, intinya mereka sedang membenahi sistemnya dan akan segera menginformasikannya apabila masalah tersebut sudah teratasi dengan baik.

Nah, terbukti kan kalau harga BPK yang turun itu bukan karena ada masalah di situs sobat. Jadi jangan berkecil hati ya sob, walaupun harga BPK sangat murah tetapi harus tetap semangat untuk tetap berkarya dan mencari rezeki dengan beriklan Google AdSense melalui cara yang baik dan benar agar rezekinya halalan toyyiban sehingga membawa berqah bagi kehidupan sobat semua. Harap sabar menunggu sampai Google memperbaiki sistemnya dan memberikan yang terbaik buat kita. Salam sukses.

Baca : Cara Dapat Gaji Dari Google Adsense Walau Tidak Punya Akun Adsense

Kesimpulan

Penurunan harga BPK yang drastis murni karena sejumlah oknum pembeli iklan yang bertindak curang, mereka ingin mengeluarkan biaya yang minimal namun hasilnya berharap maksimal.

Jangan melakukan kustomisasi layout iklan pada halaman situs kalau sebelumnya latensi iklan tersebut sudah bagus karena kesalahan bukan pada halaman situs sobat.

12 Comments

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

22 − = 13

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top