BLOGGING

ALAT PROMOSI BLOG REKOMENDASI PARA AHLI

Alat promosi blog

Sobat, pada pertemuan ini saya akan membuat ulasan tentang salah satu alat promosi blog rekomendasi para ahli yang sudah digunakan oleh jutaan blogger di dunia. Ya, dia adalah feedburner. Bagi sobat yang sudah malang melintang di dunia blogger mungkin sudah tidak asing lagi apa itu feedburner, namun bagi kalangan pemula bisa jadi sebaliknya malah tidak tahu sama sekali. Baik, sebelum membahas topik lebih jauh, mari kita mengenal dulu apa itu feedburner dan mengapa disebut sebagai alat promosi blog?. Sepertinya menjadi hal yang wajib untuk mengetahui alat yang satu ini, karena menurut pandangan saya ada yang kurang rasanya kalau kita ngeblog tapi tidak kenal si feedburner ibarat si mukidi tanpa si mukini 😀

Apabila sobat seorang blogger, maka harus mengetahui pernak-pernik blogging termasuk alat promosi blog kecuali jika sobat tipologi seorang blogger lugu yang hobinya sibuk posting seperti halnya menulis offline dan tidak memperdulikan hal lainnya selain hanya sekedar menyalurkan hobi menulis saja. Padahal tujuan utama dari memposting adalah agar konten dapat dilihat atau dibaca oleh publik, jadi jelas menurut pandangan saya seorang blogger wajib mengetahui teknik blogging yang baik agar konten yang dipostingnya mendapat kedudukan yang istimewa di mesin pencari (search engine) sehingga konten tersebut dapat dengan mudah ditemukan oleh publik. Mungkin dengan mengenal feedburner akan menjadi salah satu alasan mengapa konten sobat banyak pengunjungnya, karena layanan ini mampu melakukan promosi secara otomatis dan cepat dengan me-manage setiap umpan (feed) sebuah blog lalu menyebarkannya, itulah alasan terkuat mengapa feedburner ini disebut sebagai alat promosi blog yang relevan.

Feedburner adalah salah satu tool milik google yang merupakan layanan online pengelola umpan web (web feed) yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (management tools) untuk blogger dan aplikasi lainnya yang berbasis web. Sebagai alat promosi blog, feedburner memiliki sistem yang bagus untuk me-manage setiap feed sehingga memudahkan sang pemilik blog dalam menyajikan kontennya ke publik. Dalam bahasa Indonesia feed adalah umpan, yang dimaksud umpan disini adalah bukan berarti cacing, pelet, terasi campur roti atau sejenisnya, tapi umpan situs atau umpan blog. Layaknya sebuah alat pancing kalau ingin mendapatkan ikan berarti harus menggunakan umpan yaitu cacing tadi, begitu juga dengan sebuah blog kalau ingin mendapatkan pengunjung tentunya harus menggunakan umpan juga yaitu umpan blog bukan pake cacing :D.

Fungsi umpan blog (web feed) adalah agar setiap konten terbaru dari blog tersebut bisa ditangkap pembaruannya oleh situs-situs aggregator ke dalam database mereka kemudian disebarkan ke publik melalui mesin pencari (search engine), fitur langganan email dan sebagainya. Situs aggregator ini mirip dengan index dalam sebuah buku. Dengan situs aggregator pengguna tidak perlu klik satu persatu blog yang ada namun tinggal melihat saja semua kontennya karena sudah berupa index dan kalau tertarik tinggal di klik. Ada banyak situs aggregator yang dapat mengolah umpan blog, salah satunya adalah situs feedburner yang telah banyak digunakan oleh para blogger untuk alat promosi blog kesayangan mereka.

Teknologi yang disajikan oleh feedburner identik dengan teknologi RSS feed (Really Simple Syndication) adalah sebuah teknologi internet yang berfungsi mengumpulkan umpan blog (web feed) untuk dikelola dalam sebuah sistem. Misalnya dalam sebuah blog memiliki banyak artikel dengan teknologi RSS feed ini semua artikel tersebut digabungkan menjadi satu relasi sehingga mempermudah pengguna dalam melihat seluruh konten yang ada dalam sebuah blog. Fungsi RSS feed yang lainnya adalah memberikan informasi secara otomatis kepada pelanggan setia dari sebuah blog pavoritnya ketika blog tersebut menerbitkan sebuah konten tanpa harus mengunjungi setiap blog favorit mereka satu persatu, informasi akan dikirim melalui email pelanggan yang telah mendaftarkan emailnya.

Dalam feedburner ada yang disebut berlangganan atau istilah kerennya subscribe adalah orang yang mengikuti dan menerima konten terbaru dari sebuah blog yang diikutinya. Ketika blog mem-publish sebuah konten maka secara otomatis pelanggan akan mendapatkan kiriman informasi tentang konten tersebut. Sebagai contoh seorang yang ingin berlangganan koran, untuk mendapatkan kiriman koran terbaru setiap harinya maka calon pelanggan tersebut harus daftar kepada penyedianya terlebih dahulu setelah itu baru koran bisa dikirim ke rumahnya. Begitu juga apabila kita ingin berlangganan konten dari sebuah blog maka sebelumnya kita harus daftar dengan cara mengirim alamat email ke blog tersebut karena biasanya para blogger menggunakan email sebagai media untuk alat promosi blog mereka guna mengirim informasi terkait kontennya. Seperti halnya dalam blog ini terdapat fasilitas email berlangganan, maka alangkah mulianya jika sobat mau berlangganan dengan menyertakan email sobat pada kotak berlangganan yang sudah saya sediakan.

Sebenarnya dalam sebuah blog sudah terdapat feed bawaan, tapi dirasa kurang maksimal optimasinya, oleh karena itu kita menggunakan layanan feedburner yang memiliki fitur lebih banyak dibanding feed bawaan dan formatnya kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber, tentunya hal ini dapat meningkatkan optimasi blog kita di mesin pencari (search engine). Layanan management feed sekaligus alat promosi blog milik google ini jelas sudah tidak diragukan lagi kualitasnya karena terbukti jutaan orang memanfaatkan layanan gratis ini. Beberapa keunggulan feedburner diantaranya adalah memudahkan pengunjung untuk melakukan subscribe, memberikan informasi kepada penggunanya dengan menampilkan trafik yang berlangganan feed seperti melihat jumlah subscriber, asal mereka darimana dan konten apa yang disukainya.

Secara teoritis feedburner sangat bermanfaat bagi sebuah blog untuk meningkatkan trafik pengunjungnya karena dapat membantu kegiatan promosi. Bayangkan jika blog sobat memiliki ratusan atau bahkan ribuan pelanggan setia berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memberi tahu mereka tentang konten terbaru blog sobat apabila harus mengirim email secara manual kepada seluruh pelanggan tentunya hal ini akan melelahkan dan memakan waktu, kalau ada yang lebih simple kenapa harus pilih yang ribet? Pandai-pandailah memilih alat promosi blog yang tepat agar konten bisa dengan cepat mendapat perhatian publik.

 

Untuk dapat menggunakan alat promosi blog yang satu ini caranya gampang, sobat tidak perlu mengeluarkan biaya karena semuanya gratis. Berikut adalah cara mendaftar ke feedburner :

  1. Kunjungi website resmi feedburner www.feedburner.com dan login dengan akun gmail sobat.

  2. Silahkan masukkan URL blog sobat pada kotak isian URL-nya kemudian klik Next. Pada praktek ini saya menggunakan blog percobaan. Perhatikan gambar berikut ini :

    Alat promosi blog

  3. Setelah itu Feedburner akan melacak alamat feeds sobat. Silahkan pilih RSS atau Atom keduanya sama, jadi sobat boleh pilih salah satu saja, kemudian klik Next. Perhatikan gambar di bawah ini :

    mendaftar feedburner

  4. Silahkan lakukan pengaturan pada Feed Address, biasanya sudah tersedia secara default namun jika sobat menginginkan feed address yang lebih mudah bisa diatur sesuai kebutuhan. Untuk Feed Title-nya biarkan saja jangan dirubah. Kemudian klik Next. Perhatikan gambar berikut :

    mendaftarkan website ke feedburner

  5. Jika langkah no.4 berhasil maka feedburner akan memberitahu bahwa sobat telah berhasil mendaftarkan blog ke feedburner. Perhatikan gambar berikut ini :

    Cara daftar feedburner

    Pada langkah ini silahkan sobat copy RSS feedburner-nya dan paste saja di notepad. Lihat yang diberi tanda panah pada gambar di atas. Alamat URL tersebut nantinya akan disematkan ke dalam blog sobat. Kemudian klik Next.

  6. Pada langkah ini sobat bisa lihat hasilnya, jika berhasil maka akan ada notifikasi di akun feedburner bahwa proses pembuatan feedburner untuk blog kita telah sukses dan siap untuk digunakan. Perhatikan gambar berikut ini :

    mendaftar ke feed burner

    Untuk aktivasi layanan feedburner-nya, masukkan saja RSS feedburner seperti yang saya jelaskan pada langkah nomor 5 ke dalam blog sobat. Silahkan sobat pelajari cara memasang RSS Feedburner di blog dan optimasi pada akun feedburner untuk mendapat hasil yang maksimal dari alat promosi blog andalan saya ini.

Masih banyak lagi alat promosi blog yang dapat sobat gunakan, seperti facebook, twitter, istagram dan sebagainya. Saran dari saya sebelum sobat melakukan promosi konten, khususnya promosi di facebook alangkah baiknya periksa ulang judul konten, gambar dan deskripsi konten agar tampilan snippet facebook bisa optimal.

Sampai disini dulu ya sob, dalam penulisan ini terdapat banyak kekurangan, bagi sobat yang mau melengkapi kekurangannya silahkan tulis saja pada kolom komentar. Terimakasih udah mau baca tulisan saya sampai tuntas semoga bermanfaat dan happy blogging.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



6 Comments

6 Comments

  1. Bos Informasi

    November 19, 2016 at 10:29 am

    Saya juga memakai feed Burner ini gan. Tahun 2014 yang lalu saya bahkan sempat membaca kalau feedburner dapat dijadikan alat untuk pendaftaran Google Adsense. Jadi sebelum tahun tersebut, blogger dapat mendaftar Ga dengan mudah melalui Feedburner ini. Namun Sekarang jarang yang tahu kelebihan dan keunggulan produk Google yang satu ini. Ini sangat direkomendasikan untuk blogger yang ingin menuju profesionalismenya di dunia maya

  2. Usman West Java

    November 19, 2016 at 10:35 am

    Bener banget gan, setelah diakuisisi oleh Google FeedBurner menjadi salahsatu situs agregator yang banyak direkomendasikan oleh para pakar karena dengan sistem managemen feed besutannya sangat berpengaruh terhadap optimasi SEO.

  3. Figi Alwanandi

    Desember 4, 2016 at 10:03 am

    mantap gan thank infonya

  4. Usman West Java

    Desember 4, 2016 at 10:05 am

    Sama sama gan, selamat berkarya. Gunakan fitur ini untuk optimasi seo

  5. Bos Informasi

    Januari 28, 2017 at 11:45 pm

    Bicara tentang feed Burner ini kadang saya bertanya-tanya “Apa fungsi utama dari fitur ini?” Mengapa Google memberikan alat ini untuk blogger? Bukannya malah akan terjadi pencurian konten jika feed yang diberikan full text. Tapi semua itu sedikit terpatahkan Setelah membaca artikel ini. Ternyata feed dapat dibatasi.

  6. Usman West Java

    Januari 29, 2017 at 1:40 am

    untuk menghindari AGC (Auto Generated Content)apabila menggunakan layanan feedburner maka wajib setting short di umpan feed yang ada di blog.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top