BLOGGING

BAGAIMANA MENGATASI FILE FEED YANG TERLALU BESAR UNTUK FEEDBURNER ?


Bagaimana Mengatasi File Feed Yang Terlalu Besar Untuk Feedburner?
Feedburner merupakan media yang tepat untuk mempromosikan konten dalam sebuah blog sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengakses konten tersebut di mesin pencari (search engine). Untuk mendapatkan pelayanan dari feedburner tidaklah begitu sulit cukup dengan mendaftarkan blog kesayangan kita di website resminya, baru setelah itu kita akan memiliki akses ke feedburner.

Sebelumnya saya pernah memperkenalkan alat promosi blog yang satu ini kepada sobat, sekarang mari kita simak masalah yang terjadi ketika kita mendaftar feedburner. Tidak semua jalan selalu mulus sob, adakalanya kita dihadapkan dengan suatu masalah, namun sobat jangan berputus asa karena justru dengan masalah inilah kita menjadi pintar karena kita bisa belajar. Saya bercerita dari kenyataan yang saya alami ketika dihadapkan dengan masalah yaitu blog ditolak oleh feedburner. Baik mari kita sama-sama selesaikan masalahnya. 

Awalnya semuanya baik-baik saja, login dengan alamat email tidak ada kendala dan halaman utama website feedburner-pun terbuka seperti biasanya. Namun sebuah masalah muncul setelah saya submit URL blog tiba-tiba ada keterangan Your feed filesize is larger than 1024K. You need to reduce its size in order for Feedburner to process it. Tips for controlling feed file size with Blogger can be found in Tech Tips on Feedburner Forums, our support site. Perhatikan gambar berikut :

Notifikasi file feed terlalu besar

Menurut keterangan gambar di atas terlihat dari kalimat pertamanya bahwa ukuran feed over kapasitas. Sesuai petunjuk pesan tersebut saya melakukan penelusuran untuk mendapatkan cara mengontrol file feed blog saya. Mari kita analisa masalahnya sob. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs dukungannya, ternyata feedburner tidak akan menerima umpan lebih besar dari satu megabyte (1MB/1000K). Artinya jika feed feedburner yang saya publikasikan melebihi 1 MB, maka feedburner tidak akan memperbarui feed tersebut sampai dibawah batas ukuran feed. Jika hal ini terus dibiarkan maka jelas akan menyebabkan gangguan pelayanan selama akun tersebut belum melakukan pengaturan ulang.

Biasanya masalah ini terjadi ketika kita mendaftar feedburner setelah blog yang kita daftarkan tersebut sudah memiliki banyak konten, dengan kata lain kita terlambat mendaftarkan blog feedburner karena efektifnya untuk mendaftar feedburner ini ketika blog masih belum ada konten biar terbebas dari error ini. Selain itu pengaturan feed pada blog masih pada posisi Penuh, tentunya ini akan menyebabkan ukuran feed melebihi kapasitas jadi harus dirubah pada posisi Singkat. Feed pada posisi Penuh juga sangat membahayakan pada blog kita sob, khususnya bahaya duplicate content yang dapat berakibat fatal terhadap blog kita di mesin pencari (search engine). Duplicate content ini biasanya terjadi karena konten kita dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Teknik pencurian ini terkenal dengan istilah AGC (Auto Generated Content) , jika blog kita terkena AGC maka secara otomatis konten kita akan ter-copy ke blog yang melakukan AGC ke blog kita. Jadi sangatlah penting bagi seorang blogger untuk memperkecil file feed blog yang dimilikinya. 

Bagaimana caranya mengurangi ukuran feed menjadi dibawah batas 1024K ?

Caranya gampang, ada dua cara yang telah saya lakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan melakukan pengaturan pada akun Blogger dan melakukan pengaturan pada akun feedburner dengan merubah alamat feed aslinya pada halaman feed.

Untuk pengaturan pada akun Blogger caranya seperti di bawah ini :

1. Login ke akun Blogger.
2. Pilih Setelan pada menu opsi lainnya

setting feed di blog

3. Pilih Lainnya kemudian pada Izinkan Umpan Blog pilih Singkat

Setting feed pada blog

4. Langkah terakhir pilih Simpan Setelan

Sampai dengan langkah ini permasalahan sebenarnya sudah bisa teratasi namun masih dirasa kurang optimal karena cara di atas hanya untuk mempersingkat feed, sedangkan untuk menentukan jumlah feed belum ditentukan. Jumlah feed dalam halaman feedburner harus ditentukan karena bisa juga menyebabkan over capacity jika kontennya sudah banyak pasti feed-nya juga akan banyak maka sangat dianjurkan untuk melakukan cara kedua yaitu membatasi jumlah feed

Pengaturan jumlah feed dapat dilakukan seperti langkah berikut ini :

1. Masuk ke akun Feedburner .
2. Klik judul umpan Feedburner pada halaman My Feeds.
3. Pada halaman manajemen feed yang muncul, klik Edit Feed Details
4. Ubah alamat default feed pada kolom Original Feed menjadi :

    http://kursuskomputergratis.com/feeds/posts/default?max-results=3 

setting feedburner di dashbord

Perhatikan bahwa max-results menetapkan jumlah posting yang ingin dimunculkan pada feed feedburner Setiap nilai integer antara 1 – 500 diizinkan.

5. Langkah terakhir klik Save Feed Details.

Sampai disini mengatasi file feed yang terlalu besar sudah selesai dilakukan, dan blog sudah memiliki layanan feedburner dengan sempurna. Sekian dulu ya sob, ulasan dari saya semoga bermanfaat dan Happy Blogging.

2 Comments

2 Comments

  1. Bos informasi

    Desember 6, 2016 at 9:31 am

    Dengan bantuan Feedburner bukan hanya pemilik situs tetapi juga pembaca akan sangat terbantu dengan media ini. Namun kekurangannya jika tidak diatur dengan label "Singkat" para copaser akan dengan mudahnya mengambil milik kita. Dengan mengecilkan seperti di atas, semoga saja dapat membantu mengurangi resiko pencurian konten

  2. Usman West Java

    Desember 6, 2016 at 3:45 pm

    hehe,,bener gan
    plagiator bertebaran dimana-mana, tapi jangan khawatir google lebih tau mana yang asli mana yang copas. Dengan manajemen feed ini semakin memudahkan navigasi si pembaca untuk menuju ke konten pavorit mereka.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top