APLIKASI

MENGATASI LUPA EMAIL DAN PASWORD APLIKASI JKN-KIS BPJS

Atasi lupa password dan email pada aplikasi mobile JKN-KIS.jpg
Creative By Kurkom

Kursuskomputergratis.com – Lupa email dan password saat akan akses aplikasi mobile JKN-KIS merupakan hal yang cukup menjengkelkan apalagi disaat sedang urgent, bisa nangis sambil tertawa karena pas lagi butuh banget ternyata aplikasi tidak bisa dibuka walau menggunakan linggis sekalipun pastinya tu aplikasi enggak bakalan bisa kebuka coy…!

Makanya harus hati-hati menjaga sesuatu yang bersifat penting bagi masa depan termasuk menjaga email dan password jangan sampai lupa, jangankan email dan password yang sering lupa terkadang diri juga sering lupa. Nah, mulai sekarang pandai-pandailah menjaga barang penting entah bagaimana caranya pokoknya aman deh.

Manusia memang selalu tidak luput dari kesalahan, kadang emailnya ingat passwordnya yang lupa, passwordnya ingat HPnya yang lupa nyimpan, giliran HP dan password ada malah kuotanya habis, pas kuota sudah punya eh calon istri yang belum ada…eh. Itulah hidup dalam kehidupan yang fana ini mengharuskan kita agar selalu antisipasi untuk menghindari segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi di masa depan.

Baca: Cara Mengatasi Lupa Password Login Aplikasi BPJS [Mobile JKN-KIS]

Sebelumnya penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua reader kurkom yang selalu setia menemani, semoga artikel ini menjadi pelipur lara untuk kamu yang hampir kehilangan email dan password JKN-KIS karena lupa nyimpan. Kalian janji ya ini adalah untuk yang terakhir kalinya lupa, selanjutnya amankan email dan password JKN-KIS di tempat yang layak kalau perlu tulis di tembok.

Aplikasi JKN-KIS memiliki peranan yang sangat penting karena memfasilitasi masyarakat supaya lebih mudah dalam menjangkau informasi pelayanan medis dari tingkat kota hingga ke pelosok semua ada di aplikasi tersebut. Dengan JKN-KIS kontrol data peserta juga menjadi lebih mudah, contoh pindah faskes (klinik) tempat berobat, mencari faskes mitra BPJS Kesehatan yang paling dekat dengan domisili dan lain-lain.

Baca: Cara Pindah Klinik Bpjs Kesehatan Menggunakan Aplikasi Mobile JKN-KIS [Faskes] dan Cara Mencari Lokasi Klinik BPJS Kesehatan Menggunakan Aplikasi

Apakah Mobile JKN-KIS Masih Bisa Digunakan Jika Lupa Email dan Password?

Awalnya penulis merasa pesimis mengatasi masalah tersebut, banyak juga karyawan disini yang mengalami hal serupa sehingga aplikasi JKN-KIS mereka tidak dapat diakses. Pernah meminta bantuan ke 1500400 jawabannya silahkan datang ke kantor cabang, terus pergilah kami ke kantor cabang malah suruh mengingat lagi email yang lupa tersebut, mendengar jawaban itu bagaikan mendengar petir disiang hari.

Tapi sekali lagi, penulis mencoba menanyakannya ke BPJS Pusat dan menjelaskan permasalahan yang dialami, akhirnya dapat juga solusi dari mereka yaitu dengan cara daftar lagi pada halaman aplikasi mobile JKN-KIS menggunakan data yang berbeda, tentunya masih dibawah tanggungan dari peserta tersebut karena kalau registrasi ulang menggunakan data BPJS yang sama pasti akan ditolak sistem.

Baca: Panduan Lengkap Aplikasi BPJS Kesehatan [Mobile JKN-KIS]

Cara daftar ulangnya sangat gampang, jadi kalau yang sudah punya tanggungan istri atau anak dalam kepesertaan BPJS Kesehatannya maka otomatis data anak dan istri ada dalam satu aplikasi. Nah, ternyata istri atau anak masih bisa melakukan registrasi pengguna mobile. Yang perlu diperhatikan saat registrasinya adalah jangan menggunakan nomor HP dan email yang sudah pernah teregistrasi di aplikasi.

Berikut ini adalah bagian yang tidak boleh sama datanya pada saat melakukan registrasi pengguna mobile di halaman aplikasi mobile JKN-KIS jika akun peserta (ayah/ibu) tidak dapat diakses karena lupa email dan lupa passwordnya. Perhatikan dengan cermat bagian mana saja yang harus berbeda!

mengatasi lupa email dan password pada aplikasi JKN KIS BPJS Kesehatan.jpg

Gambar 1. Halaman registrasi aplikasi mobile JKN-KIS

Ada empat item data yang wajib berberda, lihat Gambar 1, item tersebut ditandai oleh nomor 1 sampai dengan 4, pada saat registrasi pastikan nomor kartu BPJS (1), NIK (2), Nomor HP (3) dan email (4) belum pernah dipakai registrasi pengguna mobile sebelumnya karena pasti akan ditolak kalau sudah pernah registrasi. Untuk tanggal lahir, nama ibu kandung silahkan sesuaikan dengan data kependudukan dan untuk passwordnya bebas.

Apa bedanya dengan data peserta yang sudah registrasi sebelumnya? Kan sama-sama sudah terdaftar dalam satu akun?

Perlu diketahui yang tidak bisa registrasi ulang itu hanya data yang sudah pernah registrasi sebelumnya, biasanya dalam satu keluarga cukup peserta saja yang registrasi akun mobile JKN-KIS, untuk anggota keluarga yang ditanggung peserta tersebut kan otomatis terindeks dalam aplikasinya, jadi tidak perlu melakukan registrasi pengguna mobile lagi karena sudah bisa akses via akun peserta (ayah/ibu).

Apakah bisa email peserta yang sudah pernah terdaftar diubah emailnya melalui akun tanggungan (anak/istri)?

Bisa, karena data peserta dapat dilihat pada akun tanggungan peserta tersebut. Misal, akun yang lupa email dan password adalah akun ayah maka data kepesertaannya bisa diedit lewat akun anaknya sehingga akun ayahnya tersebut bisa kembali diakses apabila sudah ganti email karena bisa melakukan reset password menggunakan email yang baru.

Tips Agar Tidak Lupa Email dan Password

Pertama, apabila mudah lupa ingatan sebaiknya catat email dan password tersebut dalam secarik kertas atau dalam aplikasi catatan yang ada di smartphone karena mungkin dengan seperti itu bisa dilihat sewaktu-waktu terutama disaat sedang lupa.

Kedua, nama email dan password jangan menggunakan phrase yang susah diingat tetapi harus menggunakan yang susah dilupakan, contoh nama mantan, nama istri, suami atau anak karena biasanya tiga nama tersebut selalu tersimpan dalam ingatan.

Ketiga, selain harus menyimpan password aplikasi maka jangan lupa simpan juga password emailnya supaya nanti pada saat lupa password aplikasi bisa melakukan reset password yang membutuhkan akses ke email aplikasi JKN-KIS tersebut.

Kesimpulan

Mengatasi lupa email dan password pada aplikasi mobile JKN-KIS bisa dilakukan dengan cara mengganti emailnya lewat fitur ubah data peserta pada akun tanggungan.

Nomor BPJS, email, NIK KTP dan nomor HP tidak bisa digunakan dua kali registrasi kecuali akun pertama telah direset di kantor cabang.

Khusus bagi yang masih jomblo atau tidak memiliki tanggungan, mengganti email hanya bisa dilakukan di kantor cabang ya…sambil nyari jodoh manatau ada yang cocok :D, bila customer service tidak apat melakukannya maka silahkan hubungi bagian pengaduan.

6 Comments

6 Comments

  1. Dira maristiani

    January 16, 2020 at 10:12 pm

    Saya belum mempunyai tanggungan, tapi saya lupa pasword dan alamat email nya, mohon dibantu solusinya

    • Usman West Java

      January 18, 2020 at 6:47 am

      halo dira, silahkan datang kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat dan temui bagian pengaduan atau customer service untuk mereset akun. Setelah akun direset baru bisa daftar baru dengan nomor BPJS anda.

  2. Sugi harto

    January 25, 2020 at 8:45 pm

    Apakah bisa langsung direset saha tanpa harus datang kekantor

    • Usman West Java

      January 27, 2020 at 8:22 am

      kalau dalam 1 akun tidak ada tanggungan lain maka wajib ke kantor cabang, kalau ada tanggungan silahkan ikuti panduan pada artikel

  3. Yusuf

    February 18, 2020 at 6:38 am

    Ketika login kog ada pemberitahuan.Tranaksi bekum dapat diproses silahkan coba beberapa saat lagi. Itu gmna ya

    • Usman West Java

      February 20, 2020 at 5:06 am

      1. Pastikan koneksi internet anda optimal.
      2. Pastikan aplikasi sudah terupdate.

      Jika dua poin tersebut sudah terpenuhi maka koneksi bisa lancar, jika masih belum bisa juga mungkin servernya lagi error silahkan coba lagi di waktu yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
%d bloggers like this: