BLOGGING

BIAYA MEMBUAT BLOG [TAHUN 2017]

Biaya membuat blog

Biaya Membuat Blog – Membuat sebuah blog merupakan suatu keputusan yang tepat untuk sobat yang mau meng-eksplorasi potensi diri. Apa yang yang menjadi minat dan bakatnya akan lebih baik diekspresikan melalui sebuah blog supaya lebih tergali lagi potensinya.

Apabila yang menjadi dasar pemikiran membuat blog untuk memperkaya diri maka itu sangat kecil kemungkinan akan berhasil kalau tidak didukung dengan potensi diri yang tentunya berkaitan dengan seni blogging.

Pada umumnya mereka yang sukses membuat blog adalah didasari dengan keinginan yang kuat untuk mengembangkan bakat dan minatnya dalam seni blogging. Hal tersebut membuat semuanya berjalan secara natural dan tidak pernah kehabisan cara untuk berkarya.

BACA : JANGAN MELUPAKAN HAL INI UNTUK MEMBANGUN BLOG BERKUALITAS

Namun terkadang semua perencanaan tertunda karena berbenturan dengan biaya yang tidak sedikit menurut beberapa kalangan, karena keterbatasan mereka yang memang memiliki banyak kebutuhan selain untuk membuat blog.

Kali ini penulis akan mencoba memaparkan biaya membuat blog dari yang termurah hingga yang mahal dan dengan berbagai macam tujuan. Ada yang tujuannya untuk menayangkan iklan AdSense, mengikuti program afiliasi, job review dan masih banyak lagi.

Biaya membuat blog termurah

Jika sobat berkeinginan membuat sebuah blog tetapi memiliki keterbatasan biaya, jangan khawatir karena ada solusi yang tepat untuk mengatasi masalahnya yaitu membuat blog dengan menggunakan subdomain blogspot.com.

Apa itu subdomain blogspot.com ?

Adalah subdomain yang disediakan secara gratis oleh pihak Google. Subdomain ini sering kita jumpai saat kita berselancar di dunia maya. Apabila sobat melihat blog dengan domain www.1234.blogspot.com atau sejenisnya yang ujungnya .blogspot.com berarti itu blog menggunakan subdomain.

Biaya untuk membuat blog dengan subdomain ini adalah gratis. Jadi tidak ada salahnya jika sobat memulai aktivitas bloggingnya dari yang gratisan dulu, baru nanti setelah punya biaya bisa beralih ke domain berbayar.

Blogspot merupakan platform milik Google yang diakuisisi pada tahun 2003 dari Pyra Labs. Apabila sobat membuat blog dengan menggunakan subdomain ini maka kendali sepenuhnya ada di pihak Google dan sobat tidak perlu memikirkan biaya hosting atau biaya domain karena semuanya free.

Sebenarnya masih banyak lagi subdomain gratis flatform lain di luar Google silahkan sobat pelajari sendiri saja pada prinsipnya sama, hanya saja produk Google tentunya lebih unggul dari yang lainnya terutama dari sisi perlakuan mengingat Google saat ini adalah bisa dikatakan sang penguasa internet.

Biaya membuat blog dengan domain TLD

TLD kependekan dari Top Level Domain secara bahasa artinya domain tingkat atas yang sangat populer yaitu :

.com (dibaca : dot com)
.net (dibaca : dot net)
.id (dibaca : dot id)
.biz (dibaca : dot biz)

Untuk membedakan domain TLD dengan subdomain caranya gampang yaitu jika ada tanda titik sebagai pemisah nama domain maka itu adalah subdomain.

Contoh : www.AB.CD.com

Sebaliknya jika tidak ada tanda titik diantara nama domain maka itu adalah domain TLD (Top Level domain)

Contoh : www.ABCD.com

Umumnya membuat domain TLD ini kita mengeluarkan biaya untuk membeli domain dengan nama yang kita inginkan dan disinilah sobat mengeluarkan modalnya. Namun jangan khawatir karena biaya tidak begitu mahal yaitu sekitar Rp.40 rb – Rp.100 rb untuk setahun dan untuk perpanjangan di tahun berikutnya biasanya berbeda harga.

Untuk hostingnya gunakan saja Google karena gratis dan pastinya berkualitas karena up time server-nya bisa 99%. Tidak ada biaya lain setelah sobat membeli domain TLD kecuali jika ingin menggunakan jasa pihak ke 3 untuk desain blognya.

Penulis sarankan jika sobat mau ngeblog itu harus rajin baca tutorial blogging supaya tambah wawasannya dan bisa mandiri dan tidak ketergantungan kepada orang lain. Jadi selain bisa menulis juga harus bisa coding untuk melakukan setting blognya.

Biaya membuat blog platform wordpress self hosted

Blog platform wordpress sangat unggul dalam hal optimasi di mesin telusur. Sobat bisa melihat hampir bisa dikatakan rata-rata di hasil indeks pencarian yang muncul mayoritas blog berplatform wordpress. Tapi semua itu bergantung kepada kualitas artikel, jika kualitas artikelnya jelek maka tetap aja berada di posisi paling bawah.

Disini penulis hanya akan menjelaskan biaya membuat blog dengan wordpress self hosted yaitu yang di-hosting sendiri supaya kedepannya bisa digunakan untuk mendulang dollar dari beriklan,afiliasi dan lain-lain.

BACA : STRATEGI BLOGGING LEVEL DASAR

Mengapa harus self hosted ? gak yang hosted saja?

Subdomain blog wordpress sedikit berbeda dengan blogspot, letak perbedaannya yaitu subdomainnya tidak bisa dimonetisasi karena pihak wordpress tidak memfasilitasinya kecuali untuk blog/situs web yang di hosting sendiri (self hosted).

Biaya yang harus disiapkan untuk buat blog wordpress self hosted :

  1. Membeli domain

    Untuk domain wajib menggunakan TLD, seperti yang telah dijelaskan di atas tadi yaitu mulai Rp.40rb-Rp.100 tapi ada juga yang harganya jutaan, saran penulis beli saja yang murah. Namun terkadang banyak juga promo gratis, silahkan rajin berkunjung saja ke hoster yang ada di Indonesia.

  2. Sewa Hosting

    Hosting merupakan bagian yang sangat berpengaruh terutama dalam hal optimasi di blog dan di mesin telusur. Oleh karena itu jangan sembarangan memilih hosting karena bisa menentukan masadepan blog kita. Mintalah refensi kepada pengguna hosting yang sudah berpengalaman.

    BACA : BAGAIMANA CARA MEMILIH HOSTING BERKUALITAS?

    Biasanya blog dengan platform wordpress yang dihosting sendiri itu menggunaka CMS WordPress sehingga membutuhkan spesifikasi yang tepat yaitu minimal RAM-nya (Virtual Memory Usage) berkapasitas 750 MB.

    RAM menjadi hal yang wajib diperhatikan kapasitasnya karena jika terlalu kecil akan menyebabkan blog menjadi lemot dan selalu error koneksinya karena terlalu dipaksa sehingga over load atau tidak support.

    Untuk paket hosting dengan RAM 750 MB harganya lumayan mahal yaitu berkisar antara Rp. 600 rb – Rp. 1 juta lebih untuk sewa selama 1 Tahun. Biasanya paket hosting dengan RAM 750 MB ada di paket bisnis sehingga harganya cukup mahal.

    Kapasitas RAM tidak bisa dilihat secara langsung di info paket hosting, jika sobat menginginkan paket hosting dengan RAM tertentu maka tanyakan dulu kepada cs-nya (customer service) berapa kapasitas RAM di paket yang ditawarkan tersebut.

  3. Membeli SSL

    SSL (Secure Socket Layer) adalah protokol kemanan untuk transaksi data di dunia maya sehingga transaksi menjadi aman dan pengguna pun bisa nyaman. Berdasarkan informasi dari Google bahwa situs yang menggunakan SSL akan menjadi prioritas di mesin pencari mereka maka penulis menyarankan untuk membeli SSL.

    Penulis menyarankan sobat untuk tidak menggunakan SSL gratisan karena bisa berakibat fatal terhadap web misalkan layanan SSLnya tiba-tiba dihentikan oleh penyedianya karena sudah tidak gratis lagi, tentunya hal ini akan sangat merugikan kita karena blog bisa terjadi crawl error yang dapat menyebabkan visibilitas blog menjadi turun.

    Harga SSL bervariasi tergantung paketnya, kalau untuk blog biasa harganya minimal Rp.120 rb selama 1 tahun untuk 1 blog saja. Jika sobat memiliki banyak blog maka beli saja SSL yang bisa untuk banyak blog.

    SSL ini tidak wajib dibeli, hanya saja diperlukan untuk optimasi SEO. Jadi bagi sobat yang kantongnya lagi bolong sebaiknya ditunda saja untuk pembelian SSLnya karena tanpa SSL pun blog masih bisa work.

Kesimpulan

Khusus untuk pemula yang masih belajar blogging silahkan menggunakan blogspot.com saja (subdomain) karena semuanya gratis. Memulai dari hal kecil itu akan lebih terasa pengalamannya daripada langsung memulai dengan hal besar.

Untuk membuat sebuah blog usahakan menggunakan nama domain yang SEO. Sebagai contoh banyak pencari kata kunci “SEO” maka kita sisipkan kata SEO tersebut pada nama blog.

Dalam beberapa kasus yang blognya masih di hosting oleh Goolge maka haruslah hati-hati dalam membuat konten jangan sampai melanggar kebijakan mereka karena jika terjadi maka blog akan di-banned secara permanen oleh mereka sehingga sobat kehilangan segalanya.

Tidak semua nama blog tersedia sesuai dengan keinginan sobat, hal ini dikarenakan adanya pihak lain yang sudah lebih dulu menggunakan nama blog yang sama dengan keinginan sobat.

Asah kemampuan coding apabila ingin maju dalam me-manage blognya supaya tidak ketergantungan kepada orang lain karena itu bisa memperlambat kesuksesan aktivitas blogging sobat.
Jika sobat menggunakan blog TLD maka beli domain dari penyedia yang bereputasi supaya kualitas pelayanannya prima.

Jika sobat membangun blog dengan platform wordpress yang self hosted maka perlu mempertimbangkan soal biaya karena tidak murah. Untuk membeli hosting-nya maka carilah hoster (penyedia hosting) yang berkualitas.

Maksimalkan optimasi blog dengan berbagai macam plugin yang disediakan (khusus wordpress), sebaiknya beli yang berbayar saja supaya hasilnya menjanjikan.

Jika sobat mau membuat toko online maka wordpress akan sangat cocok buat situs toko online sobat karen banyak cara untuk optimasi di mesin telusur dengan menggunakan banyak plugin.

Demikian ulasan biaya membuat blog ini penulis susun untuk membantu sobat terutama yang lagi kebingungan mencari tau berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk buat blog. Semoga kedepannya bisa lebih bersemangat lagi dalam aktivitas bloggingnya sehingga targetnya tercapai dan kemampuannya bertambah.

Semoga bermanfaat
Salam sukses.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



10 Comments

10 Comments

  1. kang sudar

    Maret 24, 2017 at 5:20 am

    Saya pernah pakai wp mas, karena biayanya gak cukup aku kembali ke blogger

  2. Ivan

    Maret 25, 2017 at 1:05 am

    Setuju mas, kalau dari awal tujuannya untuk memperkaya diri akan sulit bertahan ketika tidak melihat pundi pundi bertambah dalam waktu singkat.

    Sebaiknya memang mulai dari blogspot, anggap saja simulasi sebelum serius.

    Ngeblog belum tentu cocok semua orang, tapi semua orang bisa ngeblog.

    Mulai dengan gratisan dan selanjutnya memutuskan untuk lanjut atau tidak adalah pilihan yang bijaksana.

  3. Dennes Julio

    Maret 25, 2017 at 5:24 am

    Wah sangat lengkap, yang pastinya kita mulai dulu dari blog, kalau udah mesra sama blog baru upgrade domain 😀

  4. Muhammad Syukron

    Maret 27, 2017 at 12:56 am

    beberapa hari yang lalu saya sempet muter muter untuk cari tahu harga sewa hosting pertahun nya. Bener banget mas, untuk harga paling kecil dengan ram 1 gb itu 700 ribu dan itu pun untuk paket terendah, paket standar nya kisaran 800-1.2 juta pertahun. Belum lagi harga SSL yang bisa diatas 100 ribu. Sebenernya harga segitu lumayan berat juga, mengingat saya masih sekolah belum punya penghasilan. tapi yang namanya hobi susah untuk di jauhin. Oh ya mas, kalo bisa buat artikel tentang hosting hosting, terutama menjelaskan spek dari tiap hosting tersebut, karna saya sendiri masih kurang paham, apalagi situs yang berbahasa inggris.

  5. Aditya pratama

    Maret 27, 2017 at 3:41 am

    Aku sebenernya suka sama desain wp tapi eaktu mencoba wp emang bener bagus tapi harganya itu lho mahal banget jadinya mending tetep di blogspot dulu aja deh . Nanti kalo sudah berpenghasilan tetep baru pindah semoga sukses ya

  6. Habib

    Maret 27, 2017 at 5:38 am

    makasih mas usman , atas informasinya, aku jadi senang pakai blogspot nih. karena gratis .

  7. Teuku Ahmad Andika

    Maret 27, 2017 at 10:08 am

    Kalau kita sudah berpengalaman dalam dunia Blogger namun kita tetap menggunakan sub domain blogspot engga apa apa itu gan?

  8. Usman West Java

    Maret 28, 2017 at 1:27 am

    tidak masalah, yang penting unique content. fokus ke konten dan teruslah menulis.

  9. Rehanfirdaus

    Maret 28, 2017 at 2:20 am

    Mahal juga ya pengen pindah wordpress tapi masih ngumpulin dikira biayanya hanya menggunakan domain TLD, ternyata menggunakan plugin dll ya, terimakasih mas infonya

  10. Usman West Java

    Maret 28, 2017 at 2:36 am

    siap mas syukron, memang kalau sudah dibarengi hobi itu apapun dikerjakan (positif).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top