BLOGGING

BLOG YANG KANDAS DI TENGAH JALAN

Blog yang kandas di tengah jalan

Blog Yang Kandas Di Tengh Jalan – Perjalanan panjang dan penuh liku adalah sesuatu yang harus ditempuh oleh seseorang dalam meraih pencapaian yang sempurna, tidak terkecuali seorang blogger yang harus bekerja ekstra untuk mewujudkan impiannya mendapatkan benefit dari profesinya tersebut sehingga blognya menjadi mustahil sepi pengunjung.

Faktor malas update dan kurang pengetahuan adalah realita sekaligus penghambat yang paling sering terjadi ketika seorang blogger tengah mem-build blognya dan hal tersebut tak ayal menyebabkan menjadi lemahnya visibilitas blog hingga tersungkur dari medan pergulatan SEO.

Perlu diketahui bahwa proses indexing pada mesin telusur sepenuhnya bergantung kepada manusia dan bukan mesin. Jadi apabila konten ingin tampil di mesin pencari maka jalan satu-satunya yaitu membuat konten kemudian melakukan optimasi dengan baik dan valid tentunya.

Saat ini banyak sekali konten bertebaran di mesin pencari dari A sampai Z semuanya lengkap sehingga memudahkan pengguna menemukan berbagai hal yang digemarinya. Bagi seorang content creator sekelas blogger pemula tentunya situasi seperti ini bisa memungkinkan menyempitnya lahan ide mereka.

Menyikapi hal tersebut, penulis memiliki strategi khusus agar tetap eksis bisa menulis konten setiap harinya dengan topik terhangat. Strateginya cukup sederhana yaitu: Perhatikan, Analisa dan Update sehingga melahirkan konten yang kekinian walaupun basic-nya dari konten yang jadul.

BACA : STRATEGI BLOGGING LEVEL DASAR

Perlu sobat ketahui bahwa dalam ilmu blogging itu ada banyak hal yang serupa tetapi selalu berubah-ubah setiap waktu. Pasti bingung kan? contohnya alogaritma mesin telusur. Namanya masih sama yaitu ALOGARITMA, namun cara kerjanya selalu berbeda setiap saat karena pihak pengembang terus mebuat perubahan.

Nah, jadi sekarang sobat tidak perlu kebingungan sehingga kehabisan ide untuk membuat sebuah konten karena setiap harinya ada banyak hal baru di dunia ini yang bisa dijadikan sumber inspirasi bagi kita untuk membuat konten yang dibutuhkan banyak orang.

BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

But, ditengah situasi maraknya konten di mesin telusur membuat kita harus selalu berhati-hati dalam menciptakan konten baru yang sifatnya update dari versi lama karena akan sangat beda tipis dengan konten plagiat. Kalau kurang strategi ya pastinya berbahaya buat reputasi blog dan bisa jadi blog menjadi kandas.

Berikut ini adalah hal yang dapat menyebabkan blog bisa kandas di tengah perjalanan, harap perhatikan baik-baik :

Teknik black hat SEO

Siapa sih yang tidak kenal black hat SEO, pastinya semua blogger sedikitnya tau tentang teknik ini dan sangat tidak dianjurkan karena cara ini tidak valid. Teknik ini menghalalkan segala cara termasuk yang dilarang oleh Goolge sehingga resikonya pasti berat dan blog bisa tenggelam di mesin telusur sehingga konten akan sulit ditemukan pengguna karena tidak terindeks.

Namun entah apa faktornya masih saja banyak yang menggunakan teknik black hat SEO ini dengan alasan untuk meningkatkan performa blog, padahal itu cara yang salah dan perlahan visibilitas blog akan turun karena alogaritma mesin telusur terutama Google kini semakin memburu blog yang mengandung unsur tidak valid dalam hal optimasinya.

Sebagai contoh yaitu menggunakan teknik jigling supaya terlihat banyak visitornya, kemudian menanam backlink ke dalam blog secara masal dan sebagainya. Saat ini mesin telusur sekelas Google sudah tau mana yang valid dan tidak, jadi cara apapun yang dilakukan untuk menipu Google maka sulit untuk bisa berhasil.

Link rujukan yang tidak relevan

Tahun ini tepatnya di bulan maret 2017 ada kabar dari sir Gary Illyes (karyawan Google) melalui akun tweeternya bahwa alogaritma Fred sudah diberlakukan oleh Google. Namun pihak Google sendiri belum mengumumkan secara resmi soal ini.

Kabarnya, alogaritma Fred ini menyorot link yang tidak relevaçn dengan konten. Menurut pandangan penulis hal ini cukup masuk akal dan sportif karena link rujukan itu tidak pantas kalau disematkan pada artikel yang memiliki topik yang berbeda.

Yang dimaksud link rujukan adalah bisa berupa link internal dan external (akrab disebut backlink). Mungkin alogaritma Fred bisa dikatakan penyempurnaan dari alogaritma Penguin yang incharge dalam hal baclink.

Memang sudah jauh-jauh hari sebelumnya juga sudah diperingatkan soal link rujukan yang tidak relevan ini yang dapat menurunkan peringkat blog di mesin telusur bahkan bisa menyebabkan deindex sehingga sangat merugikan.

Apabila sobat kurang paham soal poin ini, berikut penulis berikan contohnya :

Contoh link internal yang salah

Contoh link internal yang salah

Perhatikan tulisan warna merah pada gambar di atas yang merupakan internal link. Yang menjadi masalah adalah link tersebut tidak relevan dengan topik artikel. Sobat bisa perhatikan topiknya kan membahas anggur kenapa ada link rujukan ke cara memasak telor yang benar ? mungkin kalau linknya cara memakan anggur yang benar pasti akan relevan dengan artikel yang dibahas.

Jarang Update

Sobat tau kan alogaritma Hummingbird? Salah satu alogaritma google ini paling bersahabat sama konten anyar dan unik karena giat mempromosikan konten tersebut di halaman utama. Biasanya pengunjung lebih suka sama konten yang up to date, ini menandakan konten yang hangat memiliki potensti peringkat atas asalkan kualitasnya lebih bagus.

Sepertinya blog yang membahas konten jadul lambat laun akan tersisihkan oleh blog yang membahas konten yang sama tetapi anyar dengan catatan harus berkualitas dan update. Dengan demikian menurut analisa penulis jika jarang update maka blog akan terkubur.

Mungkin jika sobat melakukan update sebulan 2 kali sepertinya masih wajar dibanding update 6 bulan sekali. Blog yang jarang update akan memiliki sitemap yang kurang bagus di mesin telusur karena terlalu lamanya proses perayapan ke blog yang terhenti menyebabkan robot txt tidak bersahabat dengan blog kita.

Template tidak responsive

Siapa yang blognya menggunakan template yang tidak responsive ?

Sebaiknya sobat mulai kemas-kemas membenahi struktur blog, tidak ada salahnya update template karena ini sudah zaman modern dan setidaknya template kita harus support html5. Selain itu ada banyak iklan yang hanya bisa tampil di template modern seperti zaman sekarang ini.

Template yang tidak responsive dapat menyebabkan blog sobat di antrian paling bawah pada indeks mesin telusur karena yang diprioritaskan di indexing mesin telusur untuk saat ini adalah blog dengan template yang responsive bukan template yang membuat blog jadi lemot.

BACA :CARA MEMPERCEPAT LOADING BLOG

Hal ini bukan tanpa alasan karena mengingat awal tahun 2015 silam Google menyatakan bahwa yang menjadi prioritas di mesin telusur adalah situs web yang responsive kurang lebihnya begitu. Jadi sudah jelas kalau yang tidak sesuai kriteria google maka wajar kalau dijadikan nomor dua atau bahkan tidak sama sekali.

Blog dengan konten plagiat

Google sangat menghargai privasi dari sebuah karya, mungkin kalau kamu pernah ngeblog di zaman batu maka pasti konten plagiat akan aman-aman saja. Berbeda halnya dengan sekarang jangankan plagiat bahkan yang tidak sengaja ulasannya sama pun langsung didepak dari posisi terbaik.

Penulis tidak bosan-bosannya menyuarakan soal ini supaya sobat berhenti memikirkan membuat konten plagiat karena bagaimanapun trik sobat pasti ketahuan sama Google. Tentunya hal ini sangat merugikan bagi pemilik blog dengan konten plagiat dan sebaiknya segera bersih-bersih sebelum akhirnya dikubur di mesin telusur.

Broken link

Apa itu broken link ?

Broken link merupakan link rujukan yang mengarah kepada sebuah konten namun konten tersebut sudah tidak ada lagi atau dihapus sehingga menyebabkan perayapan mesin telusur menjadi error (crawl error).

Jika crawl error dibiarkan berlarut-larut maka hal ini dapat menyebabkan citra buruk untuk blog sobat. Logikanya begini : “ misalkan sobat sedang melakukan pencarian kemudian mengklik suatu tautan yang sangat sobat butuhkan tetapi setelah diklik ternyata konten tersebut telah dihapus atau error “ nah kalau sudah begitu pasti sobat merasa jengkel bukan? Kurang lebihnya perasaan google begitu sehingga tidak menyukai broken link.

Sobat harus rajin berkunjung ke webmaster tools periksa apakah ada crawl error atau tidak, kalau ada maka segera hapus konten tersebut atau blog sobat akan terkubur.

Demikian ulasan singkat mengenai faktor penyebab blog yang kandas di tengah jalan ini, semoga menjadi bahan evaluasi bagi sobat yang tengah mem-build blog untuk menyalurkan hobi dan mengembangkan bakat.

Kesimpulan

Menjadi blogger sukses harus didasari rasa cinta terhadap seni blogging supaya semua hal dapat mengalir secara alami .

Biasakan membuat artikel setiap hari supaya kemampuan menulisnya semakin baik dan sempurna. Sehingga topik yang disuguhkan selalu enak dibaca.

Semua cara yang tidak valid akan menyebabkan konten sulit untuk tayang di mesin telusur, sehingga konten sulit untuk ditemukan pengguna.

Selalu ikuti perkembangan alogaritma mesin telusur sekelas Google agar dapat menyesuaikan dengan blog atau konten.

Blog yang selalu ramai pengunjung akan memiliki potensi besar untuk bisa selalu tayang di halaman pertama hasil pencarian.

Kurangi artikel yang terlalu panjang agar tidak menguras energi.

semoga bermanfaat
salam sukses

6 Comments

6 Comments

  1. muhid antapedia

    Maret 26, 2017 at 10:56 pm

    beberapa waktu yang lalu saya pernah menghapus artikel dari blog saya, saya tidak sadar bahwa hal itu berpengaruh terhadap index google, setelah saya cek di webmaster ternyata banyak broken link dan menyebabkan artikel lain macet tidak terindek.

  2. bincang santri

    Maret 27, 2017 at 1:46 am

    Bukan hanya cinta, ternyata eh ternyata blog juga bisa kandas ya.

    Saya rasa, semua penyebab penyebab di atas akan terselesaikan jika kita mencintai blog layaknya istri.

  3. aknan

    Maret 27, 2017 at 9:43 am

    Makasih infonya gan, artikelnya sangat memotivasi saya untuk menjadi lebih baik, ditunggu artikel nantinya yang lebih inspiratif,,

  4. Pingback: EFEKTIVITAS MANFAAT PENGUNJUNG TERHADAP BLOG DAN PENDAPATAN ADSENSE | Blog Mas Usman

  5. Bagus Surochman

    April 2, 2017 at 4:03 pm

    salah satu penyebab blog kandas ditengah jalan juga bisa disebabkan karena salah dalam mengambil keputusan (seperti rencana dan tujuan apa membuat blog, passion yang tidak sesuai dengan niche, ingin meraup penghasilan atau tenar dengan konten abal-abal,dsb.). Hal tersebut justru membuat orang tidak mampu mengembangkan ide, dan akhirnya blog menjadi terabaikan.

  6. Pingback: BERBAGAI MACAM KESALAHAN BLOGGER PEMULA YANG MESTI KAMU HINDARI | Blog Mas Usman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 55 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top