INTERNET

CARA AMPUH USIR MALWARE FACEBOOK

Usir Malware Facebook

Hai sobat KURKOM, semoga selalu sehat. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara ampuh mengusir malware facebook yang sangat jahat dan merugikan kita tentunya. Apa itu Malware ? Bagaimana Rasanya apabila facebook kita terkena malware jahat? yang pasti kita cukup kesal dibuatnya dan malware jahat tersebut dapat mengganggu stabilitas keamanan kita di Facebook…Jhehe.

Baiklah Sob kita mulai, Malware adalah perangkat lunak yang dibuat atau dirancang untuk melakukan tindakan yang tidak terpuji dan mengatasnamakan kita sebagai pelakunya. Hmm..baru baca definisinya aja saya udah kesal duluan sob :D. Ada banyak malware facebook yang dapat memporak porandakan akun facebook kita, biasanya malware facebook ini berupa sebuah tautan yang membuat penasaran, jika tautan tersebut di klik maka secepat kilat malware facebook tersebut menyusup ke akun kita. Pergerakan Malware Facebook ini dapat mengambil informasi dari akun kita, mengirim status atau pesan yang seolah berasal dari kita, beberapa aksi malware facebook ini seperti menambahkan orang lain ke grup secara membabi buta, membuat tautan video porno ke akun teman seolah yang menambahkannya itu kita, atau memenuhi akun kita dengan iklan yang merusak komputer kita dan masih banyak lagi. Ada banyak vendor antivirus yang menawarkan jasa untuk menendang malware facebook tersebut dari akun facebook kita, tentunya itu tidak gratis sob, kita harus mengeluarkan biaya untuk membelinya. Saya akan mencoba sharing cara gratisnya saja ya sob… :D.

Berikut adalah screenshot dari teman di akun facebook saya dimana akun saya (uzze de blackstone) menyetujui permintaan teman saya ke grup padahal saya tidak melakukannya :

malware facebook


Padahal sebelumnya saya ditambahkan ke grup juga tanpa persetujuan saya, perhatikan gambar berikut :

notifikasi penambahan grup ilegal

Sedih rasanya  kalau akun facebook kita tiba-tiba didemo banyak orang terutama yang ada di pertemanan facebook kita dengan tudingan kita telah melakukan aksi ilegal yang merugikan akun mereka padahal dalangnya adalah si malware facebook, apalagi akun facebook kita telah dimonetisasi untuk keperluan bisnis online dan ahirnya tidak sedikit pelanggan memaki kita dan memblokir akun kita tanpa kita tahu kesalahan kita apa. Beberapa bulan yang lalu sekitar awal tahun 2015 saya pernah mengalami hal ini dimana akun facebook saya menambahkan teman ke grup secara ilegal walau mereka tidak pernah menyetujui permintaan keanggotaan di grup tersebut tapi tetap saja jadi anggota, alhasil mereka kesal terhadap saya dan yang lebih parahnya saya ditegur sama tim facebook bahwa saya terlalu sering menambahkan teman ke grup dan saya dikenakan sanksi administrasi tidak bisa menambahkan teman ke  grup lagi selama sebelas hari kedepan, sungguh terlalu si malware facebook  yang jahat ini, sudah melempar batu terus tangannya disembunyikan lagi . . . :D.

Setelah berbulan-bulan facebook saya diembargo sama si malware facebook ini akhirnya saya memutuskan untuk  memberantasnya, karena saya sudah merasa lelah dengan aksi kudeta si malware facebook ini. Saya mulai menjelajahi forum-forum bantuan di blog dan di facebook itu sendiri namun saya belum bisa juga menghentikan aksi malware facebook yang parkir di akun saya.  Akhirnya saya memutuskan menggunakan cara lain untuk menghentikan malware tersebut, saya mencari pelaku utamanya dan ternyata semua grup yang diurus akun tersebut adalah malware, akhirnya saya memutuskan untuk menghentikan aksi akun tersebut menyebarkan malware facebook ke akun saya.  Berikut cara yang saya lakukan :

  • Untuk menghindari tautan yang mengandung malware Saya batasi yang dapat mengirim ke kronologi saya menjadi “Hanya saya” dan saya nyalakan peninjauan kronologi, seperti pada gambar berikut ini :

penanganan malware dengan pusat bantuan

  • Mengirim pesan pribadi kepada akun yang divonis penyebar malware tersebut dan menyarankan kepada pemilik akun untuk segera memperbaiki akunnya itu. Perhatikan gambar berikut :

penanganan malware facebook

Setelah saya melakukan kedua cara diatas ternyata belum bisa menghasilkan perubahan, malware facebook di akun saya tetap beraksi, selanjutnya saya memutuskan untuk memblokir akun tersebut, tapi anehnya akun tersebut tidak bisa diblokir dan makin geram saya dibuatnya. :D. Akhirnya saya melaporkan maslah saya ke tim  facebook. berikut langkah-langkah saya membuat laporan ke facebook :

mengisi form pengaduan ke facebook

Silahkan sobat lakukan langkah seperti gambar diatas sesuai dengan urutan no 1-3, pada langkah no.3 isi kolom pengaduan dengan menjelaskan permasalahan yang sedang dihadapi, boleh dengan bahasa inggris atau bahasa Indonesia dan unggah screenshotnya, tidak disertakan screenshot juga tidak masalah. Pada langkah ini sobat harus sabar menunggu hingga kurang lebih 10 hari setelah pengaduan masalah sobat insya alloh tuntas. Lihat gambar berikut ini adalah screenshot pengaduan masalah saya ke facebook dan pesan balasannya dari facebook :

 
tanggapan dari facebook setelah pengaduanmasalah dikirim

 

Sampai disini penanganan malware facebook ini tuntas dan tidak memakai biaya untuk membeli software anti-malwarenya dan horeee akun saya kembali lagi normal tidak menambahkan orang lain ke grup secara ilegal. Sebagai kesimpulan dari saya apabila sobat mengalami hal apapun dari facebook laporkan saja permasalahnnya berikut buktinya dan jangan lupa bersabar karena setiap masalah yang kita hadapi pasti akan membuat kita pintar jika kita telaten menghadapinya. Semoga bermanfaat .

10 Comments

10 Comments

  1. Lasmono Permadi

    Agustus 6, 2016 at 8:24 am

    Nyimak gan..

  2. Usman Amd

    Agustus 6, 2016 at 9:00 am

    Dengan senang hati sob…. 🙂

  3. Heri Assidiqi

    Agustus 7, 2016 at 2:53 pm

    Keren Master….

    Kunjungi blog butut saya donk

    http://www.gupitan.com

  4. Heri Assidiqi

    Agustus 7, 2016 at 3:55 pm

    Keren Master….

    Kunjungi blog butut saya donk

    http://www.gupitan.com

  5. Uzze

    Agustus 7, 2016 at 11:16 pm

    Dengan senang hati sob… 🙂

  6. Niamh Kelly

    November 8, 2016 at 11:24 pm

    In the wake of introducing a PC infection scanner, it will go about as a day in and day out watch to your PC. Energetically it will protect your PC against assaults from infections and keeping hurt from different pernicious programming. this website

  7. Usman West Java

    November 9, 2016 at 7:48 pm

    thanks for your response Kelly, malware is very disturbing us as internet users, sometimes we do not find the best way to solve it.

  8. Bos Informasi

    November 19, 2016 at 10:36 am

    Nah ini gan terkadang yang bikin saya pusing. Tiba-tiba ada yang menambahkan saya ke grup. Semoga saja dengan tutorial ini bisa diatasi permasalahan saya.

  9. Usman West Java

    November 19, 2016 at 10:43 am

    sedih banget gan rasanya kalau dianggap pelakunya seperti yang saya alami setelah berbulan-bulan akun fb saya dihinggapi malware ini alhamdulillah dengan solusi di atas semuanya jadi pulih kembali.

  10. Juragan Ilmu

    Februari 3, 2017 at 1:20 am

    Malware facebook ini sudah sangat mengganggu orang-orang. Tidak hanya satu atau dua saja. Tapi bahkan hampir semua akun facebook. Seharusnya, bug yang terjadi di facebook ini segera di tangani. Kalau diteruskan akan banyak pengguna yang dirugikan. Banyak dari hacker-hacker memanfaatkan kesempatan untuk melancarkan kejahatannya. Hmm nahas sekali pengguna yang tidak tahu apa-apa tiba-tiba akunnya bisa menambahkan orang ke grup tanpa sepengetahuannya. Bahaya tingkat atas jika demikian ini. Semoga facebook segera menyadari ini dan segera berbenah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 55 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top