APLIKASI

CARA BELI TIKET PESAWAT ONLINE DI TRAVELOKA DENGAN JAMINAN UANG KEMBALI 100% [PLUS VIDEO]

Kursuskomputergratis.com – Membeli tiket pesawat online dengan jaminan uang kembali seutuhnya merupakan solusi terbaik saat ini terutama bagi yang sering terlambat naik pesawat akibat terkendala atau yang paling sering terjadi seperti terjebak kemacetan karena lalulintas kendaraan yang sangat padat disaat menempuh perjalanan menuju ke bandara sehingga gagal berangkat karena ketinggalan naik pesawat dan uang tiket tidak bisa balik lagi ke dompet sepeser pun alias hangus.

Sebaiknya pertimbangkan waktu dan jarak tempuh ke bandara sebelum membeli tiket pesawat untuk menghindari masalah kemacetan yang menimbulkan terlambat naik pesawat dan tidak sempat terpikirkan untuk klaim uang tiket yang sudah dibeli karena batal berangkat. Hal seperti ini sangat disayangkan kalau terus menerus terjadi, sebaiknya lakukan persiapan secara matang sebelum menggunakan pesawat dan pastikan tiket bisa direfund ketika tidak jadi berangkat.

Sebenarnya hampir semua tiket pesawat bisa direfund tetapi banyak yang tidak mengetahui akan hal itu terutama kalangan awam sehingga mereka mau tidak mau harus ikhlas menerima konsekwensinya jika tertinggal naik pesawat, nah rugi kan kalau uang tiket seharga jutaan sampai hangus? Makanya kalau beli tiket pesawat jangan terlalu mepet waktunya dan perhatikan kebijakan refund tiket pada setiap maskapai yang digunakan untuk jaga-jaga pada saat ada kemungkinan terlambat tiba di bandara maka secepatnya direfund.

Apakah Refund Bisa Memberi Jaminan Uang Kembali 100%?

Kebijakan refund pada setiap maskapai penerbangan berbeda-beda, namun hampir semuanya bisa di-refund tentunya dengan limit waktu tertentu, apabila refund dilakukan pada hari keberangkatan biasanya ada potongan hingga mencapai 75% dari harga tiket, mungkin apabila refund dilakukan 2 atau 3 hari sebelum penerbangan bisa cair hingga 100%. Jadi jangan harap bisa mendapat jaminan uang tiket kembali hingga 100% apabila refund pada hari keberangkatan pesawat.

Tapi…penulis disini punya solusi terbaik agar uang tiket pesawat tetap bisa kembali hingga 100% tanpa ada potongan walau direfund pada hari keberangkatan yaitu dengan cara membeli tiket pesawat online di Traveloka plus  Refund Guarantee 100% yang bisa memberikan jaminan uang kembali 100% dengan batasan waktu refund hingga 4 jam sebelum keberangkatan, jadi tidak perlu takut uang tiket hangus karena masih bisa diklaim hingga 4 jam sebelum berangkat apabila batal pergi.

Baca: Cara Membeli Tiket Pesawat Murah Di Situs Traveloka

Langkah-Langkah Membeli Tiket Pesawat di Traveloka Plus Refund Guarantee 100%

Jadi sudah tahu kan kenapa harus menggunakan Refund Guarantee 100%? Rugi banget kalau tidak pakai fitur tersebut karena sangat berguna untuk jaga-jaga apabila ada kendala yang menyebabkan pembatalan tiket sehingga uang tiket bisa diklaim semuanya. Berikut adalah step by step membeli tiket pesawat online di Traveloka plus Refund Guarantee 100% harap perhatikan dengan cermat:

Pertama

Silahkan akses aplikasi traveloka atau langsung di situs Traveloka untuk mendapatkan tiket pesawat plus garansi refund 100% karena program ini tersedia di Traveloka, pastikan sudah login ke akun Traveloka sebelum melakukan transaksi. Apabila belum memiliki akun harap membuat akun Traveloka terlebih dahulu untuk kenyamanan transaksi.

Baca: Cara Membuat Akun Traveloka Untuk Berbelanja Tiket Murah

Tiket online di Traveloka.jpg

Gambar 1. Cara membeli tiket pesawat di Traveloka

Jika sudah login akun, silahkan pilih Tiket Pesawat (1) untuk memulai transaksi pembelian tiket pesawat. Di Traveloka tidak hanya tersedia tiket pesawat, ada juga tiket Bus, Kereta Api bahkan antar jemput pun tersedia seperti yang tertera pada Gambar 1.

Kedua

Disini ada beberapa pengaturan penting untuk dapat menampilkan tiket pesawat yang dicari, seperti mengatur destinasi keberangakatan, kedatangan, tanggal keberangkatan, jumlah penumpang dan beberapa setingan lainnya.

cari tiket pesawat di Traveloka.jpg

Gambar 2. Pengaturan pencarian tiket pesawat

Pilih Bandara keberangkatan (1) dan kedatangan (2) kemudian tentukan tanggal keberangkatan (3) diikuti dengan menentukan jumlah penumpang (5). Apabila ingin membeli tiket pulang pergi maka geser ke kanan tombol Pulang pergi (4) diakhiri dengan mengklik tombol Cari (6).

Ketiga

Ini adalah halaman hasil pencarian tiket pesawat, semua tiket yang sesuai dengan data yang telah dimasukkan pada langkah kedua diatas akan ditampilkan disini. Traveloka akan menyortir tiket berdasarkan harga dari yang termurah hingga yang paling mahal atau sebaliknya, silahkan pilih tiket sesuai keinginan dan budget.

Hasil Pencarian Tiket Pesawat di Traveloka.jpg

Gambar 3. List hasil pencarian tiket pesawat

Untuk memilih tiket pesawat harap mempertimbangkan kualitas pelayanannya dan juga reputasi maskapai, jangan melihat tiket pesawat dari harganya yang murah karena naik pesawat harus benar-benar memperhatikan safety. Jika sudah yakin, silakan pilih tiket pesawat (7) untuk menuju ke langkah selanjutnya.

Keempat

Tahap ini merupakan inti dari pembahasan yaitu menambahkan aktivasi fitur Refund Guarantee 100% agar uang tiket pesawat bisa kembali 100% apabila tidak jadi berangkat, harus diperhatikan garansi refund 100% hanya berlaku maksimal hingga 4 jam sebelum keberangkatan. Jadi apabila ketinggalan pesawat maka uang tetap tidak bisa diklaim.

aktivasi fitur jaminan uang kembali seutuhnya di Traveloka.jpg

Gambar 4. Menambahkan fitur Refund Guarantee 100% pada tiket pesawat

Klik TAMBAH (8) pada banner Jaminan Refund 100% untuk mendapatkan jaminan uang kembali 100% apabila ingin membatalkan tiket pada hari keberangkatan. Saat ini Refund Guarantee 100% dihargai sebesar Rp49.000, jadi nanti akan diakumulasikan dengan harga tiket. Periksa data tiket dengan benar, terutama fitur dan data penumpang. Pastikan fitur Refund sudah available (9), klik Pilih (10) untuk ke tahap selanjutnya.

Kelima

Halaman ini berisi data penumpang dan data pemesan tiket, kedua data tersebut wajib sesuai dengan identitas kependudukan KTP dan nomor HP yang digunakan harus aktif karena sistem komputer Traveloka biasanya ada mengirim informasi via SMS seperti kode booking atau informasi perubahan jadwal dan informasi lainnya yang bersifat urgent biasanya dikabari via SMS atau telepon.

atur data pembeli dan penumpang di traveloka.jpg

Gambar 5. Data pemesan dan pembeli tiket

Perhatikan data pemesan (11) pastikan email dan nomor teleponnya aktif untuk media komunikasi dengan Traveloka, selanjutnya data Detail Traveler (12) wajib sama dengan data KTP. Tekan LANJUTKAN (13) untuk ke langkah berikutnya.

Keenam

Metode pembayaran tiket pesanan bisa ditemukan pada halaman ini, mesin akan memberikan tenggang waktu sekitar 2 jam untuk melakukan pembayaran dengan metode yang ditawarkan. Yang harus diperhatikan adalah jumlah pembayaran dan akan menggunakan metode apa untuk transaksi. Sampai tahap ini pastikan data tiket sudah benar, terutama nama penumpang yang harus sesuai dengan KTP atau identitas diri lainnya.

Beli tiket pesawat online bergaransi refund 100%.jpg

Gambar 6. Memilih metode pembayaran tiket di Traveloka

Perhatikan jumlah pembayaran (14), angka ini belum final karena nanti akan ada kode unik di 3 digit terakhir. Waktu booking selama 2 Jam 14 menit (15), setelah melewati interval waktu tersebut maka booking tiket akan kadaluarsa sehingga harus booking ulang apabila terlambat bayar. Klik tab Bank Transfer (16) untuk menuju ke langkah berikutnya. Pada tahap ini penulis memilih transfer via m-BCA.

Ketujuh

Total pembayaran ditampilkan pada halaman ini, apa saja yang disertakan dalam pembelian tiket akan tertera jumlahnya. Misalkan membeli Refund Guarantee 100% Rp49000 maka sistem akan mengakumulasikan jumlah pembayarannya secara otomatis. Sampai tahap ini apabila ada kesalahan data tiket masih bisa direvisi.

Tiket pesawat bergaransi jaminan uang kembali 100%.jpg

Gambar 7. Rincian pembayaran booking tiket pesawat di Traveloka

Perhatikan semua item yang harus dibayar, ini adalah angka final dan tidak ada potongan harga. Pada saat melakukan pembayaran angka jumlah transfer tidak boleh keliru satu digitpun supaya tidak terkendala saat penerbitan e-tiket yang dilakukan secara otomatis oleh sistem Traveloka. Catat angka Harga Total hingga digit terakhir supaya nanti saat transfer angkanya tidak keliru.

Klik Bayar dengan Transfer (17) maka akan diarahkan ke halaman detail informasi pembayaran, akan ditampilkan nomor rekening tujuan transfer lengkap dengan nama pemilik rekening tersebut. Pastikan nama pemilik rekeningnya TRINUSA TRAVELINDO PT, kalau ragu silahkan hubungi customer service Traveloka di pusat bantuan pada aplikasi atau situsnya. Saatnya melakukan transaksi, penulis memilih pembayaran menggunakan m-BCA untuk menyelesaikan tahap ini. Harap tidak menutup halaman pembayaran ini ketika mengakses m-BCA.

Kedelapan

Akses m-BCA atau metode transfer lain yang digunakan, pada tutorial ini penulis menggunakan m-BCA. Di halaman isi data transfer pada m-BCA perhatikan dua poin yang tidak boleh salah yaitu nomor rekening tujuan transfer dan jumlah yang harus di transfer. Pastikan koneksi internet dalam keadaan optimal saat melakukan transaksi pembayaran ini dan tentunya wajib memiliki saldo di rekening yang cukup.

cara membayar tiket pesawat di Traveloka via m-BCA

Gambar 8. Membayar tiket di Traveloka via m-BCA

Sebelumnya silahkan daftar rekening tujuan transfer terlebih dahulu agar rekenig pembayaran Traveloka tertera pada drop down list rekening (18). Setelah rekening Traveloka dipilih, silahkan masukkan angka jumlah pembayaran pada kolom Jumlah Uang (19) lakukan dengan teliti dan jangan sampai ada kesalahan sedikitpun. Jika mengetahui nomor pesanan tiket silahkan masukkan pada kolom Berita (20).

Baca: Cara Daftar Rekening Tujuan Di Aplikasi Internet Banking BCA

Selanjutnya perhatikan lampu indikator aplikasi m-BCA (21) apabila berwarna hijau maka transaksi bisa dilakukan, silahkan tekan tombol Send (22) apabila semua data transfer sudah dipastikan tidak ada masalah terutama jumlah uang.

Setelah transfer berhasil silahkan lihat kembali ke langkah Ketujuh, maka halaman tersebut akan berubah tampilannya menjadi seperti ini:

indikator pembayaran tiket ke Traveloka telah berhasil.jpg

Gambar 9. Indikator transaksi telah berhasil pada aplikasi Traveloka

Sistem Traveloka akan mendeteksi pembayaran secara otomatis, apabila angka pembayaran seperti yang tertera pada langkah Ketujuh dimasukkan dengan benar maka hasilnya seperti yang terlihat pada Gambar 9. Klik Lihat Daftar Pembelian (21) untuk melihat e-tiket.

Kesembilan

Untuk melihat pesanan tiket di aplikasi atau di situs Traveloka bisa melalui kotak Pesanan yang navigasinya bisa ditemukan di bagian bawah layar.

Folder informasi tiket pesanan pada aplikasi Traveloka.jpg

Gambar 10. Folder pesanan tiket di Traveloka

Klik Pesanan (22) untuk menampilkan seluruh produk Traveloka yang sudah dibeli, pilih e-tiket aktif (23) untuk melihat informasi tiket secara detail silahkan diklik tab tiketnya sehingga akan tampil gambar berikut:

Halaman kode booking tiket pesawat bergaansi jamianan uang kembalidi aplikasi Traveloka.jpg

Gambar 11. Halaman kode booking tiket di Traveloka

Halaman inilah yang bisa diperlihatkan ke petugas bandara saat akan masuk ruang check-in, tidak perlu dicetak cukup diperlihatkan saja halaman ini pada petugas. Apabila tidak membawa bagasi disarankan untuk melakukan check-in online supaya tidak ikut antri di loket check-in manual. Kode booking pesawat ditunjukkan oleh nomor (24).

Baca: Mau Mudik? Begini Cara Check-In Online Tiket Pesawat [Plus Video Tutorial]

Kesimpulan

Refund Guarantee 100% hanya memberikan jaminan uang kembali dengan batas waktu klaim maksimal 4 jam sebelum keberangkatan, jadi kalau ketinggalan pesawat maka uang tiket tetap tidak bisa diklaim (hangus).

Refund tiket pesawat tanpa menggunakan fitur Refund Guarantee 100% apabila dilakukan pada hari keberangkatan maka akan dikenakan potongan hingga 75%, sehingga hanya sedikit saja uang tiket yang berhasil kembali ke dompet.

Jangan memperlihatkan halaman kode booking (Gambar 11) kepada pihak yang tidak bertanggung jawab apalagi mempostingnya di media sosial kecuali tiket tersebut sudah tidak dipakai atau kadaluarsa untuk menghindari penyalahgunaan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
0