BLOGGING

BEGINI CARANYA MENJADI BLOGGER ABAL-ABAL

Begini Caranya Menjadi Blogger Abal-Abal – Salam kangen dari penulis buat sobat pembaca yang baik hati khususnya yang mampir di blog reyod ini. Setelah berhari-hari tidak update artikel karena kesibukan hilir-mudik di pekerjaan offline, akhirnya penulis bisa hadir lagi untuk menemani waktu santai sobat semuanya.

Kali ini penulis akan mengupas topik yang terlihat sedikit aneh. Yap, penulis mau sharing bagaimana caranya si Mystery Guest (MG) menjadi blogger abal-abal yang tidak jauh berbeda dengan karakternya blogger antagonis, hanya saja blogger abal-abal ini sifatnya lebih universal terkadang dia jah*t atau terkadang dia bebal gituh.

Pasti sobat bertanya-tanya seperti ini : “whuaaat? Lantas apa manfaatnya buat pembaca?” dan jawaban penulis: Heeey, keep calm guys, slowly but sure men ! (sambil benerin dasi) 😀

Seperti biasa, penulis sangat menyukai menulis dengan topik yang dapat merevolusi mental karimah atau dengan kata lain dapat menimbulkan reaksi positif terhadap psikologis pembaca.

Sasaran utamanya adalah blogger pemula tidak terkecuali penulis sendiri supaya terlahir menjadi seorang blogger yang sejatinya dapat membangun negeri ini ke arah yang lebih baik tentunya melalui seni blogging.

Mari kita bersama-sama membiasakan diri menilai sesuatu secara objektif agar hasilnya rasional, maka lakukanlah segala hal dengan tertib hingga tuntas.

Jadi bacalah artikel ini dari awal hingga akhir dan fahami pesan moralnya setelah itu silahkan beri penilaian berdasarkan parameter masing-masing.

Perjalanan penulis selama makalangan dalam seni blogging dari awal hingga saat ini menuai banyak kisah pro dan kontra, akan tetapi hal itu sangat wajar karena dalam sendi kehidupan Tuhan menciptakan sesuatu berpasang-pasangan.

Hal tersebut cukup menggugah selera penulis untuk berbagi cerita yang menggelitik dengan sobat pembaca khususnya yang berprofesi sebagai penulis blog (istilah kerennya blogger).

Mungkin kalau penulis bercerita tentang cara menjadi blogger sukses seperti mas eka lesmana rasanya itu sudah tidak aneh lagi dan biasa saja karena beliau sudah banyak dikenal sebagai blogger sukses dengan penghasilan yang seabreg, tetapi kalau penulis bercerita tentang cara si MG menjadi blogger abal-abal sepertinya ini dapat mengundang perhatian para pembaca.

Siapa yang mau jadi blogger abal-abal? yang jawab “saya mau…” penulis kasih permen lolipop deh sebungkus. Cara jadi blogger abal-abal itu gampang kok dan tidak perlu kerja keras dari banting tulang hingga banting setir seperti yang dilakukan blogger-blogger sukses pada umumnya.

Cukup dengan membuat konten yang enggak penting terus topiknya enggak masuk akal atau pembahasannya muter-muter kayak helikopter dan pastikan membuat pembacanya berfikiran miring sampai rambutnya keriting itu sudah bisa dikatakan cukup sukses jadi blogger abal-abal. Ngenes!.

Penulis sangat yakin dan percaya kalau sobat tidak ada yang mau sebungkus permen lolipop ini, karena ini bukan masalah permennya tapi masalah masa depan sobat sebagai seorang blogger, jadi pasti jawabannya ”saya tidak mau…”. Baik, Penulis amankan dulu permen lolipopnya dan mari kita analisa masalahnya bersama-sama.

Blogger abal-abal itu identik dengan hasil karyanya yang asal-asalan dan berdampak buruk bagi masyarakat khususnya di jagat maya ini, seperti membuat konten artikel serampangan yang dapat merusak mental. Buktinya hampir setiap saat ketika penulis berselancar di search engine selalu saja menemukan konten yang seperti itu.

Penulis tidak melarang sobat yang mau jadi blogger abal-abal, silahkan saja tetapi jangan berharap bisa jadi blogger sukses karena niat di awalnya sudah tidak baik bagaimana selanjutnya? pasti sobat akan kehilangan waktu dengan percuma.



Penulis garis bawahi kata “sukses” supaya kita semua memahami dan dapat merubah mindset kita ketika mendengar kata tersebut. Menurut penulis yang disebut sukses itu ketika kita berhasil membahagiakan orang lain dengan memberikan manfaat kepada mereka bukan kita mendapatkan kebahagiaan dari orang lain dengan memanfaatkan mereka.

Jadi jangan khawatir dengan memprioritaskan orang lain hubungan timbal balik akan mengalir dengan sendirinya karena Tuhan sudah mengaturnya dengan baik, kalau di ajaran agama itu bisa disebut pahala yaitu sesuatu yang baik yang dipersembahkan untuk kita dari Tuhan tanpa diminta karena kita telah berbuat baik dan ikhlas.

Ketika membuat sebuah konten seorang blogger abal-abal akan memprioritaskan diri sendiri dulu, baru setelah itu orang lain. Hal ini terlihat dari caranya membuat konten yang tidak memperdulikan privasi orang lain bahkan parahnya tidak memperdulikan dampaknya yang penting dirinya untung.

Jika sobat belum tahu bagaimana caranya menjadi blogger abal-abal, berikut penulis berikan tips berdasarkan hasil riset sebelum membuat artikel ini dengan tujuan supaya dapat membantu memantapkan niatmu menjadi blogger abal-abal, bagi yang berminat silahkan baca yang serius beberapa poin penting berikut ini :

1). Menjadi Plagiator

Plagiator secara bahasa diartikan sebagai penjiplak. Plagiator saat ini merupakan profesi yang menjanjikan diberbagai macam jenis usaha karena untungnya menggiurkan katanya, tidak terkecuali dalam bisnis internet marketing.

Disamping untungnya yang menggiurkan, dosanya juga menggiurkan jika menjiplak hasil karya orang lain tanpa memperdulikan privasi sang pemilik aslinya. Bagi seorang blogger abal-abal untuk menjadi plagiator ini caranya gampang dan tidak perlu bayar, tinggal copy semua artikel di blog orang lain kemudian paste di blog milik sendiri lalu publish.

Setelah melakukan cara ini lihat hasilnya dipastikan blognya menempati posisi terbaik di SERP (Search Engine Result Page) yaitu ada di halaman paling akhir dan hanya sang plagiatorlah yang dapat menemukan konten tersebut di mesin pencari. Hebat bukan? Ok lanjut.

2). Membuat artikel yang mengundang kebencian

Carilah topik yang unik agar tepat sasaran, misalkan topiknya tentang penistaan terhadap mertua, penistaan terhadap majikan atau membuat berita hoax.

Cara ini sangat ampuh untuk mendatangkan banyak pengunjung dengan cepat dan dalam waktu yang sangat singkat blog sobat akan kebanjiran pengunjung dan tentunya kebanjiran komentar dari mereka karena penulis yakin semua pengunjung yang datang pasti akan meniggalkan jejak berupa komentar dari mulai yang membuli, menyumpahi hingga mendoakan agar segera bertaubat.

Keberhasilan sobat tidak sampai disitu karena setelah semua itu terjadi sobat akan mendapat perhatian khusus dari pemerintah berupa surat pemberitahuan bahwa sobat berhak mendapatkan kost gratis di salah satu lapas milik negara selama beberapa tahun kedepan karena sobat telah dihadiahi UU ITE. Bagaimana? Tertarik menjadi blogger abal-abal?

3). Membuat Spam di kolom komentar blog teman sebelah

Apa itu spam? Spam adalah orang yang bertugas menjaga keamanan, baik itu di rumah pacar, tetangga atau di rumah teman sebelah. Itu satpam cuy satpam (dilempar sandal)… 😀

Menurut wikipedia yang dimaksud spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya, sedangkan tindakan spam disebut sebagai spamming.

Blogger abal-abal sejati biasanya menaruh spam di kolom komentar dimana dia melakukan aktivitas blog walking dengan sesuka hati dan tanpa rasa bersalah.

Spam tersebut biasanya berupa link aktif yang merujuk ke sebuah situs atau blog yang tidak relevan dengan topik yang di bahas. Cara ini sangat paten dan dipastikan sobat akan dengan cepat memperoleh gelar blogger abal-abal.

Spam bisa menyebabkan boros kuota internet karena memakan banyak jaringan bandwith sehingga kemungkinan blog menjadi lemot. Cara ini hanya bisa dilakukan di blog yang kolom komentarnya tidak dimoderasi oleh sang pemilik blog tersebut sehingga spamming dapat dilakukan dengan mudah.

Jika sobat melakukan poin ini keuntungannya adalah blog sobat akan didepak oleh Google sehingga tidak terindex di SERP (Search Engine Result Page) miliknya atau bahkan di mesin telusur lainnya pun tidak akan terindex karena blog sobat dianggap terlalu manis buat mesin pencari milik mereka dan membahayakan.

Tapi jangan khawatir masih ada solusi lain jika blog sobat tidak terindex di mesin pencari manapun yaitu dengan membuat mesin pencari sendiri seperti yang dilakukan mahasiswi cantik idola penulis yaitu Azka A silmi (21 th) sang pembuat mesin telusur dari Indonesia.

4). Memberikan komentar yang tidak relevan

Tingkat relevansi komentar pada blog sangat berpengaruh terhadap reputasi sang komentatornya, jadi manfaatkan peluang ini dengan baik. Untuk menjadi blogger abal-abal silahkan berkomentar dengan kata-kata yang tidak nyambung.

Kalau poin yang ini penulis tidak terlalu yakin bakalan berhasil , tetapi jika dilakukan terus menerus maka Insya Alloh sobat akan suskses dinobatkan menjadi blogger abal-abal karena kemungkinan sobat akan dinilai monoton dan tidak professional karena sangat ambigu dalam berkata-kata.

Ingat sob, gaya publikasi seseorang mencerminkan kecerdasan intelektualnya (Intelligence Quotient/IQ). Jika sobat tidak percaya dengan poin ini silahkan saja praktekkan sendiri dengan berkomentar yang tidak relevan pada konten artikel di blog teman sebelah dan lihatlah hasilnya.

Demikian sob, semoga bermanfaat dan penulis berharap setelah sobat membaca artikel ini tidak ada satupun yang termotivasi untuk menjadi blogger abal-abal.

Jangan biarkan ada ruang waktu untuk melakukan perkara yang tidak berguna dalam arti kata tidak memberikan manfaat bagi orang lain dan hanya memperburuk reputasi sobat atau bahkan menambah dosa sehingga sobat menjadi orang yang merugi.

Kalau sobat mau menjadi seorang penulis maka jadilah penulis blog yang baik dengan menjadi diri sendiri (be your self) agar ide selalu mengalir apa adanya karena mau gimana bisa menulis kalau membohongi diri sendiri dengan meniru gaya tulisan orang lain.

Menjadi blogger itu menurut penulis merupakan salah satu professi yang menjanjikan untuk mendulang pahala dan rezeki. Melalui seni blogging kita bisa berinvestasi untuk di akhirat nanti dengan menyampaikan kebaikan kepada sesama, kita bisa ber-sedeqah dengan ilmu yang kita miliki untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh”(HR. Muslim no. 1631).

Akhir kata penulis mohon maaf apabila dengan ulasan ini ada pihak yang tersinggung, semata-mata topik ini penulis angkat ke publik dengan maksud dan tujuan untuk membantu sobat yang sedang membangun blog pada khususnya, agar bisa meningkatkan totalitas kemampuannya dalam menulis konten artikel yang baik dan benar sehingga dapat bermanfaat bagi dirinya dan pembacanya.

Selanjutnya jika sobat memiliki gagasan lain, kritik ataupun saran terkait tulisan ini silahkan berkomentar di kolom yang sudah disediakan.

29 Comments

29 Comments

  1. Fathan Firdaus

    Desember 6, 2016 at 2:17 pm

    wahh ini artikel malah paling nyeleneh gan wkwk, but nice article lah 😀

  2. SPNET Group

    Desember 6, 2016 at 2:18 pm

    Ini kode keras bagi yang ingin menjadi blogger sejati. Tidak cuma ikut-ikutan. Karena kalau asal ikut biasanya akan cepat bosan. Kontenpun tidak mempunyai arti yang penting. Saya sendiri masih bwlum bisa membuat konten sempurna. Tapi minimal bisa menulis dengan gaya bahasa sendiri walau hasil referensi. Ane salut banget sama blog ini artikelnya membabat habis blogger-blogger abal-abal. Terima kasih motivasinya pak

  3. Bos informasi

    Desember 6, 2016 at 2:18 pm

    Menjadi blogger seperti menjadi guru. Guru diri sendiri ataupun orang lain. Untuk itu skill yang harus dimiliki bukan asal-asalan. Guru saja harus sekolah Sarjana. Sama halnya dengan blogger seharusnya juga harus dibekali dengan ilmu dan spiritual yang tinggi supaya setiap karyanya berharga untuk semua orang. Dan tentu tidak menyesatkan.

  4. Efendi Pratama

    Desember 6, 2016 at 2:18 pm

    wihh bener2 ngeri smoga aja para blogger abal2 pda baca post ini biar tobat dah hehe

  5. Achwan Sulaiman

    Desember 6, 2016 at 2:19 pm

    Mantap lahh nii xD joss

  6. Infomix

    Desember 6, 2016 at 2:55 pm

    Membuat artikel yang mengundang kebencian itu mungkin yang terjadi saat ini, karena memuat konten tsb bisa mengundang rasa penasaran para pembacanya..
    Blogger cerdas tidak akan membuat konten kebencian yang mengundang seseorang untuk saling bermusuhan.

    Salam,
    Nur Kholis

  7. Usman West Java

    Desember 6, 2016 at 3:20 pm

    bettul gan, saya prihatin dengan fenomena di dunia seni blogging yang dewasa ini marak terjadi. Mereka sang pemburu visitor yang gelap mata seolah tidak memikirkan dampak lingkungan yang akan terjadi. Bahkan mereka tidak sadar kalau hal itu merugikan dirinya sendiri. Semoga saja itu hanya kehilafan mereka dan mereka lekas sadar. Terimakasih Gan Nur reviewnya.

    salam balik

  8. Usman West Java

    Desember 6, 2016 at 3:22 pm

    hehe
    thanks gan Fathan atas kunjungannya dan semangat selalu dalam memproduksi konten blognya…

  9. Usman West Java

    Desember 6, 2016 at 3:30 pm

    melalui seni blogging semoga saja kita bisa saling mengingatkan akan kebaikan. Kalau tidak didasari cinta sesuatu menjadi tidak bermakna gan, hambar bagai sayur tanpa garam, bagai Galih tanpa Ratna. Awal mula kesuksesan itu dari membiasakan diri untuk belajar kemudian menjadi terbisa belajar dan mendapatkan manfaat dari yang dipelajari.

    Udah kayak soto ya pake babat gan,,jadinya soto babad…:D

    Harapan saya semoga media blog menjadi sarana silaturahmi dan berbuat kebaikan.

    amin.

  10. Usman West Java

    Desember 6, 2016 at 3:34 pm

    Sepakat gan…
    Seperti agan sangat cocok kalau profesi guru agan dipadukan dengan profesi sebagai blogger..alhamdulilah setelah saya review blog agan sangat edukatif dan pertahankan gan. Biasanya dengan menulis di blog selalu saja ada hal yang kita ingat, jadi menulis yang edukatif itu sangat diutamakan agar apa yang kita tulis itu meragasukma juga ke kitanya. dan berupa nilai tambah buat pak guru kayak agan ini.

  11. Usman West Java

    Desember 6, 2016 at 3:39 pm

    hehe
    amiiin, smoga teman-teman yang baru terjun dalam dunia blogging bisa menjadi blogger yang bermartabat untuk penerus seni blogging di Indonesia ini. Dan saya yakin sebagai negara tertoleransi di dunia, Indonesia memiliki blogger-blogger yang baik dan berjiwa sosial tinggi.

  12. Usman West Java

    Desember 6, 2016 at 3:40 pm

    terimakasih gan sudah berkunjung, sering-sering mampir kesini ya… 🙂

  13. Ridhwan Setya Maha Dhka

    Desember 7, 2016 at 2:37 am

    Nice artikel gan, baru tau kalau ada istilah blogger abal, dan tukang plagiat ternyata bisa sukses ya gan

  14. Usman West Java

    Desember 7, 2016 at 2:38 am

    sukses menjadi orang merugi gan..

  15. IT104 Blog

    Desember 7, 2016 at 2:57 am

    Ternyata ada udang dibalik batu :v sekarang banyak blog yg isinya mengandung kebencian

  16. Usman West Java

    Desember 7, 2016 at 2:58 am

    iya gan harus berhati-hati, salah-salah kita terbawa arus negatifnya.

  17. Vedda Junior

    Desember 8, 2016 at 5:16 am

    Wah wah.. jangan sampai jadi blogger abal-abal deh

  18. BliztCinema com

    Desember 8, 2016 at 5:21 am

    bisa jadi
    referensi
    thnaks artikelnya

  19. Muhammad Rizqi Az Zayyad

    Desember 8, 2016 at 5:35 am

    Semoga ane termasuk blogger yang profesional ya.. 🙂

  20. Amriyono Maju

    Desember 8, 2016 at 9:25 am

    Judulnya Mantep gan

  21. iis ismawati

    Desember 10, 2016 at 10:18 pm

    Artikelnya antimainstream…biarpun judulnya nyeleneh dan mengkritik, tapi isinya banyak ajakan yang sifatnya positif dan membangun.
    Smoga tetap konsiten membuat artikel2 yang bermanfaat ya A!!!! Ya smoga aja ulasan yang A tulis, dibaca oleh bloger "abal2" dan menyadarkan mereka, Dan juga UU yang mengatur ttg flagiat kedepannya benar2 diaplikasikan tidak hanya sekedar wacana, biar memberi efek jera buat para flagiator.

  22. Usman West Java

    Desember 10, 2016 at 10:21 pm

    saya berharap semua blogger di negeri ini memiliki kemauan seperti yang agan bicarakan dan kemauan tersebut tentunya harus dibuktikan dengan implementasi.

  23. Usman West Java

    Desember 10, 2016 at 10:23 pm

    happy blogging gan. Semoga bisa jadi referensi ke arah yang lebih maju.

  24. Usman West Java

    Desember 10, 2016 at 10:24 pm

    yap, ane doakan gan. Say no to plagiat ! 😀

  25. Usman West Java

    Desember 10, 2016 at 10:25 pm

    terimakasih gan. semoga membantu 🙂

  26. Usman West Java

    Desember 10, 2016 at 10:32 pm

    Thanks Dok, reviewnya. pada prinsipnya saya memiliki harapan semoga dibalik kesuksesan teman-teman blogger khususnya di INdonesia itu ada ilmu yang bermanfaat buat umat supaya pahalanya tetap mengalir selama-lamanya. dan bagi sang abal-abal yang demen ngerusak bangsa ini semoga semakin mengerti bagaimana sebab dan akibat membuat postingan yang merusak mental umat yang dosanya terus mengalir sepanjang ia belum menghapus postingan tersebut.

  27. Wempy Setiawan

    Februari 13, 2017 at 6:18 am

    Waduh blogger abal abal wkwk, semoga aja saya gak termasuk kategori blogger abal abal wkwk

  28. Hydra F.

    Februari 13, 2017 at 10:19 am

    Ternyata,
    menjadi blogger abal-abal tidak semudah yang kita bayangkan ya..
    caranya ribet pula 😀

  29. Citra Pradipta

    Maret 13, 2017 at 7:29 am

    Wow ternyata ada toh blogger abal-abal, hehe…sepertinya yg abal2 itu karena memang blm paham betul kode etik di dunia pembloggeran 🙂

    Semoga yang abal2 bisa pada baca artikel ini dan kemudian tobat. Amiin

Tinggalkan Balasan

To Top