BLOGGING

CARA BUAT BLOG BARU [LANGKAH PENTING]

Cara buat blog baru

Cara Buat Blog Baru – Blog merupakan salah satu media sosial yang paling digandrungi oleh banyak orang dari anak usia remaja hingga orang tua. Tidak terkecuali penulis sendiri yang sangat menyukai blog sejak 9 tahun yang silam hanya untuk menyalurkan hobi, inspirasi dan menjalin tali silaturahmi di media sosial.

Menurut penulis, mengikat persaudaraan dengan ilmu itu sangat luar biasa karena dengan begitu kita bisa mendapatkan rezeki dengan mudah. Mindset rezeki di benak penulis adalah bukan seberapa banyak kita mendapatkan uang dari mereka karena rezeki bukan dilihat dari seberapa banyak yang kita dapatkan melainkan seberapa banyak yang telah kita berikan secara sukarela.

BACA : STRATEGI BLOGGING LEVEL DASAR

Bagi sobat yang tertarik ingin berbagi dengan sesama seperti penulis tanpa mikirin berapa banyak uang yang akan didapat dari blog maka silahkan buat blog sesuai keinginan. Pendapatan akan mengikuti jika membuat blog dengan serius dan tentunya di ikuti keahlian yang mumpuni.

Buat blog baru sangat mudah karena sudah banyak tutorialnya. Disini penulis hanya akan menjelaskan langkah apa saja yang sangat penting ketika sobat membuat blog baru supaya optimal di mesin telusur dan dekat dengan pengguna.

Langkah dasar buat blog baru

Untuk buat blog baru wajib memiliki email aktif dan satu akun email bisa untuk banyak blog. Gunakan produk google untuk membuat emailnya salah satunya yaitu Gmail. Langkah dasar ini terdiri dari pembuatan properti blog.

Penulis akan memberikan informasi langkah penting pembuatan blog dengan menggunakan platform blogspot karena lebih gampang dan paling umum digunakan oleh masyarakat luas.

Berikut poin yang harus diperhatikan pengguna baru :

  1. Menentukan nama domain

  2. Daftar di www.blogger.com

  3. Memasang template (Usahakan template premium)

Simpel kan?

Yap, kelihatannya simpel banget karena dalam 3 langkah saja kita sudah punya blog yang di impikan. Mungkin untuk poin 1 dan 2 itu sangat mudah, tetapi untuk poin 3 ini sobat wajib memiliki sedikit ilmu coding khususnya kode html dan css.

Apabila sobat tidak memiliki keahlian coding tidak perlu khawatir, sobat masih tetap bisa melanjutkannya dengan melewati poin 3 ini dan serahkan saja pada ahlinya. Penulis pun siap membantu sobat untuk menyelesaikan tahapan pemasangan template.

Mengenal Webmaster tools

Webmaster tools merupakan sebuah alat yang disediakan oleh mesin telusur untuk webmaster atau blogger dalam melakukan optimasi situs kesayangannya. Saat ini ada tiga raksasa mesin telusur yang menjadi favorit yaitu google, bing dan yahoo.

Bing dan yahoo menggunakan satu webmaster tools sedangkan google memiliki webmaster tools tersensdiri. Lakukanlah optimasi di ketiga mesin telusur raksasa ini dengan memanfaatkan dua webmaster tools tersebut.

Optimasi di mesin telusur

Apa itu mesin telusur?

Secara teoritis mesin telusur merupakan pencari informasi dari berkas-berkas yang terdapat di internet. Informasi yang menjadi sasaran mesin telusur bisa berupa video, gambar, berkas dari situs web atau sumber lainnya yang ada di jagat maya.

Jadi mesin telusur (Search Engine) merupakan pusat pemasaran konten. Disini performa blog diutamakan untuk dapat bergulat dengan blog kompetitor. Apa itu blog kompetitor ? dia adalah pesaing kita di pasar konten yang memasarkan konten serupa dengan punya kita.

BACA : CARA GRATIS MENINGKATKAN PERFORMA WEBSITE DI MESIN TEULUSUR

Mengapa kita harus bersaing dengan blog kompetitor dan bagaimana cara mengalahkannya?

Kedengarannya sih reaktif, tetapi jangan salah persepsi dulu. Ingat sobat jangan bermental pecundang kalau mau jadi blogger karena akan berujung kehancuran. Yang dimaksud “ Bersaing dan mengalahkan ” disini yaitu dengan kreatifitas kita dan bukan dengan cara jahat (mendzolimi blog orang lain).

Supaya dapat mengalahkan blog kompetitor maka buatlah konten yang lebih baik dalam penyajiannya. Semisal filosofinya begini : disebuah pasar terdapat 10 penjual gorengan dan hanya ada 1 saja penjual yang sangat enak gorengannya, dari sini kita sudah bisa menebak siapa yang bakal laris jualannya.

Jadi intinya hanya “resep yang ampuh” untuk meningkatkan kualitas produklah yang dapat mengalahkan pesaing kita. Tidak ada cara lain untuk menjadi orang kreatif selain dengan belajar dan menghargai karya orang lain.

Apabila sobat serius ngeblog sangat disarankan mengenal mesin telusur lebih dalam supaya tau kegunaan sepenuhnya untuk apa. Fokus membuat blog memang harus dilakukan tetapi jangan lupa promosi dan cari cara yang tepat supaya blog terkenal terutama di mesin telusur (istilah kerennya SEO).

Integrasikan Blog dengan Webmaster tool

Terdapat beberapa cara yang harus dilakukan dalam optimasi blog di mesin telusur supaya hasilnya maksimal dan untuk memulainya maka kita harus daftar di webmaster tools yang disediakan oleh masing-masing mesin telusur.

Ada dua webmaster tools yang sangat mempengaruhi optimasi di mesin telusur yaitu Google webmaster tools dan Bing webmaster tools.

Berikut ini adalah langkah penting optimasi webmaster tools :

Mendaftarkan blog ke webmaster tools

Memiliki akun di webmaster tools sangatlah penting supaya kita bisa memahami visibilitas blog di mesin telusur. Selain itu kita bisa memonitor perlakuan mesin pencari terhadap blog kita dengan memanfaatkan fitur report yang tersedia.

Saat ini satu akun webmaster tools cukup untuk menampung 500 blog. Jadi silahkan gunakan satu akun saja apabila sobat memiliki lebih dari satu blog.

Submit Sitemap

Sitemap sangat menentukan masadepan blog di mesin telusur, jadi submit sitemap itu sangat penting. Idealnya satu kali dalam sehari harus melakukan update sitemap yaitu dengan mem-publish konten. Apabila sobat rajin membuat konten maka dipastikan blog sobat akan mendapat perhatian khusus dari mesin telusur.

Selain itu sitemap yang teroptimasi dengan baik akan mempercepat indeks konten di mesin telusur sehingga konten akan semakin dekat dengan pengguna dan memiliki potensi yang besar utuk mendapatkan klik dari mereka.

Perhatikan status sitemap apakah sudah terindeks (indexed) atau masih menunggu (pending). Dalam hal ini sobat harus sabra menunggu karena memerlukan waktu untuk bisa terindeks dengan baik bisa lebih dari 24 jam tergantung kepada rajin dan tidaknya update konten.

BACA : MENGENAL FUNGSI SITEMAP LEBIH DALAM

Verifikasi situs

Verifikasi situs perlu dilakukan karena merupakan proses pembuktian bahwa sobat merupakan pemilik situs yang sah. Apabila sudah terverifikasi dengan baik maka sobat baru bisa memiliki hak ases sepenuhnya di webmaster tools. Proses verifikasi ini hanya memakan waktu beberapa menit saja.

Dalam beberapa kasus yang dilakukan pemula pada saat buat blog baru banyak yang lupa pasang kode verifkasi. Kode verifikasi berupa kode meta tag yang didapat sewaktu mendaftarkan blog ke webmaster tools dan wajib dipasang ke dalam template blognya.

Daftar Google Analytics

Nah, kalau yang ini tidak kalah pentingnya sob. Kalau sudah buat blog baru silahkan daftarkan blognya ke Google Analytics untuk mendapatkan informasi banyak terkait blog sobat terutama informasi pengunjung, jumlah klik, darimana pengunjung berasal dan masih banyak lagi.

Satu akun Google Analytics bisa digunakan sampai maksimal 500 blog. Detail report dari Google Analytics sangat berguna sekali buat kita untuk menganalisa optimasi blog di mesin telusur , selain itu bisa juga untuk menganalisa penghasilan yang didapat terutama dari AdSense.

Langkah daftar Google Analytics :

  1. Sign up dan daftarkan blog sobat (gunakan email yang sama dengan webmaster tools)

  2. Pasang tracking code Google Analytics ke dalam template blog sobat.

Tracking code wajib dipasang ke dalam blog supaya nantinya blog bisa terhubung dengan Google Analytics dengan sempurna.

Kesimpulan

Kunjungi webmaster tools setiap saat untuk memastikan situs tidak bermasalah dan segera lakukan perbaikan apabila ada laporan terjadi perayapan error.

Kunjungi Google Analytics untuk mengetahui informasi pergerakan pengunjung terutama bagi blog yang sudah dimonetisasi karena bisa melihat jumlah klik, statistik pengunjung dan pendapatan.

Gunakan email yang sama antara Google Analytics, Webmaster Tools, dan Google AdSense untuk memudahkan sinkronisasi data.

Gunakan password yang rumit dan verifikasi dua langkah pada email yang digunakan untuk menghindari peretasan akun (baca petunjuk verifikasi 2 langkah di Gmail).

Sitemap yang belum terindeks dengan baik (statusnya masih “Pending”) akan mempengaruhi indeks konten di mesin telusur menjadi lama bahkan tertunda sampai sitemap berstatus “indexed” / “Terindeks

Apabila buat blog baru, maka usahakan sobat memahami struktur blog dengan baik dan mengenal mesin telusur sekelas google dan bing supaya bisa melakukan optimasi situs dengan baik.

Jika sobat ingin menjadi penayang AdSense maka usahakan buat blog baru dengan mengikuti langkah di atas dengan sempurna.

Semoga bermanfaat
Salam sukses.

1 Comment

1 Comment

  1. Angga Dwi

    Maret 23, 2017 at 5:18 am

    lengkap banget gann , jadi begini caranya biar page one makasi gann

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top