APLIKASI

CARA CEK SALDO JHT MENGGUNAKAN APLIKASI BPJSTKU DAN SMS

Kursuskomputergratis.com – Cek saldo JHT (Jaminan Hari Tua) bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal yang bisa menjadi sebuah kebutuhan dan semestinya harus dilakukan secara berkala supaya dapat mengetahui sudah seberapa banyak tabungannya untuk bekal hari tua nanti atau saat sudah tidak berstatus sebagai pekerja lagi.

Sebagai wujud konsistensi BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh peserta baik itu PBPU (peserta bukan penerima upah/peserta mandiri) ataupun PPU (peserta penerima upah) kini cek saldo JHT semakin mudah dilakukan karena hanya dalam hitungan detik saldo JHT sudah bisa diketahui oleh peserta, beda banget dengan zaman dulu sebelum aplikasi BPJSTKU diluncurkan dimana harus menunggu print out saldo JHT yang dikeluarkan setahun sekali oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Kapanpun dan dimanapun cek saldo JHT bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU ini, jadi bagi seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan sangat disayangkan jika mengabaikan aplikasi pintar ini karena manfaatnya sangat banyak. Oya hampir lupa, bagi sobat yang tidak memiliki smartphone jangan khawatir karena cek saldo JHT masih bisa dilakukan melalui metode SMS. Untuk mengetahui caranya maka Sobat wajib baca ulasan ini sampai tuntas supaya tidak salah prosedur.

sosialisasi cek saldo JHT dengan aplikasi BPJSTKU.jpg

Mas Usman tengah menyampaikan pentingnya menggunakan aplikasi BPJSTKU bagi masyarakat yang berstatus sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan

Baca : Panduan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU [Update Oktober 2018]

Langkah-Langkah Cek Saldo JHT Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Caranya sangat gampang karena navigasi aplikasi BPJSTKU mudah ditemukan dengan desainnya yang sederhana sehingga tidak membingungkan saat diakses. Untuk dapat mengakses data pribadi BPJSTKU seperti cek saldo JHT akan selalu diminta password, password tersebut sama dengan password pada saat login aplikasi. Untuk lebih jelasnya ikuti panduan berikut ini !

Pertama

Silahkan login aplikasi yang sudah sobat install di smartphone dengan memasukkan username dan password. Harap selalu ingat password tersebut karena nantinya akan digunakan setiap ada verifikasi dengan password.

Jadi jika navigasi aplikasi meminta verifikasi dengan password maka masukkan saja password yang sama dengan waktu login tadi.

Fitur cek saldo JHT Aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 1. Home page aplikasi BPJSTKU

Plih Lihat Kartu & Slado JHT untuk mendapatkan informasi sado JHT terkini. Pada bagian ini tidak diperlukan data apapun karena hanya menekan tombol navigasi.

Baca : Cara Mencetak Kartu BPJSTK Menggunakan Aplikasi BPJSTKU.

Kedua

Pada bagian ini adalah verifikasi kepemilikan akun, sistem akan meminta sobat untuk memasukkan PIN, jadi harap siapkan PIN sesuai dengan PIN/Password pada waktu login tadi.

Masukkan PIN BPJSTKU.png

Gambar 2. Halaman untuk memasukkan PIN

Silahkakn masukkan PIN pada kolom Masukkan PIN Aplikasi (nomor 2) lalu tekan Kirim (nomor 3). Perlu sobat tahu bahwa setiap ada permintaan PIN di aplikasi BPJSTKU ini merpakan PIN yang sama dengan PIN login aplikasi. Jadi semisal PIN login aplikasi 123456 maka setiap ada permintaan PIN juga menggunakan 123456.

Ketiga

Pada bagian ini aplikasi akan menampilkan beberapa data penting yang sangat rahasia tentang biodata peserta dan saldo JHT terkini. Harap tidak memperlihatkan kepada orang lain secara bebas sehingga kerahasiaan data tetap terjaga dengan baik.

cek saldo JHT aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 3. Informasi saldo JHT di Aplikasi BPJSTKU

Jumlah saldo JHT terakhir ada di bawah kartu seperti yang terlihat pada gambar ini. Selain itu ada informasi penerimaan upah terakhir, pembayaran iuran terakhir dan program yang diikuti dan sebelah kanan kartu ada tulisan Aktif yang merupakan infomasi status kepesertaan. Apabla ada data yang tidak valid pada halaman ini silahkan hubungi petugas BPJS Kesehatan bias via 1500910 (telepon berbayar) atau langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Apakah Bisa Cek Saldo JHT Dengan Menggunakan SMS ?

Jawaban : Bisa banget. Yap, bagi teman-teman peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tidak memiliki smartphone atau smartphone yang digunakannya tidak support aplikasi BPJSTKU maka jangan khawatir karena cek saldo JHT kini sudah bisa juga melalui metode SMS sehingga tanpa sinyal internetpun informasi saldo JHT masih bisa didapatkan dengan mudah tentunya.

Baca : Panduan Daftar Bpjs Ketenagakerjaan Dengan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU [Peserta Mandiri]

Cara cek saldo JHT dengan metode SMS sangat mudah sekali, peserta hanya tinggal memasukkan beberapa data saja diantaranya nomor KPJ dan KTP yang aktif. Sebelum cek saldo silahkan daftarkan dulu nomor telepon dan KPJ-nya ke SMS senter yang telah disiapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan yaitu 2757.

Berikut ini adalah format SMS untuk daftar cek saldo JHT dengan metode SMS silahkan perhatikan dengan cermat dan pastikan HP yang digunakan ada pulsanya karena setiap transaksi akan dikenakan tarif Rp165/SMS (tarif yang berlaku saat ini) !

Format Daftar cek Saldo Digital

Silahkan sobat ketik SMS dengan format berikut ini untuk daftar cek saldo BPJS Ketenagakerjaan :

DAFTAR SALDO#NO KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY)#NO KARTU PESERTA

Contoh : DAFTAR SALDO#2171000703994001#USMAN#12-09-1999#15032225888

Kirim SMS ke 2757, lalu kemudian akan mendapatkan balasan dari 2757 sebagai berikut :

Anda akan dikenakan tarif Rp.165/SMS untuk pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan.Balas ‘OK’ Jika Setuju.

Perlu diketahui apabila nomor HP sudah terdaftar maka tidak bisa lagi melakukan cek saldo JHT dengan nomor KPJ yang berbeda, jadi sesuai dengan yang didaftarkan sebelumnya. Apabila nomor HP berhasil didaftarkan maka akan mendapatkan pesan balasan dari 2757 yang memberitahukan bahwa pendaftaran cek saldo telah berhasil.

Jika pendaftaran cek saldo sudah berhasil maka akan diarahkan untuk mengirim SMS cek saldo dengan format sebagai berikut :

SALDO(spasi)No Kartu Peserta lalu kirim ke 2757. Contoh : SALDO 15032225888 kirim ke 2757

Sampai disini seharusnya cek saldo sudah berhasil dilakukan apabila tidak bermasalah dengan data kepesertaan. Berikut ini adalah screenshot transaksi cek saldo pada aplikasi BPJSTKU harap diperhatikan lagkah-lanhkahnya dengan benar :

Daftar cek saldo JHT.png

Gambar 4. Daftar Cek Saldo JHT dengan metode SMS

Silahkan perhatikan gambar 4. Sebelumnya mohon maaf apabila ada bagian yang disamarkan (blur) mengingat itu merupakan bagian yang sangat rahasia.

cek saldo JHT dengan SMS.png

Gsmbar 5. Cek saldo JHT dengan metode SMS

Lanjutkan langkah seperti pada gambar 5, jika daftar cek saldo sudah berhasil. Ini adalah bagian permintaan informasi saldo JHT, silahkan ketik SMS dengan format sesuai dengan instruksi dari balasan SMS 2757.

Kesimpulan

Cek saldo JHT dengan aplikasi BPJSTKU dan SMS sangat mempermudah peserta karena yang dulunya cek saldo hanya bisa diketahui setiap akhir tahun melalui slip saldo JHT tahunan yang diterbitkan oleh BPJS Ketenagakerjaan maka sekarang peserta bisa mengetahui saldo JHTnya kapanpun dan dimanapun.

E-mail dan nomor HP hanya dapat digunakan untuk satu akun saja dimana satu akun untuk satu kepesertaan, namun untuk aplikasi bisa digunakan oleh banyak akun secara bergiliran. Jadi jika ingin nebeng HP teman untuk cek saldo menggunakan aplikasi BPJSTKU maka itu bisa dilakukan.

Halaman informasi cek saldo JHT dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU lebih lengkap daripada dengan metode SMS karena pada aplikasi ditampilkan secara rinci berpa gaji terakhir peserta, dimana dia kerja, jumlah karyawan dan program yang diikuti.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top