APLIKASI

CARA CEK TAGIHAN BPJS KESEHATAN DENGAN APLIKASI MOBILE JKN-KIS

cek iuran bpjs kesehatan.jpg

Kursuskomputergratis.com – Mengetahui jumlah tunggakan iuran BPJS Kesehatan merupakan persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan pembayaran supaya bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki agar pada saat pembayaran nanti tidak ada kekurangan. Oleh karenanya setiap peserta harus mengetahui cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang harus dilunasinya.

Selain dengan cara menanyakannya kepada petugas loket pembayaran BPJS Kesehatan kini peserta bisa juga melihat jumlah tagihan pembayaran dengan menggunakan aplikasi mobile JKN-KIS yang akan menjadi fokus pembahasan pada bab ini.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan dengan menggunakan aplikasi mobile JKN-KIS bisa membuat peserta selangkah lebih cepat dan praktis karena tidak perlu repot-repot mencari tempat pembayaran BPJS Kesehatan hanya untuk menanyakan jumlah tagihan yang harus dibayarnya. Lakukan pengecekan ini di awal bulan sebelum batas waktu pembayaran tagihan iuran BPJS Kesehatan yaitu tanggal 10 setiap bulan berjalan .

Fitur cek tagihan BPJS Kesehatan pada aplikasi mobile JKN-KIS adalah khusus untuk peserta non PBPU atau peserta mandiri. Jadi bagi peserta penerima upah dalam hal ini adalah karyawan swasta dan pegawai negeri pembayarannya sudah diurus oleh institusi tempat ia bekerja sehingga tidak perlu mengurus pembayaran sendiri.

Baca : Panduan Lengkap Aplikasi Bpjs Kesehatan [Mobile Jkn-Kis]

Saya Mau Tau Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Yang Praktis, Bagaimana Caranya ?

Caranya sangat gampang dan praktis. Pastikan sudah memasang aplikasi Mobile JKN-KIS pada smartphone yang dimiliki dan bisa terhubung ke jaringan internet. Langkahnya sangat sederhana dan tidak memerlukan waktu yang lama apabila koneksi internetny stabil. Perhatikan gambar di bawah ini dengan cermat agar tidak salah langkah :

Pertama, silahkan login ke aplikasi mobile JKN-KIS yang sudah terpasang. Pada halaman landing pilih menu Tagihan yang ditunjukan oleh nomor 1 (lihat gambar 1) untuk melihat informasi tagihan iuran peserta terdaftar.

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini akan merekam data peserta berdasarkan kartu keluarga, jadi apabila kepala keluarganya teregister dalam aplikasi, maka seluruh anggota keluarganya akan ikut teregister juga kecuali yang berstatus sebagai penerima upah semisal anaknya menjadi karyawan swasta maka ia akan terpisah karena bukan sebagai peserta mandiri.

Untuk akses ke halaman informasi rincian tagihan iuran peserta silahkan pilih Premi yang ditunjukan oleh nomor 2.

cara cek tagihan BPJS Kesehatan.jpg

Gambar 1. Cara mengakses fitur informasi iuran Peserta BPJS Kesehatan


Kedua, ini adalah halaman informasi iuran tagihan peserta. Perhatikan dengan teliti, dan catat berapa tagihan yang harus dibayar pada saat setor ke tempat pembayaran iuaran BPJS Kesehatan nantinya. Informasi seluruh tagihan peserta yang harus dibayar dalam hal ini adalah anggota keluarga yang terdaftar sebagai peserta mandiri akan ditampilkan pada halaman ini. Untuk mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayar maka lihat kolom Total Tagihan yang ditunjukkan oleh nomor 3.

Informasi tagihan iuran BPJS Kesehatan.jpg

Gambar 2. Informasi Tagihan Iuran Peserta Mandiri

Metode ini sangat mudah, semoga bisa membantu seluruh lapisan masyarakat khususnya peserta BPJS Kesehatan untuk mengetahui informasi tagihan iuran kepesertaannya.

Kesimpulan

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan ini hanya untuk peserta mandiri, untuk tagihan iuran peserta yang terdaftar sebagai penerima upah sudah diurus oleh institusi tempat bekerjanya masing-masing peserta.

Pastikan koneksi internet tidak mengalami kendala saat mengakses aplikasi ini supaya tidak terjadi error saat membuka halaman informasi tagihan.

Seluruh anggota keluarga yang terdaftar dalam 1 kartu keluarga tanpa terkecuali akan secara otomatis terdaftar sebagai peserta mandiiri dan hanya bisa diakses dalam satu akun mobile JKN-KIS yang sama terkecuali yang berstatus sebagai pekerja penerima upah (karyawan) maka ia bisa menggunakan akun yang berbeda.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 53 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top