APLIKASI

MAU MUDIK? BEGINI CARA CHECK-IN ONLINE TIKET PESAWAT [PLUS VIDEO TUTORIAL]

Kursuskomputergratis.com – Musim mudik hari raya akan segera tiba, saatnya mempersiapkan barang bawaan untuk dibawa ke kampung halaman dan bagi pemudik yang menggunakan pesawat maka sebaiknya persiapkan tiket dari sekarang supaya tidak kehabisan dan biasanya belum terlalu mahal dibanding sudah mendekati hari raya. Di ulasan ini akan diperlihatkan cara check-in online tiket pesawat agar perjalanan mudik menjadi lebih simple.

Check-in wajib dilakukan 1 jam sebelum keberangkatan pesawat dengan menunjukkan kode booking yang tertera di tiket kepada konter maskapai yang dipilih. Tiket pesawat tidak seperti tiket pelni (kapal laut) yang harus ada tiket fisiknya karena sudah ada e-tiket sehingga tidak perlu diprint melainkan hanya diperlihatkan saja via smartphone juga sudah bisa. Kendala yang sering dihadapi saat check-in ini adalah adanya keterbatasan loket sehingga harus antri dan ini cukup melelahkan.

Keterlambatan check-in bisa menyebabkan ketinggalan pesawat, pastikan datang tepat waktu sesuai prosedur apalagi membawa bagasi dalam jumlah yang tidak sedikit. Siapkan KTP/SIM/Paspor sebelum check-in untuk ditunjukkan kepada petugas loket nantinya. Tidak banyak yang diproses saat check-in karena hanya validasi data penumpang dengan dokumen identitas yang sah, setelah itu petugas akan mencetak boarding pass yang merupakan dokumen berisi informasi ruang tunggu, nomor kursi yang digunakan dalam pesawat dan nomor penerbangannya.

Apakah ada cara check-in online tiket pesawat agar tidak perlu ngantri ?

Teknologi Dirgantara Indonesia kini semakin canggih, tidak hanya transaksi tiket pesawat saja yang bisa via online melainkan check-in-nya juga sudah bisa dilakukan secara online sehingga penumpang menjadi lebih bisa menghemat waktu dan pastinya terhindar dari antrian chek-in manual di loket. Namun cara ini belum bisa dilakukan oleh penumpang yang membawa bagasi banyak karena tetap saja harus ke loket untuk drop bagasi ke dalam pesawat.

Jadi, bagi calon penumpang pesawat yang hanya membawa tas gendong dan memungkinkan di bawa ke dalam kabin pesawat maka sebaiknya lakukan check-in online saja supaya bisa lebih menghemat waktu perjalanan karena begitu sampai di Bandara bisa langsung masuk ke ruang tunggu pesawat, dengan seperti itu maka terhindar dari antrian check-in manual di konter.

Tidak seperti tiket, berdasarkan petunjuk dari petugas loket check-in yang penulis wawancarai informasi boarding pass wajib diprint karena nantinya ada bagian yang diambil oleh petugas di pintu masuk pesawat. Apabila lupa ngeprint boarding pass dari check-in online maka bisa minta ke petugas di loket check-in manual.

Apa saja yang harus disiapkan saat check-in online ?

Berdasarkan pengalaman saya, check-in online hanya tinggal mengikuti instruksi dari aplikasi pembelian tiket yang digunakan dan sama sekali tidak memasukkan data apapun dari KTP atau kartu identitas lainnya, tetapi meskipun demikian bukan berarti tidak perlu lagi membawa kartu identitas saat hari keberangkatan justru wajib selalu ada disaku supaya mudah mengambilnya saat ditanya identitas oleh petugas bandara.

Saat melakukan check-in online harap perhatikan dan bacalah semua peraturan kebijakan maskapai termasuk peraturan membawa bagasi dan barang apa saja yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin pesawat atau bahkan tidak boleh dibawa di pesawat sehingga harus menggunakan jasa expedisi khusus untuk membawa barang tersebut, setelah semua peraturan dipahami barulah tekan tombol check-in-nya.

Langkah – Langkah Check-in Online

Berikut adalah panduan singat check-in online pada aplikasi Traveloka yang merupakan aplikasi pembelian tiket sejuta umat, silahkan perhatikan dengan teliti setiap langkahnya agar tidak terjadi kesalahan yang cukup beresiko.

Pertama

Untuk memulai check-in pastikan smartphone terhubung dengan internet dan sudah membeli tiket pesawatnya. Fitur Check-in online akan berfungsi apabila sudah mendekati keberangkatan maksimal 1 hari sebelumnya sudah bisa dilakukan check-in online. Silahkan masuk ke akun kalian di di aplikasi, perhatikan !

cara check-in online tiket pesawat di aplikasi traveloka.png

Gambar 1. Melihat Tiket Yang Sudah Dipesan

Pilih menu Pesanan seperti yang ditunjukan oleh nomor 1 kemudian klik “SUDAH BISA CHECK-IN” yang ditunjukkan oleh nomor 2 untuk memulai chek-in online.

Kedua

Di halaman ini akan ditunjukkan navigasi check-in online, reschedule untuk merubah jadwal penerbangan dan refund untuk claim uang tiket apabila membatalkan tiket.

cara check-in online tiket pesawat mudik.png

Gambar 2. Navigasi check-in online, Reschedule dan Refund

Klik “Check-in Onine” yang ditunjukkan oleh nomor 3 untuk menuju ke langkah selanjutnya, harap perhatikan setiap instruksi pada halaman navigasi termasuk kebijakan-kebijkan maskapai mohon dibaca.

Ketiga

Pada bagian ini akan diperlihatkan kebijkan check-in online di dalamnya terdapat informasi barang apa saja yang dilarang oleh pihak maskapai harap diperhatikan dan jangan memaksakan diri untuk membawa barang – barang yang dilarang oleh pihak maskapai karena pasti akan diamankan atau tidak diperbolehkan masuk ke dalam pesawat.

kebijakan check-in online tiket pesawat.png

Gambar 3. Halaman informasi kebjakan check-in online

Harap baca seluruh informasi tentang kebijakan maskapai karena itu sangat penting untuk diketahui oleh penumpang. Apabila sudah mengerti maka langkah selanjutnya silahkan ceklis yang ditunjukkan oleh nomor 4 dan klik “Lanjutkan” ditunjukkan oleh nomor 5.

Keempat

Ini adalah bagian terakhir dari proses check-in pastikan data penumpang telah benar terutama nama wajib sama dengan nama yang tercantum pada kartu identitas penumpang.

proses check-in online tiket pesawat.png

Gambar 4. Proses Check-in online

Setelah dipastikan semua data benar dan sesuai dengan kartu identitas penumpang maka silahkan tekan tombol “Check-in” yang ditunjukkan oleh nomor 6.

Kelima

Informasi proses check-in online bisa diliat di halaman ini, apabila berhasil maka akan ada informasi bahwa check-in berhasil. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut !

info proses check-in online tiket pesawat.png

Gambar 5. Informasi proses check-in online

Selain informasi proses check-in online, halaman ini juga menampilkan langkah apa saja yang harus dilakukan selanjutnya . Disitu terdapat informasi mengenai boarding pass yang harus diambil di konter atau kios check-in di Bandara, namun penulis pernah menanyakan kapda petugas di kios check-in bahwa supaya tidak perlu lagi ke konter sebainya print saja boarding pass yang ada di aplikasi pembelian tiket tersebut. Tekan “Lihat Boarding Pass” ditunjukkan oleh noomor 7 untuk melihat boarding pass.

Keenam

Boarding pass akan didapatkan disini, apabila ingin mencetaknya silahkan buka e-mail yang terhubung dengan akun kalian karena file boarding pass akan dikirim ke e-mail oleh sistem secara otomatis dalam bentuk PDF.

contoh boarding pass di aplikasi Traveloka.png

Gambar 6. Boarding Pass Garuda Indonesia

Pada boarding pass ini terdapat informasi nomor tempat duduk di pesawat, ruang tunggu, nomor penerbangan, keberangkatan dan kedatangan. Print boarding pass untuk diperlihatkan kepada petugas saat akan masuk pesawat.

Kesimpulan

Check-in online tiket pesawat bisa dilakukan apabila sudah mendekati waktu keberangkatan minimal 1 hari sebelum berangkat.

Apabila sudah check-in online maka tidak perlu antri di konter check-in Bandara karena bisa langsung masuk ke ruang tunggu pesawat dengan catatan membawa boarding pass yang telah diterbitkan oleh aplikasi pembelian tiket kecuali membawa bagasi maka harus ke konter dulu.

Beberapa maskapai mugkin belum meiliki fitur check-in onliene di apikasi Traveloka ini, namun dari pengalaman penulis menggunakan Citilink dan Garuda bisa dilakukan check-in online mwlalui aplikasi.

Pastikan membawa kartu identitas yang valid untuk mempermudah perjalanan khususnya selama berada di Bandara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top