ADSENSE

CARA DAFTAR GOOGLE ADSENSE DENGAN LANGKAH TERMUDAH DAN TERBARU [UPDATE JULI 2017]

AdSense

Cara Daftar Google Adsense Dengan Langkah Termudah Dan Terbaru – Memiliki situs web yang terhubung dengan Google AdSense adalah salah satu cara blogger untuk memotivasi dirinya supaya dapat berkarya dalam jangka panjang. Namun, tidak mudah untuk bisa sukses mendapatkan persetujuan dari Google AdSense, buktinya ada banyak permohonan yang tidak disetujui.

Terhempasnya situs web akibat ditolak pada saat mengajukan permohonan tidak luput dari kesalahan pada saat mendaftar sebagai salah satu penyebab utamanya adalah pengalaman yang minim dalam hal AdSense sehingga ada kesalahan ketika mengisi formulir registrasi pendaftarannya.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mendaftarkan situs kesayangan ke Google AdSense supaya perjalanannya mulus tanpa hambatan dan disetujui dengan segera. Saat ini cara daftar Google AdSense tidak begitu sulit seperti di tahun sebelumnya.

Namun bukan berarti kita mendaftar bisa langsung disetujui karena itu semua bergantung kepada kelengkapan properti yang kita daftarkan terutama kwalitas dan visibilitasnya harus bagus supaya bisa mencuri perhatian tim AdSense saat meninjau permohonan sobat.

Baca : Bagaimana Memulai Cari Uang Di Internet Dengan Beriklan Google Adsense ?

Pertanyaan Pemula Tentang Google Adsense

Sebelum mengetahui cara daftar Google AdSense , sebaiknya sobat mencari referensi yang berkaitan dengan situasi saat ini, jika sobat seorang yang belum mengenal Google AdSense sama sekali, berikut ini adalah ringkasan pertanyaan yang paling sering ditanyakan sama teman-teman pemula melalui jejaring sosial yang penulis miliki. Silahkan diperhatikan untuk memperkuat refensi sobat :

Apa sih Google AdSense ?

Adalah program periklanan online yang diselenggarakan oleh Google sejak tahun 2003 dan terbuka untuk umum dalam hal ini terutama adalah praktisi online, para pengelola media informasi online yang berbabis web atau aplikasi tertentu.

Dapatkah saya membuat blog kemudian mendaftarkannya ke Google AdSense saat itu juga ?

Tidak. Hal ini tidak efektif karena pastinya permohonan sobat akan ditolak, apabila ingin mendaftarkan blognya maka harus dioptimasi dulu sesuai dengan kebijakan Google AdSense kemudian memiliki sejumlah konten yang unik.

Baca : Cara Membuat Konten Yang Menarik Agar Pengunjung Kepelet [Kriteria Adsense]

Apakah Bisa Blog Bahasa Sunda Didaftarkan Ke Google Adsense ?

Tidak. Untuk saat ini Google AdSense tidak support ke bahasa sunda, silahkan mendaftar dengan blog yang menggunkan bahasa yang disupport oleh Google AdSense disarankan memakai bahasa inggris. Untuk bahasa lainnya yang support Google AdSense silahkan temukan di kebijakannya tentang Bahasa yang digunakan.

Apa Saja Persyaratan Yang Perlu Disiapkan Supaya Permohan Saya Disetujui ?

  1. KTP dan rekening bank dengan atas nama yang sesuai KTP tersebut

  2. Situs atau Blog yang sudah teroptimasi sesuai kebijakan AdSense

  3. Memiliki konten yang unik

Baca : Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Daftar Adsense

Berapa Lama Saya Harus Menunggu Persetujuan Sampai Ada Keputusan Dari Google Adsense ?

Jika persyaratan yang disebutkan di atas sudah terpenuhi maka sobat hanya perlu waktu menunggu waktu selama 3 hari kerja. Dalam beberapa kasus ada yang sampai berbulan-bulan hingga satu tahun. Disini adalah proses yang panjang dan butuh kesabaran, blog ini ditolak hingga berkali-kali sebelum teroptimasi dengan baik. Ingat ada jutaan blogger yang mendaftar AdSense, jadi harap bisa bersabar menunggu antrian dari tim AdSense.

Baca : Cara Agar Diterima Adsense Tanpa Harus Menunggu Seratus Tahun Lamanya

Berapa Jumlah Konten Supaya Bisa Diterima Google Adsense ?

Tidak ada angka yang mutlak mengenai jumlah konten supaya bisa diterima, namun berdasarkan pengalaman dari beberapa praktisi tidak terlalu banyak jumlah konten yang dimiliki ketika permohonan mereka diterima yaitu hanya 10 konten unik saja, penulis mengambil jumlah yang paling kecil dari informasi dan fakta yang didapat tersebut.

Apakah Jumlah Visitor Dapat Mempengaruhi Hasil Peninjauan Google Adsense ?

Jumlah visitor yang banyak memperlihatkan visibilitas blognya bagus, dalam hal ini adalah visitor organik bukan both. Namun tidak ada yang tahu pasti berapa visitor yang dibutuhkan untuk dapat diterima Google AdSense, blog ini sendiri hanya memiliki 10 visitor per hari ketika permohonannya diterima.

Baca : Efektivitas Manfaat Pengunjung Terhadap Blog Dan Pendapatan Adsense

Template Apa Yang Cocok Supaya Permohonan Saya Bisa Diterima Google Adsense ?

Template adalah komponen wajib yang harus disiapkan dengan baik, navigasinya harus jelas, responsive dan fast time loading. Gunakan template yang premium supaya optimasinya bagus dan terhindar dari script berbahaya seperti malware atau virus lainnya sehingga blog menjadi tidak optimal, jadi sebaiknya silahkan beli template ke pembuatnya langsung sehingga ada life time support-nya.

Baca : Cara Memasang Template Blog Sesuai Kriteria Adsense [Evomagz]

Apakah Benar Bisa Gajian Dari Google Adsense Setiap Bulan ?

Bisa. Jika sobat memiliki blog dengan trafik yang tinggi sekurang-kurangnya 300.000 PV perhari maka diprediksikan bisa gajian dari Google setiap bulannya. Namun jika blog masih memiliki trafik rendah dibawah 1000 PV dalam sehari maka minimal 6-7 bulan baru bisa gajian. Ambang bantas pembayaran yang bisa dicairkan adalan $100. Kalau di Indoensia Rp. 1.300.000 baru bisa ditarik.

Baca : Tips Mendapatkan Gaji Dari Google AdSense Setiap Bulan

Apakah Bisa Adsense Saya Dikaitkan Dengan Blog Orang Lain ?

Bisa. Satu akun AdSense bisa dikaitkan dengan 500 blog. Untuk dapat mengaitkan akun dengan blog lain maka pastikan dulu blog tersebut steril dari pelanggaran kebijakan Google AdSense sehingga tidak membahayakan aku tersebut.

Apa Yang Paling Wajib Saya Ketahui Kalau Sudah Menjadi Penayang Iklan Google Adsense ?

Setiap penayang wajib memahami seluruh kebijakan Google AdSense terutama kebijakan penempatan iklan supaya bisa menjadi penayang AdSense dalam jangka panjang. Selain itu, juga harus bisa membuat konsep yang lebih unik dan relevan untuk pengguna yang tertarget. Usahakan konten yang dibuat itu bisa diterima diseluruh kalangan, jadi tidak untuk kelompok kecil saja supaya bisa mendapatkan trafik yang berimbas kepada pendapatan AdSense.

Baca : Kebijakan Google Adsense Diperketat, Penayang Bisa Makin Cerdas [Pengumuman 2017]

Bagaimana Cara Google Adsense Membayar Saya ?

Google akan mentransfer pendapatan melalui rekening bank yang telah didaftarkan penayangnya bagi yang telah mencapai ambang batas pembayaran. Pembayaran dilakukan setiap akhir bulan antara tanggal 21-25.

Saya Sudah Daftar Terus Akun AdSense Terbuka, Sudah Bisa Membuat Unit Iklan Baru, Tapi Kenapa Iklannya Tidak Muncul ?

Jika mengalami hal ini berarti ada dua kemungkinan yang biasa terjadi yaitu akun belum disetujui sepenuhnya atau iklan belum bisa tanyang karena memerlukan waktu jeda sekitar 30 menit dari memasang kode ke halaman situs hingga muncul iklan. Untuk memastikan akun telah disetujui sepenuhnya maka harus ada email pemberitahuannya dari AdSense.

Urutan Cara daftar AdSense

Penulis berharap pertanyaan-pertanyaan di atas tadi bisa dimengerti dengan baik, kini saatnya mendaftarkan situs atau blog ke Google AdSense. Berikut ini adalah cara daftar Google AdSense yang terbaru, penulis mengambil contoh pendaftaran untuk blog berplatform blogspot. Untuk platform WordPress pada dasarnya sama, perbedaannya hanya di navigasi saja.

  1. Silahkan akses situs Google AdSense dan SIGN UP NOW.

    Gunakan email yang belum dikaitkan dengan produk AdSense Youtube atau Admob karena biasanya akan ditolak oleh sistem.

  2. Membuat akun

    Silahkan masukan nama website atau blog yang akan didaftarkan, langkahnya ikuti petunjuk pada gambar di bawah ini secara berurutan.

  3. cara daftar adsense.jpg

    Gambar 1. Langkah ke 1

    Setelah menekan tombol nomor 5 maka sobat akan diarahkan ke halaman selanjutnya dan klik CONTINUE IN BLOGGER. Perhatikan gambar berikut ini :

    Langkah ke 2 daftar AdSense.jpg

    Gambar 2. Langkah ke 2

    Di bagian ini kita hanya diarahkan untuk melanjutkan proses pendaftaran di dasbor blogger. Perhatikan gambar berikut ini :

    Langkah ke 3 daftar AdSense.jpg

    Gambar 3. Langkah ke 3 daftar AdSense

    Pada menu Penghasilan akan muncul tombol Daftar Ke AdSense seperti yang ditunjukan oleh nomor 2 silahkan diklik.

    Tahapan selanjutnya adalah mengisi formulir permohonan, pada langkah ini disarankan mengisi data sesuai dengan alamat KTP yang masih berlaku supaya nantinya tidak ada pengeditan alamat lagi, selain itu juga disarankan ada rekening Bank yang atas namanya sesuai dengan KTP tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini.

    formulir permohonan daftar adsense.jpg

    Gambar 4. Mengisi formulir permohonan

    Isilah data diri yang ditunjukan oleh nomor 4 sesuai dengan KTP. Ingat, semuanya harus sama karena nantinya akan digunakan oleh Google untuk mengirim PIN AdSense. Jika sudah yakin dengan data formulir permohonannya maka silahkan tekan tombol Kirim permohonan saya untuk pergi ke halaman berikutnya.

    Langkah daftar adSense

    Gambar 5. Langkah ke 5 daftar adsense

    Silahkan baca aturan main Google AdSense seperti yang ditunjukan oleh gambar di atas. Mohon agar dibaca hingga tuntas agar sobat memahami peraturannya dengan baik, setelah itu klik tombol Setuju untuk menuju ke halaman selanjutnya.

    langkah ke 6 daftar adsense

    Gambar 6. Langkah ke 6

    Pada halaman ini sobat akan diberitahu bahwa widget AdSense telah ditambahkan ke dalam blog, tekan tombol Lanjutkan. Sampai disini sobat sudah selesai mengajukan permohonan akun. Pada halaman selanjutnya hanya akan di arahkan ke dasbor dan ada pemberitahuan bahwa permohonan sedang dalam antrian. Lebih lengkapnya perhatikan gambar berikut :

    Pemberitahuan lagi masa peninjauan

    Gambar 7. Notifikasi blog sedang dalam tahap antrian peninjauan

    Setelah sampai di tahapan ini silahkan tunggu kabar selanjutnya dari Google, dan selamat blog sobat sedang dalam peninjauan mereka. Untuk memastikan permohonan sedang dalam peninjauan silahkan masuk ke dasbor AdSense dengan cara SIGN IN pada situsnya menggunakan email yang sudah didaftarkan tadi. Tampilan pada dasbornya kurang lebih seperti pada gambar berikut :

    dasbor adSense terbaru.jpg

    Gambar 8. Dasbor AdSense pasca daftar

    Ini menandakan bahwa situs sudah terhubung dan sedang dalam masa peninjauan Google. Pada tahap ini harap sabar menunggu hingga ada informasi petunjuk selanjutnya dari Google. Sebaiknya sobat melakukan update konten secara rutin dan jangan melakukan customisasi karena pasti permohonannya akan ditolak dengan alasan blog berlum rampung.

    Baca : Penyebab Blog Belum Rampung [Ditolak Adsense]

    Tidak ada yang tau pasti berapa lama kita harus menunggu di masa ini, hanya saja apabila visibilitas blog sudah bagus maka Google akan merespon dengan cepat.

Bagaimana Mengetahui Permohonan Saya Disetujui Oleh Google AdSense ?

Setelah permohonan disetujui oleh Google, biasanya akan ada email pemberitahuan berupa ucapan selamat dari tim Google AdSense dan iklan sudah bisa ditayangkan. Silahkan buat unit iklan baru dan tempatkan pada halaman situs atau blog yang lalu lintasnya ramai.

Berikut adalah gambar yang sangat fenomenal, dan semua kandidat penayang AdSense mengharapkannya :

email ucapan selamat dari Google

Gambar 9. Email notifikasi dari AdSense

Gambar 9. diambil dari email pemberitahuan Google AdSense yang isinya ucapan selamat bahwa permohonan telah disetujui sepenuhnya.

Kesimpulan

Cara daftar AdSense sangat mudah, mendaftarlah diwaktu yang tepat supaya permohonannya tidak ditolak, yaitu saat blog sudah memiliki visibilitas yang bagus, konten yang unik.

Walaupun jumlah visitor tidak menjadi persyaratan mutlak tetapi bisa mendorong masa peninjauan menjadi lebih cepat karena situs akan mendapat nilai tambahan dari tim Google.

Pada masa peninjauan (review) jangan mengedit template atau konten yang sudah diposting karena kemungkinan permohonannya akan ditolak.

Tingkatkan lalulintas pengunjung supaya permohonanya cepat mendapat persetujuan dari Google AdSense, karena blog yang ramai Pengunjung dinilai layak dipasang iklan AdSense.

Pelajari semua kebijakan Goolge AdSense supaya bisa menghindari pelanggaran-pelanggaran yang terkadang kita tidak mengetahuinya.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



3 Comments

3 Comments

  1. Abdul Somad

    October 12, 2017 at 9:35 pm

    Komplit Betul….,

  2. felix

    February 22, 2018 at 1:27 am

    mau tanya dong, untuk adsense itu sendiri pada website kita apa harus nyediain kolom buat ads pada website? atau adsensenya sendiri yang nyesuain di website kita?

    • Usman West Java

      February 22, 2018 at 3:59 am

      tidak perlu disediain, kalau mas felix pakai platform blogspot itu sudah langsung terintegrasi sehingga penempatan iklan bisa menggunakan fitur blogspot atau nyekrip sendiri. kalau sewaktu daftar kita tidak perlu menyiapkan slot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top