TUTORIAL

CARA MUDAH DAFTAR GOOGLE WEBMASTER TOOLS

Cara Mudah Daftar Google Webmaster Tools – Mesin telusur Google merupakan pusat konsentrasi blogger ataupun webmaster di seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu perlu adanya alat untuk berkomunikasi dengan mesin telusur nomor wahid tersebut supaya dapat mengetahui bagaimana keharmonisan antara situs dengan mesin telusur.

Tidak jarang adanya perlakuan buruk dari mesin telusur yang dapat menyebabkan situs menjadi tenggelam dan sulit untuk ditemukan oleh pengguna sehingga situsnya menjadi sepi bagai kuburan. Tentunya hal tersebut bukan sesuatu yang diharapkan karena bisa membuat lost target dan akhirnya tidak membuahkan hasil.

Untuk mengatasi permasalahan ini Google sudah meemiliki solusinya yaitu dengan menggunakan Google Webmaster Tools (GWT) sebagai media penghubung antara mesin telusur dengan para webmaster atau blogger untuk memberitahukan perkembangan dan visibilitas situs mereka di mesin telusur tersebut.

Baca : Cara Gratis Meningkatkan Performa Website Di Mesin Teulusur

Google Webmaster Tools akan membantu mengidentifikasi masalah antara mesin telusur Google dengan sebuah situs dan bahkan dapat memberi tahu pemiliknya jika situs tersebut telah terinfeksi perangkat lunak jahat yang tidak diharapkan sehingga dapat menjadi acuan untuk melakukan perbaikan struktur dalam situs tersebut supaya peringkatnya di mesin telusur tidak menurun.

Apa tujuan daftar Google Webmaster Tools ?

Singkatnya dengan Google Webmaster Tools sang pemilik situs bisa terbantu untuk memantau dan mempertahankan keberadaan situs di hasil penelusuran Google sehingga situsnya bisa terawat dengan baik.

Daftar Google Webmaster Tools bukan bertujuan supaya situs disertakan dalam hasil penelusuran Google, tapi hanya untuk membantu pemilik situs memahami bagaimana Google melihat situs sehingga bisa mengetahui beberapa error missing dalam struktur situs dan selanjutnya melakukan pengoptimalan terhadap situs tersebut.

Langkah daftar Google webmaster Tools

Penulis membuat panduan cara mudah daftar Google Webmaster Tools ini secara khusus untuk sobat yang sedang membuat sebuah situs atau blog karena hal ini perlu dilakukan di awal pembuatan situs atau blog tersebut.

Baca : Detail Tutorial Membuat Blog Sesuai Kriteria Adsense [Versi Gratisan]

Panduan ini akan membantu sobat secara detail bagaimana prosedur daftar Google Webmaster Tools setiap langkahnya sehingga tidak ada yang terlewat. Berikut ini adalah langkah-langkah daftar Google Webmaster Tools :

1. Masuk ke halaman Google Webmaster Tools.
2. Masukan URL situs atau blog sobat (langkah nomor 1)
3. Tekan tombol ADD A PROPERTI (langkah nomor 2)

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Daftar Google Webmaster Tools

Gambar 1 : Langkah 1 membuat properti blog

Sebelum dapat mengakses data di situs Anda, Anda harus membuktikan bahwa Anda adalah perwakilan resmi situs ini. Hal ini dilakukan melalui proses verifikasi.

Perhatikan langkah nomor1 pada gambar di atas dengan teliti, silahkan masukan URL blog sobat dengan diawali http://www. (untuk situs non SSL) dan https://www. (untuk situs SSL) jangan sampai ada salah ketik apalagi terlewat www-nya karena sitemapnya bisa error.

Selanjutnya kita akan diarahkan pada tahap verifikasi situs untuk memastikan bahwa kita adalah pemilik situs yang sah. Untuk menyelesaikan langkah ini ada 5 metode yang dapat kita gunakan dan pada tutorial ini akan menggunakan metode HTML tag dengan cara memasukan meta tag ke dalam situs. Perhatikan langkahnya pada gambar berikut ini :

daftar Google Webmaster Tools

Gambar 2 : Langkah ke 1 verifikasi situs

Pilih HTML tag seperti yang ditunjukan oleh nomor 1, kemudian pada langkah nomor 2 silahkan copy meta tag-nya lalu paste di dalam template blog sobat tepatnya di bawah kode <head> Setelah itu silahkan tekan tombol VERIFY yang ditunjukan oleh nomor 3.

Untuk langkah menyisipkan meta tag ke dalam template blog bisa dilihat paa gambar berikut ini :

daftar Google Webmaster Tools

Gambar 3 : Cara menyisipkan kode verifikasi Google webmaster tools ke dalam template

Terdapat 2 langkah untuk menyisipkan kode verifikasi ke dalam template sesuai dengan gambar di atas. Setelah memasukan kode verifikasinya maka silahkan tekan Simpan tema yang ditunjukan oleh nomor 2. Jika pemasangan kode verifikasi telah selesai maka silahkan lanjutkan langkah nomor 3 yang ditunjukan oleh Gambar 2 yaitu menekan tombol VERIFY.

Jika langkah verifikasi situs sudah dilaksanakan sesuai petunjuk di atas maka hasilnya sebagai berikut :

daftar Google Webmaster Tools

Gambar 4 : Notifikasi verifikasi telah berhasil dilakukan

Selanjutnya silahkan sobat tekan Continue yang ditunjukan oleh nomor 1, maka sobat akan diarahkan pada dasbor Google Webmaster Tools. Tugas berikutnya adalah submit sitemap blog, berikut ini adalah langkahnya :

daftar Google Webmaster Tools

Gambar 5 : Cara Submit sitemap (peta situs)

Pada langkah ini silahkan sobat pilih Crawl>Sitemaps>ADD/TEST SITEMAP (nomor 2) kemudian masukan “sitemap.xml” dalam kolom nomor 3 dan tekan Submit (nomor 4). Jika tidak ada masalah maka hasilnya seperti pada gambar berikut ini :

daftar Google Webmaster Tools

Gambar 6 : Status indeks sitemap di Google

Perhatikan status indeks sitemap yang ditandai dengan nomor 1, jika statusnya masih “pending” berarti belum bisa mendapatkan report tentang bagaimana situs kita di mesin telusur Google. Silahkan tunggu saja beberapa saat atau bahkan beberapa hari sampai status indeks-nya berubah menjadi “success”.

Langkah selanjutnya adalah penargetan Negara tujuan atau International targeting, hal ini dilakukan supaya situs bisa tepat sasaran. Selain itu penargetan Negara juga diyakini mempengaruhi SEO terutama keyword. Apabila penargetan Negara tidak ditentukan maka kemungkinan dapat merusak keyword, apalagi situs yang baru dibuat.

Apabila situsnya berbahasa Indonesia maka disarankan penargetannya Indonesia saja sehingga menjadi prioritas mesin telusur dalam indeks pencarian para pengguna lokal (Indonesia). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

daftar Google Webmaster Tools

Gambar 7 : Pengaturan penargetan negara tujuan

Silahkan lakukan langkah 1-6 untuk pengaturan penargetan Negara tujuan. Penulis menggunakan blog dengan target lokal jadi memilih Indonesia. Untuk Negara tujuan sesuaikan saja dengan keinginan sobat, jika targetnya internasional maka disarankan blog harus menggunakan bahasa Inggris.

Kesimpulan

Daftar Google Webmaster Tools dilakukan hanya untuk mengetahui perlakuan mesin telusur Google terhadap situs, bukan untuk mendorong proses indeks Goolge karena sudah auto indexs.

Indeks sitemap harus diperhatikan supaya akun Google Webmaster Tools bisa berfungsi dengan baik dan memberikan report yang akurat.

Baca : Mengenal Fungsi Sitemap Lebih Dalam

Verifikasi situs dilakukan sekali saja kecuali jika mengganti template maka harus dilakukan verifikasi ulang, namun tidak perlu ganti properti.

Penargetan Negara akan meningkatkan focus keyword sehingga pengguna di Negara tersebut bisa lebih cepat menemukan konten sobat yang relevan dengan pencariannya.

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Pakai Cara Ini Untuk Meningkatkan Trafik Blog Dengan Segera

  2. Pingback: Kabar Baik Dari Dunia Periklanan Google Untuk Tahun 2018

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukkan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 32 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top