ADSENSE

TIPS MENDAPATKAN GAJI DARI GOOGLE ADSENSE SETIAP BULAN

Gaji dari Google AdSense

Tips Mendapatkan Gaji Dari Google Adsense Setiap Bulan – Setelah sobat mendapatkan akun Google AdSense kemudian menulis konten yang unik, kini saatnya sobat membangun situs yang memiliki citra yang baik dan berkualitas untuk jangka panjang sehingga dapat menciptakan aliran pendapatan yang berkelanjutan dari Google AdSense.

Tidak sedikit publisher yang hanya menerima gaji dari google AdSense sekali saja kemudian setelah itu bangkrut karena kehilangan semangat untuk me-manage situsnya akibat kehabisan ide kreatif, selain itu faktor kejenuhan juga tidak ketinggalan terus menghambat sehingga tidak mampu lagi menuju ke level selanjutnya.

Akibatnya situs menjadi usang dan semakin jauh dari perayapan mesin telusur. Perlu diketahui bahwa apabila situs tenggelam di mesin telusur itu pasti akan berdampak buruk terhadap penghasilan yang akan semakin kecil bahkan tidak ada sama sekali. Inilah faktor penyebab utama terhentinya gaji dari Google AdSense.

Baca : Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense Berdasarkan Arahan Dari Tim Google Adsense

Menyikapi hal tersebut di atas, maka sebaiknya sobat mulai memikirkan bagaimana menciptakan situs yang memiliki benefit yang bagus untuk jangka panjang. Jalan satu-satunya yaitu dengan ide kreatif yang dapat melahirkan inovasi baru sehingga selalu mendapat perhatian lebih dari pemanfaat situs tersebut.

Apa Yang Harus Dimiliki Untuk Menjaga Situs Dalam Jangka Panjang, Sehingga Mendapatkan Gaji Dari Google Adsense Setiap Bulan ?

Jawabannya adalah kredibilitas, konsistensi dan komunitas. Untuk menumbuhkan tiga sikap ini maka sobat harus memiliki jiwa sosial, inteligensi yang tinggi dan menciptakan solideritas dengan kelompok yang lebih besar. Dari hal ini sobat bisa menemukan berbagai hal untuk dijadikan bahan yang dapat melahirkan ide kreatif sehingga bisa konsisten membuat konten unik setiap saat.

Coba pehatikan situs besar yang paling sering sobat kunjungi, mereka melakukan pembaruan secara teratur dengan konten yang familiar dan dapat dipercaya sehingga tetap menjadi situs panutan bagi jutaan pengguna internet karena sudah memiliki kredibilitas yang bagus. Jika sudah demikian maka kompensasi dan benefit tidak akan menjadi permasalahan.

Pada ulasan ini, penulis juga akan membahas cara mengukur yang efektif mengenai seberapa baik kinerja situs sobat dalam menghasilkan provit dari bisnis ADS Online sekelas Google AdSense dan bagaimana membangun situs dengan cara melibatkan pengunjung.

Mengukur Pencapaian Kinerja Dengan Laporan

Laporan merupakan dokumen yang dapat dijadikan parameter tingkat keberhasilan sebuah kinerja, hanya dengan menggali jauh ke dalam bagaimana pengunjung terlibat dengan situs sobat, maka sobat dapat mengidentifikasi hambatan yang mungkin membuat mereka tidak kembali lagi untuk menikmati konten online di blog sobat.

Pencapaian Kinerja Akun

Untuk memastikan kinerja akun dengan cepat, sobat bisa melihat dasbor laporan pada ringkasan tiga metrik pelaporan utama yaitu taksiran penghasilan, tampilan halaman dan pendapatan per seribu tayang (Cost Per Mile/RPM).

Untuk membuktikan kinerja sebuah akun, perhatikan contoh laporan harian berikut ini :

Gaji dari Google AdSense

Gambar 1. Contoh laporan harian pendapatan AdSense

Pada gambar di atas menunjukan bahwa betapa buruknya kinerja akun tersebut, karena penghasilannya sangat minim sekali yaitu Rp. 72 dalam sehari sehingga sangat mustahil bisa mendapatkan gaji dari Google AdSense setiap bulan.

Penyebab mengecilnya pendapatan AdSense adalah masalah klasik yaitu visitor yang minim sehingga tampilan halamannya sedikit dan otomatis tayangan iklannya pun sedikit. Hal tersebut berdampak kepada potensi klik yang sangat kecil.

Tentunya hal di atas tidak boleh dibiarkan berlarut-larut supaya mendapatkan Gaji dari Google AdSense setiap bulan sesuai dengan harapan. Periksa kualitas artikel mulai dari topik, format tulisan hingga gaya bahasa yang digunakan sudah nyaman atau belum jika dibaca.

Itulah alasan mengapa Google AdSense menginginkan konten yang unik agar berdampak baik kepada penghasilan sehingga lelah sobat terbayar tuntas sesuai harapan. Pikirkan dengan matang ketika membuat konsep tulisan agar bisa menarik perhatian banyak orang.

Laporan harian (daily report) dapat membantu sobat menganalisis kinerja harian dan memberi pemahaman yang lebih baik mengapa penghasilan berubah seiring waktu.

Pencapaian Kinerja Unit Iklan

Kinerja unit iklan harus selalu dipantau setiap saat untuk memastikan iklan tersebut bekerja dengan baik atau malah sebaliknya sehingga kurang efektif. Apabila kinerja unit iklan tidak bagus maka harus dilakukan update unit iklan atau penempatannya, hal ini juga bisa menjadi parameter rasio klik tayang (RKT) yang terpengaruh.

Perhatikan contoh laporan kinerja unit iklan berikut ini :

Laporan Harian kinerja unit iklan AdSense

Gambar 2. Contoh laporan harian kinerja unit iklan yang dipasang di Blog

Gambar 2 ini merupakan laporan harian kinerja unit iklan yang digunakan pada sebuah halaman situs web, sobat bisa menemukannya pada dasbor AdSense. Perhatikan latensi iklan mana yang dianggap kurang produktif atau dengan kata lain berpenghasilan kecil.

Terlihat pada gambar unit iklan dengan nama ADS336X280 sedikit memiliki masalah, karena latensinya menurut penulis itu kecil dan perlu direposisi tata letak penempatan iklannya atau didesain ulang dengan merubah tampilan iklan menjadi lebih menarik perhatian pengguna namun tidak terlepas dari kebijakan AdSense.

Apabila sobat mengelola banyak domain dalam satu akun, maka gunakan laporan Situs untuk membandingkan kinerjanya. Hal ini sangat membantu apabila sobat memiliki versi seluler dan desktop yang berbeda dari situs yang sama, sehingga sobat dapat menemukan cara baru untuk optimasi user interface agar hasilnya maksimal pada seluruh device.

Konsisten Update Konten Secara Berkala

Berdasarkan pengalaman penulis, apabila tidak melakukan update konten dalam waktu yang relatif lama semisal dua minggu, maka BPK (Biaya Per Klik) akan mengalami penurunan. Apabila memperoleh banyak klik pada saat BPK turun maka hal ini akan sangat disayangkan karena kalibrasinya ke penghasilan akan sangat kecil walau jumlah kliknya banyak.

Gambar berikut ini merupakan bukti dari perolehan per klik pada saat BPK turun :

Laporan Harian Kinerja Akun AdSense

Gambar 3. Cara melihat bayaran setelah mendapat klik iklan

Perhatikan masing-masing angka yang dilingkari merah, disitu terlihat penghasilan tertaksir Rp.138 dengan jumlah klik 1 kali. Jadi gambar di atas memperlihatkan betapa ruginya jika mendapatkan klik pada saat BPK turun.

Disini penulis menyarankan agar sobat melakukan update konten secara berkala dan teratur tentunya agar hal di atas tidak terjadi pada akun sobat. Mempertahankan value BPK Sepertinya menjadi hal yang wajib dilakukan karena BPK sangat besar pengaruhnya terhadap penghasilan.

Baca : Kupas Tuntas Cara Terbaru Membuat Konten Berkualitas [Update 2017]

Tingkatkan Produktifitas Situs yang dikelola

Konten yang unik bisa hilang saat di-host pada situs web yang berkinerja rendah seperti navigasinya yang sulit dan loading-nya lemot menjadi faktor yang sangat menganggu pengunjung dan membuat mereka tidak nyaman sehingga meninggalkan situs dengan cepat.

Dalam sebuah studi kasus yang dilakukan Google, mereka menemukan korelasi antara kecepatan halaman dan indikator penghasilan, bounce rate, durasi sesi dan keterlihatan. Pengunjung sangat tidak menyukai waktu loading situs yang terlalu lama sehingga frustasi dan kapok untuk kembali lagi.

Baca : Penyebab Visitor Menjadi Kapok Dan Ogah Kembali Lagi

Tingkatkan frekuensi maintenance situs terutama dalam hal kecepatan loading-nya, untuk melakukan hal ini sobat bisa menggunakan PageSpeed Insights, lihatlah hasil render-nya dan pastikan score-nya tidak kurang dari 80 agar halaman selalu bekerja optimal.

Buatlah nuansa situs semenarik mungkin supaya pengunjung betah dan selalu tertarik untuk kembali berkunjung, selain itu performanya juga harus selalu terjaga dengan baik sehingga tetap bisa tampil prima ketika berkompetisi di arena pergulatan SEO dengan begitu gaji dari Google AdSense akan sobat dapatkan secara berkala.

Baca : Cara Gratis Meningkatkan Performa Website Di Mesin Teulusur

Kesimpulan

Buatlah situs web sedekat mungkin dengan pengguna, semudah mungkin untuk bisa diakses dan desain seminimalis mungkin agar teroptimasi dengan baik sehingga pengguna bisa nyaman ketika menikmati konten online yang mereka butuhkan.

Buatlah komunitas yang besar untuk menjalin kerjasama dengan mereka dan menciptakan peluang pasar yang menjanjikan serta dapatkan benefit dari komunitas tersebut.

Ukur kinerja akun secara menyeluruh, setiap hari, minggu dan bulan supaya mengetahui sejauh mana produktifitas situs untuk mendapatkan gaji dari Googgle AdSense secara berkesinambungan setiap bulannya.

Lakukan reposisi atau kalau perlu re-skin terhadap iklan yang berlatensi rendah, lihat dan analisa perkembangan unit iklan pada laporan hariannya.

Jaga BPK (Biaya Per Klik) jangan sampai value-nya menurun sehingga kalibrasi ke earning-nya kecil dengan cara tidak berhenti update artikel secara berkala.

Optimalkan selalu kecepatan situs untuk menjaga agar pengguna tidak kecewa dan frustasi ketika mengaksesnya dan sehingga mereka mempercayai serta menjadikan situs sobat sebagai referensi.

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Pengaruh Relevansi Artikel Terhadap Penghasilan AdSense

  2. Pingback: Cara Dapat Gaji Dari Google AdSense Walau Tidak Punya Akun AdSense

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 55 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top