APLIKASI

DUA CARA DAPAT KARTU BPJS KETENAGAKERJAAN VIA ONLINE [CETAK KARTU]

cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan.jpg

Kursuskomputeratis.com – Peradaban teknologi dari masa ke masa semakin canggih, salah satunya adalah teknologi internet yang dapat menciptakan berbagai macam kemudahan dalam mendukung aktivitas sehari-hari baik di rumah atau di kantoran terutama masalah transaksi data semuanya bisa dilakukan secara online. Contoh, bab ini akan memaparkan cara dapat kartu BPJS Ketenagakerjaan tanpa harus pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dengan mudah ditemukan via online.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan identitas kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang sah berdasarkan ketentuan undang-undang yang berlaku bagi masyarakat yang berstatus sebagai pekerja, baik itu pekerja mandiri (wiraswasta), karyawan perusahaan atau pegawai negeri sipil (PNS). Usahakan kartu BPPJS Ketenagakerjaan selalu dibawa ke tempat kerja untuk jaga-jaga manatau dibutuhkan sehingga jika terjadi kecelakaan kerja tidak perlu lagi mencarinya.

Sebelumnya tidak mudah untuk mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan ini karena harus dicetak di kantor BPJS Ketenagakerjaan, mending jika tidak ada antrian panjang tetapi akan sangat melelahkan jika harus ngantri berjam-jam hanya untuk sekedar cetak kartu saja, jika kartunya hilang maka wajib membuat surat kehilangan dari kepolisian dan pastinya hal-hal seperti itu bisa menyita waktu, untungnya saat ini sudah canggih karena kartu bisa didapat via online dan sah dicetak memakai kertas biasa sehingga jika kartu hilang ya tinggal cetak ulang saja.

Baca: Panduan Lengkap Aplikasi Bpjs Ketenagakerjaan [BPJSTK Mobile]

Bagaimana Cara Dapat Kartu BPJS Ketenagakerjaan Yang Legal?

Pada umumnya ada empat cara untuk mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan, jadi apabila kehilangan kartu maka tidak perlu lagi membuat surat keterangan dari kepolisian cukup menggunakan salah satu dari keempat cara tersebut yakni memintanya ke HRD di tempat peserta bekerja, minta langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, via aplikasi BPJSTKU dan via website BPJS Ketenagakerjaan.

Nah, penulis akan membahas cara onlinenya saja yaitu via aplikasi BPJSTKU dan via website BPJS Ketenagakerjaan. Mungkin bagi kalangan Milenial kedua cara online ini gampang dilakukan, tetapi hal ini tidak berlaku bagi orang tua yang kurang familiar dengan internet namun keadaan ini mengharuskan semua orang bisa melakukannya sehingga penulis meluncurkan tutorial ini agar dapat dipelajari dengan mudah oleh semua kalangan.

1. Via Aplikasi BPJSTKU

BPJSTKU merupakan aplikasi yang multiguna bagi para peserta jaminan sosial ketenagakerjaan nomor wahid di Indonesia ini, selain bisa mendapatkan informasi program BPJS Ketenagakerjaan, kontrol data kepesertaan, cek saldo Jaminan Hari Tua (JHT), cek laporan tahunan, peserta juga bisa mendapatkan kartu kepesertaannya melalui aplikasi ini dengan sangat mudah karena fitur lihat kartu peserta ada di halaman depan aplikasi sehingga mudah ditemukan.

cara melihat kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan di BPJSTKU.jpg

Gambar 1. Cara melihat kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan via BPJSTKU

Silahkan klik KARTU DIGITAL (1) untuk melihat kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif, jadi apabila memiliki kartu peserta lebih dari satu maka akan tampil juga kartu yang lainnya jika sudah ditambahkan ke aplikasi BPJSTKU. Kartu digital ini bisa diunduh dan akan langsung terkirim ke email yang terkait dengan aplikasi, jadi pastikan email tersebut bisa diakses untuk mendapatkan kartu digital dari aplikasi BPJSTKU.

Baca: Panduan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU [Update Oktober 2018]

Cara dapat kartu BPJS Ketenagakerjaan Via BPJSTKU.jpg

Gambar 2. Tampilan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU

Halaman ini akan muncul setelah menu KARTU DIGITAL diklik. Perhatikan pop up box untuk menyimpan kartu yang ditandai nomor (7 & 8), silahkan pilih salah satunya untuk mendapatkan file kartu tersebut apakah Simpan Kartu Ke Galeri (7) atau Kirim Kartu Ke Email (8), namun sebelumnya klik titik tiga (5) untuk memunculkan pop up box tesebut. Temukan kartu di penyimpanan yang dipilih setelah mengklik no (7) atau (8) lalu silahkan langsung dicetak.

2. Via Website BPJS Ketenagakerjaan

Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan juga tersedia di website resmi BPJS Ketenagakerjaan, jadi bagi yang masih belum memiliki smartphone jangan bersedih hati karena masih ada cara lain untuk mendapatkan kartu peserta via online selain via aplikasi BPJSTKU yaitu dengan mengunjungi halaman www.sso.bpjsketenagakerjaan.go.id yang disediakan secara khusus untuk mengakses dan mengontrol data kepesertaan via komputer desktop atau laptop, nah jadi walapun tidak punya HP untuk menginstal aplikasi BPJSTKU masih bisa di website.

Halaman website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id merupakan personal services khusus untuk akses dan registrasi akun seperti pada aplikasi BPJSTKU, untuk loginnya juga menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang sama dengan aplikasi BPJSTKU. Halaman website ini bisa dikatakan memiliki peranan yang sama dengan aplikasi BPJSTKU, bisa kontrol data dan daftar pengguna mobile kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sehingga bisa membackup manakala terjadi gangguan pada aplikasi BPJSTKU.

Baca: Error Daftar Via BPJSTKU? Ini Cara Daftar Bpjs Ketenagakerjaan Via Web

tampilan akun peserta BPJS Ketenagakerjaan di website.jpg

Gambar 3. Cara melihat kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan via halaman website

Sama halnya dengan BPJSTKU, fitur KARTU DIGITAL (2) juga bisa ditemukan di halaman website ini, jadi user bisa dengan mudah menemukan kartu pesertanya hanya dengan satu klik saja maka kartu langsung ditampilkan. Selain fitur untuk melihat kartu peserta, juga tersedia fitur lainnya sama seperti di aplikasi BPJSTKU yaitu LIHAT SALDO JHT, KLAIM SALDO JHT, SIMULASI dan VOKASI.

cara dapat kartu BPJS Ketenagakerjaan via online.jpg

Gambar 4. Cara mengunduh kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan via halaman website

Di halaman ini kartu digital ditampilkan dan bisa diunduh dan akan langsung tersimpanan di folder penyimpanan yang dikehendaki. Dimensi gambar kartu sudah sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan oleh BPJS Ketenagakerjaan sehingga tidak perlu dirubah lagi ukurannya saat akan mencetak kartu tersebut, saat ini cetak kartu bisa menggunakan kertas jenis apapun asalkan hasil cetakannya jelas.

Baca: Download Tampilan Belakang Kartu BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Jika Saya Tidak Punya Akun BPJS Ketenagakerjaan Apakah Masih Bisa Mendapatkan Kartu Secara Online?

Untuk bisa menikmati fitur kontrol data kepesertaan via online sepenuhnya peserta wajib membuat akun pengguna mobile yang bisa dilakukan lewat aplikasi BPJSTKU dan halaman website BPJS Ketenagakerjaan dengan menyiapkan email aktif, nomor HP aktif, nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan dan data KTP. Hal ini tidak berlaku bagi yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan karena pastinya tidak terecord di database BPJS Ketenagakerjaan.

Baca: Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Lewat Hp, Update! (Video Tutorial)

Harap berhati-hati ketika melakukan registrasi pengguna mobile, pastikan alamat email yang didaftarkan masih aktif dan gunakan nomor HP yang selalu aktif karena kedua data ini tidak dapat diganti lagi kecuali dengan mereset akun yang cukup menyita waktu. Catat dan simpanlah alamat email dan kata sandi email tersebut jangan sampai lupa karena banyak kasus yang paling sering dialami pengguna seperti lupa email dan lupa kata sandi sehingga akun BPJS Ketenagakerjaan tidak dapat diakses baik di HP ataupun di websitenya.

Baca: Cara Mengganti Nomor Hp Dan Email Bpjstku [BPJS Ketenagakerjaan]

Kesimpulan

Tutorial cara dapat kartu BPJS Ketenagakerjaan ini tidak berlaku bagi yang belum berstatus sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk dapat kartu BPJS Ketenagakerjaan via online wajib memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan yang dapat diakses melalui aplikasi BPJSTKU dan website BPJS Ketenagakerjaan.

Akun aplikasi BPJS Ketenagakerjaan bisa dibuka di smartphone dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU dan bisa juga diakses di halaman website BPJS Ketenagakerjaan.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan bisa dicetak menggunakan kertas apa saja asalkan hasilnya jelas dan rapi, supaya awet silahkan dilaminating.

Dimensi kartu yang diunduh dari aplikasi BPJSTKU atau dari halaman website BPJS Ketenagakerjaan tidak perlu dirubah ukurannya, jadi langsung saja dicetak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

41 + = 45

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
0