BLOGGING

CARA GRATIS MENINGKATKAN PERFORMA WEBSITE DI MESIN TELUSUR

Cara Gatis Meningkatkan Performa Website Di Mesin Teulusur – Sukses membangun sebuah website ataupun blog dengan visibilitas tinggi di mesin telusur adalah suatu keharusan bagi seorang webmaster.

Hal ini perlu dilakukan agar pengguna dapat dengan mudah menemukan konten yang ditawarkan kepada mereka melalui indexing mesin telusur terutama google.

Selain membuat konten yang relevan dengan pencarian mereka, perlu juga adanya usaha lain untuk mampu menembus persaingan di pasar konten dengan cara meningkatkan performa website di mesin telusur agar posisinya lebih kuat dan tidak mudah terdepak oleh pesaing lain yang notabene topiknya sama dengan konten kita.

BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

Ada banyak cara untuk meningkatkan performa website yang dapat kita tempuh dari gratisan hingga yang berbayar. Namun penulis tidak akan membahas yang berbayar melainkan yang gratisannya saja sesuai dengan topik tulisan ini. Meskipun gratis tetapi hasilnya sangat optimal untuk dapat meningkatkan performa website.

Tools gratis yang dimaksud yaitu Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools dimana keduanya memiliki peranan sama yaitu meningkatkan performa website di mesin telusur. Kedua tools ini berbabis web yang nantinya akan memberikan informasi akurat mengenai karakteristik website dan konten di mesin telusur.

Khusus bagi sobat yang baru terjun ke dunia blogging atau internet marketing mungkin ini penting untuk diketahui dan sepertinya harus dilakukan karena dianjurkan oleh google sendiri sebagai mesin telusur raksasa di dunia untuk mengunakan Googgle Webmaster Tools.

Lalu apakah cara ini efektif dan valid ?

Ya tentu saja kalau sudah google yang menyediakan pastinya cara ini valid dan menurut pendapat penulis sangat efektif. Dari keterangan beberapa praktisi blogging bahwa walaupun konten yang kita buat akan dengan sendirinya ter-index di SERP terutama google, namun ada baiknya menggunkan Google Webmaster Tools untuk mempercepat proses indexing di SERP.

Dengan kedua tools ini kita bisa mengetahui cara meningkatkan performa website melalui report yang kita dapatkan dari tools tersebut. Dari report ini visibilitas blog kita di mesin telusur bisa diketahui apakah stabil atau ada konten yang tidak bisa dirayapi oleh mesin telusur (istilah kerennya crawl error) sehingga dapat menurunkan performa website.

Berikut ini adalah ulasan singkat dan cara mendaftarkan website ke Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools :

  1. Google Webmaster Tools

    Merupakan tools produk google yang disediakan bagi para webmaster untuk melakukan analisa terhadap blognya. Tools yang satu ini mampu memberikan informasi penting dan akurat mengenai visibilitas blog di mesin telusur google secara datail.

    Selain mendapatkan informasi penting tentang blog, proses indexing google juga bisa lebih cepat dengan memanfaatkan fitur yang ada di dalamnya.

    BACA : CARA CEK VISIBILITAS BLOG [ALEXA RANK, HARGA, DETAIL ESTIMASI PENDAPATAN DAN VISITOR]

    Kita bisa menggunakan satu akun Google Webmaster Tools untuk banyak blog. Satu property untuk satu blog dan satu akun bisa untuk 1000 property dengan kata lain bisa untuk 1000 blog. Jadi sobat cukup menggunakan satu akun saja untuk beberapa blog kecuali sobat memiliki lebih dari 1000 blog.

    Informasi performa website bisa kita dapatkan disini seperti status website terkini (snapshot) mengenai koneksi yang error baik ke server ataupun perayapan mesin telusur terhadap konten, status index google, mempercepat index google setiap kita update konten, mendapatkan informasi adanya malware atau hacker, mengetahui kecepatan loading blog dan masih banyak lagi fitur lainnya.

    Untuk meningkatkan performa website di mesin telusur, lakukan maintenance secara berkala dan segera lacak apabila ada kerusakan koneksi baik ke server ataupun konten website karena kalau dibiarkan terlalu lama akan berpengaruh terhadap penurunan visibilitas website di mesin telusur.

    Cara mendaftar Google webmaster Tools :

    1. Daftarkan website di Google Webmaster Tools, gunakan email untuk login.

    2. Masukan URL website dan klik ADD/PROPERTY

      Meningkatkan Performa Website

      Cara menambahkan property pada Google Webmaster Tools


      Keterangan :

      https untuk website yang sudah menggunakan SSL
      http untuk website yang belum menggunakan SSL

      selanjutnya sobat akan di arahkan ke langkah verifikasi. Sebelum memulai langkah ini silahkan buka template blognya masing-masing karena kita akan memasukkan kode verifikasinya ke dalam template.

    3. Pada langkah verifikasi ini pilih Metode Alternatif kemudian klik Tag HTML

      Meningkatkan performa website di mesin telusur

      Pemilihan metode verifikasi yang paling mudah

    4. Copy semua kode meta tag (kode verifikasi) dan tempelkan (paste) ke dalam template blog di bawah kode . Jika kurang mengerti lihat di bawah kode meta tag ada contoh penempatannya.

      Khusus platform wordpres self hosting silahkan gunakan plugin yoast saja untuk menempatkan kode verifikasinya.

      Setelah kode verifikasi di pasang dalam template jangan lupa klik simpan .

    5. Klik verifikasi

      meningkatkan performa website di mesin telusur

      Langkah akhir verifikasi

    Sampai dengan tahap ini website sobat sudah terverifikasi di layanan Google Webmaster Tools. Untuk mengoptimalkannya sobat harus men-submit peta situs (sitemap) websitenya masing-masing. Sitemap sangat penting karena nantinya akan menjadi rujukan mesin telusur ketika merayapi website.

    Cara submit sitemap :

    1. Pilih property

    2. Pilih Crawl > Sitemap

    3. Pilih ADD/TEST SITEMAP di pojok kanan atas kemudian masukan “ sitemap.xml ” kemudian pilih Submit. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

      meningkatkan performa website di mesin telusur

      cara submit sitemap

      Peta situs (sitemap) akan ter-index di google sekitar 2 sampai 3 hari dan baru setelah itu layanan bisa kita gunakan dengan optimal.

  2. Bing Webmaster Tools

    Produk mikrosoft ini mampu meningkatkan performa website di mesin telusur Bing dan Yahoo dengan cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan Google Webmaster Tools yaitu memberikan informasi hasil analisa dari mesin telusur kepada webmaster. Kapasitas dalam 1 akun mampu menampung 1000 blog.

    Untuk mendapatkan layanan ini sobat diwajibkan memiliki akun mikrosoft. Silahkan pilih sign up untuk membuat akun mikrosoftnya apabila belum memiliki dan isi formulir registrasi yang disediakan.

    Berikut cara mendaftarkan website di Bing Webmaster Tools :

    1. Masuk ke Bing Webmaster Tools

    2. Masukan URL website sobat kemudian klik ADD

    3. Kemudian sobat akan diarahkan ke halaman ABOUT MY WEBSITE. Disini sobat harus memasukan sitemap, masukan URL blog kemudian diakhiri dengan sitemap.xml kemudian klik ADD. Perhatikan gambar berikut :

      meningkatkan performa website di mesin telusur

      Cara menambahkan website ke Bing Webmaster Tools

    4. Selanjutnya sobat akan diarahkan ke halaman verifikasi. Pada langkah ini ditawarkan 3 opsi dan pilih saja opsi kedua yang paling mudah yaitu memasukan kode verifikasi ke dalam template blog seperti metode verifikasi pada Google Webmaster Tools.

    5. Klik VERIFY apabila kode verifikasi sudah terpasang dalam template blog.

      Poses indexing di Bing sama halnya dengan di Google bahkan biasanya lebih lama lagi bisa 5 sampai 6 hari baru bisa ter-index.

  3. Kesimpulan, untuk dapat meningkatkan performa website di mesin telusur minimalnya website sobat terdaftar di dua tools ini dan jangan lupa submit sitemap-nya agar website lebih mudah dikenali mesin telusur. Apabila ada notifikasi warning atau error dalam hasil analisa mesin telusur maka segera perbaiki supaya performa website di mesin telusur tidak menurun.

    19 Comments

    19 Comments

    1. Bos Informasi

      Februari 15, 2017 at 6:23 am

      Wah ini bisa disebut dengan cara validasi situs di webmaster ya mas. Harapannya sih ketika situs sudah di masukkan bisa segera keindex.. tapi masalah lain datang ketika sudah di index saingannya tambah berat. Apa solusinya?

    2. rival

      Februari 17, 2017 at 10:01 pm

      Beanfaat banget gan. Skalian nanya nih.
      Bagusan submit sitemap aja atau sekalian submit url tiap publish post?

    3. Bootlove

      Februari 18, 2017 at 12:13 am

      Kalau untuk daftar DMoZ ada tutorialnya tidak mas?

    4. Usman West Java

      Februari 18, 2017 at 12:14 am

      submit sitemap adalah hal yang wajib menurut pendapat saya supaya situs web dikenali mesin pencari dengan baik selain itu interval waktu proses indexing di SERP juga akan semakin membaik. submit sitemap hanya sekali saja saat pertama kalinya kita buat blog dan tidak perlu berulang-ulang..submit url saya rasa perlu juga setiap kita update supaya proses deindex lebih cepat tapi cara ini tidak terlalu membawa pengaruh besar dibanding submit sitemap.

    5. Usman West Java

      Februari 18, 2017 at 12:26 am

      website yang sering update akan membawa pengaruh besar bagi kemajuan website tersebut di mesin telusur dan akan semakin mudah terindex dibanding dengan situs yang jarang upadate. solusinya rajin update secara rutin.

    6. Usman West Java

      Februari 18, 2017 at 12:33 am

      maaf mas belum punya, sementara saya gembleng pembaca blog ini di teknik dasar dulu biar ilmunya mateng,,,untuk daftar dmoz dulu saya terindexnya sampai 4 bulan mas,,,mungkin karena saya kurang update.

    7. ivannofick

      Februari 18, 2017 at 10:31 am

      bang mau tanya, kenapa disetiap aku buat artikel, artikel ku kok gak ada di google ya? tapi yang lainnya ada semua bang, itu kenapa ya tolong jawab bang

    8. Usman West Java

      Februari 18, 2017 at 1:52 pm

      proses indexing di SERP memakan waktu yang lama, bisa sampai lebih dari 2 hari untuk situs yang visibilitinya masih rendah dalam hal ini situs baru. mas coba saja di webmaster tools di fetch kalau eror berarti ada masalah di sitemap tp pastikan sinyal internetnya bagus. kemudian cek crawl error di webmaster jika ada segera tangani. pastikan situs terbebas dari crawl error.

    9. Xfree Share

      Februari 19, 2017 at 12:42 am

      Harus belajar untuk meningkatkan kualitas situs di mesin telusur nih mas. Karena dengan begitu kita akan mudah mendapatkan trafik

    10. Irwin Andriyanto

      Februari 27, 2017 at 2:52 pm

      meningkatkan pengunjung lebih tepatnya…

    11. Mukhofas Al-Fikri | BauBlogging

      Maret 4, 2017 at 5:44 am

      halo usman

      apa kabar?

      kalao saya sendiri jarang optimasi submit sana dan sini.

      sehingga blog blogger saya kagak banyak visitornya. kalo wordpress gratisan tanpa optimasi submit udah ada pebgunjung via mesin telusur…

      oh iya mau tanya. apakah mas udah buat konten yang bisa berpotensi viral dalam jangka panjang?

      oh iya mas satu lagi. ngomong ngomong kapan untuk hostingnya? udah satu bulan sejak saya mengajukan loh. tapi nanti eh ga ada haha

    12. Usman West Java

      Maret 7, 2017 at 2:41 am

      sebagian besar konten di web ini berpotensi viral mas, atau setidaknya banyak yang mencari karena saya prioritaskan konten yang mengandung keyword abadi. Untuk masalah lain saya threat ke email mas ya.. hehe.

    13. Aditya pratama

      Maret 20, 2017 at 1:55 am

      Ane udah lakuin hal diatas tapi kenapa masih tak kunjung banyak fisitor ya .apa belom keindex di serp atau emang tulisan ane yang ga berhak pejwan

    14. Pingback: CARA BUAT BLOG BARU [LANGKAH PENTING] | Blog Mas Usman

    15. Usman West Java

      Maret 20, 2017 at 7:06 am

      periksa lagi dipenerapan kata kuncinya mas, saya pernah buat konten sembarangan tanpa memperhatikan katakunci sama sekali dan hasilnya ya begitu jadi terkubur di serp.

    16. Pingback: PENGARUH RELEVANSI KOMENTAR TERHADAP SEO | Blog Mas Usman

    17. Boy Riyanto

      April 10, 2017 at 11:10 am

      Artikelnya sangat membantu nih gan soalnya website saya belum terlalu dindex oleh gogle bulan ini saja baru 14 tuh hehehehe 😀 semoga aja setelah melakukan cara diatas menjadi lebih mudah diindex gogle jadi gak perlu share sana sini heheheh 😀

    18. Pingback: MUNGKIN INI YANG MEMBUAT KAMU MALES NGEBLOG | Blog Mas Usman

    19. Pingback: CARA MUDAH DAFTAR GOOGLE WEBMASTER TOOLS | Blog Mas Usman

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 55 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top