BLOGGING

UNTUNG RUGI MENGHILANGKAN LINK IKLAN POP UP PADA BLOG

Selamat berjumpa lagi sobat, pada pertemuan ini penulis akan membahas untung atau rugi kah menghilangkan link iklan pop up pada blog ?. Mengapa harus dihilangkan ? Bukannya memasang iklan pop up di blog itu menguntungkan ? Baik, sebelum ke pemecahan masalah mari kita kenali dulu apa itu iklan pop up dan apa keuntungan memasang iklan pop up. 

Peradaban dunia teknologi internet marketing semakin hari semakin canggih dan semakin diminati oleh para pemburu pundi-pundi dari internet pada khsususnya. Ada banyak cara untuk mendapat pundi-pundi dari internet dan salah satunya yaitu dengan menjadi publisher (pengiklan). Seorang publisher menempatkan iklan milik orang lain pada blog miliknya dan dia dibayar oleh penyedia iklan tersebut berdasarkan kesepakatan yang mereka setujui. Jenis iklan yang ditawarkan oleh penyedia iklan pun beragam dan salah satu yang populer dikalangan publisher adalah iklan jenis pop up. 

Iklan pop up adalah jenis iklan yang mempromosikan konten dalam sebuah jendela baru dan biasanya muncul secara tiba-tiba pada saat kita sedang berkunjung ke suatu halaman web yang memiliki scrip iklan pop up di dalamnya maka halaman akan me-redirect ke situs pembuat iklan meskipun tidak diklik secara manual oleh pengguna tapi iklan pop up ini akan terus running secara otomatis. Jika sobat sedang membuka suatu halaman pada web, tiba-tiba terpental secara otomatis ke situs iklan tertentu maka sudah tidak salah lagi sobat telah berkenalan dengan iklan pop up. 

Bagi seorang publisher jenis iklan ini sangat menguntungkan karena peluang untuk mendapatkan klik dari pengunjung cukup besar, selain itu jenis iklan pop up diyakini penghasilannya lebih besar dan menjanjikan karena biasanya dibayar per tayangan atau per impresi. Namun walaupun bayarannya lumayan, sebaiknya publisher mempertimbangkan dulu secara bijak sebelum memasang iklan pop up di blognya karena bisa menganggu aktivitas pengunjung terutama pada saat sedang berselancar di web. Tidak sedikit pengunjung yang kesal dengan iklan pop up yang sifatnya memaksa ini dan akhirnya mereka mengurungkan niatnya untuk membuka konten kita. Bagi penulis sendiri hal ini menjadi permasalahan serius dan mulai mencari tahu bagaimana me-manage jenis iklan pop up dengan benar dan sekaligus belajar bagaimana cara menghilangkan link iklan pop up tersebut untuk berjaga-jaga saja :D. 

Jenis iklan pop up merupakan salah satu dari beberapa jenis iklan yang biasa dijadikan untuk memonetise sebuah blog, namun sepertinya hal ini hanya berlaku bagi blogger yang sudah senior. Mengapa? Karena untuk me-manage jenis iklan ini memerlukan pengetahuan dan skill khusus supaya dapat menggunakannya secara optimal dan meminimalisir resiko yang dapat berakibat pada baik buruknya reputasi blog di mata pengunjung, selain harus memiliki keahlian me-manage iklan pop up yang tepat, sang publisher juga harus menguasai cara menghilangkan link iklan pop up tersebut. Ada banyak cara untuk dapat mengoptimalkan iklan pop up salah satunya dengan membuat peta lokasi scrip iklan pop up yang disematkan di widget blog atau bahkan dalam template supaya gampang mencarinya jika memang perlu untuk dihilangkan karena biasanya setelah pasang scrip dalam template tidak jarang sang blogger mengabaikan dimana scrip tersebut disematkan, tentunya hal ini akan menyulitkan ketika kita ingin menghapus scrip tersebut. 

Berbeda halnya dengan blogger pemula yang sedang giat-giatnya membangun sebuah blog dan pengunjungnya belum banyak, sebaiknya memasang iklan pop up harus dipertimbangkan kembali dan tentu hal ini menjadi sorotan penting karena dapat mengganggu kenyamanan sang pengunjung akhirnya mereka kabur duluan sebelum membaca konten pada blog kita dan akibatnya blog menjadi sepi seperti kuburan. Itulah alasan mengapa iklan pop up ini kurang bersahabat dengan pengunjung dan bagi blogger pemula sebaiknya meminimalisir pengunaan iklan pop up ini demi kenyamanan pengunjung. 

Selain dapat berakibat pada penurunan reputasi blog di mata pengunjung, pemasangan iklan pop up yang terus-terusan ditanam dalam blog juga dapat mengganggu kesehatan blog itu sendiri bahkan lebih parahnya lagi blog bisa hilang dari google karena adanya masalah keamanan atau malware. Perlu sobat ketahui bahwa blog yang mengalami masalah keamanan atau terkena malware maka akan disingkirkan sementara dari mesin pencari (search engine) karena dianggap membahayakan. Ingatlah sob, mencari pengunjung dan bersaing di mesin pencarian itu bukanlah perkara yang gampang, kita harus bekerja siang dan malam membuat sebuah konten yang berkualitas kemudian mempromosikannya dengan waktu yang sangat panjang dan penuh kesabaran. Jadi jangan biarkan usaha dan kerja keras kita sia-sia karena blog kita menghilang dari mesin pencarian dalam waktu yang sangat singkat. Bagi blogger pemula khususnya untuk selalu memperhatikan kesehatan blog kesayangannya karena kesehatan blog sangat penting untuk dapat bersaing di mesin pencarian. Oleh karena itu jika sobat masih mencari kepercayaan pengunjung dan sedang membangun blog yang berkualitas utamakanlah kenyamanan pengunjung dan mulailah berfikir untuk mengetahui cara menghilangkan link iklan pop up-nya andai dalam template blog sobat sudah terpasang link iklan pop up. 

Bersabarlah dalam mencari rezeki di internet, gunakan cara yang tepat dan juga aman untuk jangka panjang tentunya. Jika sobat berniat membangun blog dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan maka rezekipun akan mengikuti dengan sendirinya. Bagi sobat yang tetap ingin memasang iklan pop up pada blognya maka lakukanlah dengan hati-hati dan penuh pertimbangan dalam memilih penyedia iklan pop up karena tidak semua jenis iklan ini baik dan tidak semuanya jelek. Iklan pop up bisa menyebabkan loading yang lama ketika pengunjung membuka blog tersebut maka pasanglah iklan pop up sewajarnya saja jangan terlalu berlebihan karena cukup beresiko tinggi bagi pengunjung blog sobat dan membahayakan keberadaan blog sobat di mesin pencari. Jangan lupa jika sobat memasang pop up maka pelajari dengan baik cara menghilangkan link iklan pop up tersebut dan lakukanlah pemetaan iklan pop up sebagaimana yang penulis sebutkan di atas untuk memudahkan pengawasan. 

Blog yang sudah usang dan tidak terurus dipastikan akan menjadi sasaran iklan pop up yang mengandung malware, selain itu iklan pop up juga banyak terdapat pada template-template baru yang sudah ditanam sebelumnya oleh si empu pembuat template tersebut. Sebagai contoh dalam template blog ini pernah memiliki link iklan pop up. Pada waktu itu penulis mendapat komplain dari salah satu pengunjung bahwa dia tidak merasa nyaman membuka blog ini karena pengunjung selalu di arahkan ke situs iklan, jadi konten tidak dapat dibuka sama sekali yang ada malah halaman terus me-redirect ke situs pembuat iklan dan akibatnya pengunjung kesulitan untuk dapat melihat konten. 

Inilah yang penulis lakukan untuk menghilangkan link iklan pop up dalam template di salah satu blog yang penulis kelola :

  1. Mencari link yang merujuk ke situs iklan dan meng-copy link iklan tersebut
  2. Paste link iklan pada notepad
  3. Masuk ke Dasbor Blogger
  4. Pilih Template 
  5. Pilih Edit HTML 
  6. Tempatkan kursor ke dalam template lalu klik Ctrl+F kemudian paste link iklan pada kolom pencarian tekan Enter 
  7. Kemudian Hapus link, dalam langkah ini kita harus melakukannya dengan hati-hati ketika menghapus link. Dalam kasus ini penulis mencari link iklan https://cdn.adf.ly untuk di hapus, gambar berikut adalah hasil pencariannya :

    Cara mencari link iklan di template

    Sobat perhatikan scrip yang ada dalam kotak warna merah, itulah seluruh scrip iklan pop up yang saya hapus. Cara mencari link iklannya bisa sobat perhatikan dalam kolom search pada gambar di atas. 

  8. Setelah selesai menghapus scrip iklannya jangan lupa klik Simpan template. Itulah yang penulis lakukan untuk menghilangkan link iklan pop up pada template blog, tidak begitu sulit namun memerlukan ketelitian karena jika salah menghapus scrip bisa menyebabkan kinerja template tidak maksimal. 

Kesimpulan dan saran dari penulis buat sobat yang sudah memiliki blog yang sudah mendapat tempat dan reputasi di mesin pencari maupun di hati pengunjung agar selalu menjaganya dengan baik dan tetap menjadi blogger yang rendah hati dan selalu mengutamakan kenyamanan pengguna atau pengunjung, gunakan cara yang lebih bijak dalam penggunaan iklan dan tinggalkan semua hal yang sekiranya dapat menurunkan reputasi blog sobat. Bagi sobat yang masih pemula, lebih semangat lagi dan terus berkarya yang positif jangan terlalu terburu nafsu untuk memperoleh penghasilan dari blog selagi dalam masa membangun blog dan jangan lupa pelajari bagaimana cara pemasangan iklan yang tepat dan aman. 

Sampai disini dulu sob, ulasan penulis tentang untung rugi menghilangkan link iklan pop up pada template blog. Semua keputusan ada di tangan sobat, untung atau ruginya silahkan nilai sendiri saja. Semoga ulasan penulis bisa bermanfaat dan mohon maaf tulisan ini banyak kekurangannya silahkan untuk dilengkapi di kolom komentar ya 🙂 . Happy Blogging …

5 Comments

5 Comments

  1. Bos Informasi

    November 19, 2016 at 10:24 am

    Dengan menghapus iklan pop up pda blog berarti blogger muda tersebut sudah masuk step yang lebih tinggi. Kaca mata mereka hanya melihat dari satu sisi saja yang menilai semuanya dari uang saja. Bloggingnya bukan hanya sekedar cari uang melainkan menyampaikan informasi yang penting pada Masyarakat luas

  2. Usman West Java

    November 19, 2016 at 10:27 am

    seperti itulah potret blogger matre gan, saya melihat dari sisi kenyamanan si pengunjung pastinya akan sangat terganggu jika terlalu banyak iklan pop upnya, saya merasakan persis hal ini ketika berkunjung ke sebuah blog saya disambut dengan puluhan iklan pop up yang pada akhirnya saya gak jadi membaca konten artikelnya.

  3. Open nulis

    Desember 15, 2016 at 7:43 am

    Tolong saran iklan yang baik dan menguntungkan gan. Kayaknya daftar adsense susah banget

  4. Usman West Java

    Desember 15, 2016 at 7:46 am

    banyak PPC lokal gan, kalau GA memang sangat ketat sekali peraturannya kalau kita gak memahami peraturannya memang rumit gan. menurut saya ya PPC lokal alternatifnya. Jangan pake pop up yang berlebihan ya gan soalnya blog bisa terancam di vonis malware dan gak tampil di index pencarian

  5. My Mastah

    Desember 21, 2016 at 12:49 am

    Menurut pangelaman saya ngeblog, saya saranin jangan deh memasang widged ataupun bahkan iklan popup, soalnya nyebelin :D. Apalagi blog masih baru. Saya dulu nyoba salah satu iklan yg model popup, saya tes pasang di blog semingguan, efek nya visitor pada kabur semua alias turun drastis :3.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top