APLIKASI

CARA ISI SALDO DANA PAKAI M-BCA DILENGKAPI GAMBAR

cara isi saldo dana pakai m-BCA.jpg

Isi Saldo Dana Pakai m-BCA – Dana merupakan aplikasi dompet digital besutan PT. Espay Debit Indonesia Koe yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas finansial dan gaya hidup digital oleh semua kalangan dalam bertransaksi non tunai secara online maupun offline tentunya dengan Bank security system mumpuni sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada penggunanya saat bertransaksi.

Namanya dompet digital pasti harus diisi uang virtual (non tunai) agar dapat difungsikan dengan baik layaknya dompet biasa yang merupakan tempat menyimpan uang fisik. Dana menggunakan nomor telepon yang ditentukan penggunanya untuk terkoneksi dengan perbankan sehingga mereka bisa mengisi saldo Dana lewat nomor telepon tersebut. Bagi pengguna BCA silahkan simak karena pada chapter ini Penulis akan mengupas tuntas cara isi saldo Dana pakai m-BCA.

Sampai diterbitkannya artikel ini pengisian saldo Dana menggunakan m-BCA masih bebas biaya admin dan caranya juga sangat mudah asalkan ada koneksi internet yang stabil dan saldo yang cukup di rekening BCA maka tinggal klak klik saja di aplikasi m-BCA transaksi langsung tuntas tanpa hambatan dan tanpa harus pergi ke ATM yang dapat menyita waktu dan tenaga.

Baca: Cara Top Up Shopeepay Via M-Bca Dilengkapi Gambar

Keutungan Menggunakan Dompet Digital Dana

Tentunya Dana diciptakan oleh pengembang sebagai media pembayaran lokal berteknologi digital yang kompetitif agar mampu bersaing di era digitalisasi seperti sekarang serta dapat memberikan manfaat banyak bagi masyarakat luas dan menghindari resiko membawa uang tunai seperti jatuh di jalan, kena copet atau bahkan dianiaya oleh sekelompok orang jahat karena ingin merampas uang yang dibawanya.

Dana sangat cocok menjadi salah satu alat pilihan dalam pengelolaan keuangan pribadi khususnya agar dapat mengontrol pengeluaran menjadi lebih hemat karena biasanya jika semua pembayaran menggunakan kartu debit (ATM) saldo tabungan pasti akan cepat terkuras habis akibat kurang kontrol sehingga belum akhir bulan eh saldo ATM sudah kering bikin pusing tujuh keliling.

Masih banyak benefit lainnya yang diberikan oleh dompet digital keren buatan Indonesia ini, bagi pembaca setia Kurkom yang tertarik dan ingin mengenal Dana lebih dalam silahkan akses website resminya yaitu www.dana.id untuk menemukan penjelasan secara terperinci tentang Dana. O ya, saat ini Dana sudah terhubung dengan banyak merchant di Indonesia tentunya hal tersebut memudahkan penggunanya saat berbelanja offline dengan banyak pilihan.

Baca: Cara Isi Saldo Jenius Pakai M-BCA Dilengkapi Gambar

Step By Step Isi Saldo Dana Pakai m-BCA

Sebelum melakukan transaksi pastikan perangkat mobile bersih dari malware dan gangguan lainnya terutama koneksi internet harus dalam keadaan stabil agar pada saat transaksi tidak terkendala. Proses isi saldo Dana (top up) akan menggunakan fitur Virtual Account BCA yang dapat mengidentifikasi transaksi dengan cepat dan rekonsiliasi mudah juga sangat akurat karena pada saat akan melakukan transaksi muncul konfirmasi nama penerima.

Pertama

Setelah memastikan koneksi internet tidak ada masalah dan smartphone dalam keadaan optimal silahkan akses aplikasi m-BCA lalu login. Jangan sampai lupa kata sandi lebih dari dua kali berturut-turut karena biasanya akun m-BCA akan terblokir sehingga tidak dapat melanjutkan transaksi walaupun ada koneksi internet. Perlu diketahui kalau aplikasi m-BCA tidak dapat digunakan oleh banyak user dalam satu smartphone, jadi tidak dapat dipinjam oleh nasabah lain yang ingin bertransaksi menggunakan akun m-BCA yang berbeda.

tampilan terbaru halaman utama BCA Mobile.jpg

Gambar 1. Tampilan halaman utama aplikasi m-BCA

Perhatikan indikator yang ditandai dengan nomor (1), jika warnanya tidak hijau maka aplikasi tidak dapat memproses permintaan pengguna karena itu menandakan koneksi internet sedang buruk dan tekan m-Transfer (2) jika indikator berwarna hijau. Hal tersebut berlaku untuk semua langkah pada tutorial ini.

Kedua

Di tahap ini pengguna akan diarahkan pada fitur m-Transfer yang menampilkan beberapa jenis metode transfer uang non tunai menggunakan m-BCA (BCA Mobile). Silahkan pilih metode transfer sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangkan biaya admin dalam setiap transaksi yang dieksekusi oleh BCA Mobile. Hingga diterbitkannya artikel ini biaya admin tertinggi adalah untuk transfer antar Bank yaitu Rp6500.

Fitur transfer BCA Mobile.jpg

Gambar 2. Fitur transfer pada m-BCA

Mengisi saldo Dana pakai m-BCA dapat dilakukan dengan meggunakan fitur BCA Virtual Account sehingga transaksi menjadi lebih mudah, cepat , praktis dan tentunya sangat aman. Jadi tidak perlu cemas karena setiap transaksi akan selalu terlindungi dengan baik dan maksimal. Untuk memulainya silahkan klik BCA Virtual Account (3).

Ketiga

Selanjutnya adalah proses input nomor Virtual Account (VA). Tidak perlu daftar rekening transfer seperti halnya transfer antar rekening atau antar Bank, transaksi pakai fitur BCA Virtual Account terhitung simpel dan praktis hanya tinggal input nomor Virtual Account (VA) tujuan yang terdiri dari empat kode perusahaan yaitu 3901 diikuti oleh nomor ID Dana.

Halaman input nomor Virtual Account pada BCA Mobile.jpg

Gambar 3. Input nomor VA pada BCA Mobile

Silahkan input nomor VA tujuan pada kolom nomor (4). Pada sesi ini pengguna wajib memperhatikan ID Dana tujuan transfer jangan sampai salah nomor agar nantinya saldo Dana tidak nyasar ke orang lain. Jadi walaupun sistem ini sangat aman tetep saja kalau penggunanya ceroboh tidak fokus saat memasukkan data transfer maka bisa jadi salah kirim. Tekan Send (5) untuk melanjutkan proses.

Keempat

Setiap transaksi m-BCA selalu ada konfirmasi data tujuan transaksi yang cukup menguntungkan pengguna agar dapat memastikan tidak terjadi kesalahan pada saat entry data transfer. Perhatikan dengan teliti dan periksa kembali Dana ID tujuan transaksi yang ditampilkan pada halaman ini, jangan sampai ada ketidak sesuaian data agar transaksi tidak terkendala.

cara isi saldo dana pakai m-BCA.jpg

Gambar 4. Konfirnasi Dana ID tujuan transfer pada m-BCA

Jika DNID yang ditampilkan aplikasi tidak sesuai dengan data transfer maka jangan melanjutkan transaksi sebaiknya tekan Cancel dan periksa kembali data tujuan transfer yang dikehendaki. Tekan tombol OK (6) untuk melanjutkan transaksi.

Kelima

Pada halaman ini akan ditampilkan kolom input nominal transfer harap teliti ketika memasukkan jumlah transfer. Mengisi saldo Dana bisa hingga minimal Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah), sebelum transaksi pastikan memiliki saldo yang cukup pada rekening BCA yang digunakan agar transaksi tidak gagal sehingga tidak buang-buang waktu.

cara memasukkan nominal transfer pada aplikasi m-BCA.jpg

Gambar 5. Cara memasukkan nominal transfer pada BCA Mobile

Silahkan masukkan nominal transfer yang dikehendaki pada kolom Nominal Transfer (7), tidak perlu menggunakan format penulisan mata uang seperti nama mata uang, titik, koma dan sejenisnya karena hanya perlu angka saja untuk mengisi kolom tersebut. Tekan OK (8) untuk melanjutkan proses.

Keenam

Sama halnya dengan langkah keempat , pada tahap ini sistem kembali menampilkan konfirmasi data transaksi untuk memberitahu pengguna agar memeriksa kembali data transaksinya. Bedanya disini adalah konfirmasi dilengkapi dengan nominal transaksi sehingga pengguna dapat melakukan double cross check untuk mencegah kesalahan input data transfer.

konfirmasi dana id dan nominal transfer pada m-BCA.jpg

Gambar 6. Konfirmasi ID Dana dan nominal transfer pada BCA Mobile.

Perhatikan konfirmasi data transfer dengan cermat, jika masih terjadi kesalahan input data silahkan tekan tombol Cancel namun jika data transfer sudah dipastikan benar maka tekan tombol OK (9) setelah itu akan muncul halaman input password harap masukkan kombinasi password dengan benar dan jangan sampai keliru lebih dari dua kali supaya akun m-BCA tidak diblokir.

Ketujuh

Jika sudah melewati langkah Keenam maka artinya transaksi sudah tidak dapat dibatalkan dan sistem akan menampilkan informasi status transaksi apakah berhasil atau gagal. Pada halaman ini pengguna hanya bisa melihat saja dan menjadikan tanda bukti transaksi jika diperlukan karena informasi yang ditampilkan adalah bukti yang sah bahwa transaksi telah selesai diproses.

Resi transaksi pada aplikasi BCA Mobile.jpg

Gambar 7. Informasi status transaksi pada BCA Mobile

Jika status transaksi BERHASIL maka artinya sistem sudah selesai memproses transaksi dan biasanya hanya berselang beberapa detik saja uang sudah masuk ke rekening tujuan sehingga langsung dapat digunakan saat itu juga. Tekan OK (10) untuk mengakhiri proses.

Baca: Cara Daftar Rekening Transfer Pada Aplikasi Bca Mobile Banking [M-BCA]
Sampai disini penulis berharap tidak ada yang bingung lagi bagaimana caranya menggunakan BCA Mobile untuk top up saldo Dana agar dapat berbelanja secara aman, nyaman dan praktis serta pengeluaran uang belanja lebih terkontrol, apabila ada tahapan yang tidak dimengerti sehingga masih bingung saat implementasi tutorial ini dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaannya di kolom komentar.

Sudah siap mengisi saldo Dana pakai m-BCA?

Kesimpulan

Indikator aplikasi harus berwarna hijau agar setiap tahapan transaksi dapat diproses oleh sistem, jangan melanjutkan transaksi jika indikator aplikasi tidak berwarna hijau karena hal tersebut menandakan bahwa sistem belum siap dijalankan sehingga proses transaksi akan terhenti.

Beberapa penyebab indikator tidak berwarna hijau yang paling signifikan adalah karena koneksi internet sedang mengalami gangguan atau ada masalah pada smartphone yang digunakan, seperti adanya malware yang berbahaya, virus atau aplikasi memerlukan update.

Perhatikan dengan cermat pada saat verifikasi data transaksi pastikan semua data telah sesuai sehingga tidak terjadi masalah karena salah memasukkan data transfer, periksa kembali Dana ID dan nominal transaksi jangan sampai keliru.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Postingan Terbaru

To Top