APLIKASI

CARA KIRIM UANG 50 JUTA VIA INTERNET BANKING BCA [PLUS VIDEO]

Kursuskomputergratis.com – Canggihnya teknologi perbankan zaman now memang bukanlah hisapan jempol semata, terutama Internet Banking (i-Banking) yang bisa memangkas banyak pekerjaan transaksi menjadi tidak mengenal kata “ribet”. Spesial untuk sobat, ulasan ini akan mengupas bagaimana cara kirim uang 50 juta rupiah menggunakan perangkat mobile saja tanpa menggunakan mesin ATM.

Yui men. Dulu memang iya, Satu-satunya cara kirim uang ya harus pergi ke Bank. Jadi ingat masa kecil sewaktu di kampung halaman, kepingin beli pulsa atau mau kirim uang ke mama harus pergi ke Bank dengan jarak tempuh yang cukup jauh hingga puluhan kilometer. Perjalanan yang sangat melelahkan dan cukup beresiko karena harus melewati hutan belantara.

Baca : Cara Menarik Uang Di ATM Tanpa Kartu ATM [Plus Video Tutorial]

Segala macam kemudahan transaksi kini bisa ditemukan di Internet Banking yang sudah support di berbagai perangkat mobile, mau shoping, beli pulsa listrik, voucer isi ulang, bayar cicilan motor dan masih banyak lagi hal yang bisa di manfaatkan untuk penunjang aktivitas bisnis sobat semuanya bisa dilakukan di layanan Internet Banking tanpa ribet dan tentunya super aman.

Canggih kan Internet Banking ? nah, untuk menghapus keraguan kalian maka penulis akan mendemonstrasikan cara kirim uang senilai 50 juta rupiah menggunakan Internet Banking. Dalam demo ini penulis menggunakan teknologi Internet Banking besutan Bank BCA yang mampu melakukan transaksi dengan limit transaksi harian mencapai 300 juta rupiah.

Baca : Ini Yang Wajib Kamu Ketahui Saat Akan Menarik Uang Di ATM BCA dan ATM BRI

Aman Gak Sih Kirim Uang 50 Juta Via Internet Banking BCA ?

BCA menggunakan sistem pengamanan berlapis untuk mencegah adanya kebocoran data pada saat transaksi sehingga nasabah bisa aman dan nyaman melakukan aktivitasnya bertransaksi menggunakan teknologi Internet Banking tersebut. Berikut ini adalah teknologi sistem pengamanan transaksi pada Internet Banking yang digunakan oleh BCA untuk melindungi nasabahnya :

1. Secure Socket Layer (SSL)

SSL merupakan teknologi pengamanan yang mengacak jalur komunikasi antar komputer sehingga bisa mencegah adanya kebocoran transaksi karena tidak dapat dibaca oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. BCA menggunakan teknologi enkripsi Secure Socket Layer (SSL) sebesar 2048 bit untuk memproteksi komunikasi antara komputer client dengan server BCA.

Baca : Ingin Tahu Kenapa Harus Menggunakan HTTPS (SSL)? Baca Ini Sampai Tuntas

2. User ID dan PIN

BCA menggunakan User ID dan Personal Identification Number (PIN) untuk memberikan izin akses kepada nasabahnya yang hendak melakukan transaksi. User ID dan PIN terdiri dari kode unik yang sangat sulit untuk diretas. Masing-masing nasabah bisa melakukan update PINnya setiap saat bila diperlukan.

3. One Time Password

Adalah teknologi pengamanan yang selalu menghasilkan password yang berbeda setiap kali alat atau token pengamanannya digunakan. Untuk mengakses token juga harus meggunakan password, nantinya akan menghasilkan kode unik. Biasanya ketika bertransaksi token ditekan sebanyak dua kali yaitu respon key 1 dan respon key 2.

Step By Step Cara Kirim Uang 50 Juta Via Internet Banking

Sebelum melakukan transaksi pastikan koneksi internet dalam keadaan optimal supaya tidak ada masalah saat proses transmisi data ke server. Sebaiknya menunda transaksi apabila jaringan internet sedang bermasalah karena kemungkinan transaksi akan gagal. Demo pada ulasan ini menggunakan perangkat mobile, perhatikan dengan cermat !

Pertama

Silahkan akses aplikasi BCA Mobile. Untuk transaksi kirim uang hingga 50 juta hanya bisa menggunakan KlikBCA pada layanan Internet Banking yang kini bisa diakses melalui perangkat mobile dan sudah dikemas dalam 1 paket aplikasi yaitu BCA Mobile.

Aplikasi BCA Mobile.jpg

Gambar 1. Aplikasi BCA Mobile

Memulai langkah ini dengan memilih KLikBCA (1). Saat ini transaksi dengan nominal diatas 25 juta tidak bisa menggunakan m-BCA berdasarkan hasil uji yang dilakukan penulis dan juga dengan melihat tabel limit transaksi harian pada layanan i-Banking BCA.

Kedua

Silahkan akses layanan KlikBCA menggunakan username dan password-nya masing-masing. Pada halaman ini akan tampil beberapa fitur transaksi perbankan yang bisa dijalankan menggunakan aplikasi KlikBCA.

Main Menu Layanan klikBCA.jpg

Gambar 2. Main Menu Layanan KlikBCA

Untuk mengawali transaksi pengiriman uang silahkan pilih Transfer Dana (2). Fitur ini nantinya akan terbagi dua yaitu transfer dana antar rekening dan transfer dana antar bank dalam negeri. Transaksi antar bank dikenakan biaya transfer.

Ketiga

Dua langkah yang harus dilakukan pada tahap ini yaitu mendaftarkan rekening tujuan sebelum melakukan transaksi apabila nomor rekening tersebut belum tercantum di daftar rekening pada aplikasi Internet Banking yang digunakan lalu memproses transfer.

Baca : Cara Daftar Rekening Tujuan Di Aplikasi Internet Banking BCA

Transfer Dana KlikBCA

Gambar 3. Menu Transfer Dana Aplikasi KlikBCA

Setelah rekening tujuan berhasil didaftarkan maka langkah selanjutnya silahkan pilih menu transfer sesuai kebutuhan. Untuk kirim uang ke rekening BCA silahkan pilih Transfer Ke Rek BCA (3).

Keempat

Perhatikan dengan teliti pada bagian ini. Beberapa data penting transaksi harus dimasukkan pada setiap kolom yang disediakan dan jangan sampai salah sedikitpun apalagi salah rekening atau salah angka nominal transfer.

cara kirim uang 50 juta via i-banking.jpg

Gambar 4. Halaman Entry Data Transaksi

Mulailah dari menentukan rekening tujuan. Ingat rekening tersebut pastikan sudah didaftarkan sebelumnya. Silahkan ceklis DARI DAFTAR TRANSFER (4) kemudian klik tab list rekening (5) dan pilih rekening tujuan. Masukkan nominal transfer pada kolom JUMLAH (6).

Token BCA.jpg

Gambar 5. Token BCA

Untuk mendapatkan RESPON KEYBCA APPLI 2 (8) maka harus mengaktifkan token BCA (KeyBCA) lalu tekan angka 2 (dua) dan masukkan 8 angka yang ada pada kolom nomor 7. Setelah itu masukkan respon keyBCA appli 2 ke kolom RESPON KEYBCA APPLI 2 (8). Lalu tekan Lanjutkan (9).

Kelima

Proses transaksi KlikBCA menggunakan pengamanan berlapis dengan memasukkan sandi respon KeyBCA sebanyak dua kali dan inilah tahap terakhirnya. Periksa kembali data rekening dan nominal transfer, bila ada kesalahan maka jangan ragu untuk menekan tombol Batal.

Tahap Akhir cara kirim uang.jpg

Gambar 6. Tahap Akhir Transaksi KlikBCA

Tekan angka 1 pada token BCA kemudian masukkan semua angka respon keyBCA pada kolom RESPON KEYBCA APPLI 1 (10). Tekan Kirim (11) untuk mengakhiri transaksi. Perlu diketahui bahwa transaksi tidak bisa dibatalkan setelah menekan tombol Kirim tersebut.

Keenam

Terakhir, ini adalah bukti transfer telah selesai diproses yang berisi nomor referensi. Biasanya bila sudah sampai langkah ini maka uang sudah masuk ke rekening tujuan.

bukti transfer i-banking BCA.jpg

Gambar 7. Bukti Transfer i-Banking

Halaman ini hanya bisa di download bila menggunakan Internet Banking versi desktop. Untuk diperangkat mobile cukup di screenshot saja supaya bisa disimpan di HP atau dikirim sebagai bukti pembayaran.

Bila sobat masih kurang memahami langkah ini disarankan untuk menonton tutorial cara kirim uang versi videonya yang sudah penulis siapkan pada artikel ini. Untuk pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dan harap bersabar menunggu balasannya ya.

Kesimpulan

Transaksi antar rekening tidak dikenai biaya, namun untuk transaksi antar Bank dalam negeri saat ini dikenai biaya administrasi sesuai peraturan yang berlaku.

Transaksi yang gagal karena masalah data rekening yang tidak valid maka uang akan kembali ke rekening dalam beberapa hari (pengalaman pribadi).

Proses transaksi antar Bank sedikit berbeda dengan transaksi antar rekening apabila menggunakan klikBCA, untuk antar Bank harus dilakukan di jam kerja Bank supaya uangnya bisa langsung masuk ke rekening tujuan.

Sebaiknya tidak melakukan transaksi apabila koneksi internet tidak sedang dalam keadaan optimal untuk menghindari terjadinya kesalahan atau error.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top