BLOGGING

CARA CEK VISIBILITAS BLOG [ALEXA RANK, HARGA, DETAIL ESTIMASI PENDAPATAN DAN VISITOR]

Pada kesempatan ini penulis akan mengajak sobat untuk mengenal visibilitas sebuah blog. Visibilitas adalah keadaan yang dapat kita amati. Bagi sobat yang belum tahu bagaimana reputasi sebuah blog mungkin bisa mengikuti panduan ini sampai tuntas.

Mengetahui reputasi sebuah blog dapat membantu kita dalam aktivitas blogging terutama untuk meng-compare dua buah blog atau lebih sehingga sobat bisa tahu sejauh mana kualitasnya.

Mungkin cara ini sudah sejak lama digunakan oleh para profesional, namun tidak ada salahnya penulis memberikan ulasan ini lagi wabil khusus bagi sobat yang baru bergulat membangun blog yang berkualitas.

Baca juga : JANGAN MELUPAKAN HAL INI UNTUK MEMBANGUN BLOG BERKUALITAS

Menurut penulis visibilitas sebuah blog atau website itu bergantung kepada aset yang dimiliki oleh blog tersebut seperti konten dan pengunjung (visitor) dimana keduanya sangat berkaitan karena peranannya bisa menentukan reputasi blog terutama di SERP (Search Engine Result Page).

Konten yang banyak memang tidak menjamin reputasi sebuah blog di SERP menjadi lebih bagus, tetapi setidaknya dapat menjadi alasan mengapa ada pengunjung yang datang, karena ada juga blog yang kontennya seabreg tetapi pengunjungnya sedikit. Sedangkan pengunjung yang banyak akan dengan cepat bisa mempengaruhi reputasi sebuah blog karena jika sering kebanjiran pengunjung maka signal di SERP akan semakin kuat sehingga blog tersebut semakin naik ratingnya.

Baca juga : MENGAPA BLOG SEPI PENGUNJUNG?

Visibilitas sebuah website atau blog merupakan parameter untuk dijadikan tolak ukur tingkat keberhasilan seorang blogger atau webmaster terutama dari sisi finansialnya.

Mungkin saat ini sudah menjadi hal yang wajib bagi pelaku internet marketing untuk mengamati setiap saat visibilitas website atau blog yang dikelolanya sehingga dapat diketahui seberapa besar nilai yang didapat dari hasil kerja kerasnya, baik itu nilai real atau masih berupa estimasi. Hal ini juga diyakini dapat menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan kualitas website atau blog yang sedang dikelola karena terkadang kita kelelahan menunggu pay out dari PPC yang sampai berbulan-bulan belum juga tercapai sehingga membuat kita menjadi patah semangat dan upayanya menjadi blogger sukses itu kandas di tengah jalan.

Nah, jadi tidak ada salahnya bagi sobat melihat visibilitas blog disetiap akhir pekan sebagai obat untuk melepas lelah.

Bagi sobat yang ingin mencoba mengetahui visibilitas blognya atau blog lain bisa mencoba cara yang akan penulis berikan. Dengan cara ini kita bisa melihat harga sebuah blog, estimasi visitor dan pendapatan (per hari, bulan dan tahun) dan alexa rank.

Menurut penulis, semua itu perlu kita ketahui untuk menambah semangat dalam melaksanakan rutinitas blogging. Perhatikan screenshot hasil uji coba salah satu blog andalan penulis dibawah ini :

cara cek visibilitas blog

Estimasi visibilitas blog

Pada gambar di atas terlihat estimasi visitors, pageviews, dan estimasi pendapatan (Ads Revenue) dan semua itu ditampilkan per hari, bulan dan tahun. Dengan melihat estimasi di atas bagaimana perasaanmu sob? mungkin jika itu adalah visibilitas blog sobat dipastikan sobat akan tersenyum lebar melihatnya tetapi jika itu blog orang lain pasti sobat akan ngiler 😀

Untuk dapat melihat visibilitas blog silahkan sobat ikuti langkah berikut ini :

1. Silahkan berkunjung ke ceksite.com

2. Masukkan alamat blog sobat pada kolom kalkulator harga website, lihat gambar berikut :

Cara cek website

Kalkulator website

3. Masukkan kode captcha lalu klik tombol > Hitung

4. Silahkan cek hasilnya secara menyeluruh.

Setelah mesin di ceksite.com selesai menghitung visibilitas blog, maka sobat bisa melihat banyak hal seperti yang penulis tadi sebutkan. Selain itu sobat juga bisa melihat IP address website, harga jual blog tersebut dan yang menarik sobat bisa memasang baner harga blog di widget blog sobat karena disediakan script-nya.

Menurut penulis, jika harga blog tersebut dipasang di blog sobat sepertinya dapat mengundang perhatian visitor karena semakin besar harganya semakin memperlihatkan kualitas blog tersebut.

Selain untuk mengecek visibilitas blog ternyata di ceksite.com juga bisa dijadikan tempat jual beli blog, bagi sobat yang ingin menjual blognya bisa dipasang disana silahkan saja baca prosedurnya.

Kesimpulan, hasil hitung dari ceksite.com bukan merupakan hasil yang akurat melainkan hanya estimasi dan bisa saja nilai yang sebenarnya malah lebih tinggi atau lebih rendah, akan tetapi bisa dijadikan parameter untuk mengukur kualitas sebuah blog.

Biasanya blog yang lebih tua umurnya dia akan lebih mahal, tetapi yang paling berpengaruh pada hasil perhitungannya adalah jumlah visitor dan pageview.

Jadi lebih tepatnya blog yang sudah berumur dan terawatlah yang nilainya paling tinggi versi ceksite.com. Bagi sobat yang penasaran terhadap visibilitas blognya silahkan bisa dicoba cara ini, tetapi jangan terlalu berharap karena ada beberapa website dengan ekstensi tertentu yang tidak bisa di cek disini.

Semoga ulasan singkat ini bisa membantu sobat dalam meningkatkan totalitas bloggingnya dan tetaplah selalu berusaha menjadi blogger yang kreatif dan bisa memberikan manfaat positif buat masyarakat luas.

28 Comments

28 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

61 − 55 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top