ADSENSE

CARA MEMASANG AUTO ADS DALAM BLOG AMP

creative by kurkom

Kursuskomputergratis.com – Salahsatu solusi untuk meningkatkan revenue (pedapatan) dari google AdSense adalah memasang unit Auto Ads. Fitur nyentrik besutan AdSense yang diluncurkan pada Februari 2018 silam ini sangat membantu publisher dalam hal pengoptimalan iklan karena hal tersebut telah dilakukan secara otomatis oleh Google bot.

Terbukti hanya dengan sedikit script saja iklan-iklan AdSense bisa mejeng di setiap halaman situs dan istimewanya iklan tersebut bisa tampil mengikuti dengan karakter pembaca atau lebih tepatnya di bagian yang paling sering dilihat oleh mereka sehingga viewbility iklan cenderung lebih tinggi.

Fitur Auto Ads ini bisa membuat publisher lebih nyaman dan tidak perlu takut kebanyakan iklan karena ia akan menyesuaikan sendiri dengan jumlah phrase artikel sehingga iklan yang tampil pada setiap halaman itu berbeda-beda tergantung kepada panjang dan pendeknya artikel tersebut.

Baca : Luar Biasa !!! Fitur Terbaru Adsense [2018] Ini Mampu Meningkatkan Earning

Untuk situs versi AMP, fitur Auto Ads ini sekarang sudah bisa digunakan juga dengan metode penempatan script yang sedikit berbeda dengan situs non AMP. Script Auto Ads untuk situs non AMP cenderung lebih mudah ditemukan pada dashboard AdSense karena navigasinya juga sudah bisa dilihat pada barisan navigasi utama, namun berbeda dengan script Auto Ads untuk situs AMP dia sedikit tersembunyi.

Apa Itu Auto AdS ?

Secara bahasa adalah iklan otomatis. Dari hasil pengamataan penulis, secara definitive Auto AdS merupakan fitur iklan Goolge AdSense yang mampu bekerja secara otomatis menggunakan teknologi peramban yang dapat menyesuaikan dengan keadaan situs web atau blog disaat sedang dalam keadaan optimal sehingga publisher bisa menghemat waktu lebih banyak .

Auto AdS bisa memanggil beberapa unit iklan diantaranya adalah Iklan teks & bergambar, iklan inArtikel, iklan inFeed, Matcded Content, Iklan Anchor (khusus mobile), Iklan Vinyet (Khusus mobile). Semua iklan ini diseting oleh switch sehingga tidak perlu memodifikasi script iklan lagi.

Kenapa Harus Memasang Auto Ads ?

Pengetahuan ini penting banget buat sobat terutama yang masih entry level sehingga tdak familiar dengan Google AdSense. Kehadiran Auto Ads cukup menguntungkan bagi publisher karena setidaknya pengoptimalan iklan dilakukan oleh Google dengan menggunakan teknologi yang mutakhir sehingga hasilnya benar-benar optimal.

Berikut ini adalah keuntungan menggunakan auto ads :

Performa iklan bisa menyesuaikan secara otomatis saat situs dalam keadaan optimal sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada pengguna saat mereka mengakses situs karena tidak terganggu oleh iklan apabila situs sedang dalam keadaan tidak optimal.

Iklan akan muncul di titik fokus pengguna ketika mereka mengkonsumsi konten sehingga lebih memiliki potensi viewbility tinggi dan tentunya hal ini dapat berdampak kepada pendapatan karena iklan cenderung lebih dekat dengan pengguna.

Auto Ads hanya memiliki script yang sedikit dan namun ia bisa mengontrol iklan lebih dari satu unit, hal ini tentu sangat membantu kecepatan akses halaman situs web karena tidak terlalu banyak menggunakan script iklan yang dapat menghambat performa situs web tersebut.

Tidak perlu mengubah script untuk menonaktifkan iklan yang tidak diinginkan, cukup dengan menggunakan tombol yang tersedia pada dasbor Auto Ads sehingga hal ini sangat mudah difahami terutama oleh kalangan pemula.

Apakah Auto AdS Support AMP ?

Ya tentu saja, saat ini Auto AdS sudah bisa digunakan pada situs web atau blog AMP. Perlu diperhatikan bahwa letak script Auto AdS untuk AMP tidak sama dengan non AMP karena navigasinya berbeda. Script Auto AdS untuk AMP letaknya sedikit tersembunyi. Namun jangan khawatir disini penulis akan memberitahu cara mendapatkan script tersebut berikut dengan cara memasangnya.

Pertama

Silahkan login ke akun AdSense masing-masing untuk mendapatkan script iklan yang telah disiapkan oleh Google.

Measang Auto AdS AMP.jpg

Gambar 1. Seting Auto AdS untuk AMP

Seperti yang ditunjukkan oleh gambar 1, silakan Pilih Pengoptimalan (1) kemudian pilih Lab (2). Aktifkan toggle Auto AdS (3) dengan cara menggesernya ke kanan hingga ia berwara biru. Tekan push button Dapatkan Kode (4) untuk mengambil script Auto AdS.

Kedua

Sekarang saatnya memasang Auto AdS ke dalam blog AMP yang harus dilakukan dengan teliti agar tidak salah prosedur.

script auto ads uuntuk AMP.jpg

Gambar 2. Script Auto AdS untuk AMP

Berbeda dengan Auto AdS non AMP, pada Auto AdS AMP diperlukan dua kali action untuk menempatkan kode ke dalam template. Silahkan cari tag <head> dalam template yang sobat gunakan lalu paste kode yang ditunjukkan oleh nomor (5) tepat di bawahnya.

Selanjutnya masih dalam template, silahkan cari tag <body> untuk menempelkan script kedua seperti yang ditunjukkan oleh nomor (6) lalu tempatkan kode tersebut tepat di bawahnya. Setelah selesai jangan lupa Save templatenya.

Sampai disini seharusnya iklan sudah bisa tampil, tunggu saja dalam 1×24 jam hingga iklan tampil sempurna. Untuk mengetes kinerja iklan ini caranya yaitu jangan menemplekan script iklan lain ke dalam situs sehingga iklan yang tampil sudah bisa dipastikan itu adalah dari Auto Ads.

Kesimpulan

Memasang Auto AdS ke dalam template AMP diperlukan dua buah kode seperti yang tertera pada gabar 2 di atas dan penempatannya jangan sampai kebalik karena biasanya akan error.

Auto AdS akan menyesuaikan apabila pada halaman terdapat iklan Google AdSense yang tidak termasuk dalam fiturnya.

Script Auo AdS sangat simple dan sedikit namun bisa untuk banyak iklan sehingga hal ini sangat menguntungkan publisher dari sisi pengoptimalan iklan dan situs itu sendiri.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top