SEO

CARA MEMASANG HTTPS TERBARU [2018] DI BLOGSPOT DAN WORDPRESS

cara memasang https terbaru.jpg
CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi data digital maka kebutuhan perangkat pendukungpun semakin diperlukan. Tidak terlepas dari hal tersebut, sistem keamanan jaringan transaksi data menjadi sorotan semua pihak yang terlibat didalamnya untuk dapat menghindari penyadapan data dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu sangat dianjurkan seorang blogger memahami cara memasang HTTPS yang benar.

Atas dasar hal tersebut diatas, penulis akan mencoba memaparkan bagaimana cara memasang HTTPS di Blogspot dan WordPress untuk mengamankan transaksi data antara client dan server dengan teknologi enkripsi. Namun sebelum sobat memutuskan untuk menggunakan HTTPS sebaiknya memahami dulu apa peranan penting HTTPS dalam sebuah situs web khususnya yang dimonetisasi oleh Google AdSense.

Baca :Tips Monetisasi Blog Dengan Google AdSense

Terdapat dua komponen yang digunakan untuk enkripsi data yaitu TLS (Transport Layer Security) merupakan protokol yang digunakan untuk bus data sedangkan teknologi enkripsinya disebut SSL (Secure Socket Layer) yang akan melindungi protokol data tersebut. Jadi apabila menggunakan SSL maka penyerang tidak akan dapat merusak atau mengubah komunikasi data antara client dan server.

Sejauh mana peranan HTTPS dalam sebuah situs web atau blog ? dan apa dampaknya jika tidak menggunakan HTTPS ?

HTTPS (Hypertexs Transfer Protocol Secure) adalah protokol terenkripsi yang befungsi untuk mengatur komunikasi data digital menjadi lebih aman sehingga transaksi tersebut dapat terproteksi dengan baik dan terhindar dari penyadapan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan demikian maka situs web yang menggunakan HTTPS akan lebih dapat dipercaya keamanannya daripada situs non HTTPS.

Dilihat dari prospeknya yang bisa mencegah kebocoran data, maka dipastikan situs web yang menggunkan HTTPS akan jauh lebih baik dan bisa mendapat perhatian lebih dari mesin telusur ataupun manusia. Terlihat hingga saat ini Google semakin memprioritaskan situs web yang menggunakan HTTPS pada indeks hasil pencarian dan peningkatan kualitas iklan Google AdSense untuk situs yang menggunakan HTTPS sehingga pendapatannya menjadi lebih baik.

Apabila situs web sobat belum menggunakan HTTPS sebaiknya segera memasangnya karena dipastikan situs non HTTPS selalu lemah dalam hal SEO apabila berhadapan dengan kompetior yang menggunakan HTTPS. Apalagi saat ini sudah terlihat berbagai permasalahan yang terjadi pada situs non HTTPS terutama yang sedang ramai diperbincangkan seperti adanya gangguan performa iklan AdSense pada situs tersebut.

Baca: Meningkatkan Performa Iklan, AdSense Update Unit Matched Content Jadi Makin Kece

Cara Memasang HTTPS di Blogspot

Sekitar satu bulan yang lalu Google resmi menyediakan fitur HTTPS di platform Blogspot. Setingannya tidak begitu rumit dan tidak memakan waktu yang lama, penulis sempat mempraktekannya dan itu hanya berlangsung tidak lebih dari 10 menit. Berikut adalah panduan aktivasi fitur HTTPS di platform Blogspot, perhatikan dengan cermat !

Login ke dasbor blogger masing-masing melalui www.draft.blogger.com.

cara seting HTTPS di Blogspot.jpg

Gambar 1. Seting HTTPS

Untuk aktivasi HTTPS silahkan pilih Setelan>Dasar, untuk aktivasi HTTPS mulailah dengan memilih tombol “Ya” seperti yang ditunjukkan oleh nomor 3 pada gambar 1. diatas. Setelah selesai harap logout dari dasbor Bloggernya dan login kembali setelah beberapa menit (kurang lebih 5 menit). Langkah selanjutnya adalah aktivasi fungsiredirect to HTTPS untuk mengarahkan pengguna ke halaman HTTPS.

seting pengalihan HTTPS di blogspot

Gambar 2. Seting Pengalihan HTTPS

Langkah ini sama seperti saat aktivasi HTTPS karena masih di setelan dasar, pilih Ya (ditunjukkan oleh nomor 6) pada gambar diatas. Setelah ini silahkan pilih Tema>Edit HTML untuk melakukan perubahan URL blog yang tadinya non HTTPS menjadi HTTPS. Perhatikan gambar berikut !

menghindari error 404.jpg

Gambar 3. Merubah URL Blog dalam template dari Non HTTPS ke HTTPS secara manual.

Untuk memunculkan kolom “Replace all” seperti yang ditunjukan oleh nomor 7 maka tekan Ctrl+Shift+R secara bersamaan, namun sebelumnya tempatkan kursor ke dalam template. Setelah muncul kolomnya silahkan isi dengan URL blog non HTTPS, setelah itu tekan Enter lalu akan muncul kolom kedua seperti ini :

seting HTTPs di blogspot.jpg

Gambar 4. Replace URL lama dengan URL baru

Isi kolom yang ditunjukkan oleh nomor 8 dengan URL blog yang sudah menggunakan HTTPS setelah selesai silahkan tekan Simpan tema. Sampai disini proses memasang HTTPS di blogspot telah selesai dilakukan, perlu waktu kurang lebih 1×24 jam untuk bisa optimal termasuk tampilan iklannya.

Cara Memasang HTTPS di WordPress

Untuk platform WordPress, penulis akan menggunakan SSL premium sebagai objek pembahasan bab ini, walaupun sebenarnya untuk Cpanel baru ada yang sudah termasuk free SSL tetapi dalam hal ini penulis memilih yang lebih berkualitas untuk trust situs web dan tentunya aman digunakan sehingga performa situs web bisa maksimal saat digunakan untuk beriklan Google AdSense dan keperluan bisnis lainnya.

Baca : Blog Yang Begini Tidak Menghasilakan Uang Jika Dikaitkan Dengan Google AdSense

Proses pemasangan SSL di WordPress cukup panjang, sebelumnya kita harus order SSL terlebih dahulu kepada penyedia hosting atau ke provider SSL. Untuk order SSL dimulai dari me-request sertifikat (CRT) dari Cpanel. Caranya silahkan pilih fitur SSL/TLS yang ada di Cpanel, perhatikan langkah berikut !

Pengaturan SSL pada WordPress

Gambar 5. Fitur SSL dan TLS di Cpanel

Pilih SSL/TLS untuk memulai proses permohonan SSL ke provider dalam langkah ini perlu disiapkan email yang aktif, disarankan email yang digunakan di member area penyedia hosting. Langkah selanjutnya adalah me-request sertifikat (CSR) ke provider SSL.

cara request SSL Premium.jpg

Gambar 6. Cara Request Sertifikat (CSR)

Klik link CSR seperti yang terlihat pada gambar 6 (ditandai no 1) untuk mengajukan permohonan sertifikat (CSR), selanjutnya akan muncul formulir isian untuk database sertifikat. Isi formulir tersebut sesuai dengan petunjuk yang tertera disana, perhatikan gambar berikut !

cara Order SSL premium.jpg

Gambar 7. Cara request sertifikat (CSR)

Setelah semua kolom diisi dengan baik silahkan tekan tombol Buatkan untuk mengirimkan kode CSR (Permintaan Penandatanganan Sertifikat) ke provider SSL. Untuk tampilan kode CSR seperti pada gambar berikut ini :

kode untuk request SSL premium.jpg

Gambar 8. Tampilan kode CSR

Tahap ini membutuhkan ketelitian karena merupakan bagian penting dari pembuatan sertifikat (CRT) terutama kolom email jangan sampai salah ketik alamat emailnya, jika hal tersebut terjadi maka sertifikat tidak akan didapatkan karena kode CRT akan dikirim ke email tersebut, kalau sudah selesai submit data tinggal nunggu proses maksimal 1×24 jam.

cara unggah sertifika (CRT)

Gambar 9. Menyimpan sertifikat (CRT) ke dalam sitem

Setelah mendapatkan email dari provider SSL yang berisi kode CRT, silahkan unggah sertifikat (CRT) tersebut agar tersimpan ke dalam direktori sistem. Lihat gambar 6, klik link Sertifikat (CRT) untuk memasang kode CRT tersebut.

Lihat gambar 9, salin kode CRT yang telah dikirim melalui email dan tempelkan di kolom sertifikat yang ditunjukkan oleh no.1 kemudian tekan Simpan Sertifikat yang ditunjukkan oleh nomor 2. Sobat juga bisa mengunggahnya langsung dengan menekan Pilih File pada kolom yang ditunjukkan oleh nomor 3.

Tahap terakhir adalah instal SSL. Silahkan kembali lihat gambar 6, klik link Kelola situs SSL untuk menuju ke tahap penginstalan. Perhatikan gambar berikut !

cara instal SSL Premium

Gambar 10. Cara Instal SSL Premium

Pilih Domain yang akan dipasang SSL ditunjukkan oleh nomor 1 pada gambar di atas, kemudian tekan Isi Otomatis berdasarkan Domain yang ditunjukkan oleh nomor 2 sehingga kolom CRT, KEY dan CABUNDLE terisi kode secara otomatis. Untuk mengakhiri langkah ini tekan Instal Sertifikat.

Sampai disini tahap pemasangan HTTPS di WordPress telah selesai, silahkan restart situs sobat, kurang lebih dalam waktu 30 menit HTTPS sudah berfungsi. Untuk selanjutnya silahkan analisa error 404 yang terjadi pasca instal HTTPS, apabila ada, maka solusinya silahkan gunakan plugin redirect 301. Penulis akan membahas tutorial menggunakan plugin redirect 301 di bab selanjutnya.

Kesimpulan

Memasang HTTPS dengan SSL premium hanya bisa dilakukan di WordPress self hosting sedangkan untuk di Blogspot hanya bisa menggunakan fitur lets encrypt default blogger.

SSL Premium memiliki performa yang lebih bagus karena trust web bisa tinggi sehingga menjadi prioritas search engine dalam hal SEO.

Teknologi enkripsi SSL premium lebih canggih dalam hal melindungi data dari kebocoran/penyadapan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apabila dalam 1×24 jam tidak mendapatkan email yang berisi kode CSR dari provider SSL maka mintalah bantuan customer service-nya untuk dicek ulang.

Disarankan menggunakan SSL premium untuk situs web yang sering melakukan transaksi data.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Paling diminati

To Top