TUTORIAL

CARA MEMASANG TEMPLATE BLOG SESUAI KRITERIA ADSENSE [EVOMAGZ]

memasang template blog

Cara memasang template blog sesuai kriteria AdSense – Tampilan blog yang menarik merupakan salah satu keharusan bagi yang mau serius ngeblog terutama bagi calon publisher Google AdSense karena memiliki daya tarik tersendiri terhadap pengunjung yang melihatnya.

Mungkin jika tampilan blognya biasa-biasa saja atau bahkan kuno akan berdampak kepada aura blog yang bisa menimbulkan citra yang buruk di benak pengunjung. Namun seringkali hal ini menjadi salah tafsir karena tidak sedikit calon publisher Google AdSense yang membuat tampilan blognya secara berlebihan sehingga terlihat kurang bagus.

Feeling sobat harus kuat ketika mendesain tampilan blog, posisikan diri sebagai pengunjung untuk dapat merasakan sensasi ketika pertama kali landing di halaman blog. Jangan sampai memasang pernak-pernik blog yang sekiranya tidak diperlukan sama sekali dan bisa mengganggu kenyamanan pengunjung karena bisa fatal akibatnya.

Tampilan blog yang tepat akan membawa kenyamanan tersendiri kepada pengunjung, selain itu akan berdampak baik terhadap penilaian Google AdSense. Tidak jarang Google AdSense menolak calon publishernya yang mendesain blognya secara berlebihan atau bahkan ada yang kurang karena ketidak tahuannya.

BACA : SIAPA SANGKA KESALAHAN KECIL INI BISA MENJADI PENYEBAB DITOLAK ADSENSE DAN VISITOR MALES BACA

Bagaimana cara memilih template yang layak dan sesuai kriteria Google AdSense ?

Berangkat dari pengalaman riset yang penulis lakukan terhadap jenis template apa yang cocok dan layak untuk bisa menjadi publisher Google AdSense, penulis menarik sebuah kesimpulan bahwa kriteria template yang sesuai keinginan Google AdSense adalah template yang responsive dan memiliki navigasi yang jelas di bagian header dan di sidebar-nya.

Desain navigasi di bagian header akan sangat membantu pengunjung menemukan konten yang relevan. Kurangi submenu pada navigasi supaya tidak menyulitkan pengunjung ketika berselancar di blog karena terkadang perhatian mereka hanya terarah kepada konten yang dicarinya, jadi buatlah navigasi yang bisa mencuri perhatian mereka.

Template yang responsive akan support ke berbagai device sehingga blog bisa diakses dari segala arah dan hal ini tentunya dapat meningkatkan peringkat blog di mata Goolge. Perlu sedikit kemampuan coding untuk mengantisipasi keadaan darurat, walaupun tidak begitu mahir tetapi setidaknya bisa mengenal beberapa bagian terpenting di dalam template tesebut.

Gunakan template premium untuk menghindari pencekalan dari pemilik lisensi template tersebut, selain itu template premium biasanya desertai dengan layanan dari sang empu pembuat template, sehingga apabila terjadi masalah yang membingungkan ketika memasang template maka tinggal menghubunginya.

Hindari template gratisan yang didapat secara ilegal atau bukan dari promo pembuat templatenya karena biasanya dalam template tersebut banyak script yang mengandung malware sehingga ini bisa menjadi awal yang tidak baik. Penulis sering menemukan teman-teman newbi yang tidak tahu keberadaan malware dalam templatenya.

Untuk jenis templatenya penulis merekomendasikan evomagz karya salah satu blogger ternama di Indonesia yaitu mas sugeng. Template yang beliau rancang ini sudah terbukti membawa hoki bagi para publisher Google AdSense dan merupakan salah satu template tersukses.

Memasang template blog

Memasang template blog sangatlah gampang, hanya membutuhkan waktu bebrapa menit saja. Berikut ini penulis akan memberikan petunjuknya dan silahkan untuk dipraktekan secara berurutan sesuai dengan nomor yang tertera pada gambar di bawah ini :

memasang template blog

Langkah pertama memasang template

Masuk ke dasbor blogger sobat, silahkan mulai dari langkah nomor 1 dengan menekan Tema. Untuk cara memasang template blog ada dua metode yaitu dengan cara copy paste dengan menekan tombol Edit HTML yang ditandai dengan nomor 2 atau dengan cara upload file template-nya dengan menekan tombol Cadangkan/Pulihkan yang ditandai dengan nomor 3.



Penulis akan memberikan contoh pemasangan template dengan menggunakan tombol nomor 3 silahkan ikuti langkahnya dengan menekan tombol tersebut.

memasang template blog

langkah terakhir memasang template

Jika tidak ada masalah maka tampilan selanjutnya akan seperti gambar di atas. Tekan tombol Choose File yang ditandai dengan nomor 4 kemudian pilih template pada direktori komputer yang sudah sobat siapkan sebelumnya maka tampilannya akan terlihat seperti yang ditandai dengan nomor 5. Setelah itu sobat boleh melanjutkan langkahnya dengan menekan tombol upload seperti yang ditandai dengan nomor 6, tunggu saja beberapa menit.

Sampai disini langkah sobat memasang template telah selesai dan silahkan lihat hasilnya. Untuk langkah selanjutnya adalah Pengaturan Navigasi Blog, Insya Alloh akan penulis bahas di artikel selanjutnya. Jangan lupa di bookmark supaya bisa menemukan dengan mudah tutorial ini karena sangat penting dan dibutuhkan ketika sedang membuat sebuah blog.

BACA : DETAIL TUTORIAL MEMBUAT BLOG SESUAI KRITERIA ADSENSE [VERSI GRATISAN]

Kesimpulan

Hindari penggunaan template gratisan yang bukan dari pemiliknya untuk keamanan blog, karena kemungkinan damage-nya besar dan bisa di-banned.

Malware yang ada pada template gratisan bisa merusak hp pengunjung dan membuat mereka kapok untuk berkunjung lagi.

Template yang responsive dan tidak lemot akan memiliki peringkat bagus di mesin telusur Google karena menjadi prioritas indexing.

Manfaatkan layanan pihak pembuat template dengan sebaik-baiknya agar pemasangannya optimal.

2 Comments

2 Comments

  1. Aknan

    April 24, 2017 at 5:32 am

    Pemilihan template yang responsive memang sangat berpengaruh terhadap blog itu sendiri, dengan template yang responsive akan membuat pengunjung blog menjadi betah berlama – lama di blog, template yang responsive salah satunya adalah evo magz saya memakai template itu karena responsive di berbagai device. Makasih infonya jadi tau template yang sesuai kriteria adsense

  2. Pingback: DETAIL TUTORIAL MEMBUAT BLOG SESUAI KRITERIA ADSENSE [VERSI GRATISAN] | Blog Mas Usman

Tinggalkan Balasan

To Top