INTERNET

CARA MEMBAYAR TAGIHAN BPJS KESEHATAN MENGGUNAKAN INTERNET BANKING BCA

creative by kurkom

Kursuskomputergratis.com – Membayar tagihan BPJS Kesehatan merupakan hal yang menjadi kewajiban bagi para pesertanya baik itu penerima upah (karyawan) ataupun peserta mandiri agar pelayanan medis tidak terkendala disaat sedang membutuhkan pengobatan sehingga mendapat pelayanan yang optimal sesuai dengan kelas rawat yang telah ditentukan sebelumnya.

Saat ini ada banyak metode untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan karena telah support di berbagai Bank Nasional dan bahkan hingga ke para pebisnis PPOB sudah banyak membuka fitur pembayaran BPJS Kesehatan bagi peserta mandiri sehingga tidak perlu wara-wiri lagi untuk mencarinya karena sudah tersedia di tempat yang sangat mudah dijangkau.

Perhatikan selalu batas waktu pembayaran iuran yang telah ditetapkan oleh BPJS supaya tidak terlambat yang tentunya akan menimbulkan efek yang kurang baik terhadap pelayanan kesehatan peserta. Adapun batas waktu pembayarannya adalah setiap tanggal 10 di bulan berjalan. Nah, jangan sampai terlewatkan dan usahakan pembayaran dilakukan sebelum jatuh tempo.

Baca : Cara Cek Tagihan Bpjs Kesehatan Dengan Aplikasi Mobile Jkn-Kis

Apakah Ada Cara Untuk Membayar Tagihan BPJS Kesehatan Tanpa Harus Pergi Dari Rumah ?

Jawab : Ada banget

Kini telah tersedia berbagai macam teknologi perbankan yang dapat melakukan transaksi pembayaran BPJS Kesehatan tanpa ribet yaitu hanya melalui satu genggaman tangan saja tanpa harus melangkahkan kaki ke luar rumah. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi peserta untuk menghemat waktu sehingga bisa melakukan aktivitas tambahan.

BCA Internet Banking merupakan salah satu produk teknologi perbankan milik BCA (Bank Central Asia) yang bisa melakuan transaksi pembayaran BPJS Kesehatan dengan sangat mudah. Untuk dapat memiliki produk BCA ini maka pastikan telah memiliki rekening di bank BCA kemudian mintalah kepada pihak BCA untuk membuatkan akun Internet Banking supaya memiliki hak aksesnya.

Dengan BCA Internet Banking semua transaksi perbankan bisa lebih mudah dan simple untuk dilakukan termasuk membayar tagihan BPJS Kesehatan karena transaksi bisa dilakukan pada smartphone yang mendukung aplikasinya sehingga tidak perlu lagi mencari tempat pembayran BPJS yang bisa menyita waktu karena transaksinya dilakukan di tempat yang berbeda.

Urutan Membayar Tagihan BPJS Kesehatan Pada BCA Internet Banking

Fitur ini bekerja pada versi desktop dan seluler sehingga bisa lebih leluasa karena selain dengan menggunakan komputer bisa juga menggunakan smartphone. Pada tutorial ini penulis menggunakan komputer namun pada smartphone juga langkahnya tetap sama seperti di bawah ini, perhatikan :

  1. Akses BCA Internet Banking di www.klikbca.com

  2. Login

  3. Pilih Pembayaran

    Fitur Pembayaran BPJS Pada Internet banking BCA.jpg

    Gambar 1. Memilih fitur pembayaran

    Pada tahap ini terdapat beberapa navigasi fitur pembayaran, transfer dana dan informasi rekening. Untuk membayar iuran BPJS kesehatan maka pilih Pembayaran yang ditandai oleh nomor 1.

  4. Pilih BPJS

    Navigasi Pembayaran BPJS Pada Internet Banking BCA.jpg

    Gambar 2. Navigasi pembayaran iuran BPJS Kesehatan

    Dalam navigasi pembayaran terdapat beberapa fitur pembayaran, silahkan pilih BPJS yang ditandai oleh nomor 2 untuk membayar iuran BPJS Kesehatan.  

  5. Masukan nomor BPJS

    membayar  Tagihan BPJS Kesehatan.jpg

    Gambar 3. Memasukkan nomor ID Kepesertaan untuk memulai transaksi

    Pada tahap ini silahkan masukkan nomor peserta BPJS yang tertera pada kartu masing-masing biasanya terdiri dari 13 angka, silahkan masukkan pada kolom yang ditandai dengan nomor 3 kemudian setelah itu tekan Lanjutkan yang ditandai dengan nomor 4. Untuk jumlah pembayaran tidak perlu diisi karena nanti akan tercantum secara otomatis pada halaman transaksi pembayaran.

    Setelah menekan tombol Lanjutkan silahkan ikuti saja petunjuk yang ada disana untuk melakukan pengiriman iuran ke rekening pembayaran BPJS dan jangan lupa untuk memeriksa apakah nama yang tertera pada halaman pembayaran itu sama dengan nama yang ada di kartu peserta, jadi tidak perlu khawatir salah transfer asalkan pada saat memasukkan nomor peserta tidak terjadi kekeliruan.

Kesimpulan

Tutorial cara membayar tagihan BPJS ini hanya berlaku untuk peserta mandiri karena untuk peserta kategori penerima upah (karyawan) sudah ditanggung oleh badan usaha masing-masing.

Kesalahan Penginputan nomor peserta BPJS Kesehatan pada langkah 5 dapat menyebabkan salah transfer, sebelum memasukkan kode dari token BCA sebaikan samakan dulu nama yang ada di informasi transfer dengan nama yang ada di kartu BPJS tersebut.

Untuk Pengguna smartphone silahkan download aplikasi BCA internet banking agar lebih mudah, aplikasinya bisa ditemukan di Google playstore atau app store.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 157 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top