INTERNET

CARA MEMBELI TIKET PESAWAT MURAH DI SITUS TRAVELOKA

tiket pesawat murah.jpg
CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Akhir pekan merupakan waktu yang pas untuk pergi berlibur bersama keluarga tercinta. Pastikan semua telah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, jika menggunakan pesawat untuk menuju destinasi wisata pavorit maka jangan lupa membeli tiket pesawat yang layak dan aman supaya selamat sampai kota tujuan.

Ada banyak agen tiket dengan berbagai kebijakan harga yang mereka tawarkan sehingga untuk mendapatkan tiket pesawat tidaklah sulit. Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin canggih, kini membeli tiket pesawat bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui aplikasi atau situs penyedia tiket pesawat yang dapat diakses dengan mudah di smartphone.

Traveloka adalah salah satu penyedia tiket pesawat murah dan aman, juga dapat diakses dengan mudah yang kini telah digunakan oleh jutaan orang di tanah air hingga ke mancanegara. Bagi kalian yang belum terlalu ahli berbelanja tiket pesawat secara online di traveloka silahkan simak ulasan ini sampai tuntas karena akan menjelaskan langkah-langkah membeli tiket pesawat di situs traveloka.

Langkah-Langkah Membeli Tiket Pesawat di Traveloka

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan tiket, selain harganya murah juga tersedia berbagai macam maskapai sehingga pilihan menjadi semakin mudah dan pasti. Sebelum memulai transaksi pastikan kalian memiliki akun di situs atau aplikasi traveloka, KTP, email aktif, uang di rekening dan akses internet banking atau mobile banking, supaya pembayaran bisa dilakukan melalui smartphone.

Baca : Cara Membuat Akun Traveloka Untuk Berbelanja Tiket Murah

Selanjutnya mari kita mulai bertransaksi, perhatikan kolom-kolom dalam aplikasi jangan sampai salah ketik saat mengisi data sehingga berakibat fatal karena data wajib tidak salah isi terutama nama penumpang. Perhatikan langkah berikut ini dengan cermat !

Pertama

Buka situs traveloka dan login ke akun kalian masing-masing.

membeli tiket pesawat.jpg

Gambar 1. Pencarian Tiket Pesawat

Untuk mengawali pencarian tiket silahkan klik Tiket Pesawat (1), selanjutnya untuk mendapatkan informasi tiket silahkan masukan rute keberangkatan (2) dan kedatangan (3), tanggal keberangkatan (4), centang Pulang Pergi jika ingin membeli tiket PP (5), pilih Kelas Penerbangan yang diinginkan (6) dan Jumlah Penumpang (7). Setelah semua kolom sudah terisi dengan baik, klik Cari Tiket (8).

Kedua

Selanjutnya silahkan pilih tiket pesawat idaman yang ada di list hasil pencarian. Penulis disini mengambil contoh pembelian tiket citilink yang terkenal murah dan aman karena sudah terbukti meraih penghargaan dengan predikat maskapai berbiaya hemat (LCC) bintang 4 dari Skytrax (Lembaga pemeringkat dan sertifikasi industri penerbangan independen) untuk pertamakali di Asia dan peringkat ketiga dunia.

cara memilih tiket pesawat.jpg

Gambar 2. Memilih tiket pesawat

Ketiga

Pada tahapan ini perhatikan detail tiket yang telah dipesan, dari mulai keberangkatan, kedatangan hingga jumlah pembayaran.

cara membayar tiket  di traveloka.jpg

Gambar 3. Review tiket dan pembayaran

Pastikan kalian tidak transit dulu ke kota lain, artinya jika rute penerbangannya dari Batam ke Jakarta maka harus langsung ke Jakarta. Perhatikan yang ditunjukan oleh nomor 1, disana tertulis Langsung, artinya penerbangan tersebut langsung dan tidak transit dulu ke kota lain sehingga perjalanan lebih cepat. Pastikan tiket bisa direfund seperti yang ditunjukkan oleh nomor (2), setelah yakin silahkan klik Lanjut ke Pemesanan (3).

Keempat

Saatnya mengisi data pemesan dan penumpang. Apabila antara data pemesan dan penumpangnya sama, maka silahkan isi saja sama sesuai dengan data KTP. Pada langkah ini jangan sampai salah ketik karena bisa berakibat fatal.

isi data tiket pesawat.jpg

Gambar 4. Mengisi data pemesan dan penumpang

Silahkan isi nama data pemesan sesuai KTP (1), nomor yang bisa dihubungi (2) dan alamat email aktif (3) yang nantinya akan dikirim invoice dan tiket pesawat yang dipesan. Selanjutnya isi data penumpang, masukkan title (4) dan nama penumpang sesuai KTP (5). Setelah semua data terisi dengan benar silahkan lihat detail tiket (6) dan jika sudah tidak ada masalah maka tekan Lanjutkan (7).

Kelima

Membeli tiket pesawat di Traveloka semuanya bisa diatur, hingga fasilitas duduk dalam dalam pesawat pun bisa ditentukan sendiri melalui aplikasi ini. Jika kalian menginginkan kelas VIV silahkan pilih kursi paling depan.

fasilitas penumpang pesawat .jpg

Gambar 5. Pengaturan fasilitas penumpang

Untuk fasilitas penumpang, kalian bisa memilih sendiri tempat duduk yang diinginkan tentunya dengan biaya tambahan sesuai dengan kelasnya, kemudian bagasi maksimal biasanya sampai 20 Kg kalau lebih dikenakan biaya tambahan dan asuransi perjalanan. Jika pengaturan langkah ini sudah selesai, tekan Lanjutkan Ke Pembayaran (4).

Keenam

Apabila sudah yakin ingin membeli tiket pesawat yang sudah dipesan tersebut, maka selanjutnya silahkan teruskan dengan memilih metode pembayaran. Penulis merekomendasikan metode transfer via ATM dalam tutorial ini supaya lebih mudah. Pada langkah ini traveloka memberikan waktu selama kurang lebih 3 Jam untuk menyelesaikan pembayaran.

Metode pembayaran tiket di traveloka.jpg

Gambar 6. Memilih metode pembayaran

Pilih Transfer (1) untuk melakukan pembayaran via transfer ATM, Internet Banking, Mobile Banking atau yang sejenisnya. Saran penulis silahkan pilih Bank sesuai dengan rekening yang kita miliki, disini penulis menggunakan pembayaran melalui rekening BCA. Pilih jumlah transfer (3), jangan sampai salah ketik karena tiket tidak akan terbit jika angka jumlah transfer tidak sesuai dengan angka yang tertera pada sistem. Jika sudah benar, maka langkah selanjutnya klik Bayar Dengan Transfer (4).

Ketujuh

Masih lanjutan dari langkah keenam, ini adalah informasi rekening pembayaran yang sah dari traveloka.

rekening pembayaran traveloka.jpg

Gambar 7. Review rekening pembayaran

Untuk memulai pembayaran silahkan perhatikan rekening bank yang telah ditunjuk oleh traveloka (2) dan lihat jumlah pembayaran yang harus ditransfer (3). Jika sudah melakukan transfer, silahkan klik Saya Sudah Bayar (4). Sampai dengan langkah ini sistem traveloka sudah bisa menerbitkan e-tiket sesuai pesanan, tidak perlu upload bukti pembayaran.

Kedelapan

Ini adalah langkah terakhir, biasanya dalam waktu tidak kurang dari 10 menit e-tiket sudah bisa terbit dan bisa dilihat pada email yang telah dicantumkan pada langkah keempat di atas.

e-tiket pesawat.jpg

Gambar 8. E-tiket pesawat

Tidak perlu mencetak e-tiket, cukup dengan mencatat kode booking maskapainya saja atau menyimpan e-tiket tersebut pada smartphone dalam format gambar untuk ditunjukkan kepada petugas bandara saat melakukan check-in.

Kesimpulan

Sebelum membeli tiket pesawat di situs traveloka, pastikan koneksi internet tidak mengalami gangguan agar tidak menghambat proses transaksi tiket.

Pilih maskapai yang memiliki reputasi bagus untuk kenyamanan dan kemanan saat menempuh perjalanan.

E-tiket tidak perlu dicetak, cukup disimpan saja pada smartphone untuk ditunjukkan kepada petugas bandara saat diperlukan.

Beli tiket yang bisa direfund supaya uang tiket bisa kembali jika membatalkan tiket yang telah dibeli tersebut.

Perhatikan identitas pemesan dan penumpang jangan sampai salah ketik karena bisa berakibat fatal, jika terjadi kesalahan pada data tiket silahkan hubungi call center traveloka/pihak maskapai.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top