TUTORIAL

CARA MEMBUAT FORMULIR KONTAK DAN PROFILE UNTUK BLOG PUBLISHER ADSENSE

Cara membuat formulir kontak

Cara Membuat Formulir Kontak dan Profile Untuk Blog Publisher AdSense – Seperti yang telah diutarakan oleh tim support Google yang pernah penulis temukan di forum AdSense bahwa informasi kontak dan profile pengelola situs menjadi hal yang bersifat wajib, tanpa informasi tersebut maka sebuah situs atau blog akan dianggap tidak serius oleh tim Google.

Selain itu, informasi kontak dan profile juga bisa meningkatkan kepercayaan pengunjung sehingga mereka bisa terus berdatangan ke blog kita dan bertanya untuk melengkapi wawasannya. Terlebih jika blog berisi konten tutorial maka informasi kontak harus selalu diperhatikan sehingga tidak ada pengunjung yang kesulitan menghubungi kita.

Sesuai dengan judulnya, penulis akan membelah artikel ini menjadi dua bagian yaitu ulasan tentang kontak dan Profile/About supaya sobat bisa fokus menyimaknya per-bagian karena ini sangat penting untuk pengembangan situs atau blog, apalagi yang sedang membuat blog. Mari kita mulai !

BACA : DETAIL TUTORIAL MEMBUAT BLOG SESUAI KRITERIA ADSENSE [VERSI GRATISAN]

Bagaimana Cara Membuat Form Kontak Untuk Blog ?

Untuk informasi kontak maka gunakanlah email yang valid, nomor telepon atau jejaring sosial yang terhubung dengan kita supaya pengguna dapat dengan mudah menemukan kita dan segera berkunjung atau bertanya terkait dengan hal yang mereka temukan di situs.

Seperti yang kita ketahui bahwa Google selalu menginginkan setiap pengelola situs atau blog untuk memberikan kemudahan terhadap segala hal yang berkaitan dengan akses pengguna, maka kita harus bergerak cepat untuk menyesuaikannya dengan cara membuat form kontak.

Kenapa sih harus dengan form kontak? Mencantumkan email saja kan sudah cukup jelas ?

Membuat form kontak diyakini akan lebih memudahkan pengguna untuk menghubungi kita karena mereka hanya tinggal mengisi formulir saja tanpa harus masuk terlebih dahulu ke alamat email mereka karena itu jelas terlalu makan waktu sehingga tidak menutup kemungkinan pengunjung ogah balik lagi ke situs kita karena mereka tidak memiliki akses yang cepat untuk bertanya langsung kepada admin.

BACA : TIPS KATRO TENTANG CARA MEMIKAT PENGUNJUNG SUPAYA OGAH KELUAR DARI BLOG KITA

Buatlah kolom isian data-data yang kita perlukan supaya kita bisa menghubungi mereka dan menjawab pertanyaannya. Minimalnya dalam form kontak kita harus menyediakan kolom untuk nama dan email mereka.

Form kontak harus responsive sehingga support di semua device dan jangan membuat form kontak asal-asalan karena akan kurang enak dipandang. Pengalaman penulis sendiri pernah seperti itu ketika mendaftar AdSense dan menjadi salah satu masalah dalam penolakannya.

BACA : SIAPA SANGKA KESALAHAN KECIL INI BISA MENJADI PENYEBAB DITOLAK ADSENSE DAN VISITOR MALES BACA

Untuk membuat form kontak, sobat harus memasang CSS dan Java Script yang sudah penulis siapkan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1. Download script kontaknya disini.
2. Masuk ke dasbor blogger
3. Pilih Tata Letak (Nomor 1)
4. Pilih Tambahkan Gadget (Nomor 2)
5. Pilih Gadget Lainnya (Nomor 3)
6. Pilih Formulir Kontak (Nomor 4)
7. Pilih Simpan Setelan (Nomor 5)

 cara membuat formulir kontak blog

Gambar 1 : Menambahkan widget formulir kontak

Setelah sobat menyelesaikan kelima langkah secara berurutan sesuai petunjuk gambar di atas, maka saatnya memasukan script yang telah di-download tadi ke dalam template. Tempelkan script CSS sesuai petunjuk yang ada di file download.

Selanjutnya pilih Laman kemudian buat Laman baru dan tempelkan (paste) kode JavaScript yang telah di download tersebut di Laman baru. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Cara membuat formulir kontak blog

Gambar 2 : Cara menempelkan kode JavaScript pada Laman baru

Sebelum menempelkan kode JavaScritpt-nya pada Laman baru, maka silahkan aktifkan Laman baru pada mode HTML seperti yang ditunjukan oleh panah nomor 1. Selanjutnya silahkan lakukan pengaturan seperti yang ditunjukan oleh panah nomor 2, 3, dan 4 diakhiri dengan menekan tombol Selesai seperti yang ditandai dengan panah nomor 5 lalu klik tombol Publikasikan (nomor 6).

Langkah selanjutnya adalah memasukan URL form kontak ke dalam navigasi Contact Us. Perhatikan gambar berikut ini :

cara Membuat formulir kontak blog

Gambar 3 : Cara memodifikasi script navigasi kontak

Untuk mengikuti petunjuk seperti pada gambar di atas, berikut adalah panduannya :

1. Pilih Tema (Nomor 1)
2. Pilih Edit HTML
3. Tekan Ctrl+F
4. Ketik Contact Us pada kolom search (Nomor 2)
5. Masukan URL form kontak ke dalam script navigasi Contact Us (Nomor 3)
6. Pilih Simpan tema (Nomor 4)

Jika langkahnya berhasil maka akan terlihat seperti gambar berikut ini :

cara membuat formulir kontak blog

Gambar 4 : Tampilan formulir kontak

Silahkan tekan navigasi CONTACT US seperti yang ditunjukan oleh panah nomor 1 maka akan keluar form kontak seperti yang ditujukan oleh panah nomor2. Sampai disini sobat telah berhasil membuat form kontak.

Bagaimana Cara Membuat Profile/About ?

Selanjutnya silahkan buat company profile yang berisikan informasi tentang situs berkaitan dengan visi , misi dan informasi riwayat pemilik situs (admin/author). Tidak ada yang sulit untuk membuat halaman ini, sobat tinggal buka Laman lalu pilih Laman baru dan mulailah membuat informasi tersebut sedetail mungkin, setelah selesai klik Publikasikan.

Halaman ini akan sangat berpengaruh kepada reputasi sobat di hadapan publik, jadi silahkan maksimalkan. Sebagai Contohnya supaya sobat memahami bagaimana membuat halaman About silahkan lihat informasi profile situs ini.

Setelah selesai membuat halaman About silahkan masukan URL halamannya ke script About dalam template, caranya silahkan lihat pada Gambar 3 di atas karena tidak jauh berbeda. Letak perbedaannya hanya di nomor 2 dan nomor 3 saja. Untuk langkah nomor 2 silahkan ketik About lalu tekan Enter dan masukan URLnya ke dalam script About.

Sampai disini sobat sudah selesai membuat halaman Abut/Profile situs.

Kesimpulan

Membuat form kontak lebih memudahkan pengunjung daripada hanya mencantumkan alamat email saja.

Periksa pesan masuk di folder spam karena terkadang pesan dari pengunjung ada yang masuk ke folder spam.

Untuk mengatur warna pada desain form kontak maka silahkan modifikasi di script CSS-nya, supaya lebih mudah manfaatkan fitur inspect element pada browser Google chrome.

Ganti alamat facebook yang ada dalam kode JavaScript-nya dengan alamat facebook yang sobat inginkan.

7 Comments

7 Comments

  1. M.Farhan

    April 24, 2017 at 4:32 am

    Wah mudah sekali ya. Kalau buat from kontak lewat pihak lain seperti 123contactform com itu kira kira optimal atau malah menjadi masalah ?

  2. Usman West Java

    April 25, 2017 at 7:15 pm

    yang jelas jika kita buat struktur sendiri akan lebih baik daripada melubatkan pihak ke tiga karena bisa lebih responsive.

  3. Pingback: CARA MEMBUAT KEBIJAKAN PROGRAM UNTUK BLOG PUBLISHER ADSENSE [PRIVACY POLICY, TOS DAN DISCLAIMER] | Blog Mas Usman

  4. wilson

    April 30, 2017 at 9:12 am

    bro untuk wordpress apakah bisa di aplikasikan? dengan cara yang sama atau ada cara lain? solanya saya menggunakan WP dan saat ini menggunakan tools pihak ketiga dan sepertinya blog saya lambat bngt dan berat

  5. Usman West Java

    Mei 1, 2017 at 1:02 pm

    ini untuk platform blogger mas. Kalau lemot banyak faktornya, bisa jadi dari hostingnya atau ada logo pada website yang terlalu besar atau terlalu banyak widget

  6. Tips game

    Mei 24, 2017 at 10:39 pm

    saya pengguna wordpress juga maz.. infonya menarik.. Bisa di coba buat blog saya yang lain yang masih naungan blogger..
    Thanks atas infonya..
    salam sukses selalu

  7. Usman West Java

    Mei 28, 2017 at 5:26 am

    Terimaksih atas kunjungannya mas. WordPress cocok buat pro blogger karena optimasinya lebih handal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top