TUTORIAL

CARA MEMBUAT KEBIJAKAN PROGRAM UNTUK BLOG PUBLISHER ADSENSE [PRIVACY POLICY, TOS DAN DISCLAIMER]

Cara membuat kebijakan program

Cara Membuat Kebijakan Program Untuk Blog Publisher Adsense – Kebijakan program merupakan suatu hal yang wajib ada dalam sebuah situs atau blog yang dikelola, baik itu untuk kepentingan pribadi atau publik. Terlebih lagi jika hendak digunakan untuk menayangkan iklan Google AdSense sebagai bukti keseriusan penayang dalam menjaga kualitas dan privasi.

Kabijakan program dibelah menjadi dua bagian yaitu untuk pengguna dan pengelola situs dengan tujuan akhir menjaga privasi mereka supaya tidak disalah gunakan sehingga bisa menciptakan kenyamanan dan terminimalisir dari pelanggaran hukum terutama yang berkaitan dengan konten.

Dalam seni blogging sangat rentan dengan tindakan kejahatan terutama pencurian konten dan penayangan konten yang tidak sesuai dengan norma-norma kesopanan. Hal tersebut disinyalir dapat meresahkan publik karena bisa menimbulkan aksi kejahatan, Google sendiri membentenginya dengan sebuah kebijakan program untuk meminimalisir hal yang tidak dikehendaki tersebut.

Dari keterangan di atas bisa dijadikan alasan yang rasional mengapa saat membuat sebuah situs atau blog wajib memiliki kebijakan program yang bisa diakses oleh publik sehingga mereka bisa memahami dengan jelas bagaimana sebuah situs memperlakukan dan diperlakukan oleh kedua belah pihak.

BACA : DETAIL TUTORIAL MEMBUAT BLOG SESUAI KRITERIA ADSENSE [VERSI GRATISAN]

Google AdSense sendiri mungkin akan sangat percaya terhadap situs yang memiliki kebijakan program karena akan menilai situs tersebut ramah terhadap pengguna dan kualitas kontennya bisa terjaga dengan baik sehingga bisa memberikan manfaat yang besar untuk pengguna.

Berikut ini adalah cara membuat kebijakan program untuk situs atau blog dan penjelasan singkatnya :

Cara membuat Privacy Policy

Kebijakan privasi (privacy policy) merupakan jaminan keamanan data informasi pengunjung yang didapat ketika mereka online di situs. Melalui kebijakan ini pengelola situs memberikan jaminan terhadap seluruh informasi yang berkaitan dengan pengunjung yang bersifat confidential terutama file log yang mencatat alamat protokol internet (IP), jenis browser yang digunakan, Internet Service Provider (ISP), jumlah klik dan aktivitas lainnya.

Dalam kebijakan ini juga menjelaskan bagaimana cookies digunakan untuk menyimpan preferensi pengunjung, sehingga seluruh aktifitas mereka bisa tercatat dengan baik di situs dan selanjutnya situs dibantu vendor pihak ketiga menayangkan iklan tertentu berdasarkan kunjungan mereka.

Selain jaminan kemanan privasi pengguna situs, kebijkan privasi ini juga megizinkan beberapa vendor iklan untuk menayangkan iklannya menggunakan cookies dari situs terutama iklan Google AdSense.

BACA : BAGAIMANA MEMULAI CARI UANG DI INTERNET DENGAN BERIKLAN GOOGLE ADSENSE ?

Berikut ini adalah cara membuat privacy policy :

1. Masuk ke situs privacypolicyonline.com
2. Isi formulir privacy policy, lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Cara membuat kebijakan program

Gambar 1 : Cara mengisi formulir pembuatan privacy policy

Isi data-data yang diperlukan pada formulir sesuai petunjuk gambar di atas dimulai dari langkah nomor 1-4 kemudian diakhiri dengan menekan tombol Generate HTML seperti yang ditunjukan oleh nomor 5.

Setelah itu sobat akan diarahkan ke lembar privacy policy dengan format HTML silahkan di-copy saja semuanya lalu Paste-kan di Laman baru pada blog sobat dan beri judul “Privacy Policy”. Untuk langkahnya sama seperti pada saat membuat form kontak.

BACA : CARA MEMBUAT FORMULIR KONTAK DAN PROFILE UNTUK BLOG PUBLISHER ADSENSE

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut ini :

Cara membuat kebijakan program

Gambar 2 : Cara menempelkan Privacy Policy pada Laman baru dalam situs

Terlihat pada gambar di atas ada beberapa bagian script yang dimodifikasi seperti yang ditunjukan nomor 3 dan 6. Pada langkah nomor 3 hapus script yang diarsir warna biru diganti dengan script form kontak yang ditunjukan oleh nomor 1 dan 2, hal ini bertujuan untuk membuat navigasi ke form kontak.

Untuk selanjutnya lakukan pengaturan pada bagian kolom komentar silahkan perhatikan langkah nomor 4 dan lakukan pengaturan sesuai petunjuk pada gambar tersebut lalu tekan tombol Selesai yang ditunjukan oleh nomor 5.

Pada langkah nomor 6 terlihat script yang diarsir warna biru, lokasinya di bagian paling bawah yang harus dihilangkan karena biasanya terjadi error ketika di-publish. Setelah selesai maka silahkan lakukan langkah yang terakhir dengan menekan tombol nomor 7 (Publish/Terbitkan).

Selanjutnya silahkan copy URL Laman Privacy Policy ini ke dalam script navigasinya yang terdapat dalam template, lokasinya berdekatan dengan script navigasi form kontak. Perhatikan gambar di bawah ini :

Cara membuat kebijakan program

Gambar 3 : Scritpt navigasi kebijakan program

Terlihat pada gambar di atas script navigasi Privacy Policy yang berdekatan dengan script navigasi About, Contact Us dan Disclaimer. Silahkan ganti saja tanda pagarnya (#) dengan URL yang sudah disiapkan tadi.

Cara membuat Disclaimer

Merupakan penyangkalan dari pengelola situs terhadap segala dampak yang disebabkan oleh situs tersebut terkait keandalan, kelengkapan dan ketepatan informasi sepenuhnya merupakan resiko pengunjung yang datang. Dalam dokumen ini juga dijelaskan bahwa pengelola situs beritikad baik terhadap pengunjung dengan menyajikan informasi yang bermanfaat.

Untuk membuat Disclaimer masih menggunakan layanan gratis di privacypolicyonline.com dengan langkah sebagai berikut :

1. Masuk ke halaman Disclaimer
2. Isi formulir yang disediakan, Perhatikan gambar di bawah ini

Cara membuat kebijakan program

Gambar 4 : Mengisi formulir untuk Disclaimer


Isi formulir sesuai dengan petunjuk nomor 1 dan jika sudah selesai maka silahkan tekan tombol Generate Disclaimer. Selanjutnya copy dan paste di Laman baru lalu beri judul “Disclaimer”. Jangan lupa edit script navigasi kontaknya seperti pada saat pembuatan privacy policy (lihat gambar 2), jika sudah selesai silahkan tekan tombol Publish.

Cara membuat TOS (Term Of Service)

Merupakan kebijakan mengenai privasi konten yang ada dalam situs. Kebijakan ini berisi himbauan kepada pengguna situs dalam hal ini adalah pengunjung untuk tidak menduplikasi konten secara ilegal sehingga memicu adanya tindakan kriminal seperti perampasan hak cipta dan yang sejenisnya.

Jadi sangat disarankan untuk membuat kebijakan ini supaya privasi kita bisa terjaga dengan baik dan pencurian konten bisa terminimalisir. Apabila sobat ingin serius menjadi publisher AdSense maka sebaiknya memiliki kebijakan ini.

Caranya masih sama yaitu dengan menggunakan layanan privacypolicyonline.com. Berikut ini adalah langkahnya :

1. Masuk ke halaman Term Of Service
2.Isi formulir yang disediakan, lihat gambar berikut ini

Cara membuat kebijakan program

Gambar 5 : Cara mengisi form Term Of Service

Silahkan isi saja bagian yang ini sesuai petunjuk gambar nomor 1, untuk isian yang ada di bawahnya dilewati saja. Setelah selesai mengisi bagian ini maka silahkan tekan tombol Generate HTML. Copy dan Paste di Laman baru kemudian beri judul “TOS”. Selanjutnya silahkan edit navigasi form kontaknya pada paragraf pertama (lihat gambar 2).

Hapus script gambar pada bagian paling bawah seperti yang dilakukan pada langkah nomor 6 (gambar 2) dan juga lakukan pengaturannya seperti pada langkah nomor 4 (gambar 2). Setelah selesai lalu tekan tombol Publish.

Seperti biasa pada langkah selanjutnya adalah menyisipkan URL halaman ini pada script navigasi, namun kali ini ada sedikit berbeda karena script navigasi dan inisial untuk TOS tidak ada dalam template, jadi kita sedikit memodifikasi pada script About (lihat gambar 3).

Ganti saja script About dengan TOS, nantinya script About kita pindahkan saja ke sidebar. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Cara membuat kebijakan program

Gambar 6 : Cara setting script navigasi TOS

Terlihat pada gambar di atas yang ditandai dengan nomor 1 adalah script TOS yang merupakan navigasi ke TOS (Term Of Service).

Kesimpulan

Tanpa kebijakan program maka sebuah situs kemungkinan akan dianggap tidak serius oleh beberapa vendor iklan terutama Goolgle AdSense.

Kebijakan program pada ulasan ini merupakan penjelasan tentang perlindungan terhadap privasi pengguna dan pengelola situs.

Supaya lebih bisa memperjelas pengunjung maka alangkah baiknya kebijakan program tersebut di-translate ke bahasa Indonesia jika penargetannya lokal.

Privacy policy
merupakan kebijakan privasi untuk pengunjung saat mereka online di situs dan tidak termasuk pada saat offline.

Disclaimer
merupakan penyangkalan pengelola situs terhadap segala bentuk resiko kerusakan (dampak dari situs) atau akurasi dokumen dari konten yang ada dalam situs .

Term Of Service merupakan perlindungan terhadap konten yang ada dalam situs supaya terminimalisir dari aksi pelanggaran hak cipta dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kebijakan Google AdSense Diperketat, Penayang Makin Cerdas [2017]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top