ADSENSE

CARA MEMBUAT KONTEN YANG MENARIK AGAR PENGUNJUNG KEPELET [KRITERIA ADSENSE]

konten yang unik

Cara Membuat Konten Yang Menarik Agar Pengunjung Kepelet – Seperti yang telah kita ketahui bahwa konten merupakan segala hal yang dapat dinikmati secara online. Hal yang harus diperhatikan oleh setiap content creator adalah bagaimana caranya supaya pengguna yang landing di situs itu bisa terhibur, terdidik, terinspirasi atau mendapat solusi yang tepat atas permasalahannya.

Konten yang menarik adalah yang dapat mengundang banyak pengunjung baru dan bisa menarik mereka untuk kembali lagi. Jadi yang paling penting untuk diingat adalah meskipun iklan dapat menghasilkan provit, tetapi konten harus menjadi fokus utama dalam setiap halaman pada situs karena itulah pengunjung bisa berdatangan.

Baca : Kupas Tuntas Cara Terbaru Membuat Konten Berkualitas [Update 2017]

Dengan hal tersebut di atas sangat jelas mengingatkan bahwa konten harus dibuat dengan sebaik-baiknya. Untuk itu silahkan pikirkan bagaimana merencanakan, menulis lalu mempromosikannya kepada publik sehingga konten tersebut menjadi pusat perhatian banyak orang.

Kunci sukses membagikan konten agar pengunjung kepelet

Konten yang dibagikan harus tepat sasaran sehingga promosi sobat membuahkan hasil yang sesuai harapan. Luangkan waktu untuk memperhatikan siapa yang membaca konten kita dan temukan konten mana yang paling mereka sukai dan seberapa banyak mereka yang membacanya supaya kita dapat memperbarui situs dengan konten yang sesuai minat pengunjung.

Dengan begitu situs pasti akan kedatangan pengunjung lebih banyak lagi setiap harinya. Semakin sering mereka kembali lagi maka situs kita akan berpeluang untuk direkomendasikan oleh mereka kepada teman terdekatnya atau bahkan mereka mau membagikannya dengan sukarela.

Gunakan video jika memungkinkan

Sebagian besar pengunjung mungkin merasa jenuh apabila membaca terlalu lama atau malah tidak memahami maksud dari konten tersebut, disinilah improvisasi seorang content creator dibutuhkan. Buatlah video yang menarik tentang konten tersebut sehingga pengunjung bisa memahami maksudnya dengan baik dan benar.

Jutaan orang menyukai video untuk memahami sesuatu yang mereka inginkan, setiap jam ada milyaran orang menonton konten yang menarik melalui internet. Manfaatkan momen tersebut untuk menarik minat mereka ke situs sobat sehingga menghabiskan banyak waktunya disana.

Membuat konten yang enak dibaca

Tidak semua orang mau membaca terlalu berlama-lama, menurut penulis sendiri hal ini harus selalu dipertimbangkan oleh content creator. Permasalahan terbesarnya adalah sangat jarang blogger yang mampu menguntai kata-kata menjadi konten yang menarik dan tidak monoton untuk dibaca meskipun topiknya tidak seberapa.

Hal tersebut di atas biasanya disebabkan karena sang blogger terlalu fokus kepada teknik mendatangkan visitor dan kustomisasi blog sehingga akhirnya mereka kehabisan waktunya untuk menciptakan ide kreatif.

Baca : Teknik Dasar Mendatangkan Visitor

Arahan tim support Google AdSense tentang format konten

Berikut ini adalah hal yang penulis dapatkan dari tim support Google AdSense mengenai kriteria konten khususnya bagi penayang iklan Google AdSense :

1. Jangan gunakan lebih dari 7 kalimat per paragraf

Analisa penulis :

Kalimat yang terlalu panjang diprediksikan akan membuat pengunjung kelelahan dan jenuh, apalgi kalau tulisannya terlalu kecil sehingga baru dilihat saja langsung malas membacanya.

2. Jaga agar lebar kolom Anda antara 700 dan 800 piksel

Analisa Penulis :

Tidak menutup kemungkinan idealnya sebuah halaman untuk sebuah konten dalam situs atau blog adalah memiliki ukuran lebar 800 px karena akan match dengan semua device dan tidak terlalu berat loading-nya.

3. Atur konten Anda dengan header dan subheader.

Analisa penulis :

Header dan subheader memang sangat penting dalam artikel terutama untuk optimasi SEO onpage. Header biasanya digunakan untuk judul, sedangkan subheader digunakan untuk sub judul atau lebih dikenal dengan H1,H2 dan seterusnya.

Dalam header atau subheader sangat disarankan mengandung keyword (kata kunci) supaya konten bisa terindeks di halaman pertama Google sehingga mudah ditemukan oleh pengguna saat mereka surfing di mesin telusur.

Bertahan dengan trending topic

Penulis sudah merasakan manfaat yang sangat berarti buat situs dengan menerapkan metode ini karena memiliki potensi yang besar untuk mendapatkan klik dari pengguna. Alasannya sangat sederhana yaitu konten kita sesuai dengan minat banyak orang dan ini yang disukai oleh Google.

Baca : Tips Katro Tentang Cara Memikat Pengunjung Supaya Ogah Keluar Dari Blog Kita

Berikut ini adalah trafik pengunjung situs ini saat membahas trending topic :

konten yang menarik

Gambar 1 : Trafik dari konten yang menarik dalam 1 jam

Pada gambar di atas terlihat waktu rata-rata kunjungan hingga 16 menit (nomor 1). Kemudian jumlah pengunjung yang online hingga 28 orang (nomor 2) merupakan angka yang cukup tinggi untuk kelas pemula. Kemudian pengunjung baru (nomor 3) dalam 1 jam ada 41 orang dan total halaman yang dilihat (nomor 4) mencapai 156 tayangan.

Gunakan alat online seperti Google Trends untuk mengidentifikasi subjek yang diminati penggunaa situs, selanjutnya buat konten yang menarik dengan ulasan topik yang terhangat. Google Trends juga sangat berguna untuk penargetan lokasi, mengidentifikasi topik dan kata kunci yang populer di wilayah target tersebut.

Prioritaskan konten evergreen lebih banyak

Konten evergreen adalah informasi yang tetap berguna dan relevan tidak peduli kapan dikonsumsi atau di Indonesia lebih dikenal dengan konten abadi. Konten evergreen akan membawa sumber lalu lintas rujukan yang konsisten yang dapat meningkatkan peringkat situs di penelusuran organik.

Cari tahu konten yang menarik perhatian dan buat lebih dari itu

Lakukan cara ini dengan melibatkan tools Google, salah satunya yaitu Google Analytics untuk mendapatkan berbagai macam hal penting bagi kemajuan situs dan konten yang akan dibuat. Selain itu juga bisa mendorong SEO dengan memperhatikan keterlibatan pengguna pada situs.

Manfaatkan laporan dari Google Analytics untuk memahami dimana pengguna landing pada halaman situs sobat dan dari mana asal mereka. Hal ini akan memberikan wawasan tentang jenis konten yang menarik pengunjung dan mungkin bisa juga menyoroti konten yang harus diperbaiki karena metrik yang buruk.

Baca : Efektivitas Manfaat Pengunjung Terhadap Blog Dan Pendapatan Adsense

Cari halaman dengan tingkat bouncing yang tinggi

Jika menemukan satu atau dua halaman di situs sobat yang mendorong pengguna untuk segera meninggalkan situs, maka segera pikirkan hal apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya supaya mereka betah.

Apabila sobat memiliki konten yang menarik tapi tidak dapat mendatangkan pengunjung baru, maka cobalah untuk menggunakan gambar yang dapat mengalihkan perhatian mereka dan share di grup jejaring sosial yang ramai dan tentunya nyambung dengan konten tersebut.

Analisis kecepatan halaman

Lebih dari 50 persen pengunjung situs mobile meninggalkan halaman yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk memuat. Jika beberapa halaman sobat lebih lambat dari itu, mungkin terlalu banyak pernak pernik yang digunakan. Pertimbangkan untuk mengompresi gambar atau menyingkirkan file animasi.

Baca : Cara Mempercepat Loading Blog

Buatlah rencana yang matang untuk membuat konten yang menarik

Gunakan fitur Demografi dan Minat di akun Google Analytics untuk memahami siapa yang membaca konten sobat, dan apa kepentingan mereka. Jika belum mengaktifkan fitur ini maka segera lakukan supaya lebih semangat dalam membuat konten.

konten yang menarik

Gambar 2 : Contoh laporan Demografi dari Google Analytics

Laporan Demografi akan memberi wawasan tentang usia dan jenis kelamin audiens situs sobat, dan memungkinkan sobat untuk mengelompokkan grup ini untuk melihat bagaimana reaksi orang terhadap konten di situs sobat.

Dengan begitu sobat bisa menciptakan loyalitas yang baik dan mereka dengan sendirinya akan mengikuti perkembangan situs sobat. Silahkan kumpulkan data dari pengelompokan konten, serta laporan Landing Page, Demographics, dan Insights.

Gunakan semua laporan Analytics tersebut untuk mengetahui pengguna rata-rata situs sobat, apa yang mereka sukai, apa yang tidak mereka sukai lalu gunakan yang ada di dalamnya untuk bisa membuat konten yang menarik perhatian banyak pengguna.

Kesimpulan

Membuat konten yang menarik perhatian pemirsa setia situs memerlukan perencanaan dan matang dan harus melibatkan referensi yang akurat.

Lengkapi konten dengan gambar yang relevan jika diperlukan untuk menarik perhatian pengunjung, sehingga mereka tidak bosan.

Manfaatkan header dan subheader untuk optimasi SEO on page sehingga bisa mendorong peringkat konten di indeks hasil pencarian.

Carilah topik yang sedang hangat diperbincangkan dan buatlah ulasan yang lebih baik dari pesaing sobat.

Pelajari Google Analytics untuk menguasai pemasaran konten, sehingga sobat bisa membuat konten yang menarik sesuai dengan pencarian banyak orang.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



3 Comments

3 Comments

  1. Pulsa Online

    Mei 2, 2017 at 11:51 pm

    Panduannya lengkap mas, mantapp..
    maksudnya trending topic itu berarti post artikel dari berita2 yg lagi populer ya mas ?

  2. Usman West Java

    Mei 3, 2017 at 12:30 am

    ya betul, karena peluang dapat pengunjungnya besar dan tentunya harus didukung dengan artikel yang lebih relevan dari pesaing kita di mesin telusur

  3. Pingback: Pakai Cara Ini Untuk Meningkatkan Trafik Blog Dengan Segera

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top