BLOGGING

TIPS KATRO TENTANG CARA MEMIKAT PENGUNJUNG SUPAYA OGAH KELUAR DARI BLOG KITA

cara memikat pengunjung

Tips Katro Tentang Cara Memikat Pengunjung Supaya Ogah Keluar Dari Blog Kita – Seperti yang telah kita ketahui pengunjung yang datang ke situs kita adalah asset yang harus dilestarikan. Keberadaan mereka memberikan warna bagi perkembangan sebuah situs untuk bisa tetap eksist hingga di masa yang akan datang.

Seorang blogger harus mampu membuat terobosan baru supaya ada alasan yang masuk akal bagi pengunjung untuk berselancar di situsnya. Mencari gagasan baru, membuat konsep lalu menulis merupakan pekerjaan yang mestinya dicintai oleh blogger agar tetap bisa menyuguhkan konten yang disukai pengunjung.

Jika seorang blogger selalu memikirkan bagaimana caranya supaya banyak pengunjung yang datang dan mereka merasa nyaman ketika membaca konten maka dipastikan kesuksesan akan semakin dekat padanya.

Hal tersebut di atas telah dicontohkan oleh Google yang selalu memikirkan bagaimana agar pengguna mereka nyaman sehingga mau bolak balik menggunakan Google untuk berinternet dan mencari konten yang mereka sukai.

Warna dari sebuah konten merupakan tolak ukur keberhasilan seorang blogger dalam meraih pencapaiannya. Jadi tidak ada alasan lain lagi untuk bisa sukses di bursa konten selain menciptakan konten yang berkualitas untuk dapat disukai pengunjung.

Tidak sedikit blogger yang kebingungan kenapa situsnya begitu sepi padahal konten sudah muncul di halaman pertama pencarian. Dalam situasi seperti ini blogger harusnya menyadari betapa tidak berkualitasnya konten karena tidak membuat orang mengklik walaupun sudah berada di depan mata mereka.

BACA : SIKAP BLOGGER YANG GAGAL PAHAM

Jika tidak peka dan tidak tahu bagaimana cara memikat pengunjung agar mereka mau datang dan berlama-lama di situs maka sudah pasti situs akan terkapar di arena persaingan. Kalau sudah seperti itu maka segera analisa kualitas konten dan amati sebesar apa manfaatnya bagi pengguna.

Penulis akan sedikit memberikan tips mengenai cara memikat pengunjung supaya mereka mau melirik konten kita dan akhirnya tidak mau jauh-jauh dari situs alias ogah pulang dan betah membaca :

Membuat konten yang paling mereka butuhkan

Kini kebutuhan informasi dari internet sangat beragam dan selalu saja ada peminatnya. Namun ditengah-tengah situasi seperti ini seorang blogger harus mampu menganalisa kadar kebutuhan informasi yang dicari pengguna supaya bisa membidik kelompok yang lebih besar.

Lakukan riset pasar seakurat mungkin sebelum menciptakan sebuah konten dan dapatkan topik yang paling berpotensi viral. Buatlah konten yang aktual, menarik dan hindari hoax supaya tidak kehilangan kepercayaan dari pengunjung yang dapat membuat mereka ilfeel sehingga tidak mau lagi datang.

BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

Membuat konten yang menarik dan paling banyak dicari akan mebuat orang terangsang untuk mengkliknya ketika tampil di indeks hasil pencarian mesin telusur. Dengan begitu situs akan mendapatkan benefit dari mesin telusur sehingga visibilitasnya naik.

Buatlah judul artikel yang dapat mengalihkan perhatian

Kekuatan judul dari sebuah artikel sangat berpengaruh besar terhadap daya tarik pengunjung karena judul artikel merupakan bagian yang paling pertama kali dilihat oleh mereka di indeks hasil pencarian mesin telusur, inilah alasan yang paling kuat mengapa judul harus dibuat seunik mungkin.



Dipastikan ada ratusan atau bahkan ribuan artikel unik yang terdampar di halaman pertama penacarian karena judulnya tidak menarik perhatian pengguna sehingga tidak mendapatkan klik dari mereka. Itulah sebuah gambaran betapa pentingnya sebuah judul yang unik.

Penulis merasa jika poin ini tidak dilakukan maka cukup beralasan mengapa situsnya sepi seperti kuburan. Jadi saatnya memperhatikan kualitas tulisan supaya bisa diracik dengan baik dan benar agar situs mendapatkan benefit dari mesin telusur.

BACA : CARA GRATIS MENINGKATKAN PERFORMA WEBSITE DI MESIN TEULUSUR

Setelah membuat judul yang memancing perhatian mereka maka jangan lupakan isinya juga harus berkualitas. Jangan sampai pengunjung kecewa karena sudah dibela-belain menyisihkan waktunya untuk berkunjung malah isi artikelnya tidak relevan dengan judul atau biasa-biasa saja.

Penulis kasih contoh judul artikel yang dapat memikat pengunjung dan mengalihkan perhatian mereka ketika berselancar di mesin pencari, perhatikan dengan baik kedua judul artikel di bawah ini :

  1. “CARA MELUPAKAN MANTAN”

  2. “CARA MELUPAKAN MANTAN DALAM WAKTU 5 DETIK BABLAS DARI ALAM FIKIRAN “

Dari kedua contoh judul artikel di atas terlihat judul nomor 2 lebih memancing perhatian. Mungkin jika sobat memahami bagaimana cara memikat pengunjung yang benar pasti akan memilih judul kedua ketimbang judul yang pertama.

Personal Branding Building

Selain mampu menciptakan karya yang berkualitas dan menginspirasi maka personal branding pun perlu diciptakan karena merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk penunjang kesuksesan. Seorang blogger yang memiliki personal branding yang bagus pasti akan selalu dekat dengan pengunjungnya.

Tidak semua blogger memahami akan pentingnya personal branding dan mereka banyak yang terkapar di arena pergualatan konten. Personal branding bisa dibilang aura yang dapat mempengaruhi persepsi orang lain.

Jika ingin memiliki citra yang bagus maka bangunlah personal branding yang bagus juga sehingga orang lain akan selalu dekat dengan kita dan tercipta hubungan yang harmonis. Disinilah awal kesuksesan dalam meraih pencapaian yang diharapkan karena jika kita memiliki citra yang baik maka orang lain dengan senang hati akan mempromosikan kita secara sukarela.

Bagaimana masih belum paham tentang personal branding ?

Penulis kasih sebuah contoh kasus (true story) :

Seorang motivator tangguh bernama MARYONO (nama samaran) tumbang gara-gara personal branding-nya buruk sehingga apapun yang ia katakan kini sulit membuat banyak orang termotivasi karena citra beliau sudah tidak bagus lagi di benak pengemarnya sehingga kepercayaan mereka mulai luntur.

Dari kasus ini kita bisa belajar betapa hebatnya kekuatan personal branding yang memiliki peran penting terhadap sebuah kesuksesan. Jika seorang blogger tidak memiliki personal branding yang bagus maka sulit untuk dipercaya oleh pengguna.

Sampai disini dulu ulasan singkat mengenai cara memikat pengunjung agar betah dan bertahan lama di situs kita, mudah-mudahan bisa menambah wawasan bagi sobat yang sedang belajar membangun sebuah situs supaya memiliki banyak pengunjung.

Kesimpulan

Membuat artikel dengan topik yang paling hangat akan membantu meningkatkan peringkat blog di mesin pencari, alasannya sederhana yaitu artikel akan berpotensi dikunjungi banyak orang.

Perhatikan judul dan isi artikelnya harus selaras, kalau judulnya menarik tapi isinya ngawur maka sama saja bohong dan pengunjung akan ilfeel.

Jangan terlalu diskriminasi ketika menceritakan sebuah topik supaya tidak ada pihak yang merasa disudutkan dan buatlah nama samara jika bercerita dengan konsep topik true story.

Personal branding sangat berpengaruh terhadap citra kita di benak orang lain, maka berusahalah untuk menciptakan citra yang baik dan jaga sebaik-baiknya citra tersebut jangan sampai hilang.

Jika citra sudah hilang maka sebaik apapun kualitas konten akan sangat sulit dilirik sama orang banyak terutama yang sudah tau tentang personal branding kita.

Pengetahuan cara memikat pengunjung merupakan ilmu terpenting yang harus dimiliki oleh seorang blogger agar mampu menembus arena persaingan di bursa konten.

semoga bermanfaat
salam sukses

10 Comments

10 Comments

  1. Kadek Ariasa

    April 10, 2017 at 1:26 am

    Setuju banget, apalagi kalo blog ditambah iklan yang makan pulsa, mungkin visitor cuma akan berkunjung sekali dan gak akan pernah kembali ke blog kita walau artikel bagus

  2. Aditya Permono

    April 10, 2017 at 2:44 am

    tapi kalau menurut ane, kalau terlalu lebay juga malah pembaca males bacanya…. mkasih gan infonya..

  3. rehan firdaus

    April 10, 2017 at 10:40 am

    penulisan judul memanglah sangat diperlukan untuk mencari visitor yang banyak, jadi intinya harus-harus pintar untuk memilih dan memilah penulisan judul yang baik dan benar, dari diatas tadi, maksudnya personal branding itu apa ya mas?

  4. Ali Amrina

    April 10, 2017 at 5:04 pm

    saya sangat setuju dengan point personal building, karena itu sangat berpengaruh terhadap visitor. semakin baik personal branding maka visitor akan tambah betah. apalagi kalau konten kita sudah sangat sesuai dan berkualitas maka sudah sangat ok

  5. SEO Anyaran

    April 11, 2017 at 8:48 am

    Tetap jangan lupakan riset kata kunci dan buat judul yang memang dicari oleh orang. Bukan mesin. Jadi tidak akan sia_sia apa yang sudah di tulis. Percuma sudah nulis panjang lebar tapi Artikel tidak ada yang cari dari Google search engine

  6. naufalra

    April 11, 2017 at 12:08 pm

    Menu navigasi serta tampilan yang nyaman di mata juga menjadi alasan saya untuk tetap berada dalam suatu website, selain itu jumlah iklan yang minimal alias tidak terlalu mengganggu juga menjadi tolak ukur saya.

  7. Mukhofas Al-Fikri | BauBlogging

    April 12, 2017 at 5:25 am

    setuju dengan pendapat mas usman.

    blogger pemula awam msih belum memiliki kesadaran seperti ini.

    termasuk seseorang yang hendak membesarkan namanya via emdia online seperti blog tentunya mas

  8. Pingback: CARA MEMBUAT KONTEN YANG MENARIK AGAR PENGUNJUNG KEPELET [KRITERIA ADSENSE] | Blog Mas Usman

  9. Pingback: Cara Optimasi Artikel SEO Agar Sukses di Halaman Pertama Google

  10. Pingback: Cara Membuat Konten Unik Untuk Menyedot Daya Tarik Visitor

Tinggalkan Balasan

To Top