BLOGGING

CARA MEMPERCEPAT LOADING BLOG

Cara Mempercepat Loading Blog – Kecepatan loading sebuah blog merupakan faktor terpenting setelah konten yang dapat mempengaruhi trafik pengunjung. Tentunya sobat tidak ingin kalau blognya lemot sehingga dijauhi pengunjung padahal kontennya bagus, sangat disayangkan karena sobat telah kehilangan satu kesempatan untuk mendapatkan ranking di SERP (Seacrh Engine Result Page).

Sederhananya, blog yang loading-nya cepat (istilah kerennya fast loading) akan banyak disukai pengunjung karena mereka tidak ingin kehilangan banyak waktu ketika surfing di blog. Makanya sobat jangan egois dalam mendesain blog dan jangan terlalu nafsu dengan style karena bisa menjebakmu. Oleh karena itu sekarang sudah waktunya berfikir bagaimana cara mempercepat loading blogmu agar mudah diakses oleh pengguna.

Penulis tidak jarang menjumpai blog yang penuh dengan pernak pernik yang tidak penting dan itu bahkan sangat mengganggu. Sobat, kamu harus mendahulukan kenyamanan pengunjung ketika mereka sedang berada di blog kita. Atur strategi yang bijak untuk mempercepat loading blogmu. Tahukah kamu mengapa google selalu menggunakan tampilan yang sederhana? Ya, karena supaya aksesnya cepat sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Mulai sekarang please deh lupakan salju yang beterbangan kesana kemari di blogmu, lupakan foto pacarmu yang dibuat background blog dan segera ganti cursor yang gambar kancil itu menjadi normal karena itu tidak berguna sama sekali buat pengunjung dan lihatlah template yang kamu gunakan apakah responsive atau tidak supaya emakmu dapat melihat blogmu di hp kesayangannya.

Fokuslah ke konten informatif yang paling banyak dicari oleh pengguna internet. Soal desain blog lakukan hanya sekali saja dan jangan berulang-ulang karena terlalu menyita waktu. Biasanya desain blog dilakukan saat pertama kali membuat blog karena itu waktu yang tepat. Salah satu cara untuk mempercepat loading blog adalah dengan membuat desain blog seminimalis mungkin.

Selain dapat merugikan pengunjung ternyata blog yang lemot juga sangat merugikan kita sendiri karena jarang diakses oleh pengguna sehingga earning (pendapatan bagi yang sudah memiliki adsesnse) pasti akan ikut lemot juga karena blognya sepi. Kalau sudah begitu lalu kapan gajiannya cuy? :D. Ayo tingkatkan kualitas blogmu dan cari tau sebanyak mungkin informasi cara mempercepat loading blog supaya bisa lebih baik.

Blog yang lemot juga bisa menghabiskan kuota internet, gak percaya? Yuk kita analisa, silahkan perhatikan hasil analisa dari home page sebuah blog yang super lemot berikut ini :

cara mempercepat loading blog

Hasil analisa Gtmetrix.com

Terlihat pada gambar di atas hasil analisanya begitu parah dan sudah pasti itu butuh perbaikan. Perhatikan Performance Scores seharusnya tidak berwarna merah karena itu menandakan reputasi blog tersebut buruk dan pastinya lemot. Performance Scores minimalnya C, kalau lebih dari itu berarti blog tersebut harus direpair. Sekarang kita perhatikan Page Details, disitu terdapat angka 30.9s pada kolom Page load Time-nya yang artinya kita membutuhkan waktu 30,9 detik untuk membuka blog tersebut sampai tampilannya sempurna.

Bagaimana menurutmu 30,9 detik itu waktu yang sebentar kah untuk akses sebuah halaman blog?

Penulis sangat yakin kalau tidak penting-penting amat pengunjung bakal minggat. Total Page Size 7,75 MB merupakan kapasitas home page blog tersebut, artinya kalau kita klik URL-nya maka kita membutuhkan kuota internet kurang lebihnya 7,75 MB untuk dapat membuka blog tersebut , bagaimana sudah bisa dihitung berapa kuota yang dibutuhkan untuk 100x kunjungan? Perhatikan gambar berikut yang merupakan informasi kuota sebelum dan sesudah berkunjung ke blog tersebut :

Cara mempercepat loading blog

Kuota internet sebelum dan sesudah berkungjung

Terlihat pada gambar di atas kalau penulis memiliki kuota 461 MB sebelum berkunjung ke blog tersebut dan setelah berkunjung kuota berkurang menjadi 444 MB, jadi kuota kesedot 7 MB untuk sekali kunjungan dan itu hanya ke home page-nya saja.

Saatnya mempercepat loading blog, jangan biarkan blog sobat memiliki reputasi yang buruk, baik di mesin pencari ataupun di mata pengguna. Solusinya sederhana saja dan penulis rasa ini tidak terlalu sulit untuk level pemula sekalipun yaitu memodifikasi home page se-minimalis mungkin karena home page merupakan bagian yang pertama kali diperlihatkan ke pengguna jika mereka berkunjung ke blog kita . Silahkan perhatian poin penting berikut ini :

A. Untuk Blog Platform Blogspot dan WordPress

    1. Hapus widget yang tidak penting

      Banyak kawanan blogger yang terjebak dengan niat mengindahkan pandangan pertama visitor saat mendarat di blognya yaitu dengan cara memasang aneka widget pada home page dengan maksud agar blognya terlihat elok oleh visitor. Memang tidak dapat dipungkiri lagi kalau pandangan pertama visitor sangat berpengaruh terhadap penilaian kualitas blog yang ia kunjungi dan pandangan pertama mereka itu mendarat di home page. Jadi, kalau home page-nya informatif maka visitor dijamin akan melanjutkan surfing-nya ketika ia berkunjung.

      Pasanglah widget yang informatif dan hapuslah widget yang dirasa tidak begitu penting. Untuk hal ini saran penulis silahkan pasang widget Tag Label dan Popular Posts saja rasanya itu sudah cukup supaya ada space untuk pasang iklan.

    2. Kurangi penggunaan gambar di home page

      Penggunaan gambar di home page dinilai kurang efisien karena kapasitas home page akan menjadi besar dan akhirnya bukannya mempercepat loading blog tapi malah sebaliknya blog jadi lemot. Gunakan gambar yang berukuran kecil kurang dari 30 Kb kalau memang itu perlu sekali, misalkan logo website atau favicon. Lupakanlah foto pacarmu atau emakmu untuk bisa dipasang di widget home page karena itu tidak efektif.

    3. Jangan menggunakan warna berlebihan

      Penggunaan warna yang berlebihan juga dapat menambah kapasitas home page sehingga loading blog menjadi lemot, perbanyak mengggunakan warna dasar yaitu hitam dan putih agar bisa mempercepat loading blog. Gunakan warna lain seperlunya yang sekiranya itu penting. Untuk tulisan gunakan warna hitam saja dan background-nya warna putih.

    4. Kurangi pemasangan link aktif di footer

      Footer merupakan area bagian margin bawah halaman (page) yang memungkinkan untuk disisipkan gambar atau teks di dalamnya. Penulis sering menjumpai link aktif di bagian ini dan itu bisa memperlambat loading blog apabila di pasang berlebihan. Disarankan memasang link aktif di footer tidak lebih dari tiga link saja.

B. Untuk Blog Platform WordPress Self Hosting

  1. Bersihkan Cache

    Cache merupakan tempat penyimpan data yang telah diakses dan bersifat sementara (temporary) yang fungsinya meningkatkan kecepatan data request yang sama sehingga bisa mempercepat loading blog karena akses data lebih ringan.

    “Terus, kenapa harus dibersihkan? “

    Cache akan menumpuk dalam virtual memory (RAM) sehingga apabila dibiarkan terlalu lama maka akan menyita banyak ruang dan itu bisa menyebabkan over capacity, jika kapasitas virtual memory penuh maka akan memperlambat kinerja processor dan tentunya loading blog akan jadi lambat.

    Untuk menangani hal ini penulis merekomendasikan plugin w3 total cache. Plugin ini telah digunakan oleh jutaan webmaster di dunia dan untuk memperoleh kualitas yang prima silahkan gunakan versi pro (berbayar) tetapi versi gratisannya pun penulis rasa sudah cukup bagus untuk bisa mempercepat loading blog.

  2. Gunakan virtual memory usage yang support

    Ada yang sering terlupakan oleh para pengguna web self hosting yaitu kapasitas virtual memory. Biasanya kalau membeli paket hosting yang murah itu kapasitas memory-nya kecil dan kurang mendukung untuk blog berplatform wordpress self hosting. Akhirnya koneksinya sering mengalami gangguan atau error.

    Script CMS di era sekarang ini rata-rata kebutuhan memory-nya minimal 512 MB. Untuk mengatasi kebutuhan ini penulis menyarankan untuk menggunakan memory di atas 512 MB lebih mantapnya lagi 1 GB pasti akan lebih nyaman karena bisa mempercepat loading blog. Oleh karena itu sebelum sobat membeli paket hosting alangkah baiknya tanyakan dulu kapasitas virtual memory usage-nya karena itu sangat penting dan biasanya hanya paket bisnis yang menawarkan memory yang besar dan harganya pun lumayan sekitar 500 ribu – 1 juta setahun.

  3. Gunakan hosting berkualitas

    Hosting sangat mempengaruhi performa website karena dapat mempercepat loading blog, jadi jangan sembarangan memilih hosting dan lakukan uji koneksi terlebih dahulu sebelum kita menentukan hosting yang tepat untuk website kesayangan kita. Ingat, jangan melihat kuantitas client-nya sebagai parameter untuk mengukur kualitas hosting dan lakukanlah pengujian kualitasnya secara teknis.

    BACA : BAGAIMANA CARA MEMILIH HOSTING BERKUALITAS?

    “ Lalu apakah host server lokal atau internasional yang dipilih ? “

    Sobat jangan dilema dengan hal ini, jawabannya simple saja yaitu pilih yang sesuai penargetan blog sobat. Apabila penargetannya lokal maka gunakan saja host server lokal IIX (Indonesia Internet Exchange). Sebaliknya apabila penargetannya Internasional maka gunakan server USA yang kualitasnya rata-rata bagus karena USA kan mbahnya teknologi komputerisasi jadi mustahil dong servernya abal-abal, silahkan saja uji koneksi dulu.

    Sedikit tips dari penulis buat sobat yang masih newbi untuk selalu bertanya kepada customer service hosternya terkait ilmu hosting agar mendapatkan banyak ilmu. Hal itulah yang penulis lakukan selama ini dan hasilnya lumayan bisa nambah wawasan soal penggunaan hosting yang baik agar bisa mempercepat loading blog.

Kesimpulan, untuk mempercepat loading blog alangkah baiknya kita menggunakan banyak teks daripada gambar dan perbanyaklah menggunakan warna dasar. Untuk widget yang tidak terlalu penting pasanglah di bagian post page jangan di home page karena akan memperlambat akses saat blog pertama kali dibuka pengguna. Selalu perhatikan kapasitas home page jangan melebihi 1 MB disarankan dibawah 500 KB, untuk dapat mengukurnya gunakan tools di www.gtmetrix.com. Jangan mengabaikan kualitas hosting dan kapasitas virtual memory usage.

Demikian ulasan tentang cara mempercepat loading blog semoga bisa menambah wawasan sobat dalam kegiatan blogging. Penulis menyadari pada ulasan ini masih banyak kekurangan daripada kelebihannya, jadi bagi sobat yang ingin meng-koreksi atau menambahkan silahkan tulis di kolom komentar.

35 Comments

35 Comments

  1. Bos informasi

    Januari 15, 2017 at 9:49 pm

    Kalau untuk masalah mempercepat loading blog saya setuju dengan pendapat agan. Apalagi untuk plaform Blogger. Jika terlalu banyak widget tidak penting, loading blog makin lelet. Tidak usah memberikan efek kursor atau apalah-apalah. Cukup yang simple namun kelihatannya mahal. Oh iya, saya dapat ilmu baru disini dengan baca artikel ini khususnya untuk plaform WordPress. Baru tahu kalau ada perbedaan cara seperti itu. Sip lain waktu bisa saya praktekkan jika saya sudah pakai wordpress

  2. Frederick Taufan

    Januari 17, 2017 at 1:19 pm

    Klo pake virtual memori makin cepet yah gan??? Tapi apa itu bisa didapat secara free?

  3. Angga Gilang

    Januari 17, 2017 at 1:44 pm

    Kuota juga kesedot ya kalau loading lama…kirain kalau loading lama kuota masih aman
    Kalau loading blog lama gara2 iklan apa harus iklannya dicopot semua?

  4. Bagus Surochman

    Januari 17, 2017 at 2:11 pm

    Kalau ada waktu ..mungkin akan aku perbaiki kecepatan blog saya… Untk sementara ini masih belum sempat untuk merombak template… Semoga template yg aku desain mendatang bisa fast loading dan banyak pengunjung seperti blog KURKOM ini.. Hehehe btw itu gambar GTMetrix kok gak asing bangets ya.. Aku kayak pernah lihat… Xixixixi

  5. Santri Code

    Januari 17, 2017 at 2:14 pm

    Apakah pemasangan iklan juga berpengaruh terhadap loading blog pak? Lalu bagaimana solusinya, sedangkan kita biasa nya ingin mendapatkan uang dari bloblog tersebut

  6. Usman West Java

    Januari 17, 2017 at 9:09 pm

    @BOS INFORMASI-terimakasih pa guru sudah berkunjung. Skill ini harus selalu update terutama bagi yang sudah punya earning seperti blognya pa guru ini, kalau scorenya udah merah segera saja refresh. perlu dicoba pake WP..tap surantap pokonya.

  7. Usman West Java

    Januari 17, 2017 at 9:12 pm

    @Frederick Taufan-kalau mau upgrade virtual memory usagenya harus ganti paket mas, tentunya bayar lagi. Kalau pake platform WP self hosted itu matchingnya yang 1 GB mas biar lebih leluasa dan loadingnya lebih mantap. Sayang kalau lemot bisa ngurangi trafik pengunjung.

  8. Usman West Java

    Januari 17, 2017 at 9:16 pm

    Setiap kita melakukan surfing di internet pasti kesedot mas, karena sama saja dengan kita download data. cara melihatnya ya seperti yang saya bahas di atas.Jangan kebanyakan iklan, maks 3 aja per page.. atau mas bisa lihat scorenya, intinya kalau scorenya dan merah artinya itu perlu dirampingkan. kurangi aja widget yang lain jangan ngurangi iklan.

  9. Usman West Java

    Januari 17, 2017 at 9:19 pm

    Cuma di homepage aja kok mas, intinya home pagenya jangan kebanyakan widget atau gambar. saya pernah low earning gara gara lemot. Kalau score blog mas bagus sama dengan yang di topik berarti ya ambil langkah 1000 aja… 😀

  10. Usman West Java

    Januari 17, 2017 at 9:22 pm

    Yang paling saya bidik itu bagian home page mas, iklan iya jelas berpengaruh. Tapi jangan ngorbanin iklan tapi hilangkan saja widget yang gak penting atau perbanyak menggunakan teks di bagian home page nya. lihat saja blog yang sudah ada iklan pasti bagian home page nya gak banyak widget.

  11. Masirwin

    Januari 17, 2017 at 9:53 pm

    Sedikit analisa saya.. jika perbandingan kuota itu tidak bisa kita jadikan patokan… Karena pada sistem operasi android, banak sekali aplikasi yang secara diam diam mencuri kuota.. kang usman bisa liat di aplikasi latar belakang yang sedang berjalan.

    Satu tambahan lain, untuk mempercepat loading blog dapat gunakam CDN. Silahkan kang Usmam pelajari CDN siapa tau dapat menambah poin pada artikel ini

    Terima kasih

  12. Usman West Java

    Januari 17, 2017 at 11:47 pm

    terimakasih masukannya mas, mantap. untuk kuota yang terambil patokan saya dari hasil gtmetrix karena semakin besar kapasitas home page pastinya akan semakin lelet dan kuota akan banyak terambil.

  13. Kadek Ariasa

    Januari 18, 2017 at 12:34 am

    Mas di blog saya banyak widget , saya coba akses dari hp teman saya itu agak lambat , apa widget tombol share itu mempengaruhi mas ? Soalnya widget itu paling lama tampil

  14. Usman West Java

    Januari 18, 2017 at 3:10 am

    iya bli, tombol share ditempelin d post page saja jangan di home page…yang di home page cukup seperti yang dijelaskan di artikel ini

  15. amien aulawi

    Januari 18, 2017 at 6:26 am

    Mas kalau cara bersihin cache di WP gimana ya mas?

  16. Sinta Legian

    Januari 18, 2017 at 7:13 am

    Baru nambahin widget, popular post sama tag label aja ya.. Diedit lagi deh. Belum ngerti soal chace.Makasih infonya. 🙂

  17. Usman West Java

    Januari 18, 2017 at 7:30 am

    pake plugin ngendalikan cachenya,,,,kalau gak w3 total cache ya pake wp super cache .. lumayan rada ngebut loadingnya.

  18. Usman West Java

    Januari 18, 2017 at 7:33 am

    kalau pake wp mah gampang cukup instal plugin saja..kalau blogspot ga usah mikirin cache mbak sudah aman itu karena di hosting ma google.

  19. Mas Agung

    Januari 18, 2017 at 10:47 am

    Trims Mas Usman saya saat ini belum memakai pembersih cache tetapi saya memakai hosting USA dan dibatu pointing di Singapura dan Hongkong itupun cukup stabil buat pengunjung yang over mungkin dengan memakai cache tambah Joos. maaf jadi curhat

  20. Usman West Java

    Januari 18, 2017 at 2:11 pm

    pilihan yang bagus mas, apalagi kalau hosting USA, kalau idealnya untuk wilayah asia tenggara itu di hosting di singapoore mas agung

  21. Fauzi

    Januari 19, 2017 at 3:22 am

    Tulisan menarik dan informatif.

    Tfs

  22. mukhofas

    Januari 19, 2017 at 4:10 am

    Halo Usman

    bacaan secara umum bagus..

    dari analisa saya. saya ingin tanya :

    1. newbie/pemula belum begitu ngerti soal pernak pernik yang biasa nongol di blognya. karena keterbatasan pengetahuannya.

    pertanyaanya bagaimana yg bersangkutan bisa paham?

    2. untuk hosting IIX dari indonesia apa saja? kalo bisa buat kupasan lengkapnya mas

    3. mengapa ketika saya cek big blog yang berkualitas itu loadingnya juga lemot? tapi tetap ada yg mau baca? contoh strategimanajemen.net mas?

    4. saya masih bingung dalam menggunakan cache tapi tadi disebutkan akan dampaknnya bagi blog mas.. apakah ribet?

    5. untuk pemilihan tipe browser juga indikator boros tidaknya kuota. contoh blog mas saya akses dan komen di opera mini hasilnya irit, tapi kalo di browser lain seperti google chrome boros mas.

    terima kasih mas. itu dulu. konten mas juga tak kalah kalah kualitasnya. tetap spirit selalu

    salam dari karanganyar
    mukhofas

  23. Usman West Java

    Januari 19, 2017 at 4:43 am

    terima kasih atas kunjungannya mas, menindak lanjuti pertanyaan mas mukhofas :

    1. untuk teman-teman yang newbie memang sedikit sulit kalau tanpa bimbingan secara langsung. triknya ya jalin hubungan pertemanan sedekat mungkin dengan para senior agar memudahkan akses mereka dalam belajar. banyak teman teman newbi yang saya bina dan saya ada no. WA di profil blog tujuannya supaya teman-teman yang belajar blog level dasar bisa berinteraksi langsung dengan saya. selanjutnya belajarlah secara berurutan dimulai dari tingkat dasar dulu.

    2. IIX itu server nasionlal atau penyedia layanan internet di Indonesia.Pastinya semua hoster di indonesia itu IIX

    3. Tetep akan mengurangi jumlah visitor mas, karena pada umumnya pengguna kurang menyukai akses yang lambat. tapi semua itu kembali lagi kepada keperluan penggunanya, kalau butuh banget ya terpaksa nunggu walau lelet. kalau blog pemula udah lelet ini yang bahaya, kapan bisa Page Rank-nya bisa up..

    4. Cache harus selalu dikontrol, saya setiap kali login selalu membersihkan cache supaya tidak numpuk di memory. plugin pembersih cache banyak mas.

    5. Broser chrome biasanya terintegrasi sama plugin juga yang sedikit makan kuota, seperti plugin pemblokir malware dll. tampilan juga mempengaruhi. untuk besarnya kuota saat surfing ke home page sebuah blog patokannya dari GTmetrix seperti yang saya jelaskan. makin cepat loadingnya maka makin hemat kuota. gunakan browser yang bersahabat yang tidak banyak makan kuota saat surfing.

    salam balik ya mas buat sahabat blogger di karang anyar

  24. Irwin Andriyanto

    Januari 20, 2017 at 2:13 pm

    tergantung servernya juga mas,,, saat kita kejar visitor Indonesia ada baiknya kita sewa server Indo,,, begitujuga sebaliknya…

    banyangkan saja kalo kita pesan makanan di tempat yang jauh… apakah akan cepat?? itu logikanya

  25. Usman West Java

    Januari 21, 2017 at 5:51 am

    baiknya mungkin seperti yang mas bilang, paling tidak server lokal aksesnya lebih mudah , kalau ada problem bs langsung minta solving sama hosternya dengan bahasa kita. Tp kalau saya selalu uji koneksi dulu mas kalau secara teknisnya bagus ya itulah yang saya gunakan.

  26. Zuhdi

    Januari 25, 2017 at 3:22 pm

    Kalau ingin tetap banyak gambar apakah ada tips supaya tidak menjadi lambat?

  27. Usman West Java

    Januari 25, 2017 at 3:32 pm

    ukuran gambar jangan terlalu besar, idealnya dibawah 30 Kb mas.

  28. Usman West Java

    Januari 25, 2017 at 3:56 pm

    Gunakan saja plugin Comet Cache , tar pake itu hapus nya..

  29. Saliman SP

    Februari 2, 2017 at 6:26 am

    Kalau ada iklan adsenseya ngaruh keceptan loading blog gak ya gan ?

  30. Usman West Java

    Februari 2, 2017 at 2:38 pm

    berpengaruh mas, coba saja check sesuai petunjuk di artikel ini, pasti lebih lemot.

  31. Mukti Alvaro

    Februari 13, 2017 at 5:50 am

    Tanya gan untuk menaikan Yslow ada caranya ga? Saya muter2 ga ketemu.

  32. Usman West Java

    Februari 13, 2017 at 11:20 am

    kalau pakai selfhosting mas bisa pakai plugin cludflare dan gunakan CDN nya supaya lebih ringan.

  33. Pingback: BLOG YANG KANDAS DI TENGAH JALAN | Blog Mas Usman

  34. Aden Fauzan

    April 17, 2017 at 10:21 am

    Pertanyaan untuk platform Blogger nih gan.
    Saya mau bertanya masalah gambar thumbnail, apa ada cara untuk mempercepat prosesnya? Sebenernya bisa saja gambar thumbnail tersebut di encode ke base64 dan emang jauh lebih cepat tapi malah menimbulkan error pas di check melalui Structured Data Testing Tool, soalnya url base64 berbeda dengan url gambar biasa, apa agan punya solusi lain untuk memepercepatnya?
    Terima kasih

  35. Usman West Java

    April 18, 2017 at 2:14 am

    saya menggunakan url gambar karena kalau pakai metode encode base64 itu crash, atau pakai i frame saja. Selain itu size gambar seting menjadi 800×600 dan kompres menjadi kurang dari 30 KB.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top