HARDWARE

CARA MENGHUBUNGKAN DUA KOMPUTER DENGAN SAMBUNGAN LAN

Sambungan LAN

Bismillahirrohmanirrohim . . .

Selamat berjumpa sobat KURKOM, semoga komputernya selalu sehat dan tentunya yang punya komputernyapun harus sehat biar kita bisa belajar sama-sama ..jhehehe. Pada postingan perdana ini saya akan membahas cara meghubungkan dua device yang sama yaitu komputer to komputer. Saya tidak akan menggunakan bahasa yang modern biar mudah dipahami sama level pemula.

Tujuan menghubungkan dua komputer adalah supaya keduanya bisa saling berkomunikasi terutama komunikasi data. Karena device yang saya bahas sama (komputer to komputer) maka sobat harus membuat sambungan LAN dengan metode cross over. Sobat tidak perlu menggunakan perangkat ketiga untuk memindahkan data antara kedua device tersebut karena sudah ada sambungan LAN sebagai saluran transmisinya. Baiklah kita langsung tempur aja ke pokok permasalahan . Langkah pertama, sobat harus menyiapkan peralatan tempurnya dan komponen yang diperlukan yaitu tang krimping (crimping tool), LAN Tester, kabel LAN (ukuran panjangnya sesuai kebutuhan sobat) dan 2 buah konektor RJ45, lihat gambar berikut :

Alat dan Komponen untuk membuat sambungan LAN


Sebelum Tempur, saya akan jelaskan dulu fungsi masing-masing alat dan komponen pada gambar di atas, agar sobat dapat menggunakannya secara maksimal, berikut fungsinya :

Tang Krimping/Crimping Tool

Alat ini digunakan untuk meng-crimping (menjepit) konektor RJ45 yang sudah terpasang dengan benar di kabel UTP, dapat juga digunakan untuk mengupas dan memotong kabel UTP.

Kabel LAN (Kabel Jenis UTP)

Kabel LAN (Local Area Network) merupakan media transmisi Ethernet yang menghubungkan device 2 jaringan atau lebih dalam jaringan komputer. Umumnya Kabel LAN menggunakan kabel jenis UTP  (Unshielded twisted-pair), berikut ini adalah jenis-jenis kabel UTP :

Kabel LAN UTP Cat 1, dipakai untuk jaringan telpon.

Kabel LAN UTP Cat 2, kecepatan transfer data max 4 Mbps, digunakan untuk   mendukung Token Ring lewat UTP.

Kabel LAN UTP Cat 3, kecepatan transfer data max 4 Mbps 10 Mbps, digunakan untuk jarigan telpon.

Kabel LAN UTP Cat 4, kecepatan transfer data max 16 Mbps, umumnya dipakai jaringan versi cepat Token Ring.

Kabel LAN UTP Cat 5, kecepatan transfer data max 1 Gigabps, sangat popular untuk kabel LAN desktop.

Kabel LAN UTP Cat 5e, kecepatan transfer data max 1 Gigabps, tingkat emisi lebih rendah, lebih mahal dari Cat 5 akan tetapi lebih bagus untuk jaringan Gigabit.



Kabel lan UTP Cat 6, kecepatan transfer data max 1 Gigabps+, dimaksudkan sebagai pengganti Cat 5e dengan kemampuan mendukung kecepatan-2 multigigabit.

Konektor RJ45

Fungsi konektor ini adalah sebagai penghubung antara kabel Ethernet dengan port RJ45 pada device seperti komputer, switch, HUB, Router dll. RJ (Registered Jack) yang merupakan  standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan dua device atau lebih, seperti peralatan telekomunikasi ataupun peralatan jaringan (Computer Networking) untuk keperluan telekomunikasi dan komunikasi data.

LAN Tester

Fungsi dari alat ini adalah untuk mengecek kesempurnaan koneksi kabel UTP yang terpasang pada konektor RJ45. Alat ini juga digunakan untuk mengecek tepat atau tidaknya penyusunan kabel yang terhubung pada konektor RJ45.

Dalam pembuatan sambungan cross over sobat harus memperhatikan urutan nomor pin konektor RJ45 dan urutan kabel yang akan dihubungkan ke masing-masing konektor jangan sampai tebalik dan jangan lupa juga perhatikan warna kabel yang terhubung ke konektor A dan konektor B. Untuk lebih jelasnya cara pembuatan sambungan cross over silahkan sobat perhatikan gambar berikut ini :

spesifikasi sambungan cross over

Selanjutnya silahkan sobat mulai membuat sambungan dengan menyiapkan kabel LAN terlebih dahulu dengan ukuran sesuai kebutuhan, untuk kabel LAN silahkan sobat gunakan kabel UTP minimal kategori 5 yang mampu mentransmisikan data hingga 100 Mbps. Mulailah dengan mengupas ujung kabel A dan kabel B kurang lebih 1 cm dan jangan terlalu panjang supaya konektor RJ45 bisa mengunci kabel UTP yang terhubung ke soketnya, setelah kedua ujung kabel UTP dikupas silahkan sobat susun warna kabel ujung A dan B terlebih dahulu untuk dihubungkan ke konektor A dan B dengan urutan pin dan warna kabel sesuai gambar diatas. Cara memasukkan kabel UTP ke konektor RJ45 bisa sobat lihat pada gambar berikut :

Cara memasukkan kabel UTP ke soket RJ45

Setelah ujung kabel tersusun dengan rapih seperti pada gambar diatas silahkan sobat mulai memasukan ujung kabel A dan ujung kabel B tersebut ke konektor RJ45, sambungkanlah ujung kabel A ke konektor RJ45 dan diikuti ujung kabel B ke konektor RJ45 yang satu lagi dan gunakan tang krimping untuk mengunci kabel UTP yang terhubung ke kedua soket RJ45 tersebut.

CARA MENGECEK SAMBUNGAN LAN

Untuk memastikan kedua sambungan konektor RJ45 terhubung dengan baik maka sobat harus menggunakan LAN tester digital. Sambungkan kedua konektor RJ45 ke soket RJ45 yang ada di LAN tester.  Perhatikan gambar berikut :

cara mengetahui koneksi sambungan LAN

Lampu indikator LAN Tester yang menyala menunjukan status koneksi pin konektor A dengan konektor B, misalnya apabila pin no.2 (konektor A) terhubung dengan pin no.2 (konektor B)  maka masing-masing lampu no.2 pada LAN tester akan menyala dan begitu seterusnya.

SETING IP ADDRESS

Langkah berikutnya sambungkan kedua komputer dengan sambungan LAN cross over tersebut dan seting IP address, silahkan sobat masukkan masing-masing konektor RJ45 ke port RJ45 pada komputer tersebut. Pastikan IP address pada kedua komputer berbeda supaya tidak crash.  Cara seting IP address dapat dilihat pada gambar berikut :

Lankukan langkah ke 1 sampai langkah ke 3 secara berurutan.

Cara Seting IP address

Langkah ke-4, klik kanan -> Local Area Connection -> klik Properties

Langkah ke-5, Pilih Internet Protokol Version 4 (TCP/IPv4) -> Klik Properties, lihat gambar berikut :

cara seting IP Address

Langkah yang terakhir atau langkah ke-6 isi IP address dengan :192.168.100.11, lalu isi Subnet mask dengan : 255.255.255.0 klik OK. Perhatikan gambar berikut :

 
cara seting IP Address

Untuk seting IP Address di komputer ke-2, ulangi langkah 1-6 tadi hanya perbedaannya di IP addressnya, masukan saja IP addressnya: 192.168.100.12 untuk Subnet mask-nya sama yaitu: 255.255.255.0 .

TES KONEKSI 

Langkah selanjutnya silahkan sobat lakukan tes koneksi kedua komputer tersebut untuk mengetahui status koneksinya terhubung atau tidak dengan melakukan tes PING. Tes PING adalah metode untuk melakukan tes koneksi  dengan Command Prompt (Windows) untuk mengetahui kualitas koneksi jaringan dari PC sobat ke jaringan ditempat lain yang telah terhubung ke PC sobat, baik itu melalui jaringan lokal (intranet) ataupun jaringan luas (internet). Salah satu syaratnya sobat harus mengetahui IP address komputer yang akan di PING. Sebagai contoh, sobat akan test PING dari Komputer A ke Komputer B dan PING dilakukan di komputer A maka sobat harus PING IP komputer B dari komputer A,, hayooo gak pusing kaaan? 😀

Untuk melakukan PING Ke komputer lain dengan command Prompt silahkan sobat klik Start>All Program>Accesoris>Command Prompt. Pada jendela Command  Prompt  silahkan sobat PING ke komputer yang dituju dengan mengetikkan : PING (IP address) kemdian tekan ENTER. Sebagai contoh misal sobat mau PING ke komputer A  dengan IP 192.168.100.11 maka format PING pada command Promptnya seperti ini :

PING 192.168.100.11

Untuk lebih jelasnya silahkan sobat perhatikan gambar berikut ini :

Cara mengetahui koneksi ke kemputer lain dengan metode PING

Apabila hasil PING sobat seperti pada gambar diatas maka kedua computer tersebut telah terhubung.  Lihat tulisan Reply From 192.168.100.11 . . . itu artinya computer sobat telah terhubung dengan computer tersebut. Sampai disini sobat telah berhasil membuat sambungan komputer to computer, selamat mencoba ya… :D.

 

 

 

1 Comment

1 Comment

  1. Surahman Budi

    April 5, 2017 at 4:43 am

    menghubungkan dua komputer dengan cabeling cross over adalah aturan menghubungkan komputer to komputer. saya ngalamin waktu lagi seru seru nya maen game counter strake ofline, saya mencoba membuat kabel jaringan sendiri, eh ternyata tidak terhubung, setelah di teliti oleh temen saya yg sudah masternya, ternyata cabeling yg saya gunakan straight dan itu tidak bisa kalo komputer ke komputer. dan hasilnya saya bisa bermain game, file sharing dan chating melalui net meeting. hehe

Tinggalkan Balasan

To Top