KOMPUTER

CARA MENGUNCI FOLDER TERCANGGIH 2016

aplikasi pengunci folder

Lemahnya sistem pengamanan pada sebuah folder terutama yang berisi file penting dapat berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan pemiliknya masuk penjara karena adanya sabotase dari pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan dokumen yang dicuri dari sang pemiliknya, salahsatu faktor utamanya adalah minimnya pengetahuan cara mengunci folder yang baik sehingga privasinya dapat dengan mudah diretas dan dibeberkan ke publik oleh sang penjahat cyber, oleh karena itu sudah waktunya bagi kita untuk belajar bagaimana caranya mengunci folder yang baik dan tentunya aman. Pembahasan ini adalah untuk yang kedua kalinya setelah sebelumnya saya bahas tentang cara mengunci folder dan file penting, ini menandakan bahwa secara pribadi saya sangat menekankan untuk selalu waspada dalam memegang privasi yang kita miliki. Di televisi Bang napi sering bilang kalau kejahatan itu terjadi bukan karena adanya niat dari pelakunya, tapi karena adanya kesempatan. Jadi jangan biarkan kesempatan buruk itu ada sekecil apapun, selalu waspada dan lindungi privasi kita dari tindakan kejahatan. Bagi sobat yang memiliki banyak dokumen penting, maka segeralah menyimpan dokumen tersebut dengan rapi sebelum semuanya terlambat gunakanlah alat proteksi yang bagus, kalau berupa hardcopy simpanlah dalam brankas yang layak tetapi apabila berupa softcopy maka simpanlah dalam folder yang terproteksi.

Saya akan memberikan sedikit solusi bagi sobat yang sedang membangun proteksi sebuah dokumen penting yang tersimpan di dalam komputer yaitu dengan membuat sistem peng-hide folder dan sekaligus pengunciya. Cara mengunci folder yang satu ini sangat sederhana dan tidak memerlukan software khusus pengunci folder untuk membuat sistemnya. Kita akan memanfaatkan sistem yang tersedia di dalam windows bawaan itu sendiri hanya tinggal membuat file Batch-nya saja dengan menggunakan notepad. Mengapa harus menggunakan file Batch Mas Usman? Karena sistem ini akan dijalankan oleh MS-DOS. Mungkin cara megunci folder penting yang akan saya berikan ini tidak seberapa namun saya berharap bisa bermanfaat buat sobat. Sistem ini merupakan pengembangan dari beberapa master-master komputer yang sudah berpengalaman dan saya perkuat proteksinya dengan memanfaatkan software BAT TO EXE CONVERTER.

Sebelum ke praktek, saya akan menjelaskan terlebih dahulu komponen atau tool yang akan kita gunakan untuk membuat sistem ini. Berikut penjelasannya :

  1. File Batch adalah kumpulan perintah-perintah dos yang bisa di eksekusi atau dijalankan secara langsung oleh windows .

  2.  MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), yaitu sistem operasi berbasis baris-perintah (command-line) yang digunakan pada PC. 

  3.  Notepad adalah program bawaan dari windows yang merupakan sebuah aplikasi teks editor untuk sebuah bahasa pemrograman tertentu.

  4.  BAT TO EXE CONVERTER adalah software untuk mengkonversi file BAT menjadi file EXE

Cara kerja sistem ini sederhana yaitu menyembunyikan (hide) dan mengunci sistemnya. Sistem secara keseluruhan di eksekusi oleh MS-DOS. Sistem ini dibekali dua buah proteksi password. Password yang pertama diletakkan dalam scrip file Batch berfungsi untuk meng-unlock folder sedangkan password yang kedua dibuat pada saat mengkonversi file BAT ke EXE berfungsi untuk membuka sistemnya, jadi bisa dibilang ini adalah sistem pengamanan berlapis. Silahkan sobat download terlebih dahulu software BAT TO EXE CONVERTER nya .

Sekarang kita buat scrip file Batch-nya dengan notepad, caranya klik Start>All Program>Accessories>Notepad kemudian copy dan paste scrip di bawah ini ke dalam notepad :

cls
@ECHO OFF
title FolderLocker
if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER

:CONFIRM
echo Apakah kamu ingin mengunci folder(Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK

ren Locker “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
echo Folder terkunci
goto End
:UNLOCK
echo Masukkan Password untuk membuka foldernya Gan !!!
set/p “pass=>”
if NOT %pass%==usman goto FAIL
attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Locker
echo Horeee !!! Folder berhasil dibuka
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Folder sudah terkunci dengan aman Gan !!!
goto End
:End

Silahkan ganti saja tulisan yang berwarna merah dengan password sobat, lalu klik save dan pasang ekstensi .BAT pada File Name-nya, misal nama filenya locker maka menjadi locker.BAT klik save lagi. Sampai disini pembuatan file Batch-nya sudah selesai , dan tampilannya akan seperti gambar berikut :

File Batch

Selanjutnya tempatkan file Batch ini ke dalam folder baru, kemudian double click file Batch-nya, kalau tidak ada masalah maka akan muncul folder disebelahnya dengan nama locker, folder inilah yang digunakan untuk menampung file penting. Silahkan pindahkan file sobat yang mau dikunci ke dalam folder locker tersebut. Untuk cara mengunci foldernya silahkan double click lagi file Batch tadi kemudian ketik “Y” lalu tekan Enter untuk melanjutkan eksekusi, perhatikan gambar berikut :

tampilan set kunci atau tidak

Untuk membuka lagi foldernya double click lagi file Batch tersebut dan masukkan password sobat, lalu tekan Enter melanjutkan eksekusi. Perhatikan gambar berikut :

jendela untuk membuka kunci folder
Sampai disini cara mengunci folder tahap pertama sudah selesai, namun untuk tingkat keamanannya masih rendah karena file Batch-nya masih bisa dibuka oleh notepad dan password dapat dengan mudah ditemukan, selain itu karakter password masih dapat dilihat oleh orang lain saat kita memasukkan password, kecuali pada saat kita memasukkan password layar komputernya ditutup pake kain hitam, Insya Alloh orang lain gak akan bisa lihat si password bahkan sobat sendiri tidak bisa melihatnya… xixixi. Baiklah sobat tidak usah kuatir karena sudah saya sebutkan dari awal tadi kalau ini adalah cara mengunci folder dengan pengamanan berlapis, jadi kita akan membuat lapisan selanjutnya yaitu dengan menggunakan BAT TO EXE CONVERTER.

Sekarang buka software BAT TO EXE CONVERTER-nya, kemudian browse file Batch yang akan dikonversi menjadi file EXE tersebut, untuk save as biarkan saja supaya hasil konversinya berada pada folder yang sama dengan file BAT tersebut. Perhatikan gambar berikut :

aplikasi conversi BATCH to EXE

Lakukan pengaturan secara manual sesuai petunjuk gambar di atas (lihat yang ditandai panah merah). Temporary File-nya jangan dihapus dulu biar ada file cadangan, kemudian pada bagian Encrypt silahkan sobat masukkan password-nya, password ini gunanya untuk membuka file Batch-nya. Jenis password yang kedua ini adalah password statis yaitu password yang sudah ditentukan dalam program sehingga tidak bisa diubah-ubah. Setelah file berhasil dikonversi maka hasilnya menjadi seperti ini :

hasi konversi

File hasil konversi ditandai dengan no.2, file ini tergolong aman karena sudah tidak bisa diedit lagi dan scripnya juga sudah tidak terlihat walaupun dibuka pakai notepad. Silahkan sobat amankan file aslinya (no.1) simpan ditempat yang aman, kalau perlu masukkan ke dalam folder locker biar ikut terkunci.

Untuk menjalankan sistemnya silahkan doble click saja, nanti akan diminta password untuk membuka sistemnya dan untuk meng-unlock foldernya. Perhatikan gambar berikut :

hasil akhir aplikasi pengunci folder

Terlihat pada gambar di atas untuk membuka sistem unlock foldernya, kita harus memasukkan password. Inilah bagian yang diunggulkan saya dalam cara mengunci folder ini, karena password-nya sangat sulit untuk diretas oleh penjahat cyber.

Kesimpulan, cara mengunci folder ini cukup aman dan kita tidak perlu membeli software khusus pengunci folder kemudian proses eksekusinya sangat cepat karena menggunakan MS-DOS. Sistem ini dapat dipasang di komputer lain tinggal di copas saja.

Sampai disini dulu ya sob pembahasan saya mengenai cara mengunci folder ini semoga bermanfaat, kalau ada kendala silahkan kirim pertanyaan melalui form kontak yang sudah disediakan di blog ini. Selamat bereksperimen . 

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



3 Comments

3 Comments

  1. Bos Informasi

    Desember 1, 2016 at 5:11 am

    Pada dasarnya file-file yang kita miliki ini sangatlah penting. Maka untuk membuat itu semua aman maka diperlukan sesuatu hal agar tidak dicuri oleh orang lain. Dengan cara yang disebut oleh agan ini kiranya dapat membantu kita dalam menyimpan file folder tersebut.

  2. Usman West Java

    Desember 1, 2016 at 5:14 am

    Betul gan, cara yg satu ini cukup efektif untuk mempertahankan privasi file penting yg kita miliki lumayan aman kerena di akhir saya extract file BATCHnya kemudian di proteksi password ganda.

  3. Usman West Java

    Desember 1, 2016 at 5:17 am

    Betul gan, cara yg satu ini cukup efektif untuk mempertahankan privasi file penting yg kita miliki lumayan aman kerena di akhir saya extract file BATCHnya kemudian di proteksi password ganda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top