BLOGGING

CARA MENGUNCI HALAMAN WEB KATEGORI TERTENTU TANPA SCRIPT DAN PLUGIN

mengunci halaman web.jpg
CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Mengunci halaman web agar tidak terlihat oleh semua orang merupakan solusi yang tepat untuk membatasi akses pengguna secara bebas sehingga halaman tersebut hanya bisa dilihat atau diakses oleh mereka memiliki otoritas dari pengelola web.

Hal ini diterapkan untuk memposting dokumen tertentu untuk kalangan yang terbatas, semisal penulis disini akan mencontohkan halaman laporan harian JV AdSense agar hanya bisa dilihat oleh mitra saja sehingga pengunjung yang tidak berkepentingan tidak dapat melihatnya karena diproteksi oleh password.

Sebenarnya ada banyak plugin untuk mengunci halaman web sehingga setingannya lebih menarik, namun tidak menggunakan plugin bukan berarti tanpa tujuan melainkan untuk menghemat kapasitas virtual memory (RAM) hosting sehingga web tidak lemot karena kebanyakan menggunakan plugin.

Baca : Cara Mempercepat Loading Blog

Step by Step Mengunci Halaman Web

Sesuai dengan judul ulasan ini, penulis tidak akan melibatkan script apapun untuk membuat pengunci halaman yang nantinya akan memblock konten dari keterlihatan publik. Tutorial ini akan memanfaatkan fitur proteksi halaman bawaan WordPress. Mohon diperhatikan dengan cermat setiap langkahnya agar tidak terjadi kesalahan.

Pertama

Di langkah ini kita akan memanfaatkan fitur kenampakan/visibility yang ada di sebelah kanan postingan. Fitur ini tidak sulit dicari karena sudah tampil di sebelah kanan atas halaman postingan. Pastikan halaman belum pernah diproteksi dengan password agar navigasinya bisa terlihat sama persis dengan gambar 1. Silahkan klik saja Edit untuk membuka fitur passwordnya seperti yang ditunjukkan oleh nomor 1.

seting password halaman web tanpa plugin.jpg

Gambar 1. Fitur edit visibility

Kedua

Pada fitur Kenampakan silahkan pilih Dilindungi sandi yang ditandai oleh nomor 2 dan masukkan sandinya pada kolom Sandi yang ditandai oleh nomor 3 kemudian tekan tombol Oke yang ditandai oleh nomor 4. Pastikan menggunakan sandi yang gampang diingat, jika semuanya sudah beres maka langkah terakhirnya silahkan tekan tombol Terbitkan seperti yang ditandai oleh nomor 5.

pengaturan password halaman web.jpg

Gambar 2. Pengaturan Sandi

Sampai dengan langkah ini apabila langkah diatas diikuti dengan benar maka halaman web seharusnya sudah terproteksi sesuai dengan setingan diatas yaitu dengan password. Jadi hanya pemilik password saja yang bisa mengakses halaman ini. Untuk hasil akhirnya perhatikan gambar berikut :

tampilan halaman web yang diproteksi password.jpg

Gambar 3. Halaman yang sudah diproteksi

Terlihat hanya judul halaman saja, sedangkan untuk bisa melihat bagian lainnya maka pengguna harus memasukkan password.

Kesimpulan

Mengunci halaman web tanpa script hanya bisa dilakukan pada platform WordPress karena sudah tersedia fitur bawaannya.

Metode ini hanya bisa menggunakan password tunggal, sehingga seluruh user hanya bisa menggunakan 1 password saja.

Jangan lupa menekan tombol Publish/Perbarui halaman apabila ingin menambahkan metode ini pada halaman web yang sudah jadi.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top