ADSENSE

UPDATE CARA MENINGKATKAN CPC ADSENSE, MANA YANG BELUM KAMU LAKUKAN ?

meningkatkan CPC.jpg
CREATIVE BY KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Mendapatkan konversi iklan yang tinggi merupakan salah satu impian dari banyak penayang sehingga tidak sedikit yang mencari tahu bagaimana cara meningkatkan CPC tanpa harus menggunakan blog bule yang “katanya” bisa mendatangkan keuntungan banyak karena nilai CPCnya lebih besar dibandingkan dengan blog lokal yang berbahasa Indonesia.

Perlu kalian ketahui sob, persaingan blog bule itu sangat berat sehingga perlu persiapan yang mumpuni untuk bisa tempur di zona SEO International tersebut diantaranya wajib bisa berbahasa Inggris baik itu lisan maupun tulisan supaya dapat berinteraksi dengan mereka-mereka yang sudah mendunia, dengan begitu situs kalian akan mendapatkan perhatian lebih dari mereka dan pastinya bisa berdampak terhadap konversi iklan yang lebih tinggi.

Sebaiknya kalian tidak perlu memaksakan diri untuk membuat blog bule jika skill bahasa inggrisnya minus, menjadi diri sendiri akan lebih baik daripada menjadi orang lain dengan melakukan hal yang tidak kalian kuasai. Buatlah sebuah inovasi dari apa yang kalian sukai lalu tuangkan ke dalam sebuah tulisan yang mudah dimengerti oleh semua kalangan.

Baca :Detail Tutorial Membuat Blog Sesuai Kriteria AdSense [Versi Gratisan]

Fokus ke topik…

Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Untuk Meningkatkan CPC AdSense ?

Di Google AdSense ada banyak faktor untuk meningkatkan konversi klik iklan, selama penulis menjalankan bisnis Ads online nomor wahid di jagat maya ini telah banyak menemukan berbagai trik yang cukup ampuh dan jika trik tersebut tidak diimplementasikan maka bisa menjadi penyebab kecilnya pendapatan karena nilai konversi klik iklannya sangat minim.

Untuk memudahkan pemahaman teman-teman yang masih pemula maka penulis akan mengelompokan trik tersebut menjadi dua bagian yaitu kategori teknis dan non teknis. Silahkan perhatikan dengan baik supaya bisa faham dalam implementasinya !

Kategori Teknis

Ini meliputi properti yang digunakan dalam situs web atau blog dan setingan yang harus dilakukan agar performanya sesuai kualifikasi Google AdSense sehingga tayangan iklan tidak terhambat karena laman situs selalu optimal. Yang perlu diketahui apabila situs dalam keadaan optimal maka performa iklan akan lebih baik dan lebih cepat terlihat oleh pengguna sesuai dengan keinginan Google AdSense.

Baca : Peranan Frekuensi Keterlihatan Iklan Dalam Meningkatkan Conversi [Klik]

Menggunakan Template Yang Berkualitas

Tampilan situs web atau blog merupakan modal awal untuk menciptakan rasa percaya diri kita di hadapan pengguna. Tapi pernyataan ini jangan ditelan mentah-mentah karena bisa berlebihan, seperti menggunakan pernak-pernik yang tidak penting supaya terlihat bagus padahal malah mengganggu performa situs web atau blog tersebut.

Sederhananya, gunakan saja template premium yang dibuat oleh pakarnya dan usahakan memiliki garansi teknis supaya ketika ada masalah maka sang penjual bisa menanganinya dengan mudah. Saran penulis carilah penjual template yang sudah user experience dan mengetahui spesifikasi template yang bagus serta layak untuk Google AdSense sesuai dengan kualifikasi template yang diprioritaskan oleh mesin telusur.

Periksa kecepatan memuat laman situs web atau blog kalian pasca memasang template, gunakan Pagespeed Insights untuk mengetahui hal tersebut dan pastikan score-nya diatas 70 untuk versi desktop maupun selulernya sesuai dengan kualifikasi Google kalau bisa usahakan hingga diatas 90 sehingga nantinya impressi iklan bisa stabil.

Contoh Situs terbaik untuk Google AdSense.jpg

Gambar 1. Indikator performa situs yang layak untuk dimonetisasi Google AdSense

Manggunakan hosting yang berkualitas

Poin ini merupakan anjuran dari Google AdSense, mereka menyarankan agar selalu menjaga kualitas hosting yang digunakan agar performa iklan bisa maksimal sehingga hasilnya pun bisa sesuai dengan harapan. Mungkin apabila kalian sering menjumpai situs dengan laman muat yang lambat pastinya merasa kurang nyaman bukan ? nah inilah resiko terbesar dari minimnya kualitas hosting.

hosting yang baik untuk AdSense.jpg

Gambar 2. Saran Google untuk penggunaan hosting

Untuk yang menggunakan platform blogspot mungkin tidak terlalu sibuk dengan poin ini karena hanya tinggal mengatur kualitas gambar atau video (jika menggunakan konten video) agar tidak terlalu memakan waktu saat laman sedang dimuat yaitu dengan mengecilkan ukuran gambar atau video yang digunakan tersebut.

Untuk pengguna WordPress self hosting wajib memperhatikan spesifikasi hosting yang digunakan supaya dapat menjaga performa situs web. Pengalaman penulis selama makalangan di dunia WordPress self hosting telah menemukan berbagai masalah teknis yang ada kaitannya dengan kualitas hosting. Untuk masalah biaya memang semakin bagus kualitas hosting yang ditawarkan maka cost akan semakin tinggi.

Baca : Kenali Yang Ini Dulu Sebelum Membeli Hosting Untuk Website

Server kelebihan beban merupakan permasalahan teknis yang paling diperhatikan oleh penulis karena masalah ini sangat berpengaruh kepada performa iklan dan score pagespeed insights yang akan menjadi turun dikarenakan ada keterlambatan respon server yang cukup memakan waktu lama. Tentunya hal ini bisa berdampak kepada pendapatan AdSense karena impressi iklan akan menurun dan perayap AdSense juga bisa error sehingga iklan tidak tampil.

RAM hosting (virtual memory) bisa menentukan kualitas dari hosting tersebut karena ia bisa dijadikan patokan, semakin tinggi RAM yang digunakan dalam hosting tersebut maka biasanya spek yang lainnya pun semakin bagus. Untuk RAM hosting minimal menggunakan 750 MB supaya hosting tidak terlalu lemot apalagi kalau menggunakan CMS WordPress maka ia pasti harus dilengkapi oleh plugin pendukung yang membutuhkan kapasitas memory yang besar.

Memasang AdS.txt

Di era 2018 ini, Google AdSense telah membuat inovasi baru yang dapat membawa penayang menjadi lebih maju yaitu dengan menyediakan Ads.txt sebagai komponen tambahan untuk mencegah adanya pemalsuan inventory iklan dari para penyusup jahat sehingga penayang, penjual dan pembeli iklan bisa dirugikan.

Dengan menggunakan AdS.txt maka penayang diprediksikan akan selalu mendapatkan iklan dari advertiser saat melakukan bidding. Apabila Ads.txt ini tidak diterapkan maka sepertinya halaman baru akan banyak yang blank walaupun telah melakukan request iklan.

Baca : Cara Memasang Ads.Txt Di WordPress Tanpa Plugin

Menggunakan SSL

Ini adalah hal yang wajib, Google telah mengumumkan secara tegas bahwa semua situs harus menggunakan HTTPS (SSL) hingga juli 2018 mendatang. Apabila sampai batas waktu yang telah ditetapkan tersebut situs masih belum menggunakan SSL maka penulis memprediksikan situs tersebut akan kehilangan reputasi karena akan ada notifikasi di address bar bahawa situs tersebut dinyatakan tidak aman oleh Google sehingga pengguna akan berpindah ke situs yang lain .

Dari hasil pengamatan penulis, beberapa situs mengalami kenaikan pendapatan yang cukup signifikan pasca menggunakan SSL. Hal tersebut telah membuktikan bahwa halaman situs yang terenkripsi dengan baik maka akan mempengaruhi kualitas iklan yang tampil di halaman tersebut sehingga nilai konversi kliknya bisa dibilang tidak kecil.

Baca :

Ingin Tahu Kenapa Harus Menggunakan HTTPS (SSL)? Baca Ini Sampai Tuntas

Masih Belum Menggunakan HTTPS ? Ini Yang Akan Dilakukan Google

Cara Memasang HTTPS Terbaru [2018] Di Blogspot Dan WordPress

Faktor Non Teknis

Hal lainnya yang bisa meningkatkan CPC AdSense adalah seputar pemahaman Google AdSense guidelines yang wajib diimplementasi pada penggunaaan objek dalam situs (konten) yang merupakan penentu masa depan situs tersebut.

Untuk poin ini penulis hanya akan menyoroti sedikit saja di bagian yang sangat vital. Faktor non teknis apa saja yang dapat mempengaruhi turun naiknya CPC AdSense ? Perhatikan poin berikut !

Gunakan Artikel Yang Steril dari Pelanggaran Kebijakan Konten

Untuk mengasah kemampuan membuat artikel khusus untuk Google AdSense maka sebaiknya menguasai pedoman kebijakan konten supaya artikelnya benar-benar terbebas dari pelanggaran. Dalam pembuatan artikel hindari phrase, gambar atau video yang mengandung unsur pelanggaran Google AdSense karena bisa menurunkan pendapatan bahkan bisa tidak ada sama sekali.

Kualitas artikel sangat menentukan turun atau naiknya CPC, seperti yang telah diutarakan oleh kak Jeany Haliman (Staff Google Indonesia) di acara livestream AdSense Indonesia pada 5 maret 2018 yang lalu bahwa salah satu cara meningkatkan CPC adalah menggunakan konten dengan sedikit violation. Maksudnya dalam konten tersebut tidak banyak mengandung pelanggaran.

Jadi mulai dari sekrang buatlah konten yang ramah Google AdSense, dari mulai penerapan HPK (High Paying Keyword) hingga pembidikan topik yang tepat sehingga artikel bisa disukai oleh advertiser. Mungkin jika kalian sering menjumpai artikel yang tidak tampil iklannya walau telah melakukan request ke Google maka salah satu penyebabnya adalah tidak ada advertiser yang mau menggunakan inventory iklan pada halaman tersebut.

Baca :

Cara Mengetahui Konten Yang Melanggar Kebijakan Google AdSense

Ini Loh Pengaruh HPK (High Paying Keyword) Terhadap Earning Adsense

Cara Membuat Artikel Untuk Dikaitkan Dengan Google AdSense

Optimalkan Tata Letak Iklan

Penempatan iklan yang tepat bisa meningkatkan CPC, ini adalah bukan sebuah mitos melainkan fakta. Selama penulis melakukan berbagai macam riset supaya nilai konversi iklan bisa tinggi ternyata ada beberapa posisi iklan yang memang bisa memiliki potensi mendapatkan konversi yang tinggi yaitu menata iklan sesuai dengan kebijakan penempatan iklan, silahkan pelajari kebijakannya.

Apabila ada penempatan iklan yang tidak sesuai dengan kebijakan maka hal tersebut bisa menurunkan pendapatan karena biasanya berpengaruh ke CPC menjadi kecil. Selain itu, penempatan iklan yang tidak sesuai kebijkan dapat menyebabkan akun terkena banned permanent.

Formulasikan jumlah page view dengan jumlah baner yang digunakan, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan baner kalau page view-nya masih di bawah 1000 pv/day (untuk trafik lokal) karena prediksi penulis pada posisi ini tingkat persaingan iklan masih rendah, jadi gunakan saja maksimal 3 baner.

Baca :

Cara Memasang Iklan Google AdSense Di Dalam Artikel [5 Unit]

Cara Memasang Iklan Adsense Di WordPress Dan Optimasinya

Tingkatkan PPS laman apabila ingin mendapatkan konversi iklan yang tinggi karena nilai PPS laman bisa meningkatkan CPC. Logikanya, nilai PPS laman yang tinggi akan menyebabkan persaingan iklan meningkat sehingga iklan yang berkualitas tinggi akan muncul pada halaman tersebut.

Kesimpulan

Template yang tidak berkualitas dapat menghambat tampilnya iklan sehingga hal ini bisa menurunkan pendapatan karena iklan tidak bisa terlihat oleh pengguna.

Optimalkan kecepatan memuat halaman situs karena apabila situsnya cepat maka bisa meningkatkan kualitas keseluruhan termasuk konversi iklan.

Gunakan ads.txt untuk menjaga pemalsuan inventory iklan oleh penyusup, selain itu untuk meyakinkan pihak advertiser dalam proses lelang iklan.

Gunakan SSL untuk meningkatkan trust, pengalaman penulis setelah menggunakan SSL ternyata bisa mendorong pendapatan hingga sekitar 40 persen bahkan lebih.

Buatlah situs yang support di semua device, termasuk desktop dan smartphone supaya memiliki peluang besar untuk dilihat banyak orang.

Hindari metode penempatan iklan yang menutupi konten atau melayang di atas konten karena hal ini juga bisa berdampak kepada penurunan CPC dan banned permanent.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top