ADSENSE

CARA MENINGKATKAN PENDAPATAN ADSENSE BERDASARKAN ARAHAN DARI TIM GOOGLE ADSENSE

Cara meningkatkan pendapatan AdSense

Cara Meningkatkan Pendapatan AdSense Berdasarkan Arahan dari Tim Google AdSense – Menjadi publisher Google AdSense merupakan salah satu praktik terbaik untuk menambah pendapatan bulanan. Tapi penulis berharap tidak ada seorangpun yang berfikir terlalu cepat soal ini karena memerlukan proses yang tidak gampang dan memakan waktu cukup lama.

Penulis sendiri tidak bisa menjamin kalau topik ini bisa memberikan sebuah kesuksesan bagi sobat, namun setidaknya bisa memberikan wawasan terbaik buat supaya iklan AdSense yang sobat miliki bisa memiliki kesempatan untuk lebih banyak ditampilkan sebagai pelengkap pengalaman pengguna yang datang ke situs sobat.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi penayang iklan Google AdSense yang sukses selain membuat konten yang unik, yaitu penempatan iklan dan kecepatan loading situs yang sangat mempengaruhi frekuensi tayang iklan. Pastinya semakin cepat loading situs maka akan semakin membantu pengguna ketika surfing di situs dan mereka akan betah.

Baca : Cara Mempercepat Loading Blog

Permasalahan teman-teman publisher AdSense pemula yang paling kompleks di lapangan adalah penempatan iklan dalam satu halaman yang terkadang menempatkan iklan semaunya sendiri tanpa memperhatikan kecepatan loading situs sehingga dapat mengganggu performanya. Hal tersebut akan berakibat kepada trafik yang lambat laun akan turun.

Berikut ini adalah uraian empat poin penting yang dianut oleh penulis untuk meningkatkan pendapatan AdSense berdasarkan arahan dari Jay Castro (Tim support Google AdSense) :

Optimalkankan penempatan iklan untuk meningkatkankan pendapatan AdSense

Hati-hati dengan penempatan iklan karena jika salah maka akan berdampak buruk terhadap situs dan tetunya bukan merupakan cara meningkatkan pendapatan AdSense yang tepat. Jadi harap selalu memperhatikan kebijakan penempatan iklan AdSense supaya tetap aman.

Saat menentukan tata letak iklan pada halaman situs, sebaiknya sobat mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

  1. Berapa banyak pengunjung dan sejauh mana keterlibatan mereka ?

    Pengunjung sangat menentukan pendapatan AdSense, jadi perhatikan jumlah mereka dan aktivitas mereka di situs, apakah hanya salah klik atau memang mereka menikmati konten kita. Hal tersebut bisa dilihat pada BOUNCE RATE, jika angkanya semakin kecil berarti situs cukup berguna buat mereka.

  2. Di daerah mana perhatian mereka terfokuskan ?

    Mungkin saatnya memikirkan dengan serius tentang daerah-daerah halaman yang menjadi pusat perhatian pengunjung ketika landing di situs kita. Beberapa praktisi senior termasuk arahan dari tim support Google AdSense menyebutkan bahwa bagian tersebut adalah paro atas sekitar sekitar header (H1), paragraf pertama dan akhir artikel tepatnya di atas kolom komentar.

  3. Bagaimana menempatkan iklan di area fokus tanpa menghalangi konten ?

    Seringkali ini menjadi permasalahan yang cukup serius sehingga menimbulkan adanya pelanggaran kebijakan penempatan iklan. Jika kurang hati-hati maka iklan bisa menghalangi konten atau menggeser konten ke bawah sehingga sangat mengganggu kenyamanan pengunjung dan hal inilah awal mula kecerobohan dalam penempatan iklan di area fokus.

  4. Bagaimana mempermudah navigasi pengunjung ?

    Navigasi situs adalah bagian yang harus selalu diperhatikan karena secara tidak langsung hal ini bisa meningkatkan SEO on page. Alasannya cukup rasional dengan navigasi yang mudah maka pengunjung tidak kesulitan menemukan konten yang mereka cari ketika sedang berselancar di situs kita, sehingga kunjungan mereka tidak berhenti di satu halaman saja.

    Baca : PENGATURAN NAVIGASI SITUS AGAR SESUAI KRITERIA GOOGLE ADSENSE [TEMPLATE EVOMAGZ]

Penayang iklan yang baik akan selalu peduli terhadap penempatan iklan yang bijak, mungkin itulah kalimat yang tepat jika kita memperhatikan keinginan Google AdSense, maka luangkan waktu untuk memastikan iklan bekerja dengan baik sehingga tidak menyamarkan pandangan pengunjung yang dapat menimbulkan pelanggaran kebijakan Google.

Optimalisasi seluler

Untuk berinternet ria, saat ini pengunjung lebih dekat dengan ponsel mereka daripada laptop atau sejenisnya. Hal ini bukan sekedar mitos tetapi fakta di lapangan yang benar adanya menurut pengamatan dari para praktisi senior dan penulis sendiri yang terus memperhatikan pengguna situs ini.

Manfaatkan tools yang disediakan Google untuk melakukan optimalisasi situs versi seluler, usahakan agar performanya selalu terjaga dengan baik. Salah satu solusi yang tepat untuk mengamati situs versi seluler adalah dengan menggunakan PageSpeed Insights yang disediakan pada Google webmaster tools.

Penayang yang tidak memperdulikan terhadap optimasi seluler ini kemungkinan akan kehilangan banyak pengunjung setianya atau bahkan tidak mendapat pengunjung baru karena situsnya yang tidak kompatibel dengan semua device.

Bagaimana menghindari pelanggaran kebijakan ?

Kebijakan Google menjadi salah satu fokus utama bagi siapa saja yang menjadi mitranya jika ingin bertahan lama. Beberapa penayang iklan Goolge AdSense hanya bertahan sebentar saja karena mereka nekad melakukan kecurangan sehingga terdepak dari lingkaran Google AdSense.

Berikut ini beberapa kecurangan yang umumnya dilakukan dan memicu adanya pelanggaran terhadap kebijakan Google AdSense :

  1. Menduplikat konten dari situs lain sehingga 100 persen sama dengan konten aslinya, kemudian menempatkan lebih banyak iklan pada halaman tersebut. Inilah awal dari kehancuran sang plagiator yang tidak akan bertahan lama di lingkaran Google.

  2. Menggunakan konten yang dibuat secara otomatis seperti AGC yang sangat terkenal di kalangan blogger. AGC merupakan pencurian konten yang sangat bertentangan dengan kebijakan Google AdSense.

  3. Iklan dibuat dalam satu halaman tanpa konten, hal ini sungguh sangat meresahkan pengunjung karena saat mereka landing pastinya akan kecewa karena hanya melihat iklan saja dan pada akhirnya akan merasa tertipu.

  4. Situs yang tidak mengikuti Pedoman Google Webmaster akan terkena dampaknya juga karena pastinya situs tersebut tidak teroptimasi dengan baik yang pada akhirnya dinilai tidak serius oleh Google. Jadi segera daftarkan situs ke Google Webmaster Tools.

Baca : Cara Mudah Daftar Google Webmaster Tools

Manfaatkan penempatan iklan Anda sebaik-baiknya

Penempatan iklan yang berlebihan dapat mengganggu performa situs dan sekaligus mengganggu kenyamanan pengunjung, jadi gunakan iklan dengan jumlah yang bijak. Perlu diketahui kalau penempatan iklan yang berlebihan tidak akan meningkatkan pendapatan AdSense.

Untuk situs versi seluler silahkan menggunakan unit iklan 320×100 atau unit iklan responsive di paro atas karena bagian tersebut merupakan area fokus pengunjung sehingga frekuensi kerterlihatannya tinggi. Bagian ini sering disebut-sebut salah satu tempat terbaik untuk iklan versi seluler.

Baca : Optimasi Iklan Adsense Ukuran 320×100 Pada Situs Seluler Agar Meningkatkan Earning [Saran Dari Tim Adsense]

Gunakan unit iklan ukuran vertikal 300×600 yang tetap terlihat saat pengunjung berpindah-pindah halaman tepatnya di bagian sidebar sebelah kanan. Unit iklan ini adalah salah satu ukuran iklan yang paling cepat berkembang dan sangat populer di kalangan pengiklan.

Untuk unit iklan 300×250 jangan sampai ketinggalan, tempatkan iklan ini pada awal paragraf sebelah kanan atau bisa juga sebelah kiri. Unit iklan ini merupakan primadona di kalangan pengiklan AdSense karena bisa meningkatkan pendapatan dengan cepat.

Kesimpulan

Untuk dapat meningkatkan pendapatan AdSense, sobat harus melatih keterampilan membuat konten yang dapat menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Apabila pengunjung masih di bawah 1000 uv (unique visitor) maka belum pecah telor, artinya pendapatan AdSense sobat pasti akan sangat kecil.

Jika pengunjung masih sedikit, saran penulis gunakan iklan maksimal 2 unit saja supaya situs tidak lemot.

Performa situs yang tidak bagus akan sangat mempengaruhi pergulatan SEO di SERP dan dapat menyebabkan situs terdepak dari arena persaingan.

Harap mempertimbangkan iklan dengan ukuran tertentu, karena terkadang ada yang tidak support dengan semua device.

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top