BLOGGING

PAKAI CARA INI UNTUK MENINGKATKAN TRAFIK BLOG DENGAN SEGERA

Meningkatkan trafik blog.jpg

Pakai Cara Ini Untuk Meningkatkan Trafik Blog Dengan Segera – Frekwensi keterlihatan konten pada mesin telusur sepenuhnya merupakan hasil dari optimasi yang benar. Sejauh mana optimasi tersebut dilakukan maka hasilnya akan berbanding lurus dengan keterlihatan konten tersebut, dalam hal ini konten akan semakin dekat dengan pengguna sehingga menjadi yang pertama mencuri perhatian mereka saat surfing di web.

Meningkatkan trafik blog merupakan pekerjaan yang tidak mudah karena memerlukan skill SEO yang mumpuni supaya langkahnya tepat dan hasilnya pun akurat. Setiap saat algoritma mesin telusur bisa saja melakukan perubahan sehingga harus selalu update informasi mengenai cara optimasi yang masih valid.

Mungkin submit URL artikel ke Google webmaster tools dan Bing webmaster tools sudah dianggap menjadi hal yang biasa ketika melakukan optimasi, kini saatnya melakukan cara lain yang lebih berpengaruh terhadap peringkat konten pada mesin telusur.

Baca : Cara Mudah Daftar Google Webmaster Tools

Ingat sebelum melakukan optimasi pastikan telah memiliki konten yang benar-benar unik dan layak dibaca oleh publik sehingga mereka tidak kecewa karena konten tersebut sangat bermanfaat. Sebaliknya jika konten yang disuguhkan berkualitas rendah atau bahkan tidak sama sekali, maka siap-siap saja diabaikan oleh mereka.

Bagaimana Cara meningkatkan trafik blog yang masih valid ?

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa kita semua setuju kalau kemasan konten itu harus dibuat menarik, mulai dari judul, deskripsi hingga gambarnya pun harus terlihat elegan. Dengan seperti itu pengguna akan segera melihat apa isi konten tersebut.

Berikut ini merupakan langkah yang sangat penting untuk dilakukan supaya konten menjadi lebih dekat dengan pengguna sehingga dapat berpotensi meningkatkan trafik blog dengan cepat :

Promosikan Konten Melaui Layanan Email Marketing

Simbol email marketing

Email Marketing

Email marketing merupakan layanan promosi online terpavorit di dunia, menurut para praktisi SEO layanan ini bisa meraih kesuksesan di atas rata-rata. Ada banyak penyedia layanan promosi yang satu ini dari kegiatan bisnis pemasaran produk perusahaan hingga untuk keperluan promosi blog pun juga tersedia.

Untuk keperluan blogging masih didominasi oleh fitur untuk blog berplatform WordPress karena layanan yang tersedia masih dalam bentuk plugin khusus, sementara bagi platform blogspot saat ini masih terbatas tetapi ada satu layanan yang disediakan oleh Goolge yaitu Feedburner. Pada Feedburner, sobat bisa menggunakan layanan email berlangganan walaupun blognya berplatform blogspot.

Jika sobat menjumpai kotak subscribe (berlangganan) pada halaman situs, maka itulah salah satu bentuk dari komponen navigasi email marketing. Dengan layanan ini pengguna yang berlangganan bisa mendapatkan informasi terbaru dari situs dengan cepat tanpa harus berkunjung ke situs terlebih dahulu karena informasi terkini sudah dikirim secara otomatis ke email mereka sehingga bisa lebih menghemat waktu.

Buatlah list email aktif untuk mengoptimalkan layanan subscribe ini, kemudian tawarkan kepada mereka untuk berlangganan informasi situs dengan cara memasukan daftar email tersebut ke aplikasi layanan email marketing selanjutnya tinggal menunggu persetujuan dari mereka.

Berkomentar Di Blog Lain Yang Memiliki Niche Sama

Berkomentar di blog.gif

Blog Walking

Sampai saat ini relevansi komentar di blog lain yang topiknya sesuai dengan niche di blog kita ternyata masih dipercaya dapat meningkatkan trafik situs sebagai feedback-nya. Alasannya cukup masuk akal yaitu pengguna atau pemilik situs itu sendiri akan mendapatkan referensi tambahan dengan topik yang serupa.

Baca : Pengaruh Relevansi Komentar Terhadap Seo

Contoh :

Blog A membahas tentang keindahan alam Indonesia
Blog B membahas tentang panorama pantai di Indonesia

Jika blog A berkomentar di blog B atau sebaliknya maka akan tercipta kerjasama diantara keduanya sehingga pengguna lain yang ikut berkomentar akan berpotensi mengunjungi kedua blog tersebut. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mendongkrak branding blog.

Jadwalkan secara rutin kapan kita berkunjung ke blog yang memiliki niche sama atau dengan kata lain yang memiliki topik sama dengan blog kita, untuk mempermudah langkah ini silahkan bookmark blog tersebut.

Buatlah Konsep Konten Yang Berbeda

Konten unik.jpg

Konten Unik

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa keunikan konten dapat menjadi magnet yang sangat kuat untuk menyedot perhatian pengguna sehingga rasa ingin tahu mereka cukup tinggi. Kunci sukses pada tahapan ini adalah improvisasi sehingga bisa membuat konten yang dapat menyesuaikan dengan selera mereka pada umumnya.

Baca : Cara Membuat Konten Yang Menarik Agar Pengunjung Kepelet [Kriteria Adsense]

Menuangkan inspirasi tanpa mengabaikan selera pembaca adalah hal yang tidak mudah karena kita dituntut untuk bisa merasakan apa yang orang lain rasakan ketika membaca artikel kita. Tujuannya adalah agar konten yang telah kita buat itu bisa diminati oleh banyak orang dan mereka nyaman membacanya.

Baca : Tips Katro Tentang Cara Memikat Pengunjung Supaya Ogah Keluar Dari Blog Kita

Sebenarnya ada banyak potensi di sekitar kita yang dapat melahirkan gagasan baru walaupun itu pernah ada sebelumnya, asalkan bisa menyuguhkannya dalam konsep yang unik maka pembaca akan tetap menyukainya hingga mereferensikan kepada komunitas mereka.

Share Ke Media Sosial

Share ke media sosial.jpg

Share ke media sosial

Saat ini media sosial merupakan surganya para praktisi online marketing untuk meningkatkan trafik blog mereka. Banyak dari mereka yang sukses pasca melakukan starch ke media sosial. Sebagai contohnya, salah satu tongkrongan paling ramai di dunia maya saat ini adalah facebook dan disinilah tempat pemasaran yang tergolong tepat dan cepat. Disini informasi bisa langsung disuguhkan ke hadapan jutaan audien yang sedang online sehingga cukup berpotensi untuk meningkatkan trafik blog.

Bergabunglah dengan grup-grup blogger yang sesuai dengan niche blog yang dimiliki supaya promosi dapat tertarget dengan baik, atau membuat grup sendiri pada media sosial yang melibatkan pengguna dalam jumlah yang banyak. Sebelum konten di share ke media sosial, alangkah baiknya diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan kualitasnya.

Jawab Pertanyaan Di Forum

Problrm solving.jpg

Problem Solving

Selain harus bisa optimasi, seorang blogger harus menguasai materi yang ia publikasikan melalui blognya dengan baik untuk memberikan penjelasan tambahan kepada visitor yang bertanya atau menjawab pertanyaan di forum yang ada kaitannya dengan niche blog.

Kita harus teliti menggunakan metode ini karena bisa berdampak besar terhadap personal branding sehingga bisa mendorong popularitas drinya sekaligus blognya. Semakin banyak memberikan solusi maka akan semakin dikenal apabila solusinya benar-benar tepat guna.

Baca : Berbagai Macam Kesalahan Blogger Pemula Yang Mesti Kamu Hindari

Apabila tidak menguasai materi sebaiknya urungkan niat untuk melakukan metode ini karena bisa menimbulkan kesalah pahaman dengan audien sehingga citra kita menurun. Hargai setiap pertanyaan yang diontarkan oleh pembaca karena itu bisa berdampak besar terhadap visibilitas blog.

Perbarui Konten Lama

Update.jpg

Perbarui Konten

Pengunjung sangat menyukai topik yang segar, inilah salah satu alasan mengapa poin ini penting untuk dilakukan. Seiring berjalannya waktu maka konten pun bisa menjadi lapuk atau kadaluarsa, sehingga menjadi kurang bermanfaat karena sudah ada inovasi terbarunya. Seperti halnya dalam Teknik blogging setiap saat selalu saja ada pembaruan.

Baca : Kupas Tuntas Cara Terbaru Membuat Konten Berkualitas [Update 2017]

Blog akan menjadi kurang optimal apabila terlalu banyak konten yang kadaluarsa sehingga visibilitas-nya bisa menurun. Ikuti tren yang sedang berjalan, jika ada kaitannya dengan niche blog maka segera melakukan pembaruan.

Buat Akun Youtube

Nonton Youtube.jpg

Youtube

Cara ini tergolong sangat ampuh untuk meningkatkan trafik blog dalam waktu singkat. Beberapa praktisi sudah mencoba menerapkannya dan hasilnya pun sangat memuaskan. Buatlah video yang menarik sesuai dengan niche blog, karena sebagian orang lebih menyukai menonton daripada membaca.

Kaitkan akun Yutube tersebut dengan blog untuk meyedot visitor dari yutube yang potensinya lebih besar. Buatlah video dari konten yang sobat tulis di blog. Misalkan artikel soal cara mendaftar AdSense, maka buatlah dengan konten videonya.

Pelajari Teknik SEO Dasar

Gambar SEO.jpg

Optimasi SEO

Keterampilan SEO sangat dibutuhkan dalam ber-online marketing untuk melakukan optimasi blog di mesin telusur supaya memiliki visibilitas yang lebih bagus sehingga frekwensi keterlihatannya tinggi, dengan begitu konten akan mudah dikenal oleh publik.

Ada banyak Teknik SEO yang bisa dilakukan, namun bagi seorang pemula mulailah dari pengetahuan dasar SEO agar nantinya bisa menyesuaikan dengan teknik selanjutnya. Sebaiknya mulailah dengan optimasi SEO on page (dalam situs) yaitu optimasi pada halaman itu sendiri termasuk penerapan keyword, setelah selesai baru dilakukan optimasi SEO off page (di luar halaman situs).

Baca : Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo ?

Kesimpulan

Kunci utama yang dapat meningkatkan trafik blog dengan cepat adalah artikelnya, apabila memiliki kualitas rendah maka trafik susah naik karena tidak ada visitor.

Buatlah kolom komentar yang mencantumkan email pembaca, supaya nantinya bisa kita gunakan untuk layanan email marketing.

Buatlah konten yang benar-benar unik dan dapat mencuri perhatian pengguna saat mereka menentukan pilihannya untuk mengklik situs.

Share ke media sosial dilakukan hanya satu kali saja dalam sehari, jangan melakukannya berkali-kali karena ini cukup beresiko bagi visibilitas konten.

Visitor dari yutube bisa berpotensi dalam jumlah yang banyak menurut para praktisi yang sudah menerapkan cara ini.

Pengetahuan SEO sangat menentukan keberhasilan promosi yang berbanding lurus dengan keterlihatan konten di mesin telusur.

3 Comments

3 Comments

  1. Ahmadi

    April 18, 2018 at 6:41 am

    Thanks for sharing this valuable tips to boost our traffic. Hoping to read more posts soon on your blog. feel free to visit mine here http://www.ahmadikatu.com

  2. buditriyanto

    April 27, 2018 at 9:48 am

    terimakasih informasinya sangat bermanfaat gan.bisa untuk acuan saya dalam meningkatkan trafik di blog saya.

  3. imah

    May 10, 2018 at 1:38 pm

    sangat bermanfaat gan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top