BLOGGING

CARA MENJADI PENULIS BLOG YANG BAIK AGAR SELALU KAYA INSPIRASI

Cara Menjadi Penulis Blog Yang Baik Agar Selalu Kaya Inspirasi – Menjadi penulis blog yang dapat membuat sebuah karya cipta untuk menginspirasi orang lain dan memberikan manfaat kepada mereka adalah sebuah pekerjaan yang menyenangkan terlebih lagi jika kita mendapatkan provit dari hasil karya tersebut shingga menjadi motivasi untuk semakin terus berkarya. Namun bukan hal yang mudah untuk bisa menjadi penulis blog yang baik karena memerlukan ketekunan, keinginan yang kuat dan SDM yang mumpuni sehingga selalu menghasilkan hasil karya yang inspiratif dan berdampak sosial. Bagi sobat yang masih pemula dalam hal menulis di blog tidak perlu khawatir karena ada banyak tips dari para penulis sukses mengenai cara menjadi penulis blog yang baik dan berkualitas, sobat tinggal rajin-rajin saja searching untuk bisa mempelajari tips dari mereka.

Di era modern ini blog telah menjadi salah satu media yang tepat bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang mereka cari. Kecanggihan teknologi internet dan kemajuan seni blogging membuat banyak hal yang sulit menjadi lebih mudah karena beragam tips dapat diperoleh di blog. Hal ini tentunya menciptakan peluang emas bagi para penulis blog untuk mengkomersialisasi blog mereka atau lebih dikenal dengan sebutan monetisasi. Apabila blog mereka memiliki informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak maka potensi sukses sudah di depan mata, hal ini bukan hanya sekedar hisapan jempol belaka karena telah terbukti tidak sedikit para penulis blog yang sudah membuktikan kesuksesannya dengan panghasilan yang funtastic dari blog yang mereka kelola sehingga tidak heran kalau banyak bermunculan penulis blog baru yang ikut berburu rezeki dan memasarkan karyanya di pasar konten.

Menjadi penulis blog memang membutuhkan mental yang kuat dan jangan mudah menyerah sehingga usahanya tidak kandas di tengah jalan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sorang penulis blog sukses meraih mimpinya menjadi kenyataan atau malah sebaliknya layu sebelum berkembang sehingga tidak memperoleh hasil sesuai harapan. Penulis menyadari kalau membuat sebuah karya cipta yang inspiratif itu tidak mudah, namun jika kita tahu bagaimana cara menjadi penulis blog yang baik maka semua itu akan menjadi gampang sehingga hasilnya maksimal.

Berikut ini adalah tips sederhana tentang cara menjadi penulis blog yang baik sehingga mampu membuat suatu hasil karya yang berkualitas :

1). Ada Niat menjadi penulis blog

Niat adalah hal yang paling mendasar untuk melakukan suatu perkara, oleh karena itu mulailah dengan niat yang baik agar mendatangkan hasil yang baik. Fokuskan tujuan menjadi penulis blog untuk membantu orang lain dengan keterampilan yang dimiliki dan jangan terlalu khawatir kalau ide kita tidak bermanfaat buat mereka, teruslah menulis di blog dengan tulisan yang kaya akan informasi karena dengan seperti itu blog kita akan berpotensi dikunjungi banyak orang.

2). Rajin Membaca

Untuk mengasah kemampuan daya fikir maka harus rajin membaca terutama membaca tulisan yang berkualitas seperti buku-buku karya penulis ternama atau artikel-artikel di blog khususnya yang berhubungan dengan niche blog yang sedang dibuat. Membaca juga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan sehingga ketika membuat karya tulis pasti akan sangat mudah untuk mengembangkan ide yang ada dalam topik tulisan. Penulis sendiri tidak jarang mengalami masalah kebuntuan ketika mengembangkan ide sebuah tulisan tetapi setelah rajin membaca sedikit demi sedikit masalah tersebut bisa teratasi. Bacalah tulisan dengan topik yang paling kita sukai agar pesan yang ada dalam bacaan tersebut dapat diserap dengan baik . Usahakan setiap hari menyempatkan waktu minimal 10 menit untuk membaca sehingga kita kaya akan informasi dan wawasan. Percayalah penulis yang memiliki wawasan yang luas akan menghasilkan karya yang berkualitas.

3). Rajin Menulis

Menjadi penulis blog yang berkualitas itu memerlukan skill khusus atau keahlian maka teruslah berlatih secara rutin dan berulang-ulang setiap hari agar menjadi terbiasa seperti yang dikatakan oleh Felix Siaw seorang penulis ternama asli Indonesia dalam bukunya yang berjudul : How To Master Your Habits.

β€œBila seseorang banyak melatih dan mengulang, terpaksa ataupun sukarela, dia pasti akan menguasai keahlian tertentu. Inilah yang namanya pembentukan kebiasaan alias Habits.”

Banyak orang yang belajar menulis namun mereka selalu saja menemukan kejenuhan dalam kegiatan belajarnya sehingga menimbulkan rasa malas yang dapat menghentikan kegiatan belajarnya dan penulis rasa pada posisi inilah kita harus melakukan perlawanan untuk menaklukan rasa malas tersebut. Maju terus dan paksakan untuk belajar menulis secara rutin setiap harinya karena itu akan sangat berpengaruh sekali untuk meningkatkan keterampilan menulis kita.

4). Rajin Menyimak Berita di Televisi atau Radio

Poin ini tidak jauh berbeda dengan poin 3 intinya menyimak, namun ada sedikit perbedaan di titik jenuhnya karena biasanya menonton atau mendengarkan itu lebih enjoy daripada membaca. Apalagi kalau menonton berita di televisi yang penyiar beritanya memiliki wajah yang rupawan atau mendengarkan penyiar berita di radio yang suaranya merdu bak suara bidadari dipastikan akan betah tuh menyimak beritanya :D. Selain kaya akan informasi berita-berita di televisi atau radio itu biasanya kaya akan bahasa yang elegan, inilah poin pentingnya buat kita untuk meniru gaya bahasa mereka dalam menyampaikan informasi. Penulis sangat mengutamakan bahasa dalam tulisan karena bahasa mencerminkan kepribadian seseorang.

5). Jalin Pertemanan dengan Penulis Lain

Berteman dengan penulis blog yang lain baik di dunia nyata ataupun di dunia maya itu sangat penting karena apabila kita ingin serius menjalani suatu profesi maka perbanyaklah menjalin pertemanan dengan mereka yang memiliki profesi yang sama dengan kita, supaya bisa saling bertukar fikiran dan yang paling penting setidaknya ilmu mereka bisa menular ke kita dan sebaliknya kita juga bisa mengamalkan ilmu yang kita miliki kepada mereka. Jangan pelit berbagi ilmu dan berilah solusi kepada mereka jika kita mampu memecahkan masalahnya untuk menjalin kedekatan dengan mereka karena hal itu dapat membuat hubungan timbal balik akan tumbuh secara alami.

Kelima hal di atas adalah cara yang paling mendasar untuk menjadi penulis blog yang baik dan semoga menjadi penambah semangat untuk terus berkarya. Ketahuilah kalau dibalik cerita pasti selalu ada makna yang tersirat, walaupun pahit namun bisa jadi itu adalah awal untuk memulai yang manis dan teruslah menulis untuk menginspirasi orang lain. Menjadi penulis blog yang baik butuh waktu yang panjang, oleh karena itu bersabarlah dan jangan pernah mudah menyerah dengan keadaan apapun situasinya tetaplah untuk selalu berusaha dalam mencapai tujuan. Sering-seringlah membaca dan menulis secara rutin agar menjadi terbiasa dalam merangkai kata-kata untuk sebuah karya cipta yang berkualitas dan jangan lupa untuk melakukan promosi kepada publik.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



38 Comments

38 Comments

  1. Irvan Maulana

    Oktober 19, 2016 at 4:17 pm

    Tips yang bermanfaat gan (y) menjadi ilmu buat saya ketika menulis artikel (y) good luck

  2. SPNET Group

    Oktober 19, 2016 at 4:17 pm

    Rajin membaca dan rajin menulis, serta tekad yang kuat untuk konsisten menulis adalah kunci blogger sukses

  3. Usman West Java

    Oktober 19, 2016 at 4:19 pm

    Thanks gan, selamat berkarya semoga sukses

  4. Usman West Java

    Oktober 19, 2016 at 4:21 pm

    Bener banget Hu, hal itu bisa menambah daya fikir juga… πŸ™‚

  5. Blind 51

    Oktober 19, 2016 at 4:31 pm

    Nah, ini yg ane cari gan. Semoga ane memenuhi kriteria yg agan cantumin.

  6. Usman West Java

    Oktober 19, 2016 at 4:33 pm

    smangatgan, artikel berkualitas akan dicintai rakyat… πŸ™‚

  7. AL Nero

    Oktober 21, 2016 at 7:57 am

    mantap gan, saya yg dr group namnya Nafi maaf telat gan πŸ˜€ mantap nih artikel

  8. Adsensenesia

    Oktober 21, 2016 at 7:57 am

    thanks kang artikelnya keren berkualitas…

  9. hasby arif

    Oktober 21, 2016 at 8:08 am

    menulis artikel memang perlu skill dan kaya akan kosa kata untuk menciptakan artikel yang baik dan enak di baca

  10. Kang Ilmi

    Oktober 21, 2016 at 8:08 am

    intinya itu gan ada niatnya, kalo gak ada niat biasanya cepet waleh ( bosen ) nulis artikelnya

  11. Usman West Java

    Oktober 21, 2016 at 8:09 am

    happy blogging, ciptakan hasil karya yang bekualitas… πŸ™‚

  12. Usman West Java

    Oktober 21, 2016 at 8:10 am

    yap, kalau ga da skill hasilnya jadi kurang maksimal… πŸ™‚

  13. Usman West Java

    Oktober 21, 2016 at 8:12 am

    iya gan…perlu niat yang tulus kemudian dibuktikan dengan perbuatan…

  14. Hidup Sehat

    Oktober 21, 2016 at 3:27 pm

    yang paling penting dari semua itu adl niatnya minn. kalau gak ada niat ya bubrah hehe πŸ˜€

  15. Catatan_sofyan

    Oktober 21, 2016 at 3:27 pm

    boleh juga ni dicoba. mantap tips nya kang.

  16. Almuntaqum Abdullah

    Oktober 22, 2016 at 5:29 am

    semua tipsmu udah gua lakuin gan, semoha aja ane bisa jadi penulis blog yang baik, Aamiin…. πŸ˜€

  17. Heri Assidiqi

    November 7, 2016 at 9:55 pm

    Sepertinya saya harus banyak belajar disini πŸ™‚

  18. ricky hidayat

    November 7, 2016 at 9:57 pm

    iya juga yah . semoga saya bsa jdi pnulis artikel yg berbakat .:D

  19. Dede Ian

    November 7, 2016 at 10:04 pm

    Gaya bahasa artikelnya mantap bgt οΏ½οΏ½
    Sangat bermanfaat kawan ??

  20. Usman West Java

    November 7, 2016 at 10:09 pm

    Bener banget kawan, seperti se ekor burung terbang kalau ga ada niat pasti dia gak terbang…

  21. Usman West Java

    November 7, 2016 at 10:10 pm

    Silahkan Hu, semoga tips saya membantu …

  22. Usman West Java

    November 7, 2016 at 10:11 pm

    semoga dimudahkan dalam menyampaikan hal yang baik ,,, semangat gan,,,

  23. Usman West Java

    November 7, 2016 at 10:11 pm

    Semangat gan Ricky …pasti bisa

  24. Usman West Java

    November 7, 2016 at 10:12 pm

    Mari belajar bersama-sama, semangat Gan,,,

  25. Usman West Java

    November 7, 2016 at 10:13 pm

    thanks Gan, ayok belajar sama-sama . . πŸ˜€

  26. Danu Adji

    November 8, 2016 at 11:24 pm

    Tips yang kelima ini tidak semua bloger bisa menjalaninya min… thanks you min atas tipsnya, udah 6 bulan lebih saya menulis tanpa ada kebuntuan ide lebih dari 2 hari. Tambahan saja min adain refresing bentar keluar dari rumah πŸ˜€

  27. Muhammad Rifky

    November 8, 2016 at 11:25 pm

    Makasih tipsnya bro.

    Lagi belajar photoshop? Cek di sini submatriks.blogspot.com

  28. Usman West Java

    November 9, 2016 at 7:38 pm

    sama-sama gan,, selamat mencoba

  29. Usman West Java

    November 9, 2016 at 7:41 pm

    sama-sama gan, menulis dan terus menulis akan meningkatkan skill, lambat laun tulisan kita akan semakin bagus jika kita rajin menulis. Menjalin pertemanan dengan blogger sangat diperlukan supaya bisa sharing dan bertukar fikiran. Happy Blogging

  30. Infamous Blog Indonesia

    November 12, 2016 at 11:02 pm

    bener banget gan, yang terpenting untuk menjadi seorang penulis yang baik yaitu dengan terus menulis. πŸ™‚ πŸ™‚

    terima kasih info nya, sangat membantu sekali!
    sukses! πŸ˜€

  31. Usman West Java

    November 12, 2016 at 11:07 pm

    ya betul gan, menulis dan terus menulis untuk mengasah kemampuan kita, jika ingin serius ngeblog maka harus konsisten dan rajin. lama kelamaan pasti hasilnya akan semakin baik.

  32. Bos Informasi

    November 19, 2016 at 3:05 am

    Kalau saya nih mas, untuk menjadi penulis yang baik ialah harus pandai membaca. Kenapa? Ya dalam kitab suci saja kalau sudah Iqro' maka harus Bil Qolam. Atau menulis. Niat yang sudah tertata harus disertai dengan prakteknya. Belajar membaca dan belajar menulis

  33. Usman West Java

    November 19, 2016 at 3:14 am

    Karena pada umumnya setelah kita membaca kemudian kita tulis itu daya ingat kita bertambah gan, sebagai contoh kecil yang pernah saya rasakan ketika membuat artikel ini saya telah mempraktekan poin ini. Perbedaannya terasa banget dengan tadinya kita jarang membaca kemudian kita membuat sebuah tulisan itu akan kaku baik dari EYD nya hingga ke topiknya yang acak-acakan dan penuturan bahasa yang kurang pas, bisa dilihat pada pembahasan perdana saya di blog ini yang kurang pas untaian kata-nya. Berbeda halnya setelah kita rajin membaca lalu kita menulis sebuah artikel pasti akan terasa ringan dalam penuturan bahasanya dan mengerti bahasa yang umum karena tidak semua pembaca itu mudah mengerti dengan gaya tulisan kita sendiri.

    Jelas gan, implementasi itu wajib. Kita jangan mau jadi pendengar atau pembaca saja sehingga menjadi No Action Top Only (tidak ada pergerakan hanya bicara saja) akan kosong dan hampa.

  34. M. Sobar

    November 19, 2016 at 6:48 pm

    saya sering buntu ide nie gan.wkkwkw

  35. Usman West Java

    November 19, 2016 at 6:54 pm

    Perbanyak membaca teori sesuai dengan niche blog agan apa, setelah itu lakukan riset sederhana dan carilah referensi dari sumber yang dapat dipercaya. Jangan terburu-buru dalam membuat konten artikel dan usahakan membuat artikel tidak sedang bad mood dan buatlah artikel dalam keadaan smart mood.

  36. GarfieldFps

    Januari 16, 2017 at 9:32 pm

    I see your blog needs some unique & fresh content.
    Writing manually is time consuming, but there is tool for this task.
    Just search for – Digitalpoilo’s tools

  37. Usman West Java

    Januari 16, 2017 at 10:28 pm

    thank you Garfield for your offer, maybe I’ll consider another time

  38. 78Jordan

    Januari 19, 2017 at 9:15 pm

    I must say you have high quality articles here. Your page can go viral.
    You need initial boost only. How to get it? Search for:
    Etorofer’s strategies

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top