BLOGGING

CARA MENULIS ARTIKEL YANG BAIK UNTUK BLOG AGAR MENDATANGKAN REZEKI DAN PAHALA

Cara Menulis Artikel Yang Baik Untuk Blog Agar Mendatangkan Rezeki Dan Pahala – Salam hangat penulis haturkan buat sobat pembaca yang budiman semoga selalu diberikan kesehatan dan kecerdasan dalam belajar untuk berkembang menjadi lebih baik dari hari kemarin.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang bagaimana cara menulis artikel yang baik untuk blog agar mendatangkan kebaikan berupa rezeki ataupun pahala.

So, buat sobat yang belum memiliki blog jangan berkecil hati mari kita belajar bersama-sama dan buat sobat yang sudah memiliki blog agar selalu menjaga reputasi blognya dan berusahalah memahami bagaimana cara menulis artikel yang baik agar dapat mendatangkan kebaikan dari blog tersebut.

Dalam seni blogging seorang penulis blog wajib memahami cara menulis artikel yang baik agar tercipta artikel yang bermutu untuk pembacanya. Belajar cara menulis artikel yang baik tidaklah sulit tetapi membutuhkan kesabaran, ketekunan dan ketelitian.

Banyak penulis blog yang terburu-buru ketika menulis artikel dengan alasan kejar target karena blog ingin segera dimonetisasi, tentunya hal ini adalah sebuah kesalahan karena terlalu memperhatikan kuantitas sedangkan kualitas diabaikan.

Bukan tidak mungkin kalau hal ini dapat menyebabkan tumbuhnya sikap meterialistis bagi sang pemilik blog, penulis tidak menyalahkan sikap ini karena bisa menjadi pemicu semangat sang blogger untuk semakin giat menulis artikel. Namun jangan terlalu fokus dengan sikap materialistis ini agar ruang keikhlasan tidak menyempit.

Fokuslah mempelajari cara menulis artikel yang baik dan rubah mindset kita dari mendatangkan uang menjadi mendatangkan rezeki dan pahala, mengapa? Karena jika mindset kita mendatangkan uang kemungkinan akan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan, sedangkan jika mindset kita mendatangkan Rezeki dan Pahala maka dipastikan hasil karyanya akan terjaga dari unsur tidak terpuji yang dapat merusak moral orang lain sehingga menjadi sebuah hasil karya cipta yang berkualitas, maka jadilah blogger yang berbudi pekerti luhur dan mengerti bagaimana tata cara menulis artikel yang baik.

Sebuah blog yang berkualitas dan memiliki reputasi yang baik tentunya tidak luput dari artikel yang menarik untuk dinikmati pemirsa setianya, itu sudah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan lagi dari seni blogging.

Oleh karena itu sang penulis dituntut untuk mengetahui cara menulis artikel yang baik supaya hasilnya menarik, selain itu artikel juga harus bermanfaat dan bernilai positif bagi pemirsa agar mereka puas dengan apa yang kita suguhkan.

Jadi untuk dapat menulis artikel yang berkualitas itu butuh persiapan yang matang sebelum artikel dipublikasikan agar hasilnya tidak mengecewakan. Seorang blogger pastinya harus mampu menciptakan artikel yang baik dan berkualitas agar memiliki daya saing tinggi khususnya di pasar konten, baik tingkat nasional maupun internasional, right?

Tidak gampang untuk dapat menulis artikel yang berkualitas agar mendatangkan rezeki dan pahala karena harus melakukan analisa terlebih dahulu supaya apa yang kita suguhkan ke publik itu benar-benar dikuasai dan bisa dipertanggung jawabkan dunia dan akhirat.

Jika seorang blogger tidak mengetahui cara menulis artikel yang baik maka dipastikan tidak akan bertahan lama karena kemungkinan besar akan kehabisan ide dan mulai bermalas-malasan untuk menulis artikel.

Selain itu, artikelnya pun terkesan asal-asalan dan tidak jelas materinya, akhirnya dia menjadi seorang blogger yang kesepian karena publik tidak tertarik dengan artikelnya sehingga dicuekin sama mereka.

Nah, makanya sob pengetahuan tentang cara menulis artikel yang baik sangat diperlukan dalam seni blogging, untuk itu ayo kita bangkit bareng-bareng untuk menjadi blogger yang bahagia dan sukses membahagiakan orang lain dengan menulis artikel yang bermanfaat dan berkualitas buat mereka.

Betapa mulianya sorang blogger yang mampu menulis artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca setianya, pasti ada kepuasan batin tersendiri dan pastinya blog yang dia kelola akan mendapatkan reputasi yang baik.



Oleh karena itu seorang blogger harus selalu bersemangat dan jangan mudah menyerah begitu saja, terus belajar untuk dapat memahami bagaimana cara menulis artikel yang baik dan berkualitas.

Ingat sob bisa saja disaat kita menyerah sebenarnya selangkah lagi kita menuju keberhasilan, tetaplah berusaha untuk menjadi yang terbaik karena setiap usaha pasti akan menuaikan hasil.

Seorang blogger harus tangguh dalam menciptakan karya terbaiknya agar mendapatkan tempat di hati pemirsanya. Percayalah sobat jika kita bersikap tulus dan ikhlas maka pintu rezekipun akan terbuka dengan sendirinya.

Sesuatu yang baik akan menghasilkan yang baik dengan sendirinya baik itu berupa rezeki atau pahala, oleh karena itu teliti sebelum bertindak menjadi suatu hal yang wajib dilakukan dalam seni blogging untuk menghasilkan karya cipta yang berkualitas dan bermanfaat.

Menyikapi hal ini penulis akan mencoba memberikan sedikit tips tentang bagaimana cara menulis artikel yang baik untuk blog dari mulai persipan sampai penulisan artikel.

cara menulis artikel blog

Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan sebelum menulis artikel :

1). Suasana hati harus tenang

Dalam teknik cara menulis artikel yang baik hal ini menjadi poin utama karena kalau kita hendak menulis artikel maka suasana hati harus tenang.

Bayangkan apabila kita menulis artikel sambil nangis-nangis karena baru diputusin pacar atau sambil bertengkar dengan tetangga sebelah karena tidak terima digosipin, pasti kurang atau bahkan tidak akan konsentrasi sehingga artikel jadi berantakan.

Menulis artikel yang baik itu harus dengan hati dan perasaan yang mendukung agar hasilnya maksimal.

2). Hindari gangguan anak-anak

Gangguan anak kecil terkadang dapat memecahkan konsentrasi kita saat menulis artikel, oleh karena itu sempatkan waktu khusus untuk menulis artikel agar fokus dengan apa yang sedang dikerjakan, atur waktu yang baik agar pekerjaan sobat mendapat hasil yang maksimal.

Bagaimana kalau kita diganggu ibunya? Itu lain lagi cerita sob, kalau ibunya yang ganggu berarti kita harus berhenti menulis artikel πŸ˜€ . Jadi intinya menulis artikel membutuhkan suasana yang tenang.

3). Pastikan tidak sedang lapar

Sebelum sobat menulis artikel pastikan dulu perut terisi dengan baik karena ini bisa mengganggu kesehatan dan otak tidak dapat bekerja secara maksimal.

Perlu sobat ketahui, kita butuh energi lebih banyak untuk otak kita ketika sedang bekerja khususnya menulis artikel karena pekerjaan ini membutuhkan konsentrasi tinggi.

Ketika kita menulis artikel dalam keadaan lapar maka ide pun pasti akan berkurang, hal ini pernah terjadi pada penulis sendiri yang mengalami gangguan konsentrasi karena menahan rasa lapar sehingga tidak fokus . Mungkin dengan menyediakan sedikit cemilan itu lebih baik.

4). Lingkungan harus bersih

Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi kita pada saat sedang melakukan pekerjaan dengan tingkat konsentrasi tinggi seperti menulis artikel. Pastikan tempat dimana kita menulis artikel itu bersih dan tidak bau karena hal ini juga dapat mengganggu konsentrasi.

Penulis sendiri sering merasa tidak nyaman ketika menulis artikel di tempat yang acak-acakan seperti kapal pecah akhirnya kurang konsentrasi.

Carilah tempat yang nyaman untuk mencari inspirasi semisal di ruangan yang sepi, di bawah pohon rindang di pinggir danau atau di tempat favorit sobat karena biasanya kalau mencari inspirasi itu sangat cocok di tempat yang indah.

Β cara menulis artikel berkualitas

5). Ada koneksi Internet

Koneksi internet sangat dibutuhkan ketika kita sedang menulis artikel untuk mencari referensi yang berhubungan dengan topik artikel yang sedang kita buat, apalagi jika kita menulis artikel langsung di blog.

Pastikan selalu memeriksa kuota paket internet agar tidak ada gangguan koneksi karena kehabisan kuota internetnya. Gangguan koneksi internet dapat menggangu mood kita pada saat sedang melakukan aktivitas blogging terutama ketika menulis artikel.

Saran dari penulis gunakanlah koneksi internet yang handal supaya aktivitas blogging sobat tidak terganggu.

Itulah lima poin penting yang harus sobat perhatikan agar konsentrasinya tetap terjaga ketika akan menulis artikel.

Baik, untuk selanjutnya penulis akan memberikan tips cara menulis artikel yang baik untuk blog agar dapat menulis artikel yang berkualitas. Berikut adalah caranya :

1). Riset Kata Kunci

Seorang blogger yang memahami bagaimana cara menulis artikel yang baik pasti akan melakukan riset kata kunci sebelum menciptakan karyanya.

Riset kata kunci perlu dilakukan untuk mendapatkan informasi topik apa yang sedang nge-trend atau paling banyak dicari oleh pengguna internet di pasar konten setiap harinya agar konten benar-benar dibutuhkan oleh pengguna.

Kita ambil contoh sederhana ketika mau berjualan di suatu pasar tradisional maka kita harus mencari tahu dulu ke lokasi pasar tersebut barang apa yang paling banyak dicari disana agar jualan kita cepat laku atau setidaknya ada pengunjung pasar yang mampir ke warung kita walaupun hanya sekedar melihat saja.

Riset kata kunci yang tepat sangat menentukan reputasi blog dan dapat mendatangkan pengunjung dengan cepat. Mengapa? Karena jika kita membuat konten dengan kata kunci yang paling banyak dicari pengguna maka blog kita memiliki peluang besar untuk kebanjiran pengunjung.

Ada banyak tool yang dapat digunakan untuk melakukan riset kata kunci, inilah beberapa tool yang penulis gunakan berdasarkan rekomendasi dari para jawara blogger Indonesia :


β€’ Google Keyword Planner

β€’ Keywordtool

β€’ Ubersuggest

β€’ Market Samurai

Apabila sobat ingin serius menulis artikel maka wajib menguasai tools di atas. Ada banyak teman-teman blogger yang membahas teknik penggunaan tools tersebut.

Untuk mengetahui cara riset kata kunci paling jitu penulis merekomendasikan informasi dari mas sugeng seorang blogger kondang asli Indonesia, silahkan buka saja link-nya.

2). Memperhitungkan Keyword Density

Secara bahasa keyword density artinya kepadatan kata kunci. Secara teoritis keyword density merupakan jumlah pengulangan kata kunci dalam sebuah artikel berbanding dengan jumlah seluruh kata dalam artikel tersebut.

Dalam teknik cara menulis artikel mungkin hal ini sudah tidak asing lagi karena selalu dilakukan oleh para blogger professional agar artikelnya dikenali mesin pencari (search engine).

Beberapa praktisi SEO menyebutkan bahwa persentase keyword density dalam sebuah artikel idealnya 1 -3 persen. Dalam memperhitungkan keyword density haruslah teliti jangan melebihi jumlah ideal karena akan berakibat fatal pada mesin pencari, jika terlalu banyak maka akan dianggap spam karena menggunakan pengulangan kata kunci yang berlebihan atau keyword stuffing, oleh karena itu penggunaan kata kunci harus dilakukan dengan teliti.

Untuk lebih jelasnya silahkan sobat pelajari manfaat keyword density pada halaman berikutnya.

3). Gunakan gambar yang benar

Dalam sebuah artikel Β penggunaan gambar sangat berpengaruh, penulis blog wajib tau hal ini karena penggunaan gambar yang tepat akan berdampak kepada kredibilitas artikel tersebut baik di mesin pencari ataupun di mata pengunjung.

Mulailah menulis artikel dengan menggunakan gambar yang benar sesuai dengan topik artikel tersebut. Berikut adalah kriteria gambar yang benar untuk artikel :

β€’ Hasil karya sendiri

β€’ Tidak melanggar hak cipta orang lain

β€’ Bukan gambar porno

Tiga hal di atas harus benar-benar diperhatikan ketika menulis artikel supaya apa yang kita tulis itu rasional dan aman di mesin pencari.

Google sangat tidak menyukai konten yang melanggar hak cipta, jika itu terjadi maka resikonya pasti blog kita akan ditendang dari rumahnya.

Untuk mengatasi hal ini sobat tidak usah bingung karena ada banyak situs penyedia gambar gratisan dan ramah terhadap mesin pencari, silahkan saja dipelajari.

4). Gunakan bahasa yang baik dan benar

Bahasa adalah pembuka jendela dunia, bahasa menjadi faktor pendorong reputasi sebuah artikel atau bahkan penulisnya. Jika menulis artikel dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar maka akan memudahkan pengguna untuk memahami artikel tersebut, selain itu bahasa dalam artikel mencerminkan professional atau tidaknya sang penulis.

Sebagai contoh, penulis merekomendasikan blognya Mas Medhy Aginta Hidayat , dimana setiap konten yang disajikannya selalu enak dibaca dan tata bahasanya elegan karena pengetahuan cara menulis artikelnya sudah tidak diragukan lagi.

Ketika menulis artikel jangan menggunakan bahasa alay atau yang kurang dimengerti oleh publik secara keseluruhan. Tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti artikel kita dibuka oleh orang luar negeri dan mereka menggunakan mesin penerjemah bahasa untuk memahami artikel kita maka jika artikel kita menggunakan bahasa yang baik dipastikan hasil terjemahannya akan sempurna.

5). Perhatikan jumlah kata dan tanda baca

Dalam peraturan cara menulis artikel yang baik versi para jawara blogger jumlah kata dalam sebuah artikel untuk blog jangan terlalu sedikit, minimalnya ada 300 kata.

Deskripsikan topik artikel dengan lengkap karena hal ini bisa memproduksi jumlah kata yang banyak. Walaupun jumlah kata harus banyak tapi kualitas kalimat harus diperhatikan dan jangan bertele-tele.

Selain jumlah kata, hal lain yang perlu diperhatikan ketika menulis artikel adalah penggunaan tanda baca karena hal ini sangat penting untuk menjaga keefektifan berkomunikasi. Penggunaan tanda baca yang kurang tepat dapat menyebabkan kericuhan dan kelancaran komunikasi bisa terganggu.

6). Perhatikan tata letak tulisan dan gambar

Suatu hal yang membuat pengunjung blog tidak nyaman adalah tata letak tulisan dan gambar artikel yang tidak teratur seperti ukuran huruf yang tidak sama atau gambar yang kurang jelas sehingga menganggu penglihatan.

Untuk ukuran tulisan yang ideal adalah 15 px, jangan terlalu kecil karena pembaca akan merasa kurang nyaman ketika membacanya. Gunakan huruf italic (miring) untuk istilah bahasa asing dan jangan membuat singkatan kata yang kurang tepat seperti kata β€œyang” disingkat menjadi β€œyg” karena hal ini penulis rasa kurang pantas jika diterapkan dalam artikel dan terkesan tidak etis.

7). Kuasai materi artikel

Penulis blog yang jenius sangat disukai pengunjung karena sebagian besar pengunjung itu membutuhkan layanan dari sang penulis blog yang dibacanya. Oleh karena itu penulis tekankan jika sobat menulis artikel maka pastikan sobat menguasai materinya sehingga jika ada pengunjung yang bertanya seputar topik artikel sobat bisa menjawabnya dengan baik.

Ingat kepuasan pengunjung sebuah blog adalah tanggung jawab sang pemilik blog itu sendiri, jadi layani pengunjung dengan sepenuh hati sehingga mereka tidak kecewa karena telah mendapatkan pelayanan sesuai harapan mereka, semakin puas pengunjung dengan pelayanan kita maka konten kita aka semakin direkomendasikan oleh mereka .

Tidak sedikit penulis blog yang tidak menguasai materi yang ia publish di blognya sehingga tidak mampu melayani pertanyaan pengunjungnya dan akhirnya pengunjung merasa kapok karena dicuekin dan tidak mau berkunjung lagi.

8). Buatlah artikel yang sopan

Hal yang tidak kalah menarik adalah dampak sosial yang ditimbulkan dari sebuah artikel, jangan berbuat yang konyol dalam mempublikasikan sesuatu ke dunia maya seperti menulis artikel yang dapat menebarkan kebencian, pornografi, menghina orang lain, menghina agama dan masih banyak lagi hal konyol yang dapat merugikan kita.

Ingatlah sobat kalau artikel yang kita publish ke dunia maya itu tidak menutup kemungkinan menjadi viral dan hasil baik atau hasil buruknya akan kita rasakan maka pelajarilah dengan baik tata cara menulis artikel sebelum membuatnya.

Buatlah artikel yang menarik dan berkualitas terutama yang sifatnya mendidik ke arah yang lebih baik karena itu akan sangat menguntungkan orang lain. Jangan terlalu memikirkan keuntungan untuk diri sendiri dan biasakan senang berbagi tanpa pamrih.

Percayalah setiap kita menanam kebaikan pasti akan berbuah kebaikan , Allah SWT Maha mengetahui apa yang kita kerjakan.

9). Pesan Moral

Sebuah karya tulis dipastikan memiliki pesan moral yang dapat mendidik pembacanya ke arah yang lebih baik. Pesan moral merupakan amanat yang disampaikan dalam cerita sebuah tulisan sehingga mampu memberikan pelajaran yang berharga bagi pembacanya. Pesan moral tentunya harus bersifat positif dan membangun bukan sesuatu yang dapat menimbulkan kerusakan mental.

Begitulah prinsip sederhana dalam cara menulis artikel yang baik untuk blog, semoga ulasan ini bisa membantu dan bermanfaat.

Kesimpulan akhir dari ulasan ini adalah konsentrasilah ketika menulis sebuah artikel untuk blog dan jangan menulis artikel yang dapat merusak moral orang lain karena itu perbuatan yang sia-sia dan sungguh tidak terpuji.

Ketika pengguna merasakan manfaat dari artikel yang kita tulis maka pintu rezeki dan pahala akan terbuka lebar untuk kita tanpa harus diminta.

Sebuah blog bisa menjadi ladang amal atau ladang dosa tergantung sang pemilik blog itu sendiri dalam menyajikan karyanya. Harapan penulis semoga terlahir penulis blog yang baik dan berbudi pekerti luhur yang dapat membangun blog yang berkualitas sehingga dapat mendidik penerus bangsa ini menjadi lebih baik khususnya dalam seni blogging.

Dalam pembahasan cara menulis artikel ini masih terdapat banyak kekurangan dan penulis akan sangat menghargai untuk sobat yang mau menutupi kekurangannya, silahkan lengkapi di kolom komentar, Njeh…!

44 Comments

44 Comments

  1. rulnove

    November 10, 2016 at 12:53 am

    makasih infonya mas:)

  2. rifan hidayat

    November 10, 2016 at 4:47 am

    Kalau gak ada gambar gimana gan

  3. Erlangga Saputra

    November 10, 2016 at 8:54 am

    mantaap artikelnya gan bener banget sekarang byk blogger yang menulis dan mengelola blog hanya untuk uang karna itulah byk artikel hasil copas

  4. Bos Informasi

    November 10, 2016 at 9:15 pm

    Itu yang agan sampaikan benar semuanya. Blogger yang tidak konsisten akan jatuh dikemudian hari

  5. Usman West Java

    November 10, 2016 at 10:24 pm

    sama-sama gan, selamat berkarya dan berikan ilmu yang bermanfaat buat negeri ini…

  6. Usman West Java

    November 10, 2016 at 10:27 pm

    Gambar tidak termasuk kriteria penilaian google, menurut google jika sebuah artikel ga ada gambarnya tidak menjadi permasalahan serius, tetapi versi pengunjung mungkin hal ini akan membosankan jika konten hanya berisi tulisan saja, alangkah baiknya menggunakan gambar yang relevan. Jika ingin menggunakan gambar dari situs lain maka cantumkan sumbernya di bawah gambar tersebut.

  7. Usman West Java

    November 10, 2016 at 10:32 pm

    Betul sekali gan, seorang blogger harus berjiwa sosial tinggi. Jangan jadi blogger yang mata duitan karena bisa buntu di tengah jalan karena hanya memikirkan keuntungan diri sendiri.

  8. Usman West Java

    November 10, 2016 at 10:46 pm

    Begitulah blogger karbitan gan, tapi tidak usah kuatir google tahu persis mana yang asli dan mana yang copas. Biarkanlah mereka berkarya dengan caranya. perlu diketahui kalau copas itu sama saja dengan membasmi diri sendiri dan tidak akan dapat tempat yang bagus di SERP karena artikel yang asli udah nangkring duluan.

  9. Seputar Terbaru

    November 11, 2016 at 9:41 am

    Artikelnya keren kang,jadi semangat nulis lagi ane hehe….

  10. Nelson Edduar Daus

    November 11, 2016 at 9:41 am

    seeep

  11. Nelson Edduar Daus

    November 11, 2016 at 9:41 am

    Artikelnya Menarik gan…. dan infonya benar" bermanfaat … πŸ˜€

  12. OFFICIAL ADMINISTRATOR

    November 11, 2016 at 9:41 am

    mantap,, ingin jadi penulis tamu di suatu blog ? ayo ikutan jadi penulis tamu di Jurnaliscun.info caranya klik link berikut Web Portal Pendidikan

  13. Indo Blog

    November 11, 2016 at 10:44 am

    Woahh keren.. Thanks bisa di coba nih

  14. Download Film Indonesia

    November 11, 2016 at 8:36 pm

    Sangat membantu & sangat lengkap, terima kasih.

  15. Prayoga Fauzan

    November 11, 2016 at 8:37 pm

    Mantap kak artikelnya….. cocok ni buat yang masih pemula kaya saya,,,, heheheh πŸ™‚

  16. Usman West Java

    November 11, 2016 at 8:40 pm

    thanks gan, nulis artikel memang harus semangat biar hasilnya bisa maksimal dan inspiratif

  17. Usman West Java

    November 11, 2016 at 8:41 pm

    Happy Blogging gan, mari menulis untuk memberikan dampak positif buat pembaca …

  18. Usman West Java

    November 11, 2016 at 8:42 pm

    thanks gan, nanti insya alloh saya coba guest posting … πŸ˜€

  19. Usman West Java

    November 11, 2016 at 8:43 pm

    Happy blogging gan . . .

  20. Usman West Java

    November 11, 2016 at 8:44 pm

    sama-sama gan . . .

  21. Usman West Java

    November 11, 2016 at 8:46 pm

    Pemula itu harus banyak belajar dan berkomunikasi dengan blogger lainnya, kita ngeblog itu gak bisa sendirian. Sukses dan tidaknya sebuah blog tergantung sang pemiliknya dalam mengolah blog tersebut dan menjalin hubungan pertemanan dengan blogger lain. Happy Blogging

  22. Hamid rosyadi

    November 13, 2016 at 3:39 am

    bener bgt.. Makasih pencerahannya. Salam blogger sob.

  23. jefrial ivannores

    November 13, 2016 at 5:49 am

    Bagus isi nya. sangat membantu.
    Kunjungi juga paradisandi.com

  24. riyans W

    November 13, 2016 at 1:39 pm

    Mantap. Jadi blogger yg manfaat dunia n akhirat. Thanks ilmunya. Moga istiqomah…

  25. Teguh Dimas Yudistira

    November 13, 2016 at 1:39 pm

    Menginspirasi gan. Ane praktekin dah.. πŸ™‚

  26. sii u

    November 13, 2016 at 1:39 pm

    kaya dengan kata-kata. luar biasa mas

  27. Irvan

    November 13, 2016 at 1:40 pm

    mantap kang ulasannya πŸ™‚

  28. Dek Dipa

    November 13, 2016 at 9:16 pm

    Wah bagus nih artikel, patut di coba.

  29. Usman West Java

    November 14, 2016 at 2:21 am

    Thanks sob,semoga jadi bahan pertimbangan untuk menciptakan karya yang inspiratif.

  30. Usman West Java

    November 14, 2016 at 2:22 am

    Semoga semakin berkembang sob karya terbaik kita sangat mereka butuhkan.

  31. Usman West Java

    November 14, 2016 at 2:24 am

    Amiiin… sama sama sob, mari sebarkan ilmu yang bermanfaat melalui ngeblog..

  32. Usman West Java

    November 14, 2016 at 2:26 am

    Semangat sob, ayo menulis yang berkualitas dan bernilai positif

  33. Usman West Java

    November 14, 2016 at 2:27 am

    Terimakasih sob. Happy blogging…

  34. Usman West Java

    November 14, 2016 at 2:28 am

    Selamat mencoba sob, semoga sukses menjadi penulis yang baik dan benar.

  35. Usman West Java

    November 15, 2016 at 12:00 am

    This comment has been removed by the author.

  36. Design Ngasal

    November 27, 2016 at 2:22 pm

    bermanfaat bnget haha.. ini tips buat blogger baru kek saya

  37. Usman West Java

    November 27, 2016 at 2:24 pm

    selamat bereksperimen gan, sangat ampuh tips saya di atas. Banyak banyak belajar dan tingkatkan SDMnya dalam bidang seni blogging khususnya agar sukses…

  38. Prayogablog

    November 29, 2016 at 12:46 am

    Emang ngaruh ya kak ???

  39. Usman West Java

    November 29, 2016 at 12:51 am

    Itu semua berdasarkan pengalaman pribadi selama saya ngeblog selalu memperhatikan poin poin di atas..tapi bagi yg sudah professional mungkin tidak semua diperhatikan, terkadang bergantung pada skill penulisnya…

  40. akkesaskep

    Maret 13, 2017 at 6:05 pm

    Sukses dan tidaknya sebuah blog itu sangat bergantung pada empunya blog dalam me manage blog tersebut dan membina hubungan dengan para bloger lainnya, baik itu newbie seperti saya (ngarap) wkwkkkw

    • Usman West Java

      Maret 13, 2017 at 9:40 pm

      saya sangat setuju terhadap pendapat mas, kesuksesan ada di tangan masing-masing tergantung dari kemauannya untuk belajar dan membangun blog dengan sebaik-baiknya.

  41. Amrina

    Maret 14, 2017 at 12:04 am

    lengkap benar mas usman hehe, btw selain menulis artikel yang baik apa perlu kita memasang WDCA di blog kita supaya artikel kita aman ?

    Oh ya, sekali-kali main2 ke blog ane mas hehe

    • Usman West Java

      Maret 14, 2017 at 12:09 pm

      terimaksih sudah berkunjung. Untuk melindungi hak cipta alangkah baiknya mengunakan DMCA kalau bisa yang berbayar.insya alloh mas amrina. πŸ˜€

  42. Pingback: STRATEGI BLOGGING LEVEL DASAR | Blog Mas Usman

Tinggalkan Balasan

To Top