ADSENSE

CARA MERAWAT AKUN ADSENSE AGAR AWET SAMPAI MENUTUP MATA

Merawat akun AdSense.jpg

Cara Merawat Akun Adsense Agar Awet – Setelah melalui proses yang cukup rumit hingga akhirnya permohonan sobat disetujui oleh Google AdSense, kini saatnya membuat perencanaan untuk dapat berbisnis AdS online dalam jangka panjang. Targetkan dengan baik kapan sobat bisa gajian dari Google AdSense dan metode apa yang akan digunakan untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Selain harus fokus terhadap perencanaan, pemeliharaan juga jangan sampai terlupakan supaya akun tetap aman dan kinerjanya optimal sehingga pendapatan bisa lancar. Tidak sedikit beginner yang melakukan kesalahan sebelum menikmati hasilnya sehingga ia harus merelakan akunnya di-banned oleh Google. Kedengarannya menyedihkan bukan ?

Pemeliharaan merupakan kewajiban yang harus dilakukan secara berkala seiring dengan diperbaruinya kebijakan Google. Yang paling wajib diperhatikan adalah penempatan iklan, karena jika menempatkan iklan Google AdSense pada halaman situs yang melanggar kebijakannya maka hal ini akan beresiko banned akun.

Baca : Kebijakan Google Adsense Diperketat, Penayang Bisa Makin Cerdas [Pengumuman 2017]

Bagaimana Cara Merawat Akun Adsense ?

Ada banyak cara untuk merawat akun AdSense supaya tetap awet dan tentunya tahan lama, intinya kembali lagi kepada skill sang pemilik dalam mengelolanya sehingga ia tahu hal apa yang wajib dilakukan untuk memproteksi akunnya dari berbagai tindakan yang membahayakan. Berikut ini adalah hal yang wajib dilakukan :

Pantau Policy Center

Policy Center merupakan fitur AdSense terbaru yang diluncurkan pada tahun 2017 ini. Fitur ini sangat membantu penayang untuk dapat mengetahui halaman situs yang melanggar kebijakan Google AdSense karena iklan yang ditempelkan pada halaman situs tersebut akan diberhentikan penayangannya untuk sementara waktu sampai halaman tersebut steril dari pelanggaran.

Dengan adanya fitur Policy Center maka akun setidaknya tidak langsung dibanned, melainkan diberitahu dulu bahwa ada pelanggaran kebijakan di halaman tertentu. Apabila mendapati banner iklan yang tdak dapat berfungsi/tayang maka sudah bisa dipastikan ada pelanggaran kebijkan pada halaman tersebut dan harus segera diperbaiki karena kalau dibiarkan terlalu lama akan beresiko banned permanent.

Jika akun dibanned permanent maka tidak bisa menayangkan iklan AdSense lagi untuk selamanya dan situs yang dikaitkannya pun akan masuk daftar hitam (blacklist) Google sehingga tidak bisa lagi menampilkan iklan Google AdSense dari akun manapun.

Jangan Klik Iklan Sendiri

Hal ini yang paling sering terjadi saat beginner memiliki akun, mau disengaja atau tidak maka tetap saja akan beresiko banned. Sepertinya masalah ini sulit untuk dihindari karena merupakan pelanggaran yang paling fatal sehingga Google tidak dapat memberikan toleransi apabila terjadi secara berulang-ulang.

Penulis mendapati beberapa beginner yang menyesali perbuatannya karena telah melakukan pelanggran ini, namun sayang sekali penulis tidak memilki trik khusus untuk mengembalikan akun yang telah dibanned. Mari kita analisa mengapa klik iklan sendiri atau terklik tanpa disengaja itu berdampak fatal dan darimana Google mengetahuinya :

Alasan

Sepertinya Google sangat tidak menyukai pelanggran yang satu ini, karena dianggap perbuatan yang curang. Iklan itu untuk diklik oleh pengguna yang benar-benar membutuhkan referensi dari iklan tersebut sehingga ia memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Analisa Teknik

Sepertinya IP (Internet Protocol) merupakan salah satu komponen yang digunakan oleh Google untuk dapat mengawasi segala tindak tanduk user-nya. Apabila user menggunakan IP yang sama untuk mengklik iklan, membuka akun AdSense dan membuka dasbor blog, maka Google akan mendeteksi adanya pelanggaran yang berat sehingga beresiko banned.

Solusi Untuk Pencegahan

Gunakan device khusus untuk membuka dan menutup akun AdSense, usahakan menggunakan android dengan sumber internet yang berbeda agar IPnya tidak sama. Misalkan pada laptop menggunakan telkomsel, di android menggunakan XL.

Jika memungkinkan gunakan aplikasi VPN seperti HMA,VPN Master atau Zenmate ketika sedang mengakses akun AdSense di android. Sobat bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Playstore secara gratis ataupun berbayar silahkan pilih saja sesuai kebutuhan. Aplikasi VPN bisa random IP, sehingga memungkinkan IP akan selalu berbeda-beda dan hal ini akan sangat membantu terhindar dari masalah klik iklan sendiri.

Pantau RKT

RKT marupakan parameter Google AdSense untuk menghitung klik yang rasional. Apabila nilainya mencurigakan maka bisa memungkinkan terkena banned/suspend. Mungkin sobat pernah mendengar istilah bom klik, saat terjadi hal ini nilai RKT akan sangat besar dan mencapai batas rasional perhitungan Goolge AdSense sehingga berpotensi terkena banned.

Sampai saat ini para praktisi AdSense belum mengetahui secara pasti berapa angka yang aman untuk RKT . Beberapa pendapat menyebutkan idealnya 10 persen dan ada juga yang menyebutkan maksimal 1 persen.

Penulis memiliki kesimpulan sendiri terhadap masalah ini setelah meneliti dan mengumpulkan fakta yang ada dari kejadian di lapangan yaitu apabila pada akun terjadi pembengkakan value RKT yang tidak wajar maka akun tersebut akan berpotensi terkena banned jika posisi ini dibiarkan terlalu lama, solusinya adalah meningkatkan trafik sehingga bisa menurunkan RKT mendekati angka ideal (rasional).

Baca : Mengenal RKT Google Adsense Dan Cara Meningkatkannya

Jaga Kualitas Konten

Dalam dunia periklanan AdSense, konten merupakan kebutuhan pokok yang harus selalu terpenuhi. Agar potensi trafiknya tinggi maka konten tersebut harus berkualitas dan informatif sehingga pengunjung tidak akan segan-segan untuk mempromosikan konten tersebut kepada teman-temannya. Pada posisi ini sobat akan diuntungkan karena trafik akan naik.

Disisi lain, konten juga bisa menjerat jika konten tersebut tidak aman atau tidak steril dari kebijakan Google AdSense. Jangan pernah mau mencoba membuat konten yang bertentangan dengan kebijakan Google AdSense kemudian mengaitkannya dengan iklan Google AdSense karena pasti akan terkena suspend atau banned permanent.

Baca : Kupas Tuntas Cara Terbaru Membuat Konten Berkualitas [Update 2017]

Kesimpulan

Akun baru akan sangat sensitive, harap hati-hati dan selalu pantau RKT-nya dan hindari pelanggaran kebijakan penempatan iklan dan kebijakan konten.

Akun lawas akan lebih handal dibanding dengan akun baru dan iklannya pun akan lebih banyak sehingga potensi penghasilannya cukup besar dengan catatan akun tersebut dikaitkan pada situs yang aktif.

Apabila RKT melebihi 10 persen dan terus meningkat dengan angka yang tidak wajar maka sebaiknya unverifikasi dulu situs untuk beberapa saat karena dikhawatirkan itu adalah dampak dari bom klik.

Jumlah tayang halaman yang sedikit apabila sebanding dengan jumlah klik iklan akan menyebabkan RKT menjadi bengkak.

6 Comments

6 Comments

  1. Agus

    August 11, 2017 at 9:25 am

    Kadangkan ada orang yang ingin agar akun adsense kita dibanned dengan cara klik berulang-ulang dengan ip yang sama. Solusinya bagaimana gan?

    • Usman West Java

      August 12, 2017 at 11:56 am

      penyerang biasanya beraksi pada malam hari. rajin login terus cek RKT sama klik nya rasional atau tidak. di blog sudah saya bahas masalah ini. solusinya trafik blog harus selalu tinggi biar kebal terhadap bomb click

  2. Kabar Pandeglang

    October 26, 2017 at 2:31 am

    Perlu diperhatikan nih agar akun adense orang lain bisa terawat awet dan menghindari dari serangan yang berbahay. ijin bookmark artikelnya ya mas osaman. :>

    • Usman West Java

      October 26, 2017 at 2:21 pm

      betul bang oji, akun adsense kalau merawatnya asal-asalan maka bisa tidak maksimal hasilnya.

  3. ifoel

    July 19, 2019 at 10:37 am

    Barusan kena suspend nih, nampaknya ada aktifitas aneh tiba tiba visitor naik tajam, dan cek di analityc gogle mmg mencengangkan. Kalo klik sendiri spt nya tjd saat ngantuk tp nekad duduk depan notebook, walo tertidur 10 menit, tiba tiba layar lgsg kosong semua. Mungkin disinilah ada klik sendiri

    • Usman West Java

      July 19, 2019 at 10:57 am

      kalau disuspend masih bisa tampil mas setelah 30 hari biasanya. tetapi kalau dibanned/dinonaktifkan maka iklan gak akan tayang lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top