HARDWARE

TEKNIK ORANG JENIUS MELAKUKAN PERAWATAN KOMPUTER

perawatan komputer

Peranan komputer saat ini sangat penting  terutama dalam dunia kerja dan dunia teknologi. Komputer seakan tidak dapat terpisahkan lagi dari kehidupan manusia karena begitu banyak kegunaannya dari mulai kegiatan rumah tangga, pendidikan sampai urusan bisnis. Banyak orang dapat menggunakan komputer namun tidak semua orang yang memiliki komputer dapat melakukan perawatan komputer dengan baik. Layaknya manusia, komputerpun butuh perhatian khusus dari tuannya. Perlu sobat ketahui bahwa awet dan tidaknya sebuah perangkat komputer adalah tergantung kepada perlakuan pemiliknya atau pengguna komputer tersebut terhadap komputer yang dimilikinya, apabila dia rajin melakukan perawatan komputer secara berkala maka komputer akan awet, tapi jika sebaliknya maka akan cepat rusak. Oleh karena itu sang pemilik komputer minimal menguasai karakteristik komputernya dan memahami perawatan komputer dan petunjuk dasar untuk mengoperasikannya sesuai prosedur pada petunjuk teknis penggunaan komputer tersebut. Perawatan komputer secara berkala paling tidak dapat meminimalisir kerusakan, baik pada bagian software maupun hardwarenya sehingga dapat memperpanjang umur komputer.

Untuk melakukan perawatan komputer secara berkala sobat tidak perlu teknisi, sobat tinggal memahami saja bagaimana perawatan komputer yang baik dan benar sehingga proses maintenance benar-benar optimal tetapi tidak juga harus dilakukan secara berlebihan, misalkan membongkar mesin komputer tanpa menggunakan peralatan yang semestinya karena jika sobat tidak memiliki skill khusus maka akan terjadi kerusakan pada mesin tersebut akhirnya komputer tidak dapat bekerja secara maksimal. Dalam teknik perawatan komputer, sobat harus mengetahui hal yang harus dilakukan dan sebaliknya hal yang harus dihindari agar tujuan dari perawatan komputer dapat tercapai secara maksimal. Baiklah sob, saya akan menjelaskan terlebih dahulu hal-hal yang harus dihindari agar komputer kita awet dan tidak cepat rusak :


1). Jangan menggunakan komputer di atas kasur

Kebiasaan sepele ini terkadang tidak disadari dapat merusak komputer, tentunya kebiasaan ini berlaku untuk  laptop yang mudah dijinjing, sebenarnya berlaku juga untuk komputer desktop tapi saya rasa tidak mungkin kalau komputer desktop ditaruh di atas kasur saat digunakan :D. Ruangan udara dalam laptop lebih sempit dibandingkan dengan komputer desktop karena komponen di dalamnya sangat padat ditambah lagi desain casingnya yang sangat tipis, oleh karena itu saluran pembuang udaranya jangan sampai tertutup sehingga dapat mengakibatkan overheat. Dalam teknik perawatan komputer, sobat harus mengetahui kalau komputer sangat tidak menyukai overheat atau panas yang berlebihan, ini biasanya terjadi karena sirkulasi udara pada mesin komputer tidak stabil karena lobang pembuangan udaranya tertutup atau fun cooler tidak berfungsi dengan baik sehingga performa laptop kurang maksimal karena overheat. Jika ini dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan pada hardwarenya.

2). Jangan menekan tombol keyboard terlalu keras

perawatan keyboard

Kebiasaan mengetik dengan menekan tombol keyboard layaknya mesin ketik manual akan mengakibatkan kerusakan pada tombol keyboard tersebut menjadi tidak berfungsi dengan baik karena bagian dalamnya lepas atau konslet akibat tekanan yang terlalu berlebihan sehingga dapat menimbulkan eror pada sistem sofwarenya, jadi jelas hal ini sangat bertentangan dengan teknik perawatan komputer. Tombol keyboard yang konslet dapat berakibat fatal terutama pada sistem operasi windows, sistem akan terus mengeksekusi perintah-perintah yang berasal dari tombol keyboard yang konslet tersebut sehingga komputer menjadi eror. Solusinya harus ganti keyboard.

3). Jangan menyimpan file penting di Partisi C (system)

Untuk menghindari hal ini sobat harus membagi partisi hard disk, biasanya ini dilakukan pada saat penginstalan sistem operasi pada komputer tersebut, sebelum menginstal maka hard disk harus dibagi minimal menjadi dua partisi yang nantinya akan digunakan untuk sistem dan penyimpan file dokumen penting atau dokumen lainnya. Apabila dokumen penting disimpan di Partisi C (system) maka tidak menutup kemungkinan file atau dokumen tidak dapat di backup apabila sistem operasinya eror . Perhatikan gambar berikut :

Partisi C (system)

File/Dokumen sobat akan aman apabila di simpan di Partisi D ini. Lakukanlah perintah save as apabila sobat menyimpan dokumen baru dan pilih partisi D untuk menampung file sobat.

4). Jangan menyimpan air dekat dengan komputer

Jangan menyimpan air dekat komputer

Jauhkan komputer sobat dari kemungkinan kena tumpahan atau cipratan air, maka simpanlah air ditempat yang aman dan jauh dari komputer. Seperti kita ketahui bahwa komputer dirancang dengan komponen mikro yang sangat padat, apabila terkena air maka jelas komponen mikro tersebut akan konslet dan  mengalami kerusakan tidak menutup kemungkinan komputer tersebut akan mati total.

5). Jangan menginstal antivirus lebih dari satu

Antivirus dapat melakukan perawatan komputer secara automatic namun pemasangan antivirus yang berlebihan dalam satu komputer dapat mengganggu sistem operasinya, apabila dalam sistem operasi memiliki dua atau lebih antivirus yang berjalan secara bersamaan maka akan membuat sistem operasi tersebut menjadi lemot tentunya hal ini dapat mengganggu kinerja komputer dan secara psikologis dapat mengganggu mental penggunanya. Setiap antivirus pasti memiliki kemampuan dan definisi yang berbeda, tidak menutup kemungkinan antivirus A akan mendeteksi antivirus B sebagai ancaman virus dan begitu juga sebaliknya tentunya hal ini akan sangat mengganggu, itulah yang perlu sobat pertimbangkan jika menginstal antivirus lebih dari satu.

Itulah 5 tips dari saya yang harus dihindari ketika sobat melakukan perawatan komputer, sekarang sobat perhatikan hal apa yang harus dilakukan untuk perawatan komputer sobat agar performanya tetap terjaga dengan baik dan tentunya bisa dilakukan secara mandiri tanpa teknisi karena tidak memerlukan tools khusus melainkan dengan peralatan sederhana. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan beberapa tips perawatan komputer berikut ini :

1). Gunakan stabilizer dan UPS

Urutan pertama hal yang harus dilakukan dalam perawatan komputer adalah mengetahui aman dan tidaknya sumber arus listrik. Untuk memonitor sumber arus listrik sobat dapat menggunakan  stabilizer yang berfungsi untuk menstabilkan arus listrik perangkat elektronika. Mengetahui keamanan arus listrik  sangat penting  karena voltase tegangan listrik yang tidak stabil dapat mempengaruhi umur hardwarenya. Besaran arus listrik yang baik dan stabil adalah 220 volt, lebih dari itu akan mengganggu performa  hardware dan dapat menimbulkan kerusakan.

UPS (Unit Power Supply) adalah alat yang digunakan untuk menyimpan tegangan sementara jika arus listrik dari PLN terputus maka UPS akan membackup tegangan sementara sehingga komputer tidak mati mendadak yang dapat menimbulkan kerusakan pada sistem operasinya, selain itu user ada kesempatan untuk menyimpan file yang sedang dikerjakan sebelum mematikan komputernya

Dua alat ini biasanya dijual satu paket oleh vendornya, sehingga memiliki fungsi ganda yaitu penyetabil dan penyimpan arus. Berikut ilustrasi pemasangan UPS dan Stabilizer :

Instalasi UPS yang benar

Komputer harus diperlakukan secara halus terutama saat komputer di shut down  atau dimatikan. Mungkin jika saat menghidupkan sobat hanya tinggal menekan tombol power on-nya saja tapi berbeda dengan pada saat mematikan sobat wajib megklik tombol shut down pada software sistem operasinya.

Pada saat komputer dihidupkan biarkan dulu beberapa saat sekitar 2 menit jangan langsung membuka file atau aplikasi karena masih loading , setelah itu baru sobat bisa memulai megoperasikannya.

2). Proteksi Komputer dengan Password

proteksi komputer

Untuk menghindari kemungkinan komputer digunakan oleh sembarang orang, maka sebaiknya sobat membuat akun khusus disertai passwordnya untuk memproteksi komputer agar tidak sembarangan orang dapat mengoperasikannya, karena terkadang pemakaian yang tidak terkontrol dengan baik dapat memicu kerusakan terutama pada sistem operasinya. Dengan langkah ini sobat dapat mensortir pengguna lainnya yang dianggap layak untuk mengoperasikan komputer sobat. Komputer yang terproteksi juga dapat mengamankan file penting sehingga tidak dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3). Intsall Antivirus yang berlisensi

Jangan instal antivirus ganda

Antivirus adalah perangkat lunak (software) pelindung komputer dari serangan virus. Dalam perawatan komputer, antivirus sangat penting karena merupakan benteng pertahanan sebuah komputer. Apabila sebuah sebuah komputer tidak menggunakan antivirus maka komputer tersebut akan cepat rusak dan mudah terinveksi  virus. Sistem operasi yang tidak memiliki antivirus didalamnya dapat dengan mudah diserang oleh virus apabila sering terkoneksi dengan internet dan penyimpan file external seperti flashdisk atau sejenisnya, oleh karena itu sobat wajib menginstal antivirus disarankan yang berlisesnsi agar kinerja antivirusnya optimal. Virus selalu update setiap saat maka lakukan update antivirus tersebut secara berkala dan jangan lupa Lakukan scaning virus secara menyeluruh minimal 1 minggu sekali.

4). Perhatikan software komputer yang digunakan
software komputer

Software (perangkat lunak) adalah sekumpulan data yang diprogram atau disimpan secara digital dalam bentuk aplikasi termasuk  program komputer, dokumen atau file lainnya yang dapat dibaca dan ditulis oleh komputer, dengan kata lain software merupakan penerjemah dari bahasa manusia ke bahasa mesin atau sebaliknya dari bahasa mesin ke bahasa manusia dan fungsi lainnya yaitu mengontrol hardware (perangkat keras). Setiap software memiliki minimum system requirement atau sfesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh software tersebut agar dapat compatible dengan kemampuan hardwarenya, oleh karena itu sebelum menginstal software  terlebih dahulu sobat wajib mengetahui spesifikasi minimumnya dan jangan menginstal software yang tidak compatible dengan hardwarenya karena akan menimbulkan kerusakan. 

Software yang sudah kadaluwarsa dapat mengganggu performa pada sistem operasi komputer, biasanya selalu muncul pesan peringatan agar segera membeli lisensi yang baru dan itu sangat mengganggu, selain itu software yang kadaluwarsa tidak bisa bekerja secara maksimal. Jika sobat masih menggunakan software tersebut maka segeralah melakukan aktivasi ulang, sebaliknya jika sobat tidak memerlukannya lagi maka lebih baik di uninstall saja.

5). Periksa selalu recycle bin
kontrol recycle bin

Recycle bin merupakan direktori yang dibuat oleh windows dan fungsinya untuk menampung sementara file yang dihapus dari komputer, apabila sobat salah klik dengan mengklik DELETE pada file maka jangan kuatir karena  file yang telah dihapus tadi ditampung di recyle bin oleh windows. Namun apabila recycle bin ini penuh maka sobat harus segera mngosongkannya supaya ada space  untuk ruang penyimpan di recycle bin komputer sobat. Sebelum sobat mengosongkan recycle bin tersebut maka pastikan semua filenya benar-benar sudah tidak dibutuhkan lagi karena akan terhapus secara permanen. Cara mengosongkan recycle bin sangat mudah, sobat tinggal klik kanan >Recycle bin>Empty.

6). Arsipkan file penting dengan rapi dan terproteksi

proteksi file dengan winrar

Dalam teknik perawatan komputer, memproteksi file yang sangat penting itu wajib dilakukan. Hal ini terkadang sering dianggap sepele dimana file penting disimpan begitu saja di dalam folder tanpa terproteksi, sobat harus berfikir dua kali akan bahayanya karena bisa saja folder tersebut terinfeksi virus yang dapat merusak file tersebut atau bahkan dibuka sama orang lain dan diduplicate filenya. Ada banyak sekali aplikasi yang dapat mengamankan file sobat di dalam folder, namun kali ini saya mereferensikan aplikasi winrar untuk memproteksi file sobat agar bebas dari tangan jahil dan gangguan virus. Aplikasi ini bisa melindungi file sobat dengan proteksi password untuk dapat membuka foldernya.

7). Periksa Performa Hard Disk

Hard disk merupakan tempat penyimpanan data yang harus selalu terawat dengan baik. Agar kinerja komputer tidak berat ketika loading maka hard disk harus memiliki ruang yang cukup, oleh karena itu sobat wajib mengecek secara berkala ketersediaan ruang kosong dalam hard disk komputer sobat apabila penuh maka segeralah membackup filenya dan menghapus file yang sudah tidak digunakan lagi.

Berapa banyak ruang kosong yang saya punya pada hard drive?

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Kapasitas Hard Disk

Pada gambar diatas menunjukan kapasitas ruang pada hard drive, baik ruang  kosong (free space) ataupun ruang  terpakai (used space). Untuk ruang kosongnya masih dalam kategori aman karena tersisa diatas 10% dari total kapasitas drive sistem. Perlu sobat ketahui bahwa kinerja windows akan lambat

jika ruang kosong pada drive sistem (tempat partisi windows) turun di bawah 10% dari total ruang disk. Tetapi berapapun kapasitas drive sistem sobat,  jangan biarkan ruang kosongnya  dibawah 2 GB untuk memastikan ada cukup ruang bebas yang tersedia untuk update.

Ketika ruang disk yang tersedia pada drive sistem turun di bawah 5% maka beberapa fungsi di program menjadi kurang optimal.

Cara lain agar hard disk sobat tetap optimal adalah dengan melakukan proses Disk Defragmenter. Disk Defragmenter merupakan salah satu tools bawaan windows yang berfungsi untuk menata kembali file-file yang berserakan menjadi tersusun dengan rapi akibat dari seringnya menginstal aplikasi, memindahkan file, menutup aplikasi secara tidak normal dan berbagai aktivitas lainnya. Apabila sobat ingin melakukan proses disk defragmenter maka klik start>All Programs>Accessories>sytem tools>Disk Defragmenter maka akan muncul jendela seperti pada gambar di bawah ini :

Disk Defragmenter

Untuk memulai proses defragment silahkan sobat pilih sistem drive yang akan didefrag kemudian klik tombol Defragment disk tunggu hingga proses selesai. Proses defragment harus dilakukan secara berkala minimal sebulan sekali.

8). Simpan komputer di tempat yang aman

penataan komputer

Tips perawatan komputer selanjutnya adalah tata letak komputer. Perlu sobat ketahui kalau perangkat ini sangat tidak menyukai debu karena debu mudah masuk ke dalam mesin melalui fun cooler terutamanya, debu yang terhisap oleh fun cooler dapat menyebar di dalam komputer dan dapat menghambat kinerja hardware terutama fun cooler (kipas pendingin) yang akan berkurang kecepatan berputarnya sehingga fun cooler tidak dapat membuang panas dengan baik dan komputer cepat hang akibat overheat, oleh karena itu silahkan sobat letakkan komputer di tempat yang aman dari debu dan usahakan untuk selalu membersihkan komputer dari debu. Selanjutnya jauhkan komputer dari jangkauan anak kecil yang belum mengerti komputer karena untuk dapat mengoperasikan komputer memerlukan skill khusus.

Demikian tips perawatan komputer dari saya semoga dapat membantu sobat dan semakin semangat merawat komputernya sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada komputer sobat. Semoga bermanfaat.

2 Comments

2 Comments

  1. Area Tips

    Februari 6, 2017 at 8:29 am

    Saya tidak pernah berfikir kesana mas kalau ternyata kasur dapat menyebabkan over heat. Kadang laptop saya bawa ke kamar untuk mengerjakan laporan. Bagaimana lagi kalau pekerjaan tidak selesai harus segera dikerjakan sementara waktu sudah larut. Hmhm… bagus juga tuh jangan menyimpan di partisi C. Saya sendiri juga tidak pernah kecuali kalau data-data ringan sebuah kerjaan, misal .doc, .xls, dan .ppt yang tidak begitu penting. Jadi sewaktu-waktu mau instal ulang laptop tidak akan kehilangan data yang banyak.

  2. Usman West Java

    Februari 7, 2017 at 12:44 pm

    kasur dapat memantulkan panas. silahkan dicoba saja pasti laptop cepat panas.
    Partisi C tidak layak untuk dijadikan tempat penyimpanan data.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top