HARDWARE

PETUNJUK LENGKAP INSTALASI JARINGAN KOMPUTER SISTEM MULTI USER

Cara memasang jaringan multi user

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi dengan komputer yang menggabungkan dua komputer atau lebih agar antar komputer dapat melakukan komunikasi data. Teknologi telekomunikasi data saat ini semakin maju, ada yang kurang rasanya kalau kita tidak mengetahui kemajuan teknologi, minimal kita paham ilmu dasar sistem operasinya agar kita tidak kaku dalam mengoperasikan teknologi tersebut. Komputer merupakan salah satu media komunikasi data yang paling umum digunakan baik itu di rumah ataupun di kantoran. Untuk dapat melakukan komunikasi data antara komputer yang satu dengan yang lainnya maka harus ada jaringan komputer. Tujuan instalasi jaringan komputer adalah agar manajemen komputerisasi lebih terorganisir dengan baik. Media transimisi data pada instalasi jaringan komputer menggunakan dua jenis yaitu dengan kabel dan nirkabel (tanpa kabel). Pada postingan kali ini  saya akan membahas pemasangan jaringan komputer dengan sistem operasi multi user dengan mengunakan kabel sebagai media trasmisinya.

Apa itu sistem operasi multi user?

Sistem operasi multi user adalah sistem operasi yang dapat mengatur pengguna/user lebih dari satu dalam mengakses suatu sistem komputer secara bersamaan satu atau lebih perangkat keras, piranti lunak dan data/ informasi , orang dan prosedur melalui masing-masing komputer atau workstation. Untuk dapat menjalankan sistem ini maka harus dipasang jaringan komputer sehingga para user dapat mengakses data komputer baik dari jarak jauh maupun jarak dekat. Dalam sistem operasi ini biasanya ada komputer administrator yang berfungsi mengatur dan memberikan izin akses data kepada user yang terhubung  ke administrator tersebut melalui jaringan komputer. User yang terhubung ke administrator tidak dapat melakukan perubahan pada sistem operasi yang ada di komputer administrator tersebut, begitu juga administrator tidak dapat merubah sistem operasi usernya, admin dan user hanya bisa saling akses saja. Sistem operasi multi user memungkinkan adanya komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung. Ok lanjuuut…

Seperti kita ketahui bahwa sistem operasi multi user bisa dilakukan pada linux dan windows, saya akan mengupas praktek sistem ini pada windows saja. Sebelum menginstal jaringan komputernya terlebih dahulu sobat harus mengetahui kelemahan dan kelebihan sistem operasi windows ini.  Windows adalah sistem operasi komputer yang berbasikan GUI (Grafik User Interface) jadi jelas kelebihan yang paling signifikan dari windows ada pada tampilannya yang sangat bersahabat dengan penggunanya, selain itu dukungan hardware yang lengkap dan banyaknya aplikasi yang kompatibel bagi platform windows semakin memudahkan penggunanya. Kekurangan windows secara keseluruhan adalah rentan terhadap virus, sobat harus rajin melakukan perawatan komputer secara berkala, namun sobat tidak usah kuatir karena ada banyak vendor antivirus yang menyediakan produk mereka untuk menutupi kekurangan pada windows tersebut. Untuk pencapaian hasil yang optimal silahkan sobat gunakan sistem operasi yang berlisensi agar sobat dapat menikmati semua fitur yang disediakan oleh sistem operasi tersebut. Biasanya sistem yang berlisensi tidak disediakan secara gratis tetapi sobat harus membelinya dengan harga dan fitur yang bervariasi.

Jaringan komputer dengan sistem multi user umumnya digunakan di perkantoran untuk pengolahan database lintas departemen atau di internal departemen itu sendiri. Penerapan jaringan komputer ini sangat menguntungkan bagi penggunanya karena proses transfer data lebih praktis dan terkomputerisasi sehingga tidak perlu kurir untuk antar jemput data, namun user harus selalu aktif memantau antivirusnya karena pada sistem ini virus sangat mudah sekali menyusup dan menyebar melalui jaringan komputernya maka  setiap user harus memprioritaskan menginstal antivirus di komputernya dan pastikan windows firewallnya selalu diaktifkan. Instalasi jaringan komputer sistem multi user di dalam gedung cocok menggunakan kabel karena kalau nirkabel (sistem wireless) dikuatirkan sinyalnya terhalang oleh tembok sehingga proses pengiriman data menjadi lambat, sebaliknya untuk di luar gedung dengan jarak yang cukup jauh cocok menggunakan teknologi nirkabel karena diruangan terbuka frekuensi carier dapat stabil selain itu dapat menghemat penggunaan kabel.

Untuk peralatan dan komponen yang harus disiapkan sama seperti membuat sambungan LAN metode cross over yang pernah saya bahas sebelumnya hanya bedanya pada jaringan komputer dengan sistem multi user ini kita menyiapkan komponen tambahan yaitu switch dan sambungan LAN metode straight trough karena melibatkan device yang berbeda yaitu switch.

Apa itu Switch?

Jaringankomputer,switch

Switch pada instalasi jaringan komputer perannya sangat penting sekali, sesuai dengan namanya switch artinya penghubung, definisinya adalah penghubung/konektor yang didesain khusus untuk keperluan jaringan komputerisasi. Switch memiliki kecepatan transfer data diatas 100 Mbps bahkan ada yang mendekati 1 Gbps dan bekerja berdasarkan alamat MAC (Media Access Control) dan NIC (Network Interface Card). MAC address adalah alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address sedangkan NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan komputer. Alat ini memiliki beberapa port RJ45 yang berfungsi sebagai repeater  yang menghubungkan kabel UTP ke setiap komputer. Penggunaan switch sendiri bisa mengurangi terjadinya traffic network yang biasanya terjadi jika kita mentransmisikan paket ke semua port. Ini terjadi karena switch memiliki kemampuan untuk meneruskan paket secara langsung ke port yang dituju. Switch juga mempunyai kemampuan untuk memelihara daftar MAC Address yang dihubungkan ke port-nya. Karena sistem operasinya menggunakan MAC Address bukan IP Address secara umum switch dapat bekerja cepat.

Apa itu Sambungan LAN metode straight trough?

Sambungan LAN metode ini sudah tidak asing lagi dalam sebuah instalasi jaringan komputer. Straight trough cable adalah metode pemasangan kabel UTP dengan kedua ujung kabel yang terhubung ke konektornya sama urutannya. Metode standard pembuatan Straight trough cable pada ujung A dan B adalah EIA/TIA 568A. EIA kepanjangan dari Electronic Industries Alliance sedangkan TIA kepanjangan dari Telecommunication Industry Association. EIA/TIA adalah standarisasi internasional struktur kabel untuk telekomunikasi, kabel yang paling sering digunakan adalah kabel jenis UTP.Sambungan straight trough ini berfungsi  untuk menghubungkan 2 device atau lebih dan devicenya berbeda seperti :

·       Koneksi komputer dengan switch

·       Koneksi komputer dengan router

·       Koneksi router dengan switch

·       Koneksi hub dengan router

Pada instalasi jaringan komputer sistem multi user jenis sambungan LAN ini paling banyak digunakan untuk menyambungkan komputer ke switch. Untuk membuat sambungan ini tidaklah sulit karena ujung kabel A dan B memiliki susunan pengaturan warna yang sama. Perhatikan gambar berikut:

Instalasi Jaringan Komputer,LAN cable

Pada gambar di atas menunjukan pemasangan kabel UTP standard EIA/TIA 568A, terlihat sususnan kabel yang sama dikedua konektor RJ45nya. Berikut susunan kabel UTP EIA/TIA 568A :

1). Strip hijau
2). Hijau
3). Strip Oren
4). Biru
5). Strip biru
6). Oren
7). Strip coklat
8). Coklat

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat jaringan komputer sistem multi user :

1). Periksa port RJ45 pada setiap komputer masih berfungsi atau tidak
2). Siapkan sambungan LAN metode straight trough sesuai kebutuhan
3). Seting masing-masing IP Addresnya dengan IP yang berbeda pada setiap komputernya
4). Install antivirus disetiap komputer dan aktifkan firewallnya
5). Tentukan admin dan usernya
6). Sharing folder/file/Aplikasi yang nantinya bisa diakses oleh setiap komputer
7). Test PING ke setiap komputer untuk memastikan status koneksinya

Untuk langkah no.2, 3 dan 7 silahkan sobat baca di artikel cara menghubungkan dua komputer dengan sambungan LAN, hanya pada pembuatan sambungan metode straight trough sedikit berbeda diurutan warna kabelnya. Saya tambahkan lagi definisi IP address biar sobat tidak kebingungan, IP Address adalah sebuah alamat pada komputer agar komputer tersebut dapat saling terkoneksi dengan komputer yang lainnya. IP address terdiri dari empat blok, disetiap bloknya dapat diseting dengan angka 0-255. Contohnya begini, sebuah komputer memiliki IP Address 192.168.100.12, ini adalah IPv4. Perhatikan gambar berikut ini :

Jaringan komputer,IP Address

IP Address Memiliki 2 bagian, yaitu Network ID dan Host ID , Pada gambar di atas ada tiga blok angka dalam kotak merah (192.168.100) itu adalah network ID, sedangkan satu blok angka yang di dalam kotak biru adalah host ID. Agar komputer bisa saling terhubung , IP yang digunakan Net ID nya harus sama, dan Host ID nya harus berbeda. Contoh logikanya begini, rumahnya Tatang dan Rumahnya Budi sama-sama di Ciamis tetapi pasti nomor rumah mereka berbeda, seperti itulah gambaran Net ID dan Host ID. Apabila sobat memahami dengan benar IP address pada sebuah komputer maka saya yakin pasti sobat dapat dengan mudah membuat jaringan komputer.

Selanjutnya silahkan sobat tentukan komputer administratornya, untuk komputer admin biasanya menggunakan komputer server tapi kalau tidak ada maka sobat bisa menggantinya dengan komputer yang memiliki spek yang paling bagus daiantara komputer yang ada disitu karena nantinya akan digunakan sebagai penampung data dari setiap user dan akan memiliki hak akses penuh. Dalam pengolahan database, komputer admin ini juga sering dijadikan back-end dari sebuah sistem yang terdiri dari aplikasi dan database, sedangkan front-end nya akan disetting di setiap user. Front –End adalah bagian dari sebuah sistem untuk melakukan navigasi dari sebuah aplikasi baik font, form input data, report, tampilan, menu drop down yang dapat dilihat dan dioperasikan oleh user.

 

cara sharing aplikasi dan folder

Untuk teknik sharing ini saya bahas secara khusus karena ini merupakan inti dari sistem multi user, sebuah sistem jaringan komputer akan percuma jika tidak ada satupun file atau aplikasi yang disharingkan karena tidak ada file/drive yang dapat diakses secara bersama. Sharing folder/drive adalah suatu folder/drive tertentu pada suatu sistem operasi  komputer yang sengaja dibuat untuk dapat diakses bersaman, sesuai dengan namanya sharing berarti berbagi.

Manfaat sharing folder/drive ini banyak sekali, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1). Dapat menghemat media penyimpanan lain diluar komputer (flashdisk, hard disk external, cd, dll), karena proses transfer data bisa dilakukan melalui saluran transmisi LAN.
2). Memudahkan pengolahan data.
3). Menghemat waktu dalam pengiriman data
4). Mengurangi duplikasi usaha pengumpulan data

Untuk sharing folder/drive, silahkan sobat klik kanan Folder/drive yang akan disharingkan klik Propertis>Sharing>Share>everyone>add>everyone>Read/Write>Share>Done. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut :

Langkah ke 1-3 (Klik Propertis>Sharing>Share)

Teknik Sharing,Jaringan Komputer



Langkah ke 4 (klik tanda panah kecil dekat tombol Add lalu pilih Everyone)

Sharing folder,Jaringan Komputer

Langkah 5-6 (Klik Add>Read/Write) 

Langkah ke 7 (Klik Share)
Sharing folder,jaringan komputer
  Langkah ke-8 (Klik Done)
Sharing folder,jaringan komputer


Sampai dengan langkah ini setting sharing folder telah selesai, selanjutnya silahkan sobat buat folder khusus untuk file sharing di semua komputer user yang sudah terhubung ke jaringan komputer dan tempatkan file yang akan dishare pada folder saharing tapi sebelumnya pastikan semua user memiliki hak akses atas file tersebut. Sekarang semua komputer telah terhubung dan folder sharingpun telah disiapkan, cara membuka folder sharingnya tidaklah begitu sulit, sobat tinggal explore aja komputernya lalu klik Network dan pilih akun user yang mau dibuka folder sharingnya. Perhatikan gambar berikut :

Jaringan komputer,buka file,lihat user

Pada gambar di atas ada tiga user yang terhubung ke jaringan komputer dan semuanya bisa saling meresource file. Untuk dapat melihat folder yang disharingkan sobat tinggal klik saja user yang dipilih maka akan tampil nama-nama folder yang disharingkan oleh komputer tersebut.

Sampai disini dulu ya sob, kalau ada pertanyaan seputar jaringan komputer yang saya bahas di artikel silahkan email di form contact blog ini, atau di kolom komentar. Selamat bereksperimen.. 🙂

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top