APLIKASI

LUPA PASSWORD APLIKASI BPJSTKU? INI DUA CARA RESET AKUN BPJSTKU

cara mereset akun BPJSTKU.jpg
Creative By Kurkom

Kursuskomputergratis.com – Memiliki akun BPJSTKU merupakan hal penting bagi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan nomor wahid di Indonesia ini. Tidak setiap hari aplikasi BPJSTKU diakses oleh penggunanya, mungkin satu bulan sekali atau bahkan lebih sehingga potensi lupa akses akun menjadi salah satu kendala yang paling sering terjadi. Itulah yang melatar belakangi Penulis menerbitkan tutorial cara reset akun BPJSTKU karena lupa password dan lupa email aplikasinya.

Point of view pada tutorial ini akan Penulis belah menjadi dua bagian sehingga ada dua solusi untuk mengatasi dua masalah yang tidak jauh berbeda yaitu sama-sama lupa password. Jika hanya lupa password aplikasi saja maka masih bisa diatasi sendiri yaitu dengan cara reset password lalu buka email aplikasi untuk mendapatkan password barunya. Namun jika sudah lupa password aplikasi dan lupa password emailnya hanya bisa terselesaikan oleh operator BPJS Ketenagakerjaan.

Tidak ada cara lain selain menyimpan data penting aplikasi BPJSTKU pada buku catatan dan menyimpannya di tempat aman. Catat email, password email, nomor kepesertaan dan password aplikasi pada selembar kertas atau buku catatan khusus lalu amankan agar pada saat lupa akses masih ada catatan kode aksesnya yang tersimpan secara manual, jangan menyimpannya di HP karena biasanya sering lupa juga atau HPnya yang malah rusak.

Baca: Error Daftar Via BPJSTKU? Ini Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Via Web

Step by Step Mengatasi Lupa Password Aplikasi BPJSTKU

Ini konteksnya pengguna masih ingat password email aplikasi, jadi bisa diselesaikan secara mandiri tanpa bantuan operator. Caranya sangat mudah cukup dengan beberapa langkah saja password baru akan dikirim secara otomatis oleh sistem ke email aplikasi BPJSTKU peserta. Biasanya password yang dikirim oleh sistem cukup rumit, saran penulis setelah mendapatkan password baru harap diubah lagi dengan phrase yang mudah diingat misalkan dengan tanggal lahir. Perhatikan langkah berikut!

Pertama

Sebelum memulai langkah pertama, pastikan sudah login email aplikasi BPJSTKU karena akan ada kode verifikasi yang dikirim oleh sistem ke email tersebut. Cek juga koneksi internet yang digunakan, koneksi sangat mempengaruhi transaksi data aplikasi. Jika koneksi internetnya buruk maka aplikasi BPJSTKU tidak dapat dijalankan karena tidak tersedia mode offline.

cara reset akun BJSTKU.jpg

Gambar 1. Aplikasi BPJSTKU

Perlu dipehatikan bahwa mengatasi lupa password caranya sangat terbatas, untuk memulai langkahnya silahkan klik Lupa Kata Sandi (1). Hanya ini yang dilakukan pada langkah pertama.

Kedua

Saatnya memasukkan email aplikasi. Prosedur ini hanya bisa dilakukan apabila tidak lupa email dan password, jadi hanya lupa password aplikasi saja karena jika lupa semua data akses termasuk email dan password yang terintegrasi dengan aplikasi maka hanya bisa diperbaiki melalui bantuan operator BPJS ketenagakerjaan Pusat.

input email aplikasi BPJSTKU.jpg

Gambar 2. Input email aplikasi BPJSTKU

Silahkan masukkan email yang digunakan oleh aplikasi BPJSTKU ke kolom nomor (2) jangan sampai salah ketik apalagi salah email supaya transaksi data disetujui oleh sistem. Tekan tombol LANJUT (3) untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Ketiga

Ini adalah proses verifikasi email yang hanya berselang beberapa menit saja. Sistem akan melanjutkan proses apabila kode verifikasi yang dikirim via email aplikasi BPJSTKU terisi dengan benar, sebaliknya bila kode verifikasinya salah maka tentunya tidak dapat melanjutkan proses. Kode verifikasi akan dikirim secara otomatis ke email aplikasi BPJTKU peserta, jadi lihat kode verifikasinya disana.

verifikasi email aplikasi BPJSTKU.jpg

Gambar 3. Verifikasi email BPJSTKU

Silahkan masukkan kode verifikasi pada kolom yang sudah disediakan (4). Tekan LANJUT (5) untuk meneruskan ke langkah berikutnya.

Keempat

Saatnya memasukkan password baru. Pastikan menggunakan password yang mudah diingat agar tidak selalu lupa saat sudah lama tidak membuka aplikasi BPJSTKU. Gunakan 8 karakter kombinasi angka dan huruf sesuai keinginan, ingat jangan menggunakan kombinasi yang terlalu susah untuk menghindari lupa password.

Ubah Password aplikasi BPJSTKU.jpg

Gambar 4. Navigasi setting password baru aplikasi BPJSTKU

Silahkan masukkan password baru pada kolom Kata Sandi (6) dan kolom Konfirmasi Kata Sandi (7). Ingat, sandi yang dimasukkan pada kolom (6 dan 7) harus sama. Tekan Kirim (8) untuk mengakhiri proses ini.

Kelima

Pada poin ini tidak ada yang harus dilakukan, sistem akan menampilkan notifikasi apakah perubahan password (kata sandi) baru telah berhasil dilakukan atau malah gagal. Bila terjadi kegagalan biasanya dipicu karena sandi pada kolom (6 dan 7) tidak sama sehingga langkah keempat harus diulangi lagi.

notifikasi reset akun BPJSTKU berhasil dilakukan.jpg

Gambar 5. Notifikasi reset akun berhasil

Jika sistem menampilkan notifikasi seperti yang terlihat pada Gambar 5 maka artinya proses ubah password telah selesai dan pengguna bisa login akun dengan password baru yang telah dimasukkan ke sistem.

Baca: Download Tampilan Belakang Kartu BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Bagaimana Cara Reset Akun BPJSTKU Jika Lupa Semua Data Akses Termasuk Email Dan Password Email?

Selalu lupa data akses aplikasi adalah masalah yang kerap dialami oleh para pengguna terutama yang jarang akses aplikasi BPJSTKU atau yang banyak memiliki akun di berbagai aplikasi internet. Sebaiknya sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan termasuk lupa akses aplikasi silahkan catat data-data penting yang berkaitan dengan akses aplikasi termasuk BPJSTKU sebagaimana Penulis sarankan di pembukaan artikel.

Untuk poin ini Penulis memberikan dua solusi yang bisa menjadi alternative terbaik untuk mengatasi permasalahan tidak bisa akses akun karena lupa semua data aksesnya yaitu via saluran telepon ke nomor 1500910 dan via halaman resmi Facebook BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan reset akun dengan panduan operator BPJS Ketenagakerjaan. Harap bersabar karena harus melewati antrian service yang tidak sedikit.

Jika melalui saluran telepon 1500910 teruslah dial sampai terhubung dengan operatornya, biasanya akan memakan waktu yang cukup lama karena selalu ada jawaban operator sedang sibuk. Pastikan menghubunginya disaat jam kerja, Penulis sarankan teleponlah pada pagi hari sekitar pukul 07:30 WIB atau terserah mau jam berapapun tidak ada salahnya dicoba. Jangan lupa siapkan Kartu Keluarga, Nomor KPJ (Kartu JHT) karena ada verifikasi kepesertaan.

Jika melalui halaman resmi facebook BPJS Ketenagakerjaan silahkan klik tombol di bawah ini:

Link halaman resmi Facebook BPJS Ketenagakerjaan untuk reset BPJSTKU.jpg

Berikut adalah tampilan halaman resmi Facebook BPJS Ketenagakerjaan yang pernah Penulis hubungi untuk melakukan reset akun.

tampilan halaman resmi Facebook BPJS Ketenagakerjaan.jpg

Gambar 6. Halaman resmi Facebook BPJS Ketenagakerjaan

Perhatikan nama halaman (1), kemudian ceklis biru (2) yang merupakan verifikasi dari Facebook bahwa itu adalah benar halaman resmi BPJS Ketenagakerjaan dan nomor (3) merupakan tombol untuk dapat terhubung dengan operator BPJS Ketenagakerjaan via saluran telepon 1500910. Untuk desain gambar latar mungkin sewaktu waktu bisa saja berubah namun identitas yang ditunjukkan oleh nomor (1, 2 dan 3) tidak akan berubah.

Apakah masih bingung memahami cara reset akun BPJSTKU?

Silahkan tulis di kolom komentar seandainya ada permasalahan yang seputar cara reset BPJSTKU yang membingungkan. Mohon bertanya sesuai dengan topik ulasan, pertanyaan yang tidak relevan mungkin tidak akan Penulis publikasikan pada kolom komentar.

Kesimpulan

Gunakan password (kata sandi) yang gampang diingat untuk menghindari lupa akses aplikasi, jika pelupa harap catat seluruh data akses seperti email, password email dan password aplikasi BPJSTKU.

Menghubungi operator tidak dapat diwakilkan melainkan harus langsung yang bersangkutan dengan menyiapkan data kependudukan yang sah dan data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Menghubungi 1500910 memerlukan kesabaran, terus coba lagi apabila mendapat jawaban bahwa operator sedang sibuk melayani pelanggan lain.

Kantor cabang sepertinya tidak dapat mengatasi permasalahan reset akun, karena pasti akan diarahkan ke operator pusat via saluran telepon 1500910 atau cara lainnya agar terhubung ke pusat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top