SEO

5 CARA RISET KEYWORD BIAR TRAFIK MEROKET [LENGKAP]

Riset Keyword.jpg
CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com“Udah ngeblog setahun lebih tapi trafik masih gitu-gitu aja, nulis artikel udah ratusan tapi trafik tetep sedikit”, sebagian dari sobat blogger mungkin sedang mengalami masalah ini, padahal udah belajar SEO, otak-atik template, rajin nulis, tapi blog tidak pernah ramai. Nah, salah satu penyebabnya adalah karena sobat tidak melakukan riset keyword dengan benar sebelum menulis artikel.

Riset keyword bisa dibilang saat ini merupakan salah satu basic skill yang mesti dipelajari di dunia blogging. Beda dengan dulu, kita asal nulis pun blog masih berpotensi ramai. Sekarang beda jauh sob, hampir setiap saat banyak blog baru bermunculan dan blog-blog lama pun selalu update tiap hari, akibatnya banyak sekali kata kunci yang sudah terpakai sehingga menyebabkan tingkat kompetitor keyword tertentu khususnya yang paling banyak dicari pengguna semakin tinggi tingkat persaingannya sehingga semakin sulit untuk bisa berada di puncak hasil pencarian mesin telusur.

Apabila blog sobat sudah memiliki visibilitas yang bagus di mesin telusur maka tidak masalah, tapi kalau termasuk baru? Jangan ngarep deh dapet visitor banyak dari mesin pencari, oleh karena itu pahami dengan baik dan benar bagaimana cara melakukan riset keyword supaya blog menjadi ramai dengan waktu yang relatif lebih cepat.

Baca :Cara Membuat Konten Unik Ini Bisa Menyedot Daya Tarik Visitor

Dengan Apa Kita Melakukan Riset Keyword ?

Melalui website mas usman yang kece ini, saya mau sedikit berbagi tips dan trik meningkatkan visitor dengan cepat. Ini berdasarkan penglaman saya yang telah mempelajari nasihat para blogger pendahulu yang sudah kahot. Yuk kita pelajari bareng-bareng !

1. Riset keyword dengan Google Keyword Planner

Kalau ini pastilah banyak yang sudah tahu, yess.. namanya Google Keyword Planner. Fiturnya bisa dinikmati secara gratis hanya cukup dengan memiliki akun gmail saja sobat sudah dapat mengaksesnya dan mendapatkan informasi seputar keyword dengan berbagai volume pencarian.

Tool pintar besutan Google ini bisa membantu sobat untuk mencari keyword dengan perkiraan volume pencarian yang lebih relevan sehingga bisa memperkirakan jumlah traffic yang akan datang setiap bulannya jika sobat berhasil menduduki halaman pertama hasil pencarian dengan kata kunci yang populer.

2. Riset Keyword Menggunakan Tool UberSuggest

Bagi blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging pasti sudah fames dengan nama Neil Patel. Ya, beliau merupakan seorang praktisi SEO expert terkemuka di dunia yang sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam SEO. Banyak ilmu yang bisa sobat dapat dari websitenya (www.neilpatel.com). Dari ilmu nambah traffic sampai ilmu digital marketting sudah beliau bahas.

Di website tersebut ada sebuah tool riset keyword yang cukup akurat dan telah direkomendasikan oleh jutaan blogger di dunia. Ini sangat bagus untuk level pemula karena aklarasinya cukup bisa diandalkan sehingga bisa membantu sobat dalam melakukan riset keyword, tool tersebut diberi nama Ubersuggest.

Ubersuggest adalah tool khusus riset keyword yang memiliki fitur untuk mencari LSI Keyword (Keyword Turunan) sehingga sobat tidak perlu repot-repot lagi mikir ide posting kalau lagi tidak ada inspirasi. Cukup masukkan benih keyword, maka akan muncul saran-saran keyword lengkap dengan perkiraan volume pencariannya dalam satu bulan sama seperti Google Keyword Palnner. Berikut adalah cara risetnya, perhatikan ya !

Pertama

Silakan akses websitenya terlebih dahulu untuk memulai riset keyword pada tool hebat ini.

Kedua

Lakukan pengaturan pada halaman ini untuk mendapatkan hasil pencarian keyword yang akan dibidik.

navigasi ubersuggest

Gambar 1. Pengaturan navigasi ubersuggest

Silahkan masukkan benih keyword yang sobat inginkan (1) Contohnya : Android, pilih web (2), pilih bahasa (3). Ubersuggest support dengan berbagai bahasa di dunia, silahkan pilih saja sesuai dengan kebutuhan. Tekan Look Up (4) setelah semua setingan nomor 1-3 selesai.

Ketiga

Ini adalah hasil render ubersuggest, kumpulan keyword turunan (LSI) akan ditampilkan berikut dengan estimasi volume pencarian berdasarkan keyword yang dibidik (lihat langkah pertama diatas). Silahkan pilih saja kata kuncinya yang sesuai dengan kebutuhan sobat.

hasil render uberduggest.png

Gambar 2. Hasil render ubersuggest

Gambar 3 adalah hasil riset keywordnya, terlihat keyword turunan (LSI) pada kolom nomor (1), volume pencarian (2), nominal CPC (3) dan untuk tingkat kompetitor keyword ditunjukkan oleh nomor (3) dengan value max = 1.0. Untuk kalibrasi CPC dikalikan kurs dolar, misal disana tertera CPC Rp. 0.03 maka 0.03 x (kurs dolar) saat ini.

Apabila blog masih baru, maka sangat disarankan untuk memilih keyword dengan level middle competitor kebawah yaitu dibawah 0.05 supaya bisa bersaing di halaman pertama pencarian, hal tersebut sangat berpengaruh kepada jumlah visitor organik yang akan menjadi stabil. Berikut adalah contoh trafik yang stabil :

chart ubersuggest.png

Gambar 3. Chart Ubersuggetst

3. Riset Keyword Menggunakan Add On ‘Keyword Everywhere’

Selain 2 tool diatas, banyak sekali tool lain yang bisa diandalkan untuk melakukan riset keyword. Dan tool andalan saya yang berikutnya adalah Keyword Everywhere. Adalah add on yang didesain khusus untuk melakukan riset keyword langsung di dalam mesin pencari.

Hal yang menarik dari tool ini adalah kita bisa dengan lebih mudah melihat CPC dari keyword yang dibidik dalam nilai rupiah dengan perkiraan yang lebih tepat sehingga cocok buat pencari rejeki dari AdSense. Berikut adalah implementasi dari tool ini, perhatikan setiap langkahnya dengan cermat !

Baca : Cara Meningkatkan Performa Iklan Adsense [Earning Bisa Naik]

Pertama

Silakan download Keyword Everywhere. Pilih untuk chrome atau firefox, bisa pilih semua atau sesuaikan dengan kebutuhan sobat. Lanjutkan dengan tahap penginstalan di browser yang digunakan.

Kedua

Setelan proses instalasinya selesai, biasanya browser akan membuka tab baru dan akan muncul popup untuk permohonan API Key. Perhatikan gambar berikut !

API Key keyword everywhere.jpg

Gambar 4. Popup permintaan API Key

Silahkan masukkan email sobat pada kolom nomor (1) kemudian tekan Email me API Key (2) untuk mendapat kunci aktivasi tool ini.

Ketiga

Buka email sobat, cari email dari pengirim Akash Mansukhani (Kalau gak ada, cek di kotak spam). Kemudian klik link yang ada dalam email tersebut. Perhatikan !

Aktivasi Keyword everywhere.png

Gambar 5. Link Akses API Key

Silahkan copy API Key yang telah disediakan, lalu paste ke tool Keyword everywhere yang telah terpasang di browser. Berikut ini penampakannya.

API key Keyword everywhere.png

Gambar 6. API Key Keyword Everywhere

Perhatikan langkah-langkah cara penempatan API Key dengan teliti sesuai dengan yang tertera pada jendela popup API Key. Jika sudah aktif, buka Google > Masukkan keyword yang sobat pikirkan > Nanti akan muncul perkiraan volume pencarian dan CPCnya.

hasil render keyword everywhere.png

Gambar 7. Hasil render keyword everywhere

Nah, sekarang tinggal riset saja dengan tool tersebut. Cari keyword dengan volume pencarian yang bagus dan yang persaingannya masih rendah jika blognya masih baru.

4. Riset Keyword Dengan ‘Mengintip’ Popular Post

Widget popular post ini berfungsi untuk memberi tahu para pengunjung suatu blog bahwa “Ini loh, artikel-artikel paling populer di blog ini”, dengan harapan para pengunjung blog akan membaca artikel-artikel tersebut.

Widget popular post bekerja dengan cara mengambil artikel-artikel paling banyak dilihat untuk ditampilkan di blog secara berurutan biasanya mulai dari yang paling banyak dilihat hingga yang paling sedikit. Perlu diketahui bahwa Keyword-keyword yang ada di widget popular post tersebut sangat potensial untuk dibidik.

Lalu gimana cara carinya?

Jujur, saya sendiri belum tahu pasti cara tepat untuk mencarinya, kadang saya cuma main blogwalking atau browsing kesana sini dan biasanya kalo beruntung kita bisa menemukan widget tersebut. Untuk poin ini, saya akan memberikan 3 tips yang paling gampang. Perhatikan !

Pertama

Coba cari keyword di Google yang isinya didominasi oleh blog-blog lama karena biasanya blog-blog lama sangat sering memakai widget ini.

Widget popular posts.png

Gambar 8. Widget Popular Posts

Di atas adalah penampakan dari popular posts, perhatikan judul widgetnya biasanya beragam seperti : POSTINGAN TERPOPULER, ARTIKEL PALING DIMINATI dan sebagainya.

Kedua

Kalau sobat menemukan blog yang menggunakan template evomagz, coba liat bagian widgetnya, atau lebih tepatnya widget artikel seperti ini :

widget popular posts evomagz.png

Gambar 9. Widget Popular Posts pada template Evomagz

Periksa tanggal pada setiap artikel yang berada di list, kalau tiap artikel tanggalnya berbeda-beda (random dan tidak mengurut lama ke baru) , maka itu adalah widget popular posts.

Ketiga

Apabila sudah membidik widget popular posts, selanjutnya periksa visibility blog tersebut untuk memastikan kualitas keyword yang digunakan pada popular postsnya apakah powerfull atau tidak, silahkan gunakan tool SEOQuake (Mozilla Firefox)

tampilan seoquake.png

Gambar 10. Tampilan SEOQuake

Silahkan Cek Alexa Rank dari blog yang kamu bidik widget popular postsnya, ambil yang 2 Juta kebawah karena biasanya trafik blog tersebut sudah stabil sampai ratusan bahkan ribuan PV perhari (Walau tidak mengikat).

5. Riset Dengan Cara ‘Intip’ Keyword Hasil Share

Hampir semua blogger punya akun facebook. Di Indonesia pun banyak sekali grup-grup blogger dengan puluhan bahkan ratusan ribu anggota untuk 1 grupnya. Ada berbagai aktivitas blogging di grup tersebut untuk meningkatkan performa blog mereka. Nah, kadang ada lho, postingan-postingan yang berpotensi untuk dibuat menjadi keyword artikel.

Postingan yang seperti apa ? Berikut contohnya !

riset keyword ampuh.png

Gambar 11. Statistik Blogger

Jika ada yang nge-share statistik blog seperti pada gambar di atas maka perhatikan bagian yang ditandai dengan nomor (1) dan perhatikan juga berapa angka penayangannya, jika tinggi melebihi seribu tayangan maka itu layak untuk dijadikan referensi pembuatan artikel.

Untuk menunjang poin ini, saya punya trik khusus supaya lebih cepat menemukan informasi tentang keyword berpotensi yang di share di facebook.

Pertama

Buat list grup blogger di facebook yang akan ditargetkan dan slahkan bergabunglah di grup tersebut supaya bisa memantau aktivitas di dalamnya, biasanya dengan senang hati si admin menyetujui permohonan sobat. Ingat ya carilah grup yang berpotensi dan banyak anggotanya.

Kedua

Anggap saja sobat sudah disetujui oleh admin grup. Sekarang cari kolom search di grup tersebut dan masukkan kata kunci yang kira-kira ada kiriman yang berhubungan dengan statistik blog. Contohnya, PV, Pageview, Visitor, Trafik, Jual blog, Statistik dan sebagainya. Perhatikan gambar berikut !

riset keyword via facebook

Gambar 12. Kotak Pencarian Grup Facebook

Silahkan masukkan keyword yang berhubungan dengan statistik blog sesuai dengan yang saya jelaskan di atas, masukkan keyword tersebut pada kolom search yang ditandai dengan panah nomor (1). Setelah itu tinggal nyelem deh

Jika pencariannya beruntung maka akan mendapatkan informasi yang diinginkan, contoh hasil pencariannya seperti ini :

riset keyword dari facebook.png

Gambar 13. Screenshot trafik blog

Jika sudah menemukan screenshot trafik seperti pada gambar di atas, silahkan klik saja gambar tersebut untuk menemukan informasi keyword yang potensial.

Nah, itulah 5 cara riset keyword agar bisa mendorong trafik dalam waktu yang relatif cepat, kuasai dengan benar langkah-langkahnya. Tapi masih ada sedikit tahapan lagi untuk menentukan keyword mana yang cocok dengan kekuatan blog sobat. Berikut adalah hal yang perlu dilakukan setelah riset keyword !

Baca : Teknik Dasar Mendatangkan Visitor

Analisa Kompetitor Keyword di SERP

Menurut sobat mana yang paling susah, antara riset keyword dengan analisa kompetitor? Kalau menurut saya sih dua-duanya lumayan susah. Jangan berkecil hati, buat sobat yang masih baru nyebur ke dunia blogging dan belum punya visibilitas blog yang bagus sehingga kesulitan berkompetisi di halaman pertama Google maka teruslah berlatih menganalisa pesaing (kompetitor) dari topik yang sobat targetkan.

Baca : Cara Optimasi Artikel Seo Agar Sukses Di Halaman Pertama Google

Kemampuan menganalisa kompetitor itu penting banget sebagai salahsatu strategi untuk berada di halaman puncak pencarian Google, supaya tidak ‘percuma‘ membuat artikel panjang-panjang malah tidak ada hasil, makanya sobat mesti analisa kompetitor di SERPnya dulu. Perhatikan gambar berikut !

menganalisa visibility blog kompetitor

Gambar 14. Cara menganalisa visibility blog kompetitor

Gambar di atas memperlihatkan 3 pencarian teratas untuk keyword : cara install windows 10. Perhatikan masing-masing bagian yang ditunjukkan oleh oleh tanda panah nomor (1), (2) dan (3). Itu adalah DA dan PA yang merupakan salahsatu power dari sebuah blog, semakin tinggi angkanya maka blog tersebut makin powerfull di zona pergulatan SEO.

Jadi jika blog sobat DA PA nya masih rendah dari kompetitor maka sangat disarankan mencari keyword yang kompetitornya tidak terlalu powerfull atau yang seimbang dengan blog sobat. Saya punya trik untuk menentukan keyword yang cocok dengan blog kita dan bisa bersaing di halaman pertama hasil pencarian Google. Berikut triknya :

Pertama

Analisa hasil riset keyword kemudian hindari keyword yang dikuasai oleh situs-situs besar dan terkenal karena biasanya situs tersebut sulit untuk dikalahkan dengan blog kita yang masih baru.

Kedua

Cek DA PA kompetitor menggunakan Moz toolbar di Google Chrome, kalau nilainya lebih tinggi dari milik kita, lebih baik hindari keyword ini, tapi kalau beda tipis maka saya pikir tidak masalah untuk kita ambil keywordnya.

Ketiga

Kalau di hasil pencarian keyword masih didominasi oleh subdomain blogspot dan wordpress atau facebook maka keyword ini masih termasuk mudah.

Keempat

Periksa konten 5 top web yang menduduki halaman pertama hasil pencarian, kalau sobat sekiranya tidak bisa buat yang lebih relevan maka sebaiknya dihindari saja.

Kelima

Blog kompetitor yang sudah berumur juga tidak bisa dianggap remeh, karena biasanya visibility dari blog tersebut bagus kalau dia rajin update artikel.

Menguasai Cara Bersaing Di Mesin Pencari

Kalau sudah riset keyword, menganalisa keyword maka selanjutnya tinggal action. Untuk cara bersaingnya, saya masih pakai cara yang umumnya digunakan dan valid Google. Walaupun menggunakan cara lama, tapi hasilnya pasti.

Berikut triknya supaya mampu bersaing di halaman hasil pencarian teratas :

Pertama

Buatlah artikel dengan judul yang menarik sehingga membuat orang penasaran. Misalnya : “Cara dapat uang dari internet” menjadi : “Cara dapat uang 2 juta dari internet” atau sejenisnya. Ini penting banget agar potensi klik artikel bisa tinggi sehingga berpotensi menjadi artikel nomor 1 di SERP.

Baca : Pengalaman 3 Juta Pertama Saya Dari Bisnis Di Internet

Kedua

Buatlah artikel yang lebih panjang dan lebih lengkap dibanding 5 top web yang ada di SERP. Panjang disini maksudnya dari segi jumlah kata. Lengkap disini maksudnya dari segi gambar pendukung, video pendukung dan sebagainya.

Ketiga

Perhatikan user experience, buatlah pengunjung nyaman dengan artikel yang sobat buat ini penting banget supaya mereka betah berlama-lama di situs kita sehingga dapat meningkatkan visibility blog yang dapat meningkatkan peringkat hasil pencarian.

Cara meningkatkan User Experience (UX) sendiri bermacam-macam, seperti gaya bahasa yang menarik sehingga enak dibaca, menggunakan internal linking yang relevan sehingga pengunjung tidak cepat keluar dari blog, font yang tidak terlalu kecil dan masih banyak lagi.

Keempat

Perhatikan Template yang digunakan. Pastikan template sudah responsive, enak dilihat, fast loading, dan SEO pastinya. Karena template sendiri sangat berpengaruh dengan ranking result blog di SERP.

Efeknya?

Trafik meningkat, bahkan bisa berkali-kali lipat jauh lebih banyak. Buktinya bisa dibaca disini : Pengaruh template pada trafik blog

Kelima

Dapatkan backlink berkualitas. Kalau poin ini susah-susah gampang, usahakan backlink senatural mungkin. Banyak yang bilang kalau “Backlink itu tidak berpengaruh, yang penting konten“.. Kalau menurut saya, pemikiran seperti ini kurang tepat setidaknya untuk saat ini.

Logikanya, kalau backlink tidak pengaruh lalu untuk apa para pakar SEO mahal-mahal bikin PBN yang harganya sampe berjuta-juta cuma buat ngeranking blog di SERP ? Kalau ternyata cuma konten aja kunci suksesnya. Yah, intinya sih keep balance antara konten berkualitas dan backlink berkualitas, jangan cuma memilih salah satu dari 2 itu.

Keenam

Naikkan Authority. Seperti yang saya jelaskan tadi bahwa authority itu penting banget kalau blog ingin kuat bersaing di mesin pencari terutama pada short tail keyword. Authority ini bisa dinaikkan dengan cara rajin mencari backlink berkualitas dan relevan, rajin update dengan konten yang berkualitas, rajin menjaga kesehatan situs dan masih banyak lagi.

Untuk endingnya hanya Google yang bisa menentukan seberapa bagus kualitas situs kita. Intinya gunakan cara yang dibenarkan oleh google untuk mendapatkan trafik yang tinggi sehingga reputasi situs atau blog tetap terjaga dengan baik.

Testimoni

Untuk memperkuat tutorial riset keyword ini saya ingin memperlihatkan hasil implementasinya sebagai penyemangat buat kalian yang sedang serius mendalami teknik seni blogging.

Isi salah satu blog saya ini hanya 31 artikel saja tetapi trafiknya sudah ribuan PV dalam sehari dan sudah bisa mendapatkan slot JV AdSense V.I.V dari mas usman..:D.

Perhatikan gambar berikut !

jumlah postingan blog.png

Gambar 14. informasi jumlah postingan blog

Dari 31 postingan saya bisa mendapatkan trafik ribuan setiap harinya, perhatikan gambar berikut !

Trafik hasil riset keyword.jpg

Gambar 15. Trafik Blog

Bagaimana, lumayan bukan?

By the way, jika sobat punya tips lain, boleh dong bagi-bagi karena semakin sering berbagi ilmu maka semakin tinggi ilmu kita dan semakin banyak yang merasakan manfaatnya.

Kesimpulan

Menulis artikel tidak perlu kaku dengan hasil riset keyword, apabila sobat ada ide sendiri yang unik dan berpotensi mengundang perhatian banyak orang maka sebaiknya ditulis saja tanpa riset keyword dulu dengan catatan dilengkapi dengan data yang akurat.

Semakin tinggi volume pencarian sebuah keyword maka semakin besar potensi trafik yang bisa kita dapatkan dan pastinya untuk bersaing di halaman pertama hasil pencarian akan semakin sulit untuk blog yang masih baru karena kompetitornya semakin kuat.

Jangan menggunakan cara yang tidak sesuai dengan kebijakan google untuk mendapatkan trafik karena blog bisa terkena deindex google yang justru malah akan menurunkan trafik.

Buatlah artikel yang lebih relevan jika ingin bersaing di halaman pertama hasil pencarian dari keyword yang high competitor.

Penyunting artikel : Mas Usman

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



To Top