KOMPUTER

CARA SHARING PRINTER DARI WINDOWS 10 KE WINDOWS 7 DAN ATASI ERRORNYA

cara sharing printer dari windows 10.jpg

Kursuskomputergratis.com – Menghubungkan satu printer ke banyak komputer merupakan pekerjaan yang memerlukan ketelitian, terdapat beberapa pemicu kesalahan yang bisa menyebabkan perangkat tidak terhubung dengan komputer client sehingga fungsi Print yang seharusnya bisa dilakukan oleh semua komputer di area network tersebut menjadi disfungsi, pada bab ini penulis akan berbagi pengalaman tentang cara sharing printer dari windows 10 ke windows 7 dan bagaimana mengatasi error-nya.

Karena berbeda versi sistem operasi maka selalu saja ada setingan tambahan pada saat menghubungkan beberapa komputer dalam satu area network, contoh di kantoran biasanya seluruh komputer harus terintegrasi supaya bisa berbagi file antar komputer client tidak terkecuali menjalankan fungsi Print dengan menggunakan satu printer saja. Jelas ini menjadi sebuah tantangan bagi teknisi untuk mengatur sedemikian rupa sehingga semua device bisa saling terhubung dengan baik.

Baca: Yang Wajib Kamu Pelajari Pertamakalinya Ketika Belajar Komputer

Mungkin jika sistem operasi semua komputer yang digunakan versinya sama maka pasti kendala saat sharing printer bisa lebih sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali, namun jika berbeda sistem operasi biasanya harus ada penyesuaian driver yang support untuk sistem operasi tersebut supaya bisa menjalankan fungsi Print walaupun berbeda sistem operasi dengan komputer server yang terhubung ke printer.

Apa Yang Dimaksud Sharing Printer dan Apa Keuntungannya?

Pertanyaan ini biasanya muncul dari kalangan pemula, tidak sedikit yang kebingungan memahaminya. Sharing printer tujuannya adalah supaya bisa menggunakan satu printer untuk rame-rame, misalkan dalam satu ruangan ada empat komputer yang dijalankan oleh masing-masing operator, tapi hanya memiliki satu unit printer maka solusinya harus sharing printer. Printer dihubungkan dengan satu komputer, bebas mau komputer yang mana saja terserah dengan syarat semua komputer sudah terhubung.

Baca: Cara Menghubungkan Dua Komputer Dengan Sambungan LAN

Sharing printer bisa menghemat biaya berlipat-lipat soalnya cukup menggunakan satu printer untuk banyak komputer kecuali sering mencetak dokumen rahasia maka tidak disarankan menggunakan metode ini karena wajib menyediakan printer khusus untuk menjaga kerahasiaan setiap dokumen yang diprint tersebut. Metode sharing printer cocok digunakan untuk grup komputer client dalam satu ruangan, untuk yang berbeda ruangan apalagi beda gedung tidak disarankan menggunakan metode ini karena letak printer terlalu jauh bisa menyulitkan operator nantinya.

Cara Sharing Printer

Ada dua cara untuk menjalankan fungsi Print dari beberapa komputer dengan hanya menggunakan satu unit mesin printer saja.

Cara Pertama

menggunakan switch printer USB Port yang dirakit secara khusus oleh pabrikan. Jadi apabila menggunakan switch ini tidak perlu menghubungkan seluruh komputer client ke komputer server yang ada printernya menggunakan kabel LAN, cukup dengan menggunakan kabel USB printer biasa yang disambungkan langsung ke switch printer yang merupakan terminal intruksi Print dari seluruh komputer yang terintegrasi.

cara sharing printer dengan switch.jpg

Gambar 1. Layout sharing printer menggunakan switch USB Printer

Metode ini sangat sederhana dan tidak banyak melibatkan komponen tambahan, hanya membutuhkan sebuah switch printer dan kabel USB printer standard. Terdapat kelemahan dalam sistem ini yaitu tidak dapat berbagi file antar komputer karena yang terhubung hanya port printer saja dan tidak dapat digunakan sebagai transmisi data untuk mengirim file antar komputer, jika ingin berbagi file antar komputer harus menggunakan flashdisk atau sejenisnya.

Kekurangan lainnya adalah tidak cocok untuk sambungan jarak jauh, misalkan untuk jarak 20 sampai 30 meter. Hal ini bisa menyebabkan kesulitan bagi operator katika mencetak dokumen pekerjaan mereka karena jarak dari komputernya ke printer cukup jauh sehingga bisa menyita waktu dan menyulitkan, perlu diperhatikan untuk jarak operator dengan printer tidak boleh terlalu jauh dan sebaiknya printer bisa terlihat oleh semua operator dalam lokal area tersebut.

Setiap akan mencetak dokumen operator harus menekan tombol switch yang menuju ke komputernya secara manual, saat ini ada juga yang sudah bisa otomatis tanpa ditekan switch-nya. Jika ingin menggunakan switch printer maka harus menyediakan kabel USB printer untuk semua komputer yang ingin terhubung dengan switch tersebut, namun jumlah port pada switch ini terbatas ya, silahkan browsing di Google untuk mengetahui jenis-jenis switch prtinter teknologi terbaru.

Cara Kedua

Menghubungkan seluruh komputer menggunakan kabel LAN. Nah, jika menggunakan metode kedua ini tidak perlu menyediakan switch printer dan kabel USB printer untuk setiap komputer client, tapi cukup mengaktifkan fungsi Sharing Printer pada driver printer yang sudah terpasang di komputer server yang sudah terhubung ke sebuah printer. Jika dilihat dari sisi teknis, cara kedua ini lebih cocok digunakan karena selain bisa sharing printer juga bisa sharing file.

cara sharing printer via LAN.jpg

Gambar 2. Layout sharing printer menggunakan LAN

Jika dibandingkan dengan Cara Pertama, metode ini lebih memakan biaya karena ada beberapa komponen wajib yang harus disiapkan yaitu Switch HUB, sebuah kabel USB Printer, konektor RJ45 dan kabel LAN. Koneksi menggunakan LAN sangat direkomendasikan apabila jumlah komputer di lokal area tersebut cukup banyak sehingga jika menggunakan cara pertama jelas tidak efektif mengingat jumlah port dalam switch printer biasanya paling banyak 10 port.

Untuk manjalankan metode ini diperlukan satu unit komputer yang langsung terhubung ke sebuah printer, sebut saja ini komputer server. Pastikan komputer server memiliki kualitas yang bagus termasuk sistem operasi yang digunakannya harus canggih sehingga selalu optimal. Tidak perlu menggunakan komputer khusus server karena pasti sangat mahal harganya, jika kebutuhannya hanya untuk sharing printer cukup menggunakan komputer biasa tapi spek hardwarenya mumpuni.

Baca: Petunjuk Lengkap Instalasi Jaringan Komputer Sistem Multi User

Kekurangan Sharing Printer

Dilihat dari sisi budget pastinya teknik sharing printer sangat menguntungkan karena bisa menghemat anggaran. Coba bayangkan jika dalam satu lokal area (ruangan) ada 10 komputer admin, pastinya semua admin memerlukan printer untuk mencetak dokumen pekerjaan mereka. Jika harus membeli 10 mesin printer harus berapa banyak dana yang dikeluarkan, tetapi dengan teknik sharing printer ini hanya dibutuhkan satu unit printer saja untuk mencukupi kebutuhan 10 admin tersebut.

Jadi sangat jelas kalau teknik sharing printer bisa menghemat anggaran berlipat-lipat. Tapi ada beberapa kekurangan yang mesti dipertimbangkan untuk menerapkan teknik ini terutama kemanan transmisi data antar komputer yang menggunakan kabel jaringan cukup rentan terhadap virus komputer, sedikit lebih aman jika mengunakan switch USB printer tapi sayang tidak dapat transfer file antar komputer karena tidak ada transmisi data.

Kekurangan lainnya yaitu proses cetak dokumen menjadi sedikit lebih lambat jika semua operator menjalankan fungsi Print secara bersamaan sehingga terjadi antrian, selain itu akan lebih banyak orang (operator) yang mondar-mandir mengambil dokumen yang mereka cetak sehingga jika penempatan mesin printer tidak tepat maka bisa mengganggu konsentrasi operator lainnya, selain itu printer akan lebih sibuk sehingga potensi kerusakan bisa lebih cepat terjadi.

Jika semua komputer yang ada di jaringan lokal tersebut tidak menggunakan anti virus yang selalu update maka sangat rentan terkena virus atau malware yang bisa merusak sistem operasi komputer dengan sangat cepat. Mengatasi hal ini, pastikan semua komputer menggunakan anti virus premium berkualitas dan cocok untuk komputer yang terhubung dengan jaringan agar semua komputer bisa terbebas atau terminimalisir dari virus.

Apakah Bisa Sharing Printer Dari Windows 10 Ke Windows 7?

Bisa. Perbedaan sistem operasi windows masih memungkinkan untuk bisa sharing printer. Teknisi akan menemukan sedikit tantangan jika menggunakan LAN karena harus menyesuaikan driver dengan versi windowsnya, apabila versi windowsnya tidak berbeda maka cukup aktifkan fungsi sharing printer pada komputer server lalu koneksikan fungsi Print dari seluruh komputer client ke server tersebut.

Pengaturan Pada Komputer Servernya

Berikut adalah cara menjalankan fungsi Sharing Printer dari windows 10 menggunakan kabel jaringan (LAN). Pada praktek ini versi windows pada komputer server dan komputer client berbeda, server menggunakan windows 10 sedangkan client-nya windows 7. Pastikan kedua komputer (server dan client) sudah saling terhubung menggunakan kabel jaringan (LAN).

Langakah Pertama

Tahap awalnya adalah membuka Control Panel untuk menemukan informasi printer apa saja yang sudah siap pakai karena pada halaman ini ditampilkan semua jenis printer yang sudah ter-install ke dalam sistem operasi komputer tersebut dan akan ditampilkan dalam bentuk icon bergambar printer dilengkapi dengan identitas device-nya. Sebelum ke step selanjutnya silahkan cari Control Panel terlebih dahulu.

cara mencari control panel pada windows10.jpg

Gambar 3. Cara mencari Control Panel pada windows 10

Untuk menemukan letak Control Panel wndows 10 jika bingung coba perhatikan Gambar 3. Ketik control panel (1) pada kotak pencarian windows untuk memunculkan navigasi Control Panel seperti yang ditandai dengan kotak merah pada Gambar 3. Selanjutnya silahkan klik icon Control Panel.

Langakah Kedua

Berikutnya adalah membuka navigasi printer properties untuk menjalankan fitur Sharing Printers. Pilih Hardware and Sound di Control Panel. Pada halaman Hardware and Sound akan ada navigasi Devices and Printer yang merupakan halaman yang menampilkan hardware apa saja yang sudah terpasang, misalkan mouse, Bluetooth, printer, scanner dan perangkat input lainnya.

cara menjalankan fungsi sharing printer pada windows 10.jpg

Gambar 4. Cara menjalankan fungsi Sharing Printers

Setelah masuk ke halaman Devices and Printers silahkan pilih printer mana yang mau dipakai rame-rame. Lihat Gambar 3, klik kanan pada icon printer yang dipilih (2) lalu setelah muncul pop-up windows klik Printer Properties (3) untuk memanggil halaman pengaturan sharing printer.

Langkah Ketiga

Ini adalah halaman Printer Properties, terdapat beberapa navigasi penting untuk bisa menjalankan fungsi Sharing Printers dari server. Setingan ini yang akan menentukan koneksi printer dari komputer server ke komputer client bisa berfungsi atau tidak, apabila ada kesalahan dipengaturan tersebut maka dipastikan koneksi printer tidak dapat terhubung secara optimal.

Pengaturan Sharing Printer Pada server

Gambar 5. Pengaturan sharing printer di server

Pengaturan diawali dengan mengklik tab Sharing (4) diikuti dengan klik Change Sharing Option (5) kemudian ceklis kotak Share this printer (6) dan rename printer jika diinginkan (7) atau tetap dengan nama default-nya, setelah itu silahkan akhiri pengaturan dengan mengklik tombol Apply (8) dan OK (9). Sampai disini pengaturan koneksi printer di komputer server selesai, selanjutnya tinggal pengaturan koneksi di komputer client-nya.

Pengaturan Pada Komputer Client

Setelah fungsi Share Printer pada server diaktifkan maka langkah selanjutnya adalah melakuan pengaturan koneksi di komputer client. Pada tahap ini pastikan kedua komputer sudah terhubung via jaringan LAN, silahkan lakukan tes koneksi terlebih dahulu untuk memastikan kualitas koneksi ke server. Jika kedua komputer sudah terhubung dengan baik, lanjutkan dengan pengaturan koneksi printer. Perhatikan gambar berikut dengan cermat!

koneksi printer ke server

Gambar 6. Cara melihat list device yang terhubung

Pengaturan koneksi printer di komputer client langkahnya tidak begitu rumit. Perhatikan Gambar 6, silahkan explore windows lalu klik Network (6) untuk melihat seluruh device yang terhubung dengan komputer client termasuk komputer server. Klik komputer server (7), dalam praktek ini ITS-ADMIN adalah nama komputer yang dijadikan server printernya.

cara koneksi printer dari komputer client.jpg

Gambar 7. Pengaturan koneksi printer

Pada halaman ini akan terlihat komponen apa saja yang di-share oleh komputer server termasuk printer. Klik kanan pada ikon printer yang akan dihubungkan ke komputer client (2) kemudian klik Connect (3). Dalam beberapa menit komputer akan memproses permintaan, jika seluruh setingan tidak ada masalah maka nanti akan tampil notifikasi bahwa koneksi printer telah berhasil.

Bila koneksi tidak berhasil salahsatu penyebabnya adalah perbedaan versi sistem operasi, karena dalam praktek ini menggunakan dua Windows yang berbeda sehingga diperlukan penyesuaian driver printer yang sesuai dengan versi Windows, jadi silahkan install driver printer versi Windows 7 kemudian setelah selesai coba reconnect lagi seperti yang ditunjukkan oleh gambar 7.

Kesimpulan

Cara sharing printer antar windows tidaklah rumit, hanya membutuhkan sedikit keahlian teknik komputer jaringan untuk memahami pengaturan koneksi antar komputer.

Dengan teknik sharing printer akan lebih menghemat anggaran tetapi tidak bisa menjamin ketahanan dari printer itu sendiri karena lebih berpotensi cepat rusak.

Tidak dianjurkan sharing printer apabila jarak antar operator cukup jauh, missal berbeda ruangan apalagi berbeda gedung karena akan menyulitkan operator itu sendiri.

Sharing printer dengan menggunakan switch printer lebih aman dari serangan virus karena antar komputer tidak dapat terhubung.

2 Comments

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 52 = 62

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top