TUTORIAL

CARA TERMUDAH MENGGUNAKAN GOOGLE ANALYTICS

Cara termudah menggunakan Google Analytics

Cara Termudah Menggunakan Google Analytics – Seperti yang kita ketahui bahwa Google memiliki banyak inovasi yang dapat membantu pengelola situs untuk meningkatkan produktivitasnya dalam hal meningkatkan performa situs agar dikunjungi oleh banyak orang karena memiliki visibily yang bagus.

Menjadi sebuah PR bagi seorang pengelola situs untuk mengetahui keberadaan pengunjung dalam situsnya, apakah mereka betah atau malah sebaliknya tidak betah dan segera meninggalkan situs tersebut karena suatu hal yang mereka tidak sukai.

Hal di atas menjadi masalah yang serius dan Google menginginkan agar para pengelola situs bisa memantau pengunjung dengan baik dan benar supaya situs mereka mendapatkan kompensasi dan benefitnya, dengan begitu mesin telusur akan semakin giat mempromosikan situs tersebut.

Untuk memantau pengunjung, Google meyediakan tools yang dapat menganalisa mereka dan menampilkan data statistiknya sehingga sangat membantu pengelola situs untuk memahami sejauh mana manfaat situs mereka terhadap pengunjung. Tools tersebut adalah Google Analytics yang disediakan oleh Google secara gratis.

Kenapa harus menggunakan Google Analytics ?

Dengan menggunakan Google Analytics dapat diketahui analisa pengunjung per hari, minggu dan bulan sehingga pengelola situs bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan situsnya dengan memperhatikan trafik statistik pengunjung dari hasil analisa Google Analytics tersebut.

Salah satu fitur Google Analytics yang sangat canggih adalah bisa menelusuri informasi pengunjung, seperti daerah asal (Negara dan Kota), jenis kelamin, usia, durasi kunjungan, tingkat ketertarikan pengunjung pada setiap halaman, browser yang mereka gunakan, jumlah pengunjung yang sedang aktif dan masih banyak lagi fitur canggih lainnya.

Jadi, sangat disayangkan apabila pengelola situs tidak memanfaatkan fitur canggih tersebut karena kemungkinan situsnya akan sulit berkembang jika tidak memahami bagaimana tingkat visibility situs tersebut. Dengan mengetahui visibility situs, maka pengelolanya dapat memikirkan perencanaan yang lebih baik lagi.

Jika sobat baru memulai membuat sebuah situs atau blog, silahkan segera integrasikan dengan Google Analytics untuk mendapatkan pelayanannya. Hal ini sangat direkomendasikan bagi sobat yang hendak menjadi publisher Google AdSense karena bisa melihat estimasi penghasilan dan jumlah klik.

Baca : Detail Tutorial membuat blog Sesuai Kriteria AdSense [Versi Gratisan]

Bagaimana Cara Termudah Menggunakan Google Analytics ?

Berikut ini adalah cara termudah menggunakan Google Analytics supaya bisa terhubung dengan situs atau blog sobat (khusus untuk platform blogspot), silahkan perhatikan dengan cermat di setiap langkahnya :

1). Masuk ke halaman Google Analytics

2). Tekan SIGN IN>Analytics dan silahkan masuk dengan email sobat

Cara termudah menggunakan Google Analytics

Gambar 1 : 3 Tahapan mendaftar Google Analytics

Pada halaman ini silahkan tekan saja Sign up untuk melanjutkan.

3). Isi formulir yang disediakan, untuk langkahnya perhatikan gambar berikut

Cara termudah menggunakan Google Analytics

Gambar 2 : Formulir pendaftaran Google Analytics

Pada poin ini ada 5 langkah yang harus diselesaikan yaitu mengisi nama akun sesuai keinginan sobat pada kolom yang ditandai nomor 1, mengisi nama website sobat pada kolom yang ditandai dengan nomor 2, mengisi website URL sobat pada kolom yang tidandai nomor 3, kemudian menentukan category situs yang ditandai dengan nomor 4 dan yang terakhir memilih zona waktu yang ditandai dengan nomor 5.

Setelah semua pengaturan di atas sudah terisi dengan baik, maka silahkan tekan tombol Get Tracking ID yang berada di pojok kiri bawah halaman formulir isian tersebut. Selanjutnya sobat akan di arahkan ke halaman TOS Goolgle Analytics, silahkan dibaca dulu untuk mengetahui regulasinya.

Cara termudah menggunakan Google Analytics

Gambar 3 : Halaman TOS Google Analytics

Jika sudah dibaca maka tekan tombol I Accept yang ditandai dengan nomor 1, setelah itu sobat akan di arahkan pada halaman kode tracking seperti pada gambar di bawah ini :

Cara termudah menggunakan Google Analytics

Gambar 4 : Halaman Tracking ID dan website tracking Google Analytics

Pada gambar di atas terlihat ada Tracking ID yang ditandai dengan nomor 1 dan Website tracking yang ditandai dengan nomor 2. Untuk Tracking ID silahkan masukan di kolom ID Properti Web Analytics pada dasbor blogger di menu Setelan>Lainnya.

Langkah selanjutnya silahkan tempatkan script Website tracking ke dalam template blog sobat. Salin semua script pada kolom nomor 2 kemudian parse dulu dan tempelkan script Website tracking yang telah diparse tersebut dalam template blog sobat, caranya buka Dasbor blogger>Tema>Edit HTML kemudian paste di atas tag </body>. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Cara termudah menggunakan Google Analytics

Gambar 5 : Penempatan website tracking dalam template

Lakukan langkahnya secara berurutan sesuai gambar di atas, setelah selesai silahkan klik Simpan Tema dan logout. Untuk bisa terhubung dengan Analytics membutuhkan waktu sekitar sehari karena biasanya sehari setelah itu langsung dapat report-nya. Sampai disni sobat telah berhasil mengintegrasikan blog kesayangannya ke Google Analytics.

Kesimpulan

Kelompokan pengunjung berdasarkan jenis kelamin dan usia, lalu buatlah konten yang bisa dekat dengan mereka.

Perhatikan jumlah pengunjung yang sesuai dengan penargetan pada webmaster tools, pastikan jumlahnya lebih banyak dari yang tidak ditargetkan. Jika jumlahnya lebih sedikit berarti kemungkinan ada kesalahan atau bahkan jigling yang sangat merugikan blog.

Baca : Cara Mudah Daftar Google Webmaster Tools

Enable fitur Demographics untuk mengetahui statistik umur dan jenis kelamin pengunjung yang datang ke situs.

Fitur Demographics akan aktif dalam waktu 24 jam setelah diaktifkan.

Gunakan report dari Google Analytics ini untuk melakukan Optimasi SEO secara berkala, sehingga makin akrab dengan mesin telusur.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 53 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top