INTERNET

CARA TRANSFER UANG MENGGUNAKAN INTERNET BANKING BCA

BCA Internet Banking.jpg
IMAGE CREATIVE BY : MAS USMAN

Kursuskomputergratis.com – Masih pergi ke ATM untuk sekedar transfer uang ? ribet amat… jangan ketinggalan update sob, waktunya kita menikmati teknologi perbankan yang sangat canggih di zaman sekarang ini yaitu internet banking yang dapat menjadikan hampir seluruh transaksi perbankan menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dalam satu genggaman tangan dengan menggunakan smartphone atau perangkat komputer yang kita miliki.

Well, teknologi internet banking ini dapat memanjakanmu dengan memberikan kemudahan dalam bertransaksi online yang berkaitan dengan perbankan, salahsatunya yaitu layanan transfer uang antar rekening ataupun antar bank dengan metode yang sangat mudah dan tentunya super aman karena telah menggunakan teknologi enkripsi yang mutakhir.

Jadi untuk kalian yang sudah menjadi nasabah bank, ayo cepetan registrasi internet banking di banknya masing-masing supaya bisa menikmati layanannya yang bisa diakses dengan mudah melalui perangkat mobile ataupun desktop. Khususnya bagi para pebisnis online wajib menggunakan internet banking ini supaya seluruh transaksi jual belinya bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan aman.

Langkah-Langkah Transfer Uang

Supaya ulasan ini lebih afdol, penulis akan memberikan gambaran bagaimana cara transfer uang dengan menggunakan layanan internet banking. Pada tutorial ini penulis menggunakan internet banking BCA, sobat jangan khawatir karena pada dasarnya semua cara transfer menggunakan layanan internet banking sama yaitu menggunakan sistem token.

Beberapa hal yang perlu sobat perhatikan ketika sedang melakukan transaksi perbankan khususnya transfer uang adalah nomor rekening, nama pemilik rekening, nama bank, kantor cabang dan jenis rekeningnya apakah milik perusahaan atau individu.

Baca : Awas Salah Transfer !!! Cara Menghapus Nomor Rekening Di BCA Internet Banking

Apabila transfer uang antar rekening di bank yang sama biasanya cukup memasukkan nomor rekeningnya saja karena sistem akan secara otomatis mengidentifikasi rekening tersebut kemudian menampilkan nama pemilik rekening yang sah. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah berikut ini dengan cermat !

Pertama

Untuk memulai transaksi silahkan login aplikasi terlebih dahulu.

Cara transfer uang.png

Gambar 1. Cara transfer dana

Pada halaman landing aplikasi pilih Transfer Dana (1). Itu adalah navigasi untuk melakukan transaksi pengiriman uang antar rekening antaupun antar bank.

Kedua

Pilih jenis transfer, saat ini tersedia empat (4) jenis transfer dana non tunai yaitu transfer ke rekening BCA, transfer ke sakuku, transfer ke BCA virtual account dan transfer ke rekening bank lain dalam negeri.

jenis transfer dana.png

Gambar 2. Menentukan jenis transfer dana

Silahkan pilih fitur yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, disini penulis akan mengambil contoh transfer antar rekening BCA maka yang digunakan adalah fitur Transfer ke Rek BCA (2).

Ketiga

Pada langkah ini kita akan memulai memasukkan data transaksi seperti nomor rekening, nama pemilik rekening dan jumlah transfer, jika diperlukan tulis pesan pendek. Sampai dengan langkah ini pastikan sudah daftar rekening tujuan transfer di aplikasi ini. Perhatikan gambar berikut.

cara Memasukkan data transfer uang.png

Gambar 3. Memasukkan data transaksi

Nyalakan tokennya dengan menekan tombol merah (7) seperti yang terlihat pada gambar 3. Dalam keadaan standby di layar token akan muncul tulisan APPLI. Silahkan pilih rekening transfer (2), biasanya akan jadi setingan default aplikasi apabila hanya memiliki 1 rekening saja di bank tersebut.

Masukkan rekening tujuan transfer, ceklis DARI DAFTAR TRANSFER (3) dan pilih nomor rekening tujuan transfer yang ada di dropdown menu (4). Isi nominal transfer pada kolom JUMLAH (5) jangan menggunakan tanda baca titik ataupun koma, cukup dengan angka saja.

Perhatikan 8 digit angka pada kolom MASUKAN 8 ANGKA INI PADA KEYBCA, nah sekarang tekan tombol 2 yang ditunjukkan oleh panah nomor (8) kemudian masukkan 8 digit angka tersebut pada KeyBCA (token) dan perhatikan respon token pasti akan menampilkan 6 digit angka. Sekarang masukkan 6 digit angka respon token tersebut ke kolom RESPON KEYBCA APPLI 2 pada aplikasi, lihat kolom yang ditandai nomor (6). Setelah itu scroll ke bawah.

menentukan jadwal transfer dana non tunai.png

Gambar 4. Menentukan jadwal transfer

Tentukan jadwal transfer, apabila ingin langsung transaksi saat itu juga maka ceklis TRANSFER SEKARANG (10). Penulis memanfaatkan fitur ini untuk pembayaran JV AdSense karena proses transfer dana bisa masal dan bisa dilakukan secara terjadwal dengan cara memasukkan nominal transfernya dan tentukan tanggal berapa uang tersebut akan di transfer ke rekening tujuan. Tekan Lanjutkan (11) apabila semua data telah terisi dengan benar.

Keempat

Di halaman ini akan ditampilkan nomor rekening tujuan berikut dengan nama penerimanya, jadi pastikan data tersebut benar. Perhatikan !

informasi data transfer uang.png

Gambar 5. Informasi data transaksi non tunai

Tekan tombol 1 yang ditunjukkan oleh tanda panah nomor (11), dalam hal ini token harus dalam keadaan menyala dengan menampilkan tulisan APPLI pada layarnya. Kemudian masukkan respon token setelah menekan tombol 1 tersebut, biasanya terdiri dari 6 angka, tempatkan di kolom RESPON KEYBCA APPLI 1. Tekan tombol Kirim apabila semua data telah terisi dengan benar. Sampai dengan tahap ini proses transfer uang telah selesai.

Kelima

Ini adalah halaman yang menampilkan informasi transaksi telah selesai diproses, disini juga bisa dicetak bukti transaksi.

bukti transaksi trasnfer uang.png

Gambar 6. Bukti transaksi

Sampai dengan langkah ini transaksi tidak dapat dibatalkan. Di halaman ini kita bisa mencetak bukti transaksi dengan menekan tombol Cetak (15).

Kesimpulan

Transfer uang menggunakan internet banking BCA bisa dilakukan sendiri menggunakan perangkat komputer atau smartphone dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu atau langsung di websitenya (www.klikbca.com).

Transfer uang antar bank hanya bisa dilakukan pada jam kerja bank yaitu antara pukul 07:30 WIB – 15:00 WIB, sedangkan untuk transfer antar rekening bisa dilakukan kapanpun. Misalkan kalau mau transfer uang dari BCA ke BRI atau bank lainnya maka harus dilakukan pada jam kerja bank. Transaksi antar bank juga tidak dapat dilakukan pada hari libur nasional.

Apabila melakukan transaksi antar bank di luar jam kerja bank maka sistem akan memprosesnya pada jam kerja bank. Misalkan transfernya hari minggu maka sistem akan memprosesnya di hari senin (jam kerja).

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top