INTERNET

LINDUNGI AKUN ADSENSE DAN CEGAH VIRUS RANSOMWARE WANNACRY DENGAN TIPS INI

Cegah Virus Ransomware Wannacry

Lindungi Akun Adsense Dan Cegah Virus Ransomware Wannacry Dengan Tips Ini – Jaringan internet dan komputerisasi dunia kini sedang dibuat sibuk dengan serangan cyber masal yang telah menyerang puluhan ribu komputer di dunia. Jenis serangan tersebut menggunakan virus ransomware generasi terbaru yang dikenal dengan jenis WannaCry.

Virus ransomware generasi baru ini menggunakan enkripsi asimetris untuk menyimpan informasi target untuk mendapatkan uang tebusan sekitar $300-$600 dalam bentuk bitcoin untuk bisa membuka kembali akses data yang diserang tersebut.

Beberapa yang jadikan pusat sasaran malware yang diadopsi ke platform multi bahasa ini adalah bank, rumah sakit, penyedia layanan telekomunikasi dan seluruh komputer yang terhubung ke internet. Virus ini sangat agresif dan melumpuhkan system operasi windows dengan serangan yang sangat mematikan dan menyadera data penting.

Apabila sobat memiliki bisnis dengan menggunakan aplikasi pembayaran berbasis PPOB maka segera proteksi komputer yang digunakan dengan antivirus yang jitu, karena sudah pasti kegiatan bisnis ini bisa dilakukan dengan menggunakan koneksi internet.

Baca : Aplikasi Pembayaran tercepat di Indonesia

Pada pekan ini saja, ada beberapa instansi pemerintah dan swasta di Indonesia yang geger dengan serangan virus ransomware jenis wannaCry tersebut dan sempat membuat panik karena virus ini menginfeksi sangat cepat dibanding dengan ransomware generasi sebelumnya yang hanya memanfaatkan phising dari email.

Bagaimana cara mencegah virus ransomware WannaCry ini ?

Apabila komputer sobat terkena virus ini, maka jangan sesekali memberi uang tebusan ya, karena ini hanya trik dari para penipu online yang tidak bisa dipercaya. Baru-baru ini ada teman kami yang mendapatkan kode unik untuk mengatasi file yang terkena virus ransomware, sobat bisa mendapatkan kode unik tersebut di blognya Bagus Surochman, jadi silahkan saja klik untuk langsung menuju ke TKP.

Bagi sobat yang belum merasakan serangan dari virus ransomware generasi terbaru ini sebaiknya segera antisipasi dengan memberikan proteksi yang ketat terhadap komputer kesayangan sobat, berikut ini adalah tips untuk melindungi kmputer dari serangan virus ransomware wannaCry :

Lakukan Patch

Pada bulan april 2017 lalu, Microsoft telah mengeluarkan Microsoft fix-MS17-010 untuk menangkal serangan virus ransomware ini, silahkan sobat download aplikasi patch tersebut dan segera install pada komputer sobat sebelum semuanya terlambat. Setelah instalasi pastikan untuk me-restart komputernya.

Waspada terhadap URL yang tidak dikenal

Sama seperti generasi sebelumnya, virus ini dapat menembus sistem tidak hanya melalui kelemahan windows, namun juga melalui serangan serangan “phishing-‘n’-pray” phishing, yang melibatkan pengguna spam dengan email yang memabawa script atau lampiran berbahaya.

Penyerang juga bisa memancing korban untuk mengklik sebuah URL yang mengandung malware dan setelah itu akan merayapi sistem operasi komputernya, kemudian secepat kilat sistem operasi tersebut sudah bisa dilumpuhkan dan mengenkripsi beberapa data penting dengan kode unik yang telah mereka siapkan.

Nah, jadi sobat harus berhati-hati agar tidak sembarangan mengklik URL yang tidak dikenal atau yang mencurigakan. Apabila sobat seorang pengguna internet, pebisnis dan penyedia layanan publik setiap hari baik itu perorangan atau organisasi yang memerlukan akses internet secara terus menerus ke sistemnya maka wajib meningkatkan kewaspadaan.

Backup file penting

Gunakan penyimpan file external untuk mem-backup file penting, lakukan backup secara berkala utuk mengamankan file dari serangan ransomware tersebut dan putuskan koneksi penyimpan file external dengan komputer setiap sudah selesai melakukan backup. Jika memungkinkan burning file backup tersebut pada penyimpan file permanen seperti CD atau sejenisnya.

Abaikan Permintaan Tebusan

Tidak ada jaminan sama sekali bahwa korban akan mendapatkan kembali data yang telah disandera setelah memberikan tebusan, jadi harap mengabaikan permintaan tebusan ini. Selain itu tidak ada jaminan bahwa kelompok oknum cybercrime ini akan menyerang lagi dan menuntut dengan tebusan yang lebih besar.

Pasang Antivirus

Khususnya bagi komputer sobat yang sering terkoneksi ke internet dan melakukan transaksi penting seperti transfer uang, kirim email, belanja online atau bahkan berbisnis AdS online seperti Google AdSense maka diwajibkan untuk memasang antivirus yang ter-update.

Lakukan scanning secara rutin setiap harinya untuk memastikan komputer tidak terinfeksi virus ransomware atau virus lainnya.

Jangan melakukan transaksi penting pada komputer yang terinfeksi virus

Sebaiknya sobat mengurungkan niat untuk melakukan transaksi penting yang tadi penulis sebutkan di atas apabila komputernya terinfeksi virus yang mematikan ini ataupun virus lainnya. Terlebih lagi bagi sobat yang sering membuka dasbor akun Google AdSense sangat disarankan untuk membukanya di komputer yang aman dan memiliki antivirus atau perlindungan yang real time.

Kesimpulan

Waspadalah terhadap tautan/URL yang tidak dikenal, baik itu yang masuk ke email atau HP, apabila menemukan URL tersebut segera pindai dengan antivirus yang digunakan.

Carilah perangkat yang aman untuk melakukan transaksi penting supaya tidak ada virus ransomware yang menyusup dan mengacaukan transaksi bisnis sobat.

Matikan koneksi internet apabila komputer tidak digunakan lagi atau diluar pengawasan sobat untuk meminimalisir infeksi virus ransomware.

Prioritaskan antivirus yang memiliki proteksi ganda yaitu internet security dan computer security.

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top